Ingin Menikahi Pria Asing Ayah Tak Setuju

Ingin Menikahi Pria Asing Ayah Tak Setuju
Orang tua (ayah) saya mengancam akan membunuh saya kalau menikah dengan pria asing itu. Apa yang harus saya lakukan?
PERTANYAAN

Penanya mengirim dua surat sbb:

SURAT PERTAMA

Assalamualaikum wr wb..
Saya seorang gadis berusia 22thn. Sy berhubungan dengan seorang pria berwarga negara tunisia berusia 25thn bernama skander mahfoudhi melalui dunia maya selama hampir 2thn.
Awalnya kami hanyalah teman biasa chatting di englishtown untuk memperdalam kemampuan b.inggris kami. Tapi kami selalu membahas masalah agama. Sy merasa jatuh hati padanya sejak dia membacakan ayat quran. Dan seiring waktu kami saling bertukar pikiran tentang kegiatan sehari2. Dia menyatakan cinta pd saya karena saya lebih sering bermimpi rasulullah saw.
Dia berkata bahwa sayalah yg selama ini ia cari. Yang memiliki iman yg tinggi dan mencintai rasulullah saw.

Ketika sy bertemu dg dia, sy bermimpi bertemu dengan rasulullah seminggu 2 kali. Mungkin itu adalah pertanda bahwa ia adalah orang yg baik. Ia berkata bahwa akan menikahi saya segera setelah mendapat pekerjaan yg lebih baik. Dan ia mengajak untuk shalat istikharah, memohon pd Allah apakah kami memang berjodoh.

Kami istikhara berbulan2 n slalu mdapat pertanda bagus. Sy mimpi bulan jatuh d rumah sy, d pangkuan sy. Mimpi iti dua kali n dg gambaran beRbeda. Ia pu bermimpi bhwa pada awalny ortu sy menolak lamarannya tp kmudian ortu stuju n akhirnya menikah. Kakak perempuan, ibu dan ayahnya sudah mengenalku n mreka sering bermimpi bhwa sy da d tunisia. Stelah setahun kmudian, ia bkerja d dubai, FNG.

Kmudian ia menelpon om sy ug pnah kerja d arab. Ia meminta om bercerita pd ayah bahwa ia akan datang melamar tahun depan (yaitu thn ni). Tp ayah sy menolak mentah2. Dia bersumpah dunia akhirat tidak akan merestui kami. Setahun berlalu. Dan saat ni adalah saat yg kami nantikan. Nshaallah dia akan kesini melamar sy tgl 26/28 agustus.

Orang tua sy udah tau klo kami pacaran. Ayah mengancam akan membunuh sy jika msih berhubungan dg dia. N 5 hari lalu ia mengancam akan mengusir dia sebelum ia masuk gerbang rumah. Ayahku adalah pensiunan TNI berusia 52 th. Pernah ikut perang melawan timor2 slama 3 thn. Mungkin itulah sebabnya ia sangat keras n disiplin. Ibu berasal dari probolinggo n ayah dari mojokerto. Kami sekarang tinggal d probolinggo. Kluarga sy adalah keluarga terpandang n ortu sy adalah haji. Tapi sy selalu d kekang d rumah n tdk di ijinkan kluar rumah sama sekali. Kampusku ada d dpan rumah pula. Pokoknya sy tdk bisa bergerak minta bantuan kemana2 kecuali lewat dunia maya. Apa yg harus sy lakukan?

Skarang skander bekerja di ezzahra tunisia. Ayah sy sering mmukul, tampar, n nendang sy.
Saya takut sekali. Tapi sy ingin mengambil hak sy sbagai anak perempuan bahwa sy ingin menikah dg lelaki itu.

SURAT KEDUA:

Assalamualaikum..
Saya ingin bertanya masalah pernikahan. Saya seorang gadis berumur 22thn. Memiliki hubungan dengan lelaki berwarga tunisia berumur 25 tahun bernama skander. Kami berkenalan lewat dunia maya. Awalnya saya hanya sekedar kagum padanya. Tapi setelah mendengar dia membaca al quran, hati sy merasa luluh. Beberapa waktu kemudian, dia menyatakan cintanya pada saya. Dan saya pun membalas cintanya. Kami saling jatuh hati karena keimanan.

Kami saling cinta karena Allah. Dia memiliki idiologi n prinsip agama tidak jauh dengan saya.
Sebelum memulai hubungan lebih serius, kami telah shalat istikharah berkali2. Dan selama berbulan2, kami mendapatkan mimpi yang baik sebagai pertanda dan jawaban Allah atas doa saya.
Saya dan dia sama2 pernah bermimpi bertemu rasulullah, dan atas alasan itulah kami menjalin hubungan. Beberapa tahun sebelum bertemu dengannya, saya bermimpo bahwa kakek saya yg tlah meninggal menjodohkan saya dengan lelaki arab dan ayahnya adalah ulama. D hari esoknya, saya bermimpi bertemu dengan ulama, seorang ayah dr raja di daerah tersebut, sangat saleh n baik akhlaqnya. Saya kemudian mengintip dari kejauhan bahwa orang arab tersebut memakai baju emas dan mahkota raja bersama sahabatnya. Setelah itu saya pergi ke ayahnya, dan mencium tangannya. Ayah dia mengelus kepala saya.

Saya sudah pernah di tunangkan dg sodara tiga pupu ibu saya. Dan kami putus karena perbedaan adat istiadat kami. Ayah saya mojokerto. Kami tinggal di prrobolinggo karena ibu saya probolinggo. Pokoknya adat mojokerto tidak mengijinkan tunangan saya membawa saya kemana2 sebelum sah nikah. Dan kami blum bisa menikah karena tunangan saya belum jd PNS wktu tu.
Jadinya, yaaa putus deh..

Kemudian sy bermimpi bahwa saya adalah keturunan sunan kalijogo. Dan suami saya keturunan sunan demak. Sy sering bermimpo ttg para ulama dan mereka meminta saya menegakkan agama.

Kembali pada crita ttg skander..
Saya tlah berhubungan dengannya selama hampir dua tahun. Tahun lalu dia sudah menelepon om sy yg bisa berbahasa arab agar menyampaikan kepada ayah saya bahwa skander meminta ijin untuk berbicara/berhubungan dg dia. Tapi ayah saya menolak mentah2 dan beraumpah dunia akhirat tidak akan merestui kami. Padahal hasil istikharah saya adalah: Mimpi bulan jatuh d pangkuan saya (2kali dg background yg berbeda), Mimpi di gigit lebah da meminum madunya. Seorang dalam mimpi berkata "ia melakukan ini karena cintanya pada Allah), Mmpi dia datang k rumah, bernego dg ayah n kmudian ortu sy merestui. Mpi dia datang ksini sementara ayah mengangkat peti telur yg kosong, kmudian skander datang dan membawa sebuah peti penuh berisi telur n membantu ayah membawa telur tsb. Smentara dia, ayah, ibu, kakak n adiknya sering memimpikan bahwa sya berada d tunisia. Saya sering berbicara dg keluarganya. Mereka sangat baik, ramah n sholeh.

Seminggu lalu ayah saya mengancam akan membunuh saya jika masih berhubungan dengan dia. N ayah akan mengusir skander abelum ia msuk rmah sy. Padahal skander akan datang kemari inshaallah juli tgl 26/28 tetapi tidak membawa ayahnya karena kendala biaya
kami akan mencari seorang ulama untuk bsedia menjadi walinya dan meyakinkan ortu bahwa dia orang baik2.

Bagaimana jika ancaman ayah saya benar terjadi? Krn dia adalah pensiunan TNI berusia 52th. Sy pun sering babak belur hanya karena masalah kecil. Sy juga sudah tidak sanggup akan keotoriterannya thd sy. Ia sering n slalu memakai hukum prajurit ketika berhadapan dg saya. Tp saya tetap mencintai beliau. Sy hanya berharap bahwa Allah akan membukakan pintu hatinya..
Amin.. Ustad tolong bantu saya

JAWABAN

Untuk mempermudah jawaban, saya simpulkan dulu isi surat Anda sbb:

(a) Anda dan Skander yang warga negara Tunisia saling mencintai dan ingin menikah.
(b) Bapak sangat tidak setuju
(c) Seluruh mimpi dan istikharah Anda mendukung rencana itu.

I. Aturan dasar syariah Islam dalam perkawinan adalah seorang perempuan dewasa berhak menikah dengan syarat harus dinikahkan oleh walinya yaitu bapak (orang tua laki-laki), atau wali-wali lain dari kerabat dekat apabila bapak tidak ada. Dan orang tua hukumnya wajib memenuhi permintaan putri-nya dalam arti berdosa menolak menikahkan putrinya kecuali kalau ada alasan syariah seperti lain agama, atau si laki-laki buruk perilakunya, dsb.

Kalau ternyata ayah menolak untuk menikahkan putrinya tanpa alasan syariah, maka si bapak disebut wali yang membangkang (wali adhal) dan putrinya boleh dinikahkan oleh wali hakim atau pejabat KUA..

II. Walaupun menikah tanpa restu orang itu sah secara syariah, tapi tentu akan lebih ideal kalau pernikahan itu atas persetujuan mereka. Bagaimanapun perkawinan itu bukan hanya tentang dua mempelai pria-wanita. Perkawinan pada hakikatnya juga ikatan kekerabatan antara keluarga mempelai laki-laki dan keluarga mempelai wanita.

III. Mimpi pada dasarnya tidak dapat dipakai sebagai dasar untuk memutuskan apapun. Tidak ada dosa apapun kalau mengabaikan mimpi. Sebaliknya, kita bisa tersesat kalau menjadikan mimpi sebagai dasar memutuskan sesuatu yang bertentangan dengan syariah. Jadi, kalau ingin menikah dengan pria itu menikahlah dengan alasan yang lain yang lebih rasional.

IV. Kalau memang Anda betul-betul ingin menikah dengannya, sementara bapak Anda tetap bersikukuh hendak membunuh Anda atau dia, maka Anda harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari hal itu terjadi.

Satu catatan penting adalah pastikan laki-laki itu orang yang betul-betul pantas untuk segala pengorbanan yang akan anda lakukan. Dan pastikan Anda tidak melakukan hubungan zina saat bertemu dengannya kelak.

Bacaan lanjutan:

>> Orang Tua Menyuruh Putrinya Cari Suami Kaya

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

1 comment:

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!