Tuesday, February 04, 2014

Hukum Talak Bid'ah dan Cara Jadi Juara Kelas


Hukum Talak Bid'ah

Pada tanggal 22-07-2012 saya talak 2x untuk istri ke 2 sambil menahan emosi, sehingga habis talak saya kepada dia. yang ternyata saya baru ketahui tiga hari kemudian bahwa dia sedang haid.

DAFTAR ISI
  1. Hukum Talak Bid'ah
  2. Ingin Nilai Ujian Tinggi Doa Tak Terkabul
  3. Hukum Transaksi Bisnis Online HYIP

HUKUM TALAK BID'AH (BID'IY)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Dewan Al - Khoirot,

Perkenalkan saya EY dari bekasi akan bertanya tentang talak perceraian,

Saya mempunyai 2 istri yang menikah secara syah. Istri ke 1 saya tidak mempunyai masalah, tetapi untuk istri ke 2 kami sering bertengkar hanya karena berbeda pendapat.

1. Pada tanggal 26-02-2012 saya talak 1 untuk istri ke 2 sambil menahan emosi, dikarenakan hal yang amatlah prinsip dalam hidup saya,

2. Pada tanggal 22-07-2012 saya talak 2x untuk istri ke 2 sambil menahan emosi, sehingga habis talak saya kepada dia. yang ternyata saya baru ketahui tiga hari kemudian bahwa dia sedang haid. karena masih sayang akhirnya saya bertanya kepada orang yang paham agama, yang kataynya bahwa itu adalah talak bid`iy, menurut Ibnu Abbas RA. karena wanita tidak bisa menghadapi massa iddah, jadi tidaklah syah talaknya.

3. Pada Tanggal 15-11-2012 saya talak 1 untuk istri ke 2 sambil menahan emosi karena tidak menuruti didikan dari saya justru malah melawan.

Yang membuat saya bingung apakah pada tanggal 22-07-2012 telah jatuh talak ke 2 atau tidak ?
karena ada yang berkata itu jatuh talak tapi ada juga yang berkata itu tidak jatuh talak.
dan pada tanggal 15-11-2012 apakah itu talak yang 2 atau talak 3 karena sampai hari ini saya masih merasa dia istri saya dan berhubungan layaknya suami istri ?

demikian pertanyaan yang saya ajukan. karena pengetahuan agama saya sangat awam, mohon kiranya diberikan bimbingan atau pengertian tentang apa yang telah saya lakukan. atas bimbingan dan jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

JAWABAN HUKUM TALAK BID'AH (BID'IY)

Talak bid'ah atau menceraikan istri saat dia sedang haid adalah haram. Tapi kalau itu dilakukan, maka talaknya terjadi alias jatuh talak. Ini pendapat seluruh madzhab yang empat yaitu madzhab Syafi'i, Maliki, Hanafi dan Hanbali. Bahkan Imam Nawawi dalam Syarah Muslim menyatakan bahwa jatuh talaknya talak bid'ah itu merupakan ijmak (kesepakatan ulama) teks Arabnya sbb:

أجمعت الأمة على تحريم طلاق الحائض الحائل بغير رضاها(6) فلو طلقها أثم ووقع طلاقه ويؤمر بالرجعة لحديث ابن عمر المذكور في الباب
Artinya: Ulama bersepakat (ijmak) atas haramnya mentalak istri yang haid tanpa kerelaannya. Apabila mentalaknya, maka terjadilah talak tersebut dan suami diperintahkan untuk rujuk berdasarkan pada hadits Ibnu Umar yang tersebut dalam bab ini.

Dengan demikian, maka anda sudah menjatuhkan 3 (tiga) kali talak pada istri anda atau talak ba'in. Dengan demikian maka dia bukan lagi istri anda. Dan anda tidak boleh rujuk padanya kecuali setelah dia menikah lagi dengan orang lain dan kemudian setelah diceraikan oleh suami kedua anda boleh menikahinya lagi setelah masih iddah habis. Lebih detail lihat: Perceraian (Talak)

__________________________________________________________


INGIN NILAI RAPOR TINGGI DOA TAK TERKABUL

assalamualaikum wr. wb.
sya mw bertanya kepada pak ustad
saya sering dilanda kecemasan soal nilai2 sekolah sya dan hal ini sungguh memebuat saya gak tenang. saya sering menangisi hal ini saya rajin solat tahajud puasa sunnah terkadang solat dhuha tapi doa saya tidak dikabulkan saya juga udah rajin belajar dgn keras tetapi hasilnya tidak memuaskan. nilai sya segitu ajah terkadang turun.

apa lagi pak ustad yg harus sya lakukan agar keinginan sya mendapat nilai rapor yg bagus bisa mendapat rangking 3 besar terkabul

tolong sya pak ustad saya slalu dilanda perasaan takut dimarahi ortu karna nilai sya

JAWABAN INGIN NILAI RAPOR TINGGI DOA TAK TERKABUL

Prestasi keilmuan pada dasarnya merupakan hasil dari (a) level kecerdasan otak; (b) tingkat kerajinan; (c) doa.

Yang utama dari tiga hal di atas adalah 2 hal yang pertama yaitu kecerdasan dan kerajinan belajar. Doa akan menyumbang paling banyak 10 % dari sebuah prestasi. Oleh karena itu, apabila anda sudah rajin belajar dengan tepat dan berdoa dengan rajin tapi hasil kurang memuaskan, maka berarti memang sampai di situlah batas kecerdasan Allah yang diberikan pada Anda.

Apa yang harus dilakukan pada saat usaha maksimal sudah dilakukan adalah tawakkal, berpasrah diri pada Allah. Tidak perlu kecewa. Berilah orang tua kesadaran bahwa sampai disinilah hasil usaha maksimal yang dilakukan.

Suruh orang tua anda membaca tulisan ini, dan inilah saran untuk mereka: Kalau anak anda sudah berusaha maksimal lahir dan batin untuk mencapai tujuan yang anda targetkan, maka apapun hasilnya berilah penghargaan yang sepantasnya. Karena anak anda berhak menerima penghargaan itu. Tidak menerima kenyataan sama dengan menyiksa anak anda, dan itu kedzaliman. Sadari kenyataan bahwa otak manusia berbeda, sebagaimana berbedanya wajah dan posur tubuh.

__________________________________________________________


HUKUM TRANSAKSI BISNIS ONLINE HYIP

assalamualaikum.wr.wb

pak kyai,ada sesuatu yang membebani pikiran saya hingga saat ini. dan saya minta petunjuk dari Allah lwt anda.tolong blas psan sya.

jadi begini pak.saya masih kpikiran ttg hukum Allah tentang bisnis online dunia HYIP.apakah
haram atau halal. mengingat kejadian-demi kejadian yang saya alami yang membuat saya berfikir tentang ini.saya dapat uang yang lumayan.taulah anda dunia HYIP.tapi saya merasa uang itu hanya lewat saja.datangnya cpet tapi juga kluarnya cpt.dan kalau saya pikir2 uangnya saya bingung habis buat apa.contoh habis withdraw,eh gak taunya besok saya kena musibah kecelakaan.uang kluar.dapat uang besok tiba2 helm motor ilang,dapat uang besoknya saya sakit.dan masih banyak yang lain.dan ketika itu saya iseng2 download video yusup mansur di youtube tentang 10 dosa besar.

apa itu termasuk 10 dosa besar.mengingat saya takut hasil akhir tentang diri saya baik di dunia atau di akhirat.dan apa yang harus saya lakukan selain diawali dengan pertaubatan. mengingat saya juga ada uang yang masih saya investasikan dan saya dapat dari withdraw bercampur jadi satu.maksud saya uang yang saya dapat harus saya gimanakan.baik yang
sudah dibank konvensional ataupun uang yang di bank online(libertyreserve). mengingat hasil withdraw juga masih ada di acount bank online saya.dan tinggal merupiahkan saja.
tolong pencerahannya pak kyai.

HYIP kepanjangannya dari High Yield Investment Program atau Program Investasi Profit Tinggi. plan yg ditawarkan oleh HYIP macam2,intinya profit HYIP tinggi2 pak tiap hari dlam jangka waktu tertentu sesuai plan yg ditawarkan perusahaan tersebut,tp terkadang blm sampai kontrak waktu selesai perusahaan kabur atau scam.dan setiap hari muncul HYIP-HYIP baru,dan akhir2 ini booming bisnis HYIP merebak di internet.mohon pencerahannya atas pertanyaan saya di awal.

wassalamualaikum wr.wb
akhmad ghifary

JAWABAN HUKUM TRANSAKSI BISNIS ONLINE HYIP

Saya kurang mengerti dengan bisnis HYIP. Tapi intinya dalam Islam transaksi semua bisnis itu pada prinsipnya dibolehkan kecuali (a) mengandung unsur riba (bunga); (b) ada unsur penipuan atau gharar yang merugikan salah satu pihak; (c) mengandung unsur judi.

Tentang cepat habisnya uang yang dihasilkan dari bisnis tersebut itu kaitannya dengan gaya anda dalam mengelola keuangan bukan soal berkah tidak berkahnya. Hasil judi pun dapat tahan lama di tangan orang yang hemat dan tidak boros.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..