Pondok Pesantren Darul Hikmah PPDH Pekanbaru Riau

PPDH Dar El Hikmah
Sejarah profil biodata ponpes pontren Pondok Pesantren Darul Hikmah Dar El Hikmah ( PPDH) alamat Jalan Raya HR. soebrantas / Jl. Mayar Sakti KM. 12 Kelurahan Simpang Baru kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Provinsi Riau Sumatera yang didirikan pada tahun 1987. Namun baru aktif dan dibuka untuk umum pada tanggal 8 Agustus 1991.
Oleh Litbang Ponpes Al-Khoirot Malang

DAFTAR ISI

1. Sejarah Berdirinya PPDH
2. Pimpinan Pesantren Dar El Hikmah PPDH Pekanbaru Riau
3. Sistem Pendidikan Ponpes Darul Hikmah Pekanbaru Riau



SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PPDH

Pondok Pesantren Darul Hikmah atau Dar El Hikmah (PPDH) didirikan pada tahun 1987 ketika Bapak H. Abdullah Uban mewakafkan sebidang tanah di jalan Manyar Sakti km.12 Simpang Baru. Mulai sejak saat itu telah diurus izin pendirian bangunan sekolah seperti ruang belajar, aula, masjid, perumahan guru, asrama dan kantin. Setelah sarana di atas selesai dibangun, dikarenakan tenaga manajerial yang professional belum ada, maka kegiatan pesantren belum dapat dilaksanakan. Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru berada di bawah naungan Yayasan Nur Iman Pekanbaru.

Berkat bantuan almarhum Bapak DR.H. Satria Efendi M. Zen, salah seorang tokoh masyarakat Riau di Jakarta, dan dosen pasca sarjana pada IAIN Syarif hidayatullah Jakarta serta salah seorang Pembina di Pondok Pesantren darunnajah Jakarta, yang menghubungi Bapak Drs. KH. Mahrus Amin selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, maka semakin jelas dan terarahlah langkah dan cita yayasan untuk mendirikan pondok pesantren di bumi lancing kuning. Selanjutnya dijalin kerjasama dengan Pondok Pesantren Darunnjaah Jakarta.

Pada pertemuan yang diadakan pada tanggal 20 April 1991 yang dihadiri oleh segenap pengurus Yayasan Nur Iman Pekanbaru dan simpatisan dari Jakarta antara lain almarhum DR.H. Satria Efendi M. Zein dan Drs. KH. Mahrus Amin ditetapkan dan disepakati bahwa pondok pesantren ini diberi nama "Pondok Pesantren Dar El Hikmah".

Pada tanggal 8 Agustus 1991 barulah Pondok Pesantren ini dikenalkan kepada masyarakat dan secara resmi dibuka operasional pemakaiannya oleh Bapak Oesman Effendi Affan, SH, Walikota Pekanbaru, di kampus Pondok Pesantren Dar El Hikmah beralamat di jalan Manyar Sakti Km.12 Desa Simpang Baru Kec. Tampan Kotamadya Pekanbaru.

PIMPINAN/PENGASUH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH

H. ABDULLAH UBAN - Pendiri
1 Ust. Abdurrahim 1991-1992 Jakarta
2 Ust. Muhammad Rosyad 1992-1994 Banten
3 Ust. Cholid M Thayib, MA 1994-1995 Jambi
4 Ust. Dahnilsyah 1995-Sekarang Pekanbaru - Riau


SISTEM PENDIDIKAN PPDH PEKANBARU RIAU

Secara garis besar, kurikulum pendidikan dan pengajaran di Dar El Hikmah dibagi menjadi dua bagian. Pertama, Kurikulum yang digunakan mengacu kepada apa yang ditetapkan Depag (TK/MTs/MA) dan Depdiknas (SMK), yang secara sederhana disebut dengan Kurikulum Negeri, dimana dalam penerapannya menggunakan metodologi pengajaran modern yang variatif.

Kedua, Kurikulum Pondok yang memuat ramuan dari kurikulum lokal di pesantren-pesantren modern dan juga pengajaran kitab kuning. Penerapannya disamping menggunakan metode-metode modern, dalam prosesnya juga tetap menggunakan metode pengajaran salafiyah/tradisional seperti sorogan, bandongan, halaqoh. Sedangkan bahasa pengantar di dalam kelas adalah bahasa Arab untuk pelajaran-pelajaran agama Islam dan bahasa Arab, dan bahasa Inggris untuk pelajaran bahasa Inggris. Untuk pelajaran umum lainnya digunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di dalam kelas.

============
Courtesy:
1. mtsdarulhikmah-pekanbaru.com
2. k.1asphost.com/darelhikmah

2 comments:

  1. nama-nama alummni ponpes darel hikmah 1993

    ReplyDelete
  2. website mts darulhikmah di ganti http://mtsdarulhikmah.sch.id
    trims...

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!