Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Jogjakarta

Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Jogjakarta

Sejarah profil biodata ponpes Pondok Pesantren pontren pp Yayasan Ali Maksum Krapyak Jogjakarta merupakan pesantren yang menjadi bagian dari Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak DI Yogyakarta.

DAFTAR ISI

  1. Sejarah Awal Berdirinya PP Ali Maksum Krapyak Jogja
  2. Profil KH Ali Maksum Krapyak Yogyakarta
  3. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta

SEJARAH AWAL BERDIRINYA PP ALI MAKSUM KRAPYAK JOGJAKARTA

Pondok pesantren modern dengan madrasah aliyah dan tsanawiyah dengan status disamakan, dengan tanpa meninggalkan ajaran-ajaran klasik, konsentrasi pada huffadzul qur'an dan kitab kuning.


PENGASUH/PIMPINAN PONPES ALI MAKSUM KRAPYAK JOGJAKARTA

Pengasuh: KH. Moenawir, KH. Atabik Ali
Alamat: Jl. KH. Ali maksum, krapyak kulon, panggungharjo, sewon, bantul, jogjakarta
Propinsi:DI_Yogyakarta
Contact: Telp:(0274) 379102

Muhammad Ali bin Maksum bin Ahmad dilahirkan di Lasem, kota tua di Jawa Tengah dari keluarga keturunan Sultan Minangkabau Malaka. Putra pasangan Kyai Haji Maksum Ahmad dan Nyai Hajjah Nuriyati Zainuddin ini, dari jalur kedua orangtua beliau juga merupakan keturunan Sayyid Abdurrahman Sambu alias Pangeran Kusumo bin Pangeran Ngalogo alias Pangeran Muhammad Syihabudin Sambu Digdadiningrat alias Mbah Sambu. Garis keturunan ini banyak melahirkan keluarga pesantren yang tersebar di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tak lama setelah diambil menantu oleh KHM Munawwir al Hafidh al Muqri Krapyak Yogyakarta, beliau dibantu oleh seorang saudagar Kauman Yogyakarta untuk berhaji ke Mekah. Kesempatan ini beliau pergunakan pula untuk melanjutkan mengaji tabarrukan kepada para ulama Mekah ; Sayyid Alwi al Maliki Al Hasni, Syaikh Masyayikh Hamid Mannan, Syaikh Umar Hamdan dan sebagainya.

Sepeninggal Kyai Munawwir Krapyak, Pondok Krapyak memerlukan beliau untuk melanjutkan perjuangan di bidang pendidikan bersama-sama dengan KHR. Abdullah Affandi Munawwir dan KHR. Abdul Qadir Munawwir.


SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK JOGJAKARTA

Ponpes Ali Maksum Krapyak Jogja menganut sistem kombinasi antara tradisional/salaf dengan klasikal modern. Antara formal dan non-formal. Lembaga pendidikan yang ada adalah sebagai berikut:

1. Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum
2. Madrasah Aliyah Ali Maksum Jurusan Agama, Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial
3. Lembaga Kajian Islam Mahasiswa (LKIM)
4. Ma'had Ali
5. Madrasah Tahfidzill Qur’an
6. Madrasah Diniyah a. Tingkat Awwaliyah (Dasar), 4 tahun ( kelas 1 – 4 ); b. Tingkat Wustho (Menengah), 2 tahun; c. Tingkat Ulya (Atas), 2 tahun.
7. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Plus
8. SMP Ali Maksum

PROFIL DETAIL LEMBAGA PENDIDIKAN DI PONPES KRAPYAK JOGJA

1. Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum

Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum adalah sekolah formal setingkat SLTP berciri-khas agama Islam dengan status Terakreditasi A. Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum memadukan program kurikulum lokal pondok pesantren dan kurikulum nasional (Depag dan Diknas)

Pengembangan bakat dan minat siswa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Ali Maksum dilaksanakan melalui kegiatan ekstra kurikuler antara lain : belajar kelompok setiap malam, pendidikan pers, majalah siswa, majalah dinding, buletin siswa, ilmiah remaja, pelatihan kepemimpinan, pidato empat bahasa, komputasi, keterampilan tata boga, Palang Merah Remaja (PMR), beladiri Pencak Silat Pagar Nusa, olah raga (sepakbola, bola voli), kesenian qasidah dan hadrah, seni baca Al-Qur’an, Muhadloroh Arabiyyah dan English Meeting dan sebagainya.

Telepon: 0274 711 5580 / 0274 376 500

2. Madrasah Aliyah Ali Maksum

Madrasah Aliyah merupakan lembaga pendidikan formal setingkat SLTA dengan akreditasi A. MA Ali Maksum menyelenggarakan pendidikan dengan 3 jurusan :

Jurusan Agama
Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial

Telepon: 0274 379 102

3. Lembaga Kajian Islam Mahasiswa (LKIM)

Lembaga Kajian Islam Mahasiswa merupakan lembaga pendidikan tinggi nonformal pondok pesantren yang diselenggarakan oleh Pondok pesantren Krapyak Yogyakarta khusus bagi mahasiswa (PT umum maupun PT agama) yang berminat belajar agama Islam. Mereka yang pada pagi harinya kuliah di beberapa perguruan tinggi tersebut, jika sore, malam dan pagi hari mengikuti kegiatan pengajian program LKIM untuk mendalami Agama dan pelatihan dakwah serta kepemimpinan.

Untuk menjamin kualitas pendidikan, para santri-mahasiswa LKIM dibimbing oleh dosen dan para ustad (alumnus PT dalam dan luar negeri) baik dari dalam dan luar pondok pesantren yang ahli di bidangnya, yang akan mengantarkan santri mahasiswa memiliki wawasan yang luas dalam memahami ajaran-ajaran Islam.

Telepon: 0274 411 706

4. Ma'had Ali

Diselenggarakan mulai tahun 2007, Ma’had Ali LKIM merupakan pendidikan pesantren tingkat perguruan tinggi yang mengkaji ilmu-ilmu keislaman dengan konsentrasi tafsir dan hadis. Peserta program ini umumnya adalah alumni pondok pesantren yang ingin lebih mendalami kajian tafsir hadis dengan gabungan kurikulum tradisional maupun kontemporer. Calon peserta yang kebanyakan adalah mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta sebelumnya menjalani tes seleksi masuk yang berlangsung pada bulan Juli-September. Kegiatan dirasah/perkuliahan yang diampu oleh para kiai atau ustadz berlangsung pada malam hari.

Telepon: 0274 411 706

5. Madrasah Tahfidzill Qur’an

Madrasah Tahfidz bertujuan membimbing santri menghafal al-Qur’an serta mendalami Ilmu-Ilmunya, memiliki moralitas dan akhlaq Qur’ani dan sekaligus diharapkan dapat mengamalkan ajaran-ajaran al-Qur’an dalam kehidupannya. Seorang santri dengan kecerdasan yang cukup, rata-rata dapat menghafal al-Qur’an antara 2 s/d 4 tahun, namun untuk menghafal al-qur’an dan memahami tafsirnya serta mendalami ilmu-ilmunya memang diperlukan waktu lebih lama lagi.

Santri Tahfidz ini adalah adalah santri yang sudah selesai mengaji al-Qur’an binnadri (dapat membaca al Qur’an dengan fasih) dan memiliki niatan kuat untuk menghafalkan dan mendalami al-Qur’an.

Telepon: 0274 385 273

6. Madrasah Diniyah

Pendidikan khusus ilmu keagamaan, Madrasah Diniyah Ali Maksum ini didasarkan atas kebutuhan spiritual masyarakat untuk memperoleh dasar pendidikan agama Islam. Sasaran lembaga ini adalah para pelajar SD, SLTP/ SLTA yang ada di Yogyakarta ini yang bermaksud menimba ilmu agama. Oleh karena itu diselenggarakan madrasah Diniyah dengan pengelolaan khusus yang merupakan konsumsi untuk masyarakat di luar pondok pesantren.

Madrasah Diniyah Ali Maksum memulai tahun ajaran barunya bersamaan dengan tahun ajaran baru di sekolah-sekolah umum dengan menyelenggarakan jenjang pendidikan sebagai berikut :

a. Tingkat Awwaliyah (Dasar), 4 tahun ( kelas 1 – 4 )

b. Tingkat Wustho (Menengah), 2 tahun .

c. Tingkat Ulya (Atas), 2 tahun .

Telepon: 0274 386 236

7. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Plus

TPQ Plus ini merupakan salah satu lembaga di bawah Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak dalam usaha memenuhi kebutuhan masyarakat umum akan pentingnya pendidikan dan pengajaran al-Qur’an bagi anak dengan cara cepat dan tepat. Lembaga ini karenanya dikhususkan bagi anak usia TK/ SD yang berada di lingkungan pondok pesantren. Selain memperhatikan aspek psikologi anak dan penambahan pelajaran praktek ibadah, TPQ ini memiliki kekhasan, yaitu digunakannya pola pengajaran baca tulis al-Qur’an yang disesuaikan dengan kaidah Bahasa Arab. Peserta didik karenanya selain mampu membaca al-Qur’an dengan baik, juga dapat memiliki pengetahuan dasar Bahasa Arab.

TPQ Plus Ali Maksum dengan sistem tersebut dimaksudkan agar anak/siswa :

a. Dapat membaca al-Qur’an dengan fasih.

b. Bebas dari buta baca tulis huruf Arab.

c. Mampu mengamalkan ajaran ibadah dengan baik dan benar.

d. Memiliki akhlaqul karimah dan budi pekerti

Materi Pendidikan TPQ Plus Ali Maksum meliputi : penguasaan buku pegangan Qiro’ah Muyassaroh, hafalan surat-surat pendek, do’a sehari-hari, praktek ibadah, belajar, cerita, bermain dan menyanyi lagu-lagu Islami.

Telepon: 0274 386 236

8. SMP Ali Maksum

SMP Ali Maksum adalah sekolah berbasis pesantren dan membuka program unggulan yang didukung oleh program-program dan metode-metode pembelajaran mutakhir seperti Scud Memory, Brain Gym, Multiple Intelligences, Brain Based Learning, serta International Language Community. SMP Ali Maksum bernaung dibawah Kementrian Pendidikan Nasional.

BEASISWA

Pondok Pesantren Krapyak memberikan beasiswa untuk santri yang kurang mampu, santri yang berasal dari lingkungan sekitar pondok pesantren, anggota keluarga pemangku kepentingan pondok pesantren (guru, karyawan, pengurus yayasan). Beasiswa bisa berbentuk pengurangan biaya sekolah dan asrama sampai pembebasan segala biaya pendidikan.

Mengingat tingginya kebutuhan beasiswa, Pondok Pesantren Krapyak membuka diri terhadap pihak-pihak yang ingin berkontribusi dalam pemberian beasiswa. Beberapa lembaga dan perorangan di luar pondok pesantren telah tercatat menyalurkan beasiswa ke pondok pesantren Ali Maksum Krapyak.

Telepon: 0274 668 9000

Alamat Kontak

Yayasan Ali Maksum
Pondok Pesantren Krapyak

Jalan Kyai Haji Ali Maksum PO. Box 1192
Krapyak, Yogyakarta
Indonesia 55011

Telepon: +62 274 450 103
Email : info@krapyak.org

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!