Sunday, November 10, 2013

Wali Nikah dan Pengantin Pria Berbeda Tempat


Wali Nikah dan Pengantin Pria Berbeda Tempat

WALI NIKAH DAN PENGANTIN PRIA BERBEDA TEMPAT

PERTANYAAN
Assalamualaikum...

pa ustad saya mau bertanya..

insyaallah saya akan menikah tahun ini.. dengan orang bandung tetapi calon saya sudah menjadi warga negara asing (negara amerika serikat). pernikahan saya akan dilaksanakan di negara calon suami saya hal ini dikarenakan hal biaya karena sangat besar jika dilaksanakan di bandung. jadi kami sekeluarga sepakat akan dilaksanakan di negara calon suami saya...

yang ingin saya tanyakan.

DAFTAR ISI
  1. Wali Nikah dan Pengantin Pria Berbeda Tempat
  2. Hukum Remaja Islam Menggunakan Topeng Guy Fawkes
  3. Hukum Gaji Bank Ribawi

karena biaya nya sangat besar jadi hanya ibu kandung saya ikut pergi ke negara calon suami.. ayah saya sudah meninggal dunia 5 tahun yang lalu. kakak laki laki saya tidak ikut karena dia juga bekerja di bandung dan tidak bisa meninggalkan pekerjaannya.. karena ibu saya akan berada di negara calon suami saya selama 1 bulan...
1. Boleh tidak pada saat saya menikah saya menggunakan wali hakim yang berada di negara calon suami saya...
2. Jika boleh bagamaina cara pengajuannya...

jika tidak boleh apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan wali pada saat menikah nanti..
demikian pertanyaan dari saya... mohon bantuannya pa ustad..terima kasih sebelumnya
wassalam
Sarah


JAWABAN WALI NIKAH DAN PENGANTIN PRIA BERBEDA TEMPAT

Ada beberapa alternatif solusi untuk mempermudah pernikahan antara Anda dan calon suami dapat berlangsung dengan lancar dan efektif.

Pertama, suami mewakilkan dirinya pada orang lain saat akad nikah. Karena calon suami di Amerika, maka suami boleh mewakilkan dirinya kepada siapapun yang dia tunjuk di Indonesia. Dengan cara ini, maka yang menikahkan tetap wali yang dekat yaitu kakak kandung Anda. Sedang mempelai pria adalah orang yang ditunjuk oleh calon suami Anda sebagai wakilnya. Proses perwakilan dapat melalui telpon atau surat tertulis.[1]

Kedua, wali mewakilkan perwaliannya pada orang lain yang dekat dengan tempat pengantin pria. Anda ingin akad nikah dilakukan dengan calon suami di Amerika. Kakak Anda sebagai wali dapat mewakilkan perwaliannya pada orang Indonesia di Ameria yang cukup tahu soal agama, untuk menjadi wakilnya menikahkah Anda dan calon mempelai pria.

Proses mewakilkan perwalian dapat dilakukan melalui telpon atau surat tertulis seperti halnya cara pertama.

Ketiga, memakai wali hakim. Ini seperti rencana Anda. Hukumnya boleh memakai wali hakim apabila wali yang dekat tidak ada di tempat yang jaraknya melebihi 2 marhalah (sekitar 80 km). Wali hakim adalah pejabat yang secara resmi ditunjuk oleh pemerintah untuk urusan ini.

Di Indonesia Wali Hakim adalah pejabat KUA, naib atau modin desa. Saya kurang tahu kalau di Amerika apa namanya. Kalau ternyata di AS tidak ada pejabat yang serupa dengan KUA, maka boleh mencari tokoh agama setempat untuk menikahkan.

KESIMPULAN

Menurut kami, cara pertama atau kedua adalah yang termudah dan terbaik.

CATATAN DAN RUJUKAN

[1] Cara ini pernah dilakukan oleh Gus Dur, presiden ke-4 RI. Saat menikah dengan istrinya, ia masih kuliah di Mesir. Dan yang menjadi wakil Gus Dur sebagai "pengantin pria" adalah KH. Bisri Syansuri yang kebetulan paman Gus Dur sendiri.

Adapun akad mewakilkan melalui telpon hukumnya sah menurut para ulama kontemporer dan lembaga pemberi fatwa. Termasuk diantaranya Majamik al-Fiqhiyah dalam keputusan No. 52 sbb:

أولاً : إذا تم التعاقد بين غائبين لا يجمعهما مكان واحد ولا يرى أحدهما الآخر معاينة ، ولا يسمع كلامه وكانت وسيلة الاتصال بينهما الكتابة أو الرسالة أو السفارة (الرسول) ، وينطبق ذلك على البرق والتلكس والفاكس وشاشات الحاسب الآلي (الحاسوب) ، ففي هذه الحالة ينعقد العقد عند وصول الإيجاب إلي الموجه إليه وقبوله .

ثانياً : إذا تم التعاقد بين طرفين في وقت واحد وهما في مكانين متباعدين ، وينطبق هذا على الهاتف واللاسلكي ، فإن التعاقد بينهما يعتبر تعاقداً بين حاضرين ، وتطبق على هذه الحالة الأحكام الأصلية المقررة لدى الفقهاء المشار إليها في الديباجة .

_______________________________



HUKUM REMAJA ISLAM MENGGUNAKAN TOPENG GUY FAWKES

Assalamualaikum wr.wb
Pak ustadz Mau tanya:
1. Apa hukumnya menggunakan topeng guy fawkes,? yaitu topeng yang biasanya di gunakan hacker anonymous?
Saya bertanya ini, karena saya pernah baca bahwa guy fawkes adalah seorang katolik. Jadi apakah kalo pakai topeng guy fawkes maka termasuk ke dalam golongan tersebut?
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

Menurut Wikipedia, topeng Guy Fawkes adalah topeng yang terinspirasi dari Guy Fawkes, anggota Gunpowder Plot yang berusaha mengebom Gedung DPR Inggris di London pada tahun 1605. Topeng Guy Fawkes sebelumnya dipakai untuk perayaan lain. Baru pada tahun 2008, ia dipakai oleh aktivis hacker dunia bernama Anonymous. Grup berbasis internet ini lalu mengadopsi karakter ini untuk kegiatan protes yang lebih luas terhadap pemerintah. Di negara Timur Tengah, impor topeng ini dilarang karena dipakai untuk aktifitas protes atau pemberontakan. Oleh karena itu tidak heran, kalau pemerintah Arab Saudi termasuk yang melarang kegiatan protes dengan memakai topeng ini.

Dari paparan di atas, berarti pemakaian topeng Guy Fawkes yang dilakukan kalangan hacktivist untuk tujuan menyembunyikan wajah dan mengasosiasikan diri pada grup Anonymous tidak apa-apa karena tidak termasuk kegiatan keagamaan agama lain walaupun penciptanya kebetulan seorang nonmuslim. Ia lebih bersifat kegiatan umum. Dalam kegiatan umum, asalkan kegiatan tersebut tidak mengganggu ketertiban umum, dan tidak ada individu yang disakiti secara fisik, maka ia dibolehkan berdasarkan pada kaidah fiqih "Segala sesuatu yang bersifat muamalah dan tradisi hukumnya boleh kecuali ada dalil khusus yang mengharamkannya" (والأصل في العبادات المنع والتوقيف، وفي العادات الإباحة والإذن، وفي الأبضاع التحريم، وفي الأموال المنع) Uraian detail lihat: http://www.alkhoirot.net/2013/10/hukum-tahlilan-selamatan-dan-syukuran.html

Kenyataan bahwa Guy Fawkes adalah Katolik itu sama dengan fakta bahwa pencipta komputer adalah non-muslim tapi itu tidak menghalangi seorang muslim untuk memakai komputer, TV, video, dan segalam hasil inovasi teknologi lain yang umumnya diciptakan oleh nonmuslim.

Yang tidak boleh adalah apabila muslim mengikuti kegiatan ritual agama lain. Misalnya, muslim ikut perayaan misa Natal. Sedangkan mengucapkan Selamat Natal saja itu boleh seperti diterangkan di sini.

_______________________________


HUKUM GAJI BANK RIBAWI

assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

bagaimanakah hukum bekerja di bank konvensional, sedangkan saya adalah tulang punggung keluarga dan saat ini belum memungkinkan untuk mencari pekerjaan yang lain. sedangkan ada beberapa ulama yang menghalalkan gaji bank, karena dalam bank masih ada sumber pendapatan yang halal (biaya transfer, administrasi penyimpanan uang, penyewaan kotk penyimpanan, dll) dan kekuatan perekonomian negara kita salah satunya ditunjang dengan adanya perbankan. walaupun sebagian besar ulama lainnya mengharamkan.

jazakumullah khoiron

JAWABAN

Bekerja di bank konvensional ada dua macam. (a) Halal, apabila berada di bagian layanan yang halal seperti layanan transfer, penitipan uang, dll. (b) Haram, apabila berada di bagian layanan yang mengandung riba seperti hutang piutang. Adapun gaji bank adalah halal dengan alasan karena dalam bank terdapat sejumlah layanan yang sifatnya halal seperti layanan pengiriman uang, dll. Lebih detail lihat: Bank Konvensional dalam Islam

Lihat juga:
- http://www.alkhoirot.net/2012/04/hukum-gaji-bank-nasib-rizki-jodoh.html
- http://www.alkhoirot.net/2012/04/hukum-bank-konvensional-dalam-islam.html



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..