Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Ponpes Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura

pp banyuanyar
Sejarah profil biodata LPI Ponpes Pondok Pesantren pontren PP LPI Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura Jawa Timur Jatim. Pesantren tertua di Madura.

DAFTAR ISI

  1. Sejarah Awal LPI Darul-Ulum
  2. Visi, Misi dan Motto PP Darul-Ulum Banyuanyar
  3. Nama-Nama Pengasuh Pondok Pesantren Banyuanyar

SEJARAH AWAL PERKEMBANGAN PP BANYUANYAR

Pondok Pesantren Banyuanyar bermula dari sebuah langgar (musholla) kecil yang didirikan oleh Kyai Itsbat bin Ishaq sekitar tahun + 1787 M/1204 H. Beliau adalah salah seorang ulama kharismatik yang terkenal dengan kezuhudan, ketawadhuan dan kearifannya yang kemudian melahirkan tokoh-tokoh masyarakat dan pengasuh pondok pesantren di Pulau Madura dan Pulau Jawa.

Pada awal berdirinya, Pondok Pesantren Banyuanyar hanya berlokasi di atas sebidang tanah tegalan yang sempit dan gersang yang kemudian dikenal dengan sebutan “Banyuanyar”. Di lokasi inilah Kyai Itsbat mengasuh para santrinya dengan penuh istiqomah dan sabar, sekalipun sarana dan fasilitas yang ada pada saat itu jauh dari kecukupan. Setelah wafat, beliau meninggalkan amanah suci pada generasi penerusnya yaitu cita-cita luhur untuk mendirikan sebuah pondok pesantren yang representatif yang mampu menjawab tantangan zaman dan tuntutan umat.

Nama Banyuanyar diambil dari bahasa Jawa yang berarti air baru. Hal itu didasari penemuan sumber mata air (sumur) yang cukup besar oleh Kyai Itsbat. Sumber mata air itu tidak pernah surut sedikitpun, bahkan sampai sekarang air tersebut masih dapat difungsikan sebagai air minum santri dan keluarga besar Pondok Pesantren Banyuanyar.

Sedangkan nama “Darul Ulum” adalah nama yang digunakan secara formal sejak tahun 1980-an sebagai nama lembaga, baik pendidikan formal maupun non formal. “Darul Ulum” juga menjadi nama institusi-institusi yang dikembangkan oleh Pondok Pesantren Banyuanyar.


VISI DAN MISI PONPES BANYUANYAR

A. Visi

Lahirnya generasi muslim berakhlaqul karimah, berilmu amaliyah dan beramal ilmiah.

B. Misi

1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan.
2. Menyelenggarakan kegiatan keagamaan demi terciptanya insan yang berbahagia dunia akhirat.

3. Mengembangkan sikap akhlaqul karimah.

C. Motto Pondok Pesantren Banyuanyar

تدأ كابوغائن اغيغ علم سيه منفعة سرغ تاكؤ دأ الله تعالى كرن كفنيكه سيه ددى كأونتوغن بن كمليائن دنيا اخرة

Tada’ kaboenga’an angĕng ĕlmo sĕ mampaat sareng tako’ da’ Allataala karana gapanĕka sĕ daddi kaontongan ban kamoldja’an doennja aherat.

(Tidak ada kebahagiaan kecuali ilmu yang bermanfaat dan taqwa kepada Allah taala, karena hal itu yang akan menyebabkan kesuksesan dan kemuliaan di dunia dan akhirat).


NAMA-NAMA PENGASUH PONDOK PESANTREN BANYUANYAR

1. Itsbat Bin Ishaq Bin Hasan Bin Abdurrahman (Kyai Abdurrahman adalah menantu Sunan Giri Gresik), periode tahun 1788 s/d 1868.
2. RKH. Abdul Hamid Bin Itsbat, periode tahun 1868 s/d 1933.
3. RKH. Abdul Majid bin Abdul Hamid (wafat 1958 M), periode tahun 1933 s/d 1943.
4. RKH. Baidhawi bin Abdul Hamid (wafat 1966 M), periode tahun 1943 s/d 1966.
5. RKH. Abdul Hamid Bakir bin Abdul Majid (wafat 1980 M), periode tahun 1966 s/d 1980.
6. RKH. Muhammad Syamsul Arifin bin KH. Abdul Lathif, periode tahun 1980-sekarang.

BROSUR PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) SMP TAHFIDZ DARUL ULUM

Telah dibuka Penerimaan Siswa Baru SMP Tahfidz Darul ulum Banyuanyar Palengaan Pamekasan Tahun Pelajaran 2014-2015 Dengan sekali periode pendaftaran yaitu mulai tanggal 1 juni s/d 13 juli 2014.

A. SYARAT KHUSUS
1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Uang pendaftaran Gratis
3. Foto hitam putih (cetak manual) ukuran 3x4 sebanyak 6 lembar
4. Foto copy Ijazah dan SKHUN yang dilegalisir oleh pejabat berwenang masing-masing 3 lembar.
5. Foto copy Kartu Keluarga(KK) dan AKTA Kelahiran Masing-masing 2 lembar.
6. Semua berkas dimasukkan ke dalam map warna Hijau

B. WAKTU PENDAFTARAN :
a. Pagi : Jam : 07.30 s/d 11.00 Wib
b. Siang : Jam: 13.30 s/d 16.30 Wib

C. TEMPAT PENDAFTARAN
Kantor SMP Tahfidz Darul ulum Jl. PP. Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan.

D. PELAKSANAAN TES
Tes dilaksanakan Tanggal 14 s/d 15 juli jam 08.00-selesei.

E. MATERI TES
1. Tes Tulis
Menyambung Kata Menjadi Kalimat( Latin Dan Bahasa Arab)
2. Tes Lisan
Aqoid 50, Tajwid, dan Doa-doa.

F. PENGUMUMAN HASIL TES
Adapun Pengumuman Hasil Tes Pada Tanggal 16 Juli 2014

G. HERREGISTRASI
Bagi siswa yang telah dinyatakan Lulus tes PSB wajib melakukan daftar ulang pada tanggal 17 Juli 2014 di SMP Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

H. PELAKSANAAN ORSIB, TA'SIB
ORSIB DAN TA'SIB akan di laksanakan setelah Bulan Ramadhan

Contact Person: 087750270080( Ach. Mudai, S. Pd )
081913741787 ( Moh. Nurullah )

SKRIPSI TENTANG MA DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN

SKRIPSI 1

Judul: Pola Pengasuhan Anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan
Penulis: Suryadi
Jurusan Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan,
Pembimbing; Fatekhul Mujib, S.Ag., M.Si

Setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini diatur dalam Konvensi PBB tentang Hak Anak Tahun 1989 dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Kenyataannya, tidak semua anak dapat terpenuhi kebutuhan kependidikannya. Ada diantara mereka yang mengalami hambatan seperti pada keluarga yang mengalami perpecahan, keluarga miskin atau salah satu orang tuanya tidak ada. Akibatnya kebutuhan makan, pakaian, perumahan, pengobatan, perlindungan, kasih sayang dan terutama pendidikan mereka tidak terpenuhi. Hal ini menjadi alasan utama Pengurus PP Darul Ulum Banyuanyar, Potoan Daya Palengaan Pamekasan mendirikan Panti Asuhan Darul Aitam.

Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang bagaimana pola yang diterapkan dalam pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan, kedua, tentang bagaimana aktifitas pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak asuh putra di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan sebagai informan penelitian yang diseleksi dengan menggunakan teknik purpossive sampling (sampel bertujuan). Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis non statistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pola pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan dilakukan dengan dua bentuk, yaitu pengelompokan anak asuh sesuai tingkatan pendidikan dengan cara sesama kelas 1 SD disatukan dengan seorang pengasuh , dan pemerataan anak asuh di masing-masing asrama dengan cara masing-masing asrama dihuni oleh beragam tingkat pendidikan anak. Kedua, aktifitas pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan meliputi aktifitas kependidikan, terdiri dari pendidikan formal dan pengajian kitab kuning, aktifitas pengembangan bakat dan minat dan pembiasaan atau pembentukan karakter.

SKRIPSI 2

Judul: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Palengaan Pamekasan
Penulis: Mohammad Samhari,
Tahun: 2012
Pembimbing: Achmad Muhlis, MA.
Level akademis: Skripsi, Jurusan Tarbiyah.
Universitas: Program Studi Pendidikan Agama Islam. STAIN Pamekasan.
ABSTRAK

Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar merupan Lembaga pendidikan formal yang berfungsi mewadahi kebutuhan masyarakat dalam proses pemerolehan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi putra putrinya beserta dalam mengembangkan potensi yang dimilkinya. Dorongan masyarakat dalam mengembangkan Madrasah sangatlah besar sehingga harapannya terhadap Madrasah akan dapat diraih.

Selanjutnya dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Karena hal itu dimaksudkan untuk memberikan data yang sedetail mungkin tentang manajemen pengembangan sumber daya manusia manusia beserta gejala-gejala yang berhubungan di dalamnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka Ada tiga permasalahan yang menjadi kajianpokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran kepala Madrasah dalam manajemen pengembangan sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar. kedua, bagaimana pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar. ketiga,apa saja faktor penghambat terhadap manajemen pengembangan sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran kepala Madrasah dalam manajemen pengembangan sumber daya manusia sangat penting yaitu dengan caramelakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap seluruh staf Madrasah beserta melakukan pemberdayaan terhadap staf Madrasah . Dengan tujuan mengoftimalkan sumber-sumber yang ada. Kedua, pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya manusia sudah tertata dengan baik hal itu bisa dilihat dari masing-masing staf Madrasah menjalankan kinerjanya dengan baik, seperti melaksanakan kegiatan berupa diklat, rapat internal. Hal itu dapat meningkatkan motivasi kerjanya sesuai bidangnya masing-masing. Ketiga, faktor penghambat terhadap manajemen pengembangan sumber daya manusia disamping terbatasnya sarana yang ada, dan juga pengelola, guru beserta siswa terdapat hambatan. Bagi pengelola, terlalu banyak tugas yang diemban oleh pengelola disamping menjadi struktur di Madrasah juga menjadi pengurus di pondok pesantren. Bagi guru terlalu banyak lembaga-lembaga yang di geluti sehingga tugasnya tidak terlalu fokus. Bagi siswa, latar belakang pendidikan yang berbeda hal itu berdampak terhadap ketidak setaraan untuk memperolah ilmu pengetahuan yang tinggi.


Courtesy: www.banyuanyar.com

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam