Pondok Pesantren Darul Hikmah PPDH Pekanbaru Riau

PPDH Dar El Hikmah
Sejarah profil biodata ponpes pontren Pondok Pesantren Darul Hikmah Dar El Hikmah ( PPDH) alamat Jalan Raya HR. soebrantas / Jl. Mayar Sakti KM. 12 Kelurahan Simpang Baru kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Provinsi Riau Sumatera yang didirikan pada tahun 1987. Namun baru aktif dan dibuka untuk umum pada tanggal 8 Agustus 1991.
Oleh Litbang Ponpes Al-Khoirot Malang

DAFTAR ISI
  1. Sejarah Berdirinya PPDH
  2. Pimpinan Pesantren Dar El Hikmah PPDH Pekanbaru Riau
  3. Sistem Pendidikan Ponpes Darul Hikmah Pekanbaru Riau


SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PPDH

Pondok Pesantren Darul Hikmah atau Dar El Hikmah (PPDH) didirikan pada tahun 1987 ketika Bapak H. Abdullah Uban mewakafkan sebidang tanah di jalan Manyar Sakti km.12 Simpang Baru. Mulai sejak saat itu telah diurus izin pendirian bangunan sekolah seperti ruang belajar, aula, masjid, perumahan guru, asrama dan kantin. Setelah sarana di atas selesai dibangun, dikarenakan tenaga manajerial yang professional belum ada, maka kegiatan pesantren belum dapat dilaksanakan. Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru berada di bawah naungan Yayasan Nur Iman Pekanbaru.

Berkat bantuan almarhum Bapak DR.H. Satria Efendi M. Zen, salah seorang tokoh masyarakat Riau di Jakarta, dan dosen pasca sarjana pada IAIN Syarif hidayatullah Jakarta serta salah seorang Pembina di Pondok Pesantren darunnajah Jakarta, yang menghubungi Bapak Drs. KH. Mahrus Amin selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, maka semakin jelas dan terarahlah langkah dan cita yayasan untuk mendirikan pondok pesantren di bumi lancing kuning. Selanjutnya dijalin kerjasama dengan Pondok Pesantren Darunnjaah Jakarta.

Pada pertemuan yang diadakan pada tanggal 20 April 1991 yang dihadiri oleh segenap pengurus Yayasan Nur Iman Pekanbaru dan simpatisan dari Jakarta antara lain almarhum DR.H. Satria Efendi M. Zein dan Drs. KH. Mahrus Amin ditetapkan dan disepakati bahwa pondok pesantren ini diberi nama "Pondok Pesantren Dar El Hikmah".

Pada tanggal 8 Agustus 1991 barulah Pondok Pesantren ini dikenalkan kepada masyarakat dan secara resmi dibuka operasional pemakaiannya oleh Bapak Oesman Effendi Affan, SH, Walikota Pekanbaru, di kampus Pondok Pesantren Dar El Hikmah beralamat di jalan Manyar Sakti Km.12 Desa Simpang Baru Kec. Tampan Kotamadya Pekanbaru.

DASAR PEMIKIRAN

Para santri dan santriawati adalah cerminan dan kelompok yang bertakhasus dalam mempelajari ilmu syar’i agar bisa menjadi penyeru bagi kaumnya, yakni masyarakatnya, sebagaimana disinyalir Allah SWT dalam Al-Qur'an:

“Tidak sepatutnya bagi orang-orang mukmin itu pergi (ke medan perang) mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan, di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga diri.” (QS. At-Taubah: 122)

Pesantren adalah Lembaga Pendidikan Islam yang memiliki peran yang sangat strategis dalam prospek pengembangan indipidu yang berkualitas inletektual, emosional dan spiritual. Allah berfirman:

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tiadahlah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka.” (QS. Ali Imran: 190-291)

Santri adalah manusia yang terbaik dalam ummat Rasulullah SAW, sebagaimana diisyaratkan dalam sebuah hadits:

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

3. a. VISI

- Mencetak generasi yang Faqih dan Qur’ani

b. MISI

- Melaksanakan pembelajaran yang islami bagi guru dan santri dengan kurikulum yang terpadu.

- Menjadikan santri para penghafal seluruh atau sebagian al-Qur'an.

- Mengembangkan potensi para santri/santriawati berdasarkan Emosional, Intelektual, spritual dan Fisikal.

- Meningkatkan kemampuan santri/santriawati dalam berbahasa Arab dan Inggris.

4. Tujuan dan Sasaran

Pesantren memiliki tujuan yang secara esensial, adalah tujuan pendidikan islam itu sendiri, yaitu mewujudkan manusia yang mampu merealisasikan ubudiyah kepada Allah dalam kehidupan pribadi dan msyarakat serta agar menjadi manusia yang mampu menjalankan fungsi dan oerannya sebagai khalifah di muka bumi.

Tujuan pendidikan di pesantren tersebut dapat diperinci dalam sasaran umum dan khusus. Secara umum tujuan pendidikan di pesantren adalah:

Pembentukan kepribadian muslim.
Mencetak dai yang handal

Adapun tujuan khususnya adalah membentuk santri yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

Bersih aqidahnya (Salimul aqidah)
Shahih ibadahnya (shahihul ibadah)
Kokoh kepribadian/akhlaknya (matinul khuluq)
Kuat fisiknya (qawiyul jism)
Tajam/terdidik pemikirannya (mutsaqqoful fikr)
Efisien mengatur waktunya (haris ala waqtih)
Mampu berusaha dan mandiri (qadir alal kasb)
Bermanfaat bagi sesama (nafi’ li ghairih)
Profesional dalam segala urusan (munadzomun fi Syu'unih)
Bersungguh-sungguh dalam segala urusan (mujahidun Li Nafsihi)

Dengan sasaran seperti yang tercantum di atas, diharapkan setelah menyelesaikan tugas belajarnya di pesantren, santri memiliki sifat Tafaqohu fiddin yakni memiliki pemahaman aqidah yang benar yang menyeluruh sehingga mampu menjadi lambang kekuatan dan mampu mereformasi diri dan lingkungannya melalui gerakan dakwah yang terorganisasi menuju kepembaharuan islam yang memiliki target sebagai berikut:

Membentuk kepemimpinan islam.
Membentuk opini publik yang islami.
Mempersiapkan iklim yang kondusif di dunia islam untuk eksistensi dakwah.

Tujuan dan sasaran pendidikan pesantren tersebut dapat direalisasikan sesuai dengan orientasi pendidikan di pesantren. Pesantren adalah lembaga strategis bagi kaderisasi SDM. Dengan kata lain merupakan suatu lembaga untuk mewujudkan manusia yang shalih menurut pandangan islam dengan dua bentuk spesialisasi ulama dalam bidang syariat dan ulama dalam bidang ilmu kauniyah.

5. Kurikulum Pesantren

Kurikulum yang diterapkan di kepesantren-an YAPIDH adalah kurikulum pelajaran-pelajaran ilmu-ilmu syar’i yang mengacu kepada buku-buku salaf yang berbahasa Arab yaitu sebagaimana yang diberlakukan di Pondok Pesantren Darul Hikmah (lihat pada tabel perincian mata pelajaran).

Selaian mata pelajaran yang sifatnya formal, para siswa masih mendapat pelajaran yang sifatnya ekstrakurikuler, seperti: Mentoring, Komputer, Kepanduan, Beladiri, Bimbingan Belajar, Khitobah, Nasyid, Drama, kaligrafi dan Jurnalistik.


PIMPINAN/PENGASUH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH

H. ABDULLAH UBAN - Pendiri
1 Ust. Abdurrahim 1991-1992 Jakarta
2 Ust. Muhammad Rosyad 1992-1994 Banten
3 Ust. Cholid M Thayib, MA 1994-1995 Jambi
4 Ust. Dahnilsyah 1995-Sekarang Pekanbaru - Riau


SISTEM PENDIDIKAN PPDH PEKANBARU RIAU

Secara garis besar, kurikulum pendidikan dan pengajaran di Dar El Hikmah dibagi menjadi dua bagian. Pertama, Kurikulum yang digunakan mengacu kepada apa yang ditetapkan Depag (TK/MTs/MA) dan Depdiknas (SMK), yang secara sederhana disebut dengan Kurikulum Negeri, dimana dalam penerapannya menggunakan metodologi pengajaran modern yang variatif.

Kedua, Kurikulum Pondok yang memuat ramuan dari kurikulum lokal di pesantren-pesantren modern dan juga pengajaran kitab kuning. Penerapannya disamping menggunakan metode-metode modern, dalam prosesnya juga tetap menggunakan metode pengajaran salafiyah/tradisional seperti sorogan, bandongan, halaqoh. Sedangkan bahasa pengantar di dalam kelas adalah bahasa Arab untuk pelajaran-pelajaran agama Islam dan bahasa Arab, dan bahasa Inggris untuk pelajaran bahasa Inggris. Untuk pelajaran umum lainnya digunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di dalam kelas.

============
Courtesy:
1. mtsdarulhikmah-pekanbaru.com
2. k.1asphost.com/darelhikmah

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. nama-nama alummni ponpes darel hikmah 1993

    ReplyDelete
  2. website mts darulhikmah di ganti http://mtsdarulhikmah.sch.id
    trims...

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!