10 Langkah Menjadi Blogger Sukses

10 Langkah Menjadi Blogger Sukses

Banyak orang yang membuat blog dan menjadi blogger baik itu di Blogger.com/Blogspot atau Wordpress yang gratis atau langsung membuat blog di hosting dan domain berbayar dengan blogging platform Wordpress atau Joomla atau Drupal, atau vBulletin, dll. Atau hanya domainnya saja yang berbayar, tapi hosting tetap memakai platform Blogger.com yang gratis tis. Di antara para blogger ini, ada yang semangat pada awalnya. Menulis secara teratur dengan tulisan hasil karya sendiri. Ada juga yang rajin mengupdate blognya tapi dengan tulisan hasil copas (copy/paste). Beberapa bulan kemudian, semangat mereka turun. Blognya pun tidak diupdate. Jadilah mereka blogger yang gagal. Gagal dalam menarik pengunjung dan gagal dalam meraup untuk dalam bisnis online.

Tapi tidak sedikit dari para blogger yang terus bersemangat mengupdate blognya dengan tulisan sendiri dan berhasil. Blognya banyak dikunjungi orang yang datang melalui Google search atau karena berlangganan feednya atau yang membookmark alamat situsnya karena suka dengan produktifitasnya menulis, keaslian dan keunikan tulisannya. Mereka adalah blogger yang sukses tidak hanya sukses karena banyaknya pengunjung tapi juga sukses dalam meraup untung dari bisnis online.

Apabila Anda termasuk blogger yang gagal, tapi penasaran untuk menjadi blogger yang sukses, berikut 10 langkah menjadi blogger sukses.

1. Content is king. Artikel berkualitas adalah raja. Isi blog Anda dengan artikel-artikel yang berkualitas dengan tulisan asli buatan sendiri. Bukan artikel copas (copy/paste) dari blog lain. Tulisan bagus tapi hasil copas bukanlah artikel unik dan berkualitas. Melakukan copas sejak awal itu sama dengan menjadi blogger gagal sejak awal ngeblog.

2. Fokus pada content development (pengembangan isi) lupakan bisnis online untuk sementara. Rajin-rajinlah mengupdate blog dengan tulisan asli, unik dan bermanfaat. Buatlah Google search menyukai blog Anda. Jadikan blog Anda disukai pengunjung. Buat pengunjung yang datang pertama kali, ingin datang lagi untuk kedua dan ketiga kalinya. Caranya: tulisan sering diupate dan halaman blog tidak dipenuhi iklan. Jangan keburu padang iklan sebelum trafik mencapai 1000 orang perhari.

3. Pasang iklan yang tidak intrusif. Kalau sudah dianggap tiba waktunya memasang iklan, letakkan iklan pada posisi yang tidak mengganggu pengunjung. Hindari memasang iklan yang memakai pop-up. Saya sendiri langsung kapok untuk datang pada situs yang iklannya sangat mengganggu seperti iklan pop-up atau floating (mengambang). Terlalu banyak iklan juga akan mengganggu SEO blog.

4. Pakai hosting blogger. Kalau Anda tidak atau kurang faham ilmu SEO, sebaiknya cukup memakai hosting blog yang gratis di Blogger.com. Memakai hosting berbayar tidak ada gunanya, malah akan terbebani dengan biaya bayar hosting.

5. Pakai top domain (TLD - Top Level Domain) dengan hosting gratis. Memakai top domain sejak awal seperti alkhoirot.net sangat dianjurkan tapi tetap memakai hosting gratis di Blogger.com. Tujuannya untuk branding (pencitraan) agar terkesan lebih profesional tapi biaya tetap murah. Memakai top domain hanya membutuhkan Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) pertahun.

6. Pilihlah template yang ringan loadingnya alias template SEO. Jangan pilih template yang "gaya" atau stylish tapi berat. Percuma blog gaya tapi tidak ada pengunjungnya karena tidak disukai Google.

7. Pelajari ilmu SEO. Setelah banyak menulis artikel kira-kira 50 tulisan atau lebih, mulailah baca-baca ilmu tentang SE0. Sebelum itu, tidak usah memikirkan SEO. Percuma.

8. Kirim artikel ke sosial media. Setiap menulis artikel baru, jangan lupa mengirimkan tulisan tersebut ke 3 sosial media terbesar yaitu Facebook, Twitter dan Google Plus. Kirimkan artikel terbaru secara otomatis ke Facebook dan Twitter. Dan kirim secara manual ke Google Plus ke seluruh lingkaran Anda dan publik.

9. Kerja sama dengan blogger lain yang topik blognya sama. Tukar link tetap perlu. Tapi tidak perlu berlebihan. Cukup tukar link dengan blog yang topiknya sama supaya tidak dianggap spam oleh Google. Atau, saling memberi link di salah satu artikel kalau Anda tidak ingin menaruh link blogger lain di homepage atau halaman muka. Kalau Anda bisa buat template itu sangat bagus karena bisa mendapat backlink gratis dari blogger lain yang memakai template Anda.

10. Selalu ikuti peraturan Google Webmaster Guidelines agar blog Anda terhindar dari hukuman dan sanksi Google search. Karena hukuman dari Google, baik sanksi ringan seperti Google Panda atau sanksi berat seperti dibanned/deindexed, akan berakibat akhir cerita usaha Anda untuk menjadi blogger sukses. Waspadalah. Waspadalah. :)

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. masyaAllah... menarik bgt
    suksess akhi :)

    ReplyDelete
  2. mantap infonya.. buat blogger pemula

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!