Panduan Internet Sehat

Panduan Internet
Internet sehat bukan hanya bermakna main internet tanpa pornografi. Lebih dari itu, internet sehat adalah bagaimana supaya aktivitas kita di internet dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita dan orang lain. Bermain internet tanpa manfaat yang nyata sama dengan membuang waktu percuma.

Internet adalah salah satu teknologi inovasi modern yang paling berpengaruh saat ini. Khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari internet. Dan banyak juga mudaratnya. Sebagian orang takut pada internet karena mudaratnya. Sebagian tak peduli dengan mudaratnya karena besarnya maslahah yang terkandung. Yang ideal adalah mengetahui mudarat dan maslahahnya secara detail sehingga kita dengan mudah dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal.

DAFTAR ISI

  1. Memanfaatkan Google
  2. Baca Koran Majalah Gratis
  3. Mengunjungi website topik khusus
  4. Menulis di Internet
  5. Berceramah via Video di Internet
  6. Panduan Teknis Internet
    1. Secure Connection Failed
    2. Cara Menyimpan Bookmark Alamat Website
    3. Produk Google yang Tutup
Bagi pengguna pemula di dunia internet, berikut tip panduan merambah dunia maya (virtual) agar mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi ini.

Yang pertama dan utama adalah internet dapat diakses dengan menggunakan alat perambah atau browser. Ada dua browser populer saat ini yaitu Firefox, Chrome dan Internet Explorer (IE). Pastikan salah satu browser itu sudah terpasang di komputer anda. Kalau belum, minta orang yang tahu untuk memasangnya. Bagi pengguna HP, tidak perlu memasang browser tersebut.

1. MEMANFAATKAN MESIN PENCARI GOOGLE

Google.com atau Google.co.id (untuk Indonesia) adalah mesin pencari terbesar di internet. Anda dapat memanfaatkan situs ini untuk mencari apa saja yang anda inginkan mulai dari masalah agama sampai masalah obat-obatan. Buka Google.com, dan ketik apa yang ingin anda ketahui. Maka, Google akan menampilkan berbagai alamat website/blog yang memiliki artikel yang anda inginkan. Buka satu persatu artikel tersebut.

Tip: Dalam mencari di Google, pakailah kata kunci yang tidak terlalu panjang. Contoh, ketik: pondok pesantren di malang. Kemudian klik Enter. Maka, akan muncul berbagai halaman website baik website resmi dari pesantren di malang atau artikel yang membahas tentang data pesantren yang ada di kabupaten Malang.

Di samping Google, ada juga dua mesin pencari lain yaitu Yahoo.com dan Bing.com. Dua yang terakhir juga search engine populer walaupun tidak sepopuler Google.

2. MEMBACA KORAN DAN MAJALAH GRATIS

Internet memungkinkan anda membaca koran dan majalah sebanyak-banyaknya dan sepuas-puasnya dengan hanya bermodalkan Rp 3.000 (untuk biaya akses internet tak terbatas 24 jam). Banyak media massa cetak yang menyediakan website dan menggratiskan artikelnya untuk dibaca. Ada juga media massa yang memang khusus dibuat untuk edisi internet saja seperti Detik.com, dll.

Berikut alamat website/situs koran dan majalah yang dapat diakses secara gratis. Bookmark/simpan alamat-alamat ini agar mudah membacanya di lain waktu. Tidak tahu cara membookmark? Lihat di sini panduannya!:

1. Detik.com
2. Vivanews.com
3. Republika.co.id
4. Mediaindonesia.com
5. jpnn.com
6. Hidayatullah.com
7. Sabili.co.id
8. Kapanlagi.com
10. Korantempo.com
11. Metrotivnews.com
12. Tvone.co.id
13. Liputan6.com
14. Dll.

3. MEMBACA WEBSITE DENGAN TOPIK KHUSUS

Ada berbagai website/situs/blog yang isinya mengandung topik khusus seperti agama, kesehatan, pendidikan, beasiswa, lowongan kerja, dan lain-lain. Cari dulu di Google situs-situs khusus yang sesuai dengan topik yang dicari. Setelah anda membuka suatu situs dengan topik khusus dan merasa cocok, bookmark di browser anda untuk dikunjungi lagi di lain waktu.


4. MENULIS DI INTERNET

Per bulan Desember 2011, ada 46 juta pengguna internet di Indonesia. Itu adalah peluang besar. Manfaatkan sebesar-besarnya untuk apapun misi dan visi Anda. Bagi santri, jadikan itu sebagai sarana da'wah. Sarana untuk membagi ilmu-ilmu yang kita baca dan dapatkan kepada khalayak internet yang begitu besar.

Bagaimana caranya menulis di internet? Buatlah blog atau website.
Berapa biayanya? Gratis.

Bagaimana caranya buat blog?

a. Untuk membuat blog di Blogger Blogspot, klik di sini!
b. Untuk membuat blog di Wordpress.com, klik di sini!

Membuat blog atau website harus punya email. Bagaimana cara buat email?

a. Cara buat email Gmail
b. Cara buat email Yahoo
c. Cara membuat email Hotmail/Live


5. BERCERAMAH DI INTERNET VIA VIDEO

Apabila Anda lebi suka seni orasi seperti berpidato dan berceramah daripada menulis, maka Anda dapat melakukan hal itu di internet. Caranya, rekam pidato-pidato Anda dan upload ke Youtube. Pidato Anda berpotensi akan didengar oleh sekitar 46 juta pengguna internet di Indonesia. Pengguna internet Malaysia atau Pattani (Thailand Selatan) belum dihitung.

Belum punya akun Youtube? Ikuti panduan Cara daftar Youtube di sini!

___________________________________________


PANDUAN TEKNIS INTERNET

Berikut adalah beberapa panduan teknis yang terkait dengan browsing atau berselancar di internet.


SECURE CONNECTION FAILED

Error code: ssl_error_bad_mac_alert

Saat kita hendak membuka blogger.com atau Gmail.com atau situs https (secure connection) yang lain, terkadang tidak bisa terbuka dan ada pesan sebagai berikut:

Secure Connection Failed
An error occurred during a connection to accounts.google.com.
SSL peer reports incorrect Message Authentication Code.
(Error code: ssl_error_bad_mac_alert)

The page you are trying to view can not be shown because the authenticity of the received data could not be verified.

Please contact the website owners to inform them of this problem. Alternatively, use the command found in the help menu to report this broken site.

Kita baru bisa membuka situs yang dituju setelah me-refresh beberapa kali.

Berikut cara mengatasi hal tersebut:

1. Klik jam di PC atau laptop dan buka setelan/setting konfigurasinya.
2. Klik pada "Change date and time settings"
3. Klik pada "Internet Time"
4. Klik "Change settings"
5. Klik "Update now"
6. Klik Ok.

Atau dengan mem-bypass peringatan itu. Caranya sebagai berikut:

1. Klik pada halaman peringatan, klik tambah pengecualian (exception)
2. Klik Add Exception -> klik Get Certificate.
3. Klik "Confirm Security Exception" apabila Anda yakin itu bukan situs berbahaya.


CARA MENYIMPAN BOOKMARK ALAMAT WEBSITE

Menyimpan Bookmark Alamat Website


Dalam merambah internet, kita sering menjumpai situs-situs atau artikel-artikel bagus yang suatu saat ingin kita kunjungi lagi. Atau anda menjumpai sebuah artikel yang ingin dibaca lagi kapan-kapan. Bagaimana cara untuk mengingat/menyimpan alamat website di browser (Firefox, IE, Chrome) kita? Itu namanya bookmark. Yaitu, menyimpan alamat website/situs/blog di browser kita.

Ikuti panduan berikut:

BOOKMARK DI BROWSER FIREFOX

1. Kunjungi salah satu website, Contoh, www.alkhoirot.net
2. Di browser Firefox, klik Bookmarks (paling atas) -> klik Bookmark this page.
Atau Tekan bersamaan keyboard: CTRL+D -> klik Done/Selesai.

BOOKMARK DI BROWSER CHROME

1. 1. Kunjungi salah satu website, Contoh, www.alkhoirot.net
2. Tekan bersamaan keyboard: CTRL+D -> klik Done/Selesai.

BOOKMARK DI BROWSER IE (INTERNET EXPLORER)

1. Kunjungi salah satu website, Contoh, www.alkhoirot.net
2. Tekan bersamaan keyboard: CTRL+D -> klik Done/Selesai.

___________________________________________


PRODUK GOOGLE YANG TUTUP (DISCONTINUED)

Produk Google non-aktif

Konon, sesuai anjuran almarhum Steve Jobs pada founder Google Larry Page agar Google mensimplikasi produk-produknya dan fokus pada produk unggulan, maka saat ini banyak dari produk Google yang ditutup (shut-down) atau dihentikan yang paling terkenal adalah Google Reader dan Buzz. Berikut daftar lengkap produk Google yang dinonaktifkan. Sebagian nama mungkin Anda sudah tahu, sebagian yang lain terdengar masih asing di telinga karena memang belum mendunia popularitasnya.

  1. Google Reader
  2. Google Buzz
  3. Google Labs
  4. Google Answers
  5. Google Base
  6. Google Dictionary
  7. Google Fast Flip
  8. Google Desktop
  9. Google Jaiku
  10. Google SearchWiki
  11. Google Code Search
  12. Google Labs

Semoga saja produk besar seperti Gmail, Blogger.com, Google Docs, Youtube tidak ikut ditutup. Produk-produk yang disebut terakhir adalah produk unggulan Google. Karena itu, saya yakin tidak akan dihentikan.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

1 comment:

  1. Banyak pengetahuan dan informasi yang saya dapatkan dari situs Anda, terutama yang saya baca saat ini tentang internet, sepertinya saya harus banyak belajar, terimakasih dan salam ukhuwah wahai saudaraku.

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!