Pondok Pesantren Annur I Bululawang Malang

Pondok Pesantren Annur I Bululawang Malang

Sejarah profil biodata Ponpes PP Pondok Pesantren Annur I Bululawang Malang Jawa Timur yang berdiri pada tahun 1940 dan didirikan oleh Kyai KH. Anwar Noer.
Oleh Litbang Ponpes Al-Khoirot Malang

DAFTAR ISI

1. Sejarah Pondok Pesantren Annur I Bululawang Malang
2. Profil Kyai Anwar Noer Pendiri Ponpes Annur I Bululawang Malang
3. Pengasuh Pimpinan PP Annur I Bululawang Malang
4. Sistem Pendidikan PP Annur I Bululawang Malang



SEJARAH PONDOK PESANTREN ANNUR I BULULAWANG MALANG

Pada tahun 1940 secara gotong royong dengan warga kampung, Kyai Anwar Noer mendirikan langgar sederhana untuk tempat mengaji terletak disebelah barat rumah.

Pada tahun 1942 semula Kyai Anwar Noer bermaksud mendirikan rumah sederhana dibelakang rumah untuk tempat istirahat. Tetapi tiba tiba datanglah seorang yang sudah tua ingin membantu pekerjaan dan tinggal dirumah beliau. Akhirnya pendirian rumah ditempatkan disamping sebelah selatan langgar yang selanjutnya digunakan sebagai tempat orang tua tersebut. Semakin lama santri yang dating semakin bertambah, bukan saja berasal dari Bululawang, melainkan juga dari desa lain, seperti dari desa Segenggeng Kec. Pakisaji,Jambearjo Kec. Tajinan, bahkan dari Probolinggo pada umumnya santri yang dating dari jauh ini berkeinginan untuk tinggal dipondok. Berhubung pada waktu itu santri saat mengaji sudah mencapai 40 orang, maka untuk menampung santri yang tidak pulang, maka mereka diminta tinggal bersama orang tua tadi dengan jalan rumahnya disekat dengan gedek menjadi dua bilik, kemudian ditambah satu bilik lagi. Sejak tahun itulah system pondok pesantren dimulai, sedang kitab kitab yang di pelajari antara lain: Sulam Safinah, Fathul Qorib, Bidayatul Hidayah, dsb.

Pada tahun 1950, sesudah keamanan pulih, keluarga kyai kembali dari pengungsian, dan santri santripun berdatangan kembali ke pondok. Dua tahun kemudian (tahun 1952) datanglah seorang pembuka masyarakat Bululawang memberi saran kepada kyai agar Langgarnya diberi nama “ AN NUR “ diambil dari singkatan pendirinya AN dari ANWAR dan NUR dari orang tua beliau NURUDDIN, disamping menurut bahasa artinya CAHAYA Kemudian dari penetapan inilah AN NUR semakin berkembang.


PROFIL PENDIRI PONDOK PESANTREN ANNUR I BULULAWANG MALANG

Muhammad Anwar Bin H. Nuruddin lahir pada tahun 1901 di desa Sumber Taman Kabupaten Probolinggo. Sejak usia 15 tahun, Anwar muda belajar di beberapa pesantren yaitu: 1. PP Bladu Gending Probolinggo yang diasuh oleh paman beliau sendiri yaitu KH FATHULLOH UMAR
2. PP Sono Buduran Sidoarjo yang diasuh oleh KH ZYARKASI
3. PP Sidogiri Kab. Pasuruan yan
4. Mengaji pada KH. ABDUL AZIZ di Probolinggo
5. PP Panji Kab Sidoarjo yang diasuh oleh KH CHOZIN dan KH HASYIM

KH. ANWAR NUR wafat pada tahun 1992.


PENGASUH PIMPINAN PP ANNUR I BULULAWANG MALANG

KH. ANWAR NU (alm.)
KH. Ahmad Fahrurrozi
KH. A. Bahrul Huda
KH. Mashudi


SISTEM PENDIDIKAN PP ANNUR I BULULAWANG MALANG

Pendidikan yang diselenggarakan adalah program pendidikan salafi dengan kajian kitab-kitab klasik yang dikemas dalam sistem klasikal Madrasah Diniyah dengan jenjang :

Tingkat I’dadiyah
Tingkat Ula (kelas 1,2 dan 3)
Tingkat Ulya (kelas 1,2 dan 3)
Kelas 1,2,3,4,5 dan untuk putri

Disamping pendidikan formal MI, Mts, MA, SMP dan SMA dibawah naungan Yayasan An Nur

=========
Courtesy: annur1.net

3 comments:

  1. annur 2 bululawang

    ReplyDelete
  2. www.mts an-nur.com

    ReplyDelete
  3. an nur malang

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!