Sunday, November 17, 2013

Hukum Mengistimewakan Hari dan Malam Jumat


Bolehkah mengistimewakan malam dan hari Jumat

HUKUM MENGISTIMEWAKAN HARI DAN MALAM JUMAT

Bagaimana Hukum Mengkhususkan atau mengistimewakan Hari dan Malam Jumat dengan memperbanyak ibadah shalat sunnah, baca Quran dan lain-lain?

BOLEHKAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Ustad, saya mau nanya.

1. Bagaimanakah hukumnya puasa hari Jumat saja, Sabtu saja, dan Ahad/Minggu saja?
2. Bagaimanakah hukumnya puasa sunnah yang sengaja diawali pada hari Jumat dan diakhiri pada hari Jumat pula? Misalnya, puasa 8 hari, dimulai dari hari Jumat dan berakhir hari Jumat pula. Apakah ini termasuk mengkhususkan hari Jumat?
3. Bagaimana hukumnya mengkhususkan ibadah pada malam Jumat dan Hari Jumatnya (siangnya)? seperti memperbanyak sholat sunnah, membaca al-quran, dan amalan-amlan/ibadah lainnya yang jumlahnya lebih banyak daripada malam-malam/hari-hari yang lain? saya mendengar katanya tidak boleh..
Demikian pertanyaan saya. Kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Ibnu Al-faruq

DAFTAR ISI
  1. Hukum Mengistimewakan Hari dan Malam Jumat
  2. Cara Mengamalkan Ilmu Toriqot
  3. Mimpi dan Shalat Istikharah

JAWABAN HUKUM MENGISTIMEWAKAN HARI DAN MALAM JUMAT

Jawaban untuk pertanyaan 1 dan 2 silahkan merujuk ke jawaban sebelumnya di sini.

Jawaban pertanyaan ke-3: Hari Jum'at adalah hari istimewa dalam Islam. Berdasarkan dalil-dalil sbb:

1. Hadits Bukhari, Nabi bersabda:

من اغتسل يوم الجمعة غسل الجنابة ثم راح فكأنما قرب بدنة ومن راح في الساعة الثانية فكأنما قرب بقرة ومن راح في الساعة الثالثة فكأنما قرب كبشاً أقرن ومن راح في الساعة الرابعة فكأنما قرب دجاجة ومن راح في الساعة الخامسة فكأنما قرب بيضة فإذا خرج الإمام حضرت الملائكة يستمعون الذكر
Artinya: Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub pada hari Jum'at kemudian pergi ke masjid, maka seakan dia berkorban unta badanah. Barang siapa yang berangkat pada jam kedua, ia bagaikan berkorban sapi. Barang siapa berangkat Jumpat pada jam ketiga, ia bagaikan berkorban kambing. Barangsiapa berangkat Jum'at pada jam keempat, ia bagaikan berkorban ayam. Barangsiapa berangkat Jumpat pada jam keilma, ia bagaikan berkorban telor. Apabila imam keluar, maka datanglah malaikat mendengarkan dzikir.

2. Dalam hadits riwayat Muslim Nabi berkata:

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة؛ فيه خلق آدم, وفيه أدخل الجنة, وفيه أخرج منها, ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة
Artinya: Hari terbaik adalah hari Jum'at. Pada hari itu Nabi Adam diciptakan. Orang masuk sorga, Dan keluar dari neraka. Hari kiamat terjadi pada hari Jum'at.

3. Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah dan Nasa'i dll Nabi bersabda:

إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة؛ فيه خلق آدم, وفيه قبض, وفيه النفخة, وفيه الصعقة, فأكثروا علي من الصلاة فيه, فإن صلاتكم معروضة علي،
Arti kesimpulan: Hari Jumat adalah hari yang paling utama. Maka, perbanyaklah shalat pada hari itu.

Hadits-hadits di atas membahas tentang keutamaan hari Jum'at.

Adapun keutamaan malam Jum'at menurut Ibnu Muflih Al-Hanbali itu ikut pada hari Jum'atnya. Artinya sama-sama disunnahkan untuk memperbanyak ibadah. Dalam Al-Furu' Ibnu muflih berkata:

وليلة القدر أفضل الليالي، وهي أفضل من ليلة الجمعة، للآية وذكره الخطابي إجماعاً وذكر ابن عقيل روايتين: إحداهما هذا، والثانية ليلة الجمعة أفضل، وعلله بأنها تتكرر، وبأنها تابعة لما هو أفضل الأيام وهو يوم الجمعة، قال صاحب المحرر: وهي اختيار ابن بطة وأبي الحسن الخرزي وأبي حفص البرمكي
Artinya: Malam lailatul qadr adalah malam yang paling utama. Ia lebih utama dibanding malam Jum'at karena ada dalil ayat Quran. Menurut Khattabi pendapat itu ijmak ulama. Ibnu Aqil menyebut dua pendapat. Pertama adalah pendapat ini dan ynag kedua adalah malam Jum'at lebih utama dibanding malam lailatul qadr. Alasannya karena malam Jum'at trjadi berulang-ulang dan karena malam Ju'mat mengikuti hari yang paling utama yaitu hari Jum'at. Penulis Al-Muharrar berkata "pendapat ini adalah opini dari Ibnu Battah, Abul Hasan Al-Kharazi dan Abu Hafsh Al-Barmaki.

Kesimpulan: Malam Jum'at dan hari Jum'at adalah hari istimewa. Dan memperbanyak ibadah pada malam Jumat dan hari Jum'at adalah sunnah secara ijmak.

Berikutnya >> Shalat berjamaah

___________________________________


MENGAMALKAN ILMU TORIQOT

Terimakasih Ustad atas penjelasanya. Saya sering baca di blog-blog para ustad/kyai, ada hizib kahfi,al wahid, dll. 1. Mohon penjelasanya, pada siapa saya harus minta ijazah amalan tersebut,jujur, saya sering dan pingin jalani toriqot,tpi cuma setengah2 karena hanya menurut keyakinan saya sendiri.kalo terlalu lama jalani wirid hizib tsb sy takut, mohon bimbinganya pak ustad,suwun.

JAWABAN

1. Ijazah hizib dapat diminta kepada orang yang mendapat otoritas memberikan ijazah tersebut. Tidak semua kyai atau ustadz mendapatkannya karena ia diberikan melalui sistem muwajahah seperti layaknya orang yang dibaiat.

Perlu juga dicatat bahwa untuk menjadi muslim yang baik tidak perlu memgikuti toriqot tertentu atau mengamalkan hizib atau riyadoh tertentu. Yang diperlukan untuk menjadi muslim yang salih adalah ini: (a) mengamalkan semua kewajiban syariah terutama lima pilar Islam; (b) menjauhi semua larangan Islam terutama yang termasuk kategori dosa besar.

Lebih detail: http://www.alkhoirot.net/2013/07/haruskah-muslim-ikut-tarekat-dan-banyak.html

___________________________________



MIMPI DAN SHALAT ISTIKHARAH

Assalamualaikum wr.wb pak ustad
Perkenalkan nama saya A dr padang..
Sebelumny saya ingin berterimaksih atas kesediaan pak ustad dalam menjawab semua pertnyaan yang ada..saya pun ingin bertanya tentang masalh yang sedang saya hadapi... Saya bingung dan sedih pak ustad..karena saya merasa tidk memiliki teman untuk bertanya.. Ceritanya begini pak ustad.. Saya brhubngan dng seorg pria..sdah hmpir 2 thn..saya serius dng dia..dia pun spt tu..kami belum bekerja shingga kami belum berani utk menyatakan niat kami k orang tua kami masing masing.. Tapi pak ustad..sebelum semua tu terjadi..beberapa bulan yang lalu..orang tua pasangan saya mengetahui hubungan kami dari orang lain..berhubungan kami satu kompleks..entah kenapa orang tua pasangan saya tu marah besar ke pasangan saya tu (Aan)..mereka berkata jika Aan menikah dengan saya hidupnya tak akan bahagia.. Sejak saat itu hubungan kami semakin rumit..Aan anak yang patuh terhadap orang tuany..saya sangat bangga dengan sikapny..tapi Aan jg tdk bsa meninggalkan saya pak ustad..

Yang paling buat saya sakit adalah ketika orang tua Aan bertemu dng orang tua saya..orang tua Aan selalu membuang wajahny..hal itu membuat orang tua saya marah..dan sekarang orang tua saya pun melarang hubungan kami dengan alasan sikap orang tua Aan yg kurang baik.. Saya harus bagaimana pak ustad..saya pernah sholat istiqarah untuk meminta petunjuk..setelah sholat istiqarah itu saya bermimpi selalu mengikutinya..dan saya bermimpi dia sujud d kaki orang tua saya..apakah itu jawaban dari sholat istiqarah saya? Stiap hati saya sholat dhuha dan sholat tahajud tapi masalah justru semakin ada...bahkan orang tua nya masih bersikap spt itu..Saya sedih melihat sikap orang tuany..saya ingin pergi dari hidupny..tapi saya tidak bisa karena saya mash mengharapkanny pak ustad.. Saya ingin dia menjadi imam saya..

Yang ingin saya tanyakan
1. Apakah mimpi saya itu bisa jawaban dari sholatb istiqarah saya?
2. Kalo orang tua melarang apakah itu bertanda tidak jodoh?
3. Apakah yang harus saya lakukan pak ustad?
Semoga Allah melimpahkan karunia sebesar2 ny kpda pak ustad karena tlah bnyk membantu saya dan umat yang lainny...
Cuma terimkasih yang bsa saya sampekan..
Wasalam

JAWABAN

1. Mimpi hendaknya tidak dipakai sebagai pertimbangan utama dalam memilih dan menetukan jodoh karena mimpi besar potensinya untuk salah. Rekam jejak faktual dari calon dan kesahlihannya itu lebih penting dan lebih logis. Tentu saja untuk mengetahui rekam jejaknya bukan berdasarkan penilaian anda sendiri, tapi berdasarkan penilaian teman-teman atau orang yang dekat dengan dia. Lebih detail: http://www.alkhoirot.net/2012/06/menentukan-jodoh-lewat-istikharah.html

2. Hidup itu pilihan termasuk dalam memilih jodoh. Apa yang anda pilih itulah jodoh anda minimal untuk sementara.
3. Saran kami, kalau anda belum mandiri secara finansial, lebih baik mencari calon suami yang lain selain dia. Itu langkah yang lebih logis. Soal cinta yang anda rasakan, itu bisa hilang ketika anda menemukan cinta yang lain.

Kendatipun demikian, kalau sekiranya anda dan dia mau nekad untuk menikah, maka orang tua anda tidak bisa menolaknya. karena syariah membolehkan anda berdua menikah bahkan dengan wali hakim apabila bapak anda tidak merestui. Tapi sekali lagi saran kami, hindari perbuatan nekad kalau anda tidak yakin apa yang anda lakukan. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/03/pernikahan.html



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..