Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Cara Membuat Sumber Referensi Kutipan dan Contohnya

Cara Menulis Sumber Kutipan dan Contoh Tulisan Artikel di Koran
CARA MEMBUAT DAN MENULIS SUMBER KUTIPAN (CITATION)

Panduan Cara menulis sumber kutipan untuk artikel ilmiah Esai, Makalah, skripsi, tesis, disertasi dari buku, jurnal, majalah, koran, dan blog. Menulis dalam media apapun baik itu untuk karya ilmiah berat seperti disertasi, tesis, skripsi, jurnal ilmiah; atau karya ilmiah ringan seperti tulisan artikel opini, dan tulisan di situs atau blog pasti membutuhkan bantuan sumber tulisan lain. Alangkah eloknya, apabila kita menulskan sumber tulisan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada narasumber yang dikutip. Apalagi kalau pengutipan itu dilakukan dalam jumlah yang agak panjang.

DAFTAR ISI
  1. Cara menulis sumber kutipan dari buku
    1. Cara Membuat sumber kutipan dari jurnal ilmiah/akademis
    2. Menulis sumber kutipan dari majalah dan koran
    3. Cara mengutip tulisan dari blog atau internet
  2. Tiga Gaya (Style) Pengutipan Ilmiah
    1. Contoh Pengutipan Gaya AMA
    2. Contoh Pengutipan Gaya APA
    3. Contoh Pengutipan Gaya MLA
  3. Contoh Tulisan Artikel Opini di Koran


CARA MENULIS SUMBER KUTIPAN DARI BUKU

Prinsipnya, menyebutkan sumber rujukan meliputi nama penulis, judul buku, nama penerbit dan tahun terbitan, serta nomor halaman (opsional).

Judul buku yang dikutip formatnya bergaris bawah (untuk mesin ketik) atau teks miring (italic).

Dalam karya ilmiah bahasa Inggris, ada p ada pp, apa itu maksudnya?

P singkatan dari page (halaman). Dibuat apabila yang dikutip cuma satu halaman. PP singkatan dari page juga. Dibuat apabila yang dikutip lebih dari satu halaman.

Ada dua gaya pengutipan yaitu MLA (Gaya Modern Language Association) dan APA (American Psychological Association).

Contoh gaya MLA (Modern Language Association) adalah sebagai berikut:
Tulisan di makalah sbb:
The first gambling Web site appeared in 1995, and online gambling has since become the most lucrative Internet business (Will 92).

Tulisan di catatan sumber rujukan sbb:

Will, George F. "Electronic Morphine." Newsweek 25 Nov. 2002: 92.

Contoh pengutipan gaya APA (American Psychological Association):
Letak tulisan di catatan kaki (footnote) atau catatan akhir (endnotes)

Geissler, E. M. (1998). Pocket guide to cultural assessment (2nd ed.). St. Louis, MO: Mosby.


CARA MEMBUAT SUMBER KUTIPAN DARI JURNAL ILMIAH

Contoh gaya MLA

avis, William D., Thomas Cleary, Michelle Donnelly, and Samuel Hellerman. "Using Sensor Signals to Analyze Fires." Fire Technology 39 (2003): 295-308.

Contoh gaya APA

Oguisso, T. (1999). Professional nursing in Brazil. International Nursing Review, 43, 81-94.


CARA MEMBUAT SUMBER KUTIPAN DARI MAJALAH DAN KORAN

Contoh gaya MLA

Daranciang, Nelson. "Sex Offender Web Site Debated." Honolulu Star-Bulletin 8 Apr. 2004, night final ed.: A3.

Contoh gaya APA

Ulrich, T. (1997, September 22). Linking an Amish hereditary disease with cerebral palsy, a pediatrician challenges a dark inheritance. Time, 150, 30-33


CARA MEMBUAT SUMBER KUTIPAN DARI BLOG ATAU INTERNET

Contoh gaya MLA

Sherman, Chris. "Everything You Ever Wanted to Know About URL." SearchEngineWatch. Ed. Danny Sullivan.
24 Aug. 2004. 4 Sept. 2004 http://searchenginewatch.com/searchday/article.php/3398511.

Contoh gaya APA

The Amish, the Mennonites, and the Plain People. (n.d.). Retrieved May 30, 2000 from Pennsylvania Dutch Country Welcome Center Web site: http://www.800padutch.com/amish.shtml


KUTIPAN GAYA AMA, APA DAN MLA

Setidaknya ada enam macam gaya pengutipan dalam tulisan ilmiah yaitu gaya AMA (American Medical Association), APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), Chicago style, Turabian style, CSE (Council of Science Editors), ACS (American Chemical Society). Berikut contoh masing-masing gaya kutipan dalam gambar.

Umumnya pemakaian setiap gaya pengutipan itu tergantung dari bidang studi atau topik keilmuan yang ditulis. Misalnya, AMA citation style dipakai untuk tulisan atau artikel yang bergenre sains kesehatan. APA citation style untuk ilmu sosial dan pendidikan, dst. Berikut detailnya:




CONTOH PENGUTIPAN GAYA AMA STYLE

Berikut gaya kutipan ala AMA (American Medical Association)

Contoh Pengutipan:



Aturan:




CONTOH PENGUTIPAN GAYA APA STYLE

Berikut gaya kutipan ala APA (American Psychological Association)




CONTOH PENGUTIPAN GAYA MLA STYLE

Berikut gaya kutipan ala MLA (Modern Language Association)

Contoh dan aturan:



Aturan penulisan




CONTOH ARTIKEL OPINI DI KORAN

Contoh Tulisan Artikel Opini yang pernah dimuat di Koran
Kalau anda ingin tahu bagaimana contoh artikel opini yang sudah dimuat di koran, maka berikut beberapa contoh artikel yang sudah dimuat di koran-koran nasional. Perhatian jumlah kata secara total dan gaya penungkapan kalimatnya.

1. Contoh artikel yang dimuat di koran Kompas: Akankah Irak Menjadi Vietnam Kedua?

BERITA tentang helikopter Chinook yang ditembak jatuh oleh rudal, menewaskan 16 personel tentara AS (termasuk dua wanita), merupakan kabar buruk bagi AS. Kemudian, Black Hawk ditembak jatuh dekat Tikrit, pada Jumat, menewaskan enam pasukan AS. Berita itu cukup mengkhawatirkan Washington. Selengkapnya


2. Contoh artikel dimuat di koran Jawa Pos: Shirin Ebadi

DALAM pemberian penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini kepada pengacara serta aktivis HAM Iran Shirin Ebadi, Komite Nobel Norwegia telah memberikan wewenang kepada wanita umumnya dan perempuan Iran khususnya pada suatu poin yang krusial saat sedang terjadi ketegangan antara kalangan reformis dan konservatif, baik di Iran maupun di dunia Islam secara luas. Selengkapnya

3. Contoh artikel dimuat di koran Republika: Bin Ladin, Israel dan Terorisme

Seandainya sebuah survei interim dilakukan tentang kondisi dunia, akankah ia menunjukkan bahwa dunia menjadi lebih aman setelah tragedi 11/9? Jawabannya mungkin dapat ditemukan dalam beberapa baris kata dari Thomas Hardy ini: “Beberapa aspek berada dalam diri kita, dan siapa yang tampak seperti raja dialah Sang Raja”. Selengkapnya


4. Contoh artikel dimuat di koran Media Indonesia: Peta Jalan Damai India-Pakistan

PERTEMUAN puncak antara Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Presiden Pakistan Pervez Musharraf semakin membuktikan bahwa dalam dunia diplomasi (sebagaimana dalam kriket, olahraga populer di kawasan ini) hasil dari pertemuan tingkat tinggi sering berupa kebalikan dari prediksi sebelumnya. Selengkapnya


5. Contoh artikel dimuat di koran Suara Karya: Universalisme Demokrasi

Natan Sharansky, disiden terkenal Yahudi Soviet yang dibebaskan setelah hukuman penjara sembilan tahun, terkadang dianggap sebagai inspirasi untuk kebijakan perubahan rezim neo-konsevatif. Khusus mengenai pandangannya pada rasionalisasi neo-imperialisme terbaru dalam mencegah terjadinya prinsip kedaulatan nasional dengan atau tanpa intervensi bersenjata, dan tentang keefektivan aktual dalam menghasilkan perdamaian yang stabil. Selengkapnya


6. Contoh artikel dimuat di koran Pikiran Rakyat Bandung: Clash of Civilization, Mitos atau Realitas?

SAAT ini sedang terjadi pergulatan spektrum dan visi di horison intelektual dan pola pikir. Di permukaan, ia tampak dalam wujud pergulatan antara barat dan blok Islam untuk merebut dominasi dunia. Dalam realitas, pemeran antagonis dalam konflik yang tampak antara Barat dan Islam berada pada sisi yang sama. Selengkapnya..


7. Contoh artikel dimuat di koran Duta Masyarakat: Islam dan Demokrasi

Banyak kalangan non-muslim (individual dan institusi) yang menilai bahwa tidak terdapat konflik antara Islam dan demokrasi dan mereka ingin melihat dunia Islam dapat membawa perubahan dan transformasi menuju demokrasi. Selengkapnya..

8. Contoh artikel dimuat di koran Suara Pembaruan: Poluneg Kerry Tak Beda dengan Bush

Saya akan siap siaga untuk mengirim pasukan dalam waktu singkat.” Itulah John F Kerry, kandidat presiden Amerika dari Partai Demokrat. Apa yang terjadi? Bukankah Demokrat semestinya mengakhiri kebijakan intervensionis pemerintahan Bush? Selengkapnya..

9. Contoh artikel di Jawa Pos: Raja Demokrasi yang Imperialis

AS adalah yang pertama mengakui kekuatan nasionalisme pasca-Perang Dunia II, ketika negara-negara Arab yang sekarang terbentuk dari kepingan imperium Turki yang membusuk. Dalam Perang Dunia II nasionalisme didukung dan didorong di berbagai negara di bawah pendudukan Nazi, baik Yunani, Prancis, Yugoslavia, maupun negara Eropa lainnya. Gerakan perlawanan merupakan kelanjutan dari nasionalisme laten, yang mengemuka ketika negara-negara itu diduduki Nazi.Mengapa AS tidak memikirkan resistansi serupa dari sebuah negara semacam Iraq? Selengkapnya...

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam