Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Jateng

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Jateng


Sejarah profil biodata Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki ponpes pontren pp Sukoharjo Surakarta Jawa Tengah berdiri pada 10 Maret 1972 dengan nama Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin di jalan Gading Kidul No 72 A Solo. Pada 1974, pindah ke dukuh Ngruki kelurahan Cemani kecamatan Grogol kabupaten Sukoharjo. Pendirinya adalah Ustadz Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba'asyir, Abdullah Baraja', Yoyok Rosywadi, H. Abdul Qohar Daeng Matase dan Hasan Basri, BA. Pondok Ngruki merupakan kombinasi sistem salaf (tradisional) dan modern.

DAFTAR ISI

1. Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki
2. Profil Abu Bakar Ba'asyir Pendiri Pondok Ngruki Sukoharjo
3. Sistem Pendidikan Ponpes Al Mukmin Ngruki


SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI
pada tanggal 10 Maret 1972 berdirilah Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin di jalan Gading Kidul No 72 A Solo, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam dan Asuhan Yatim Al-Mukmin (YPIA) dengan akte Notaris No. 130 b 1967.

Pada waktu itu jumlah santri yang diasramakan sebanyak 30 siswa termasuk didalamnya 10 siswa dari Asuhan YPIA. Adapun para perintis dan pendirinya pada waktu itu adalah Ustadz Abdullah Sungkar , Ustadz Abu Bakar Ba'asyir , Ustadz Abdullah Baraja' , Ustadz Yoyok Rosywadi , Ustadz H. Abdul Qohar Daeng Matase dan Ustadz Hasan Basri, BA serta para pendukung yang lain.

Mengingat perkembangan santri yang sangat pesat dengan sarana dan prasarana yang masih terbatas pada waktu itu, maka dua tahun berikutnya yaitu tahun 1974 pengurus Yayasan Pendidikan dan Asuhan Yatim/Miskin Al-Mukmin (YPIA) memindahkan lokasi madrasah ke dukuh Ngruki kelurahan Cemani kecamatan Grogol kabupaten Sukoharjo dengan menempati tanah KH. Abu Amar . Sejak saat itulah pondok pesantren ini terkenal dengan pondok pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki.


PROFIL ABU BAKAR BA'ASYIR PENDIRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI

Abu Bakar Ba'asyir bin Abu Bakar Abud, alias Ustadz Abu dan Abdus Somad lahir di Jombang, Jawa Timur, 17 Agustus 1938, adalah salah satu pendiri dari Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Jateng. Abu Bakar Ba'asyir mendirikan Pondok Ngruki bersama Ustadz Abdullah Sungkar, Ustadz Abdullah Baraja', Ustadz Yoyok Rosywadi , Ustadz H. Abdul Qohar Daeng Matase dan Ustadz Hasan Basri.

Sampai saat ini, Ustadz Abu adalah pengasuh utama dari Pondok Ngruki.


SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI

Pondok pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki membuka berbagai unit pendidikan sebagai berikut :

Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Takhasus (TKS / Pra SLTA)
Kulliyyatul Mu'allimin Al Islamiyyah (KMI)
Madrasah Aliyah (MA)
Ma'had Aly (Sekolah Tinggi)
Fakultas Tarbiyah
Fakultas Syari'ah

=========
Courtesy:
1. almukmin-ngruki.com
2. wikipedia

2 comments:

  1. al mukmin ngruki

    ReplyDelete
  2. semoga eksis selalu untuk mendidik kaum muslimin dan mencerdaskan bangsa indonesia...

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!