Wednesday, February 05, 2014

Status Perkawinan Pisah 3 Tahun


Status Perkawinan Pisah 3 Tahun

mohon bantuannya, saya nn 33 thn, saya menikah 10 thn sampai akhirnya suami melayangkan gugatan cerai dengan alasan yang tidak sesuai dengan keadaan, saat itu dia memiliki wanita idaman lain dan bermaksud menikahinya, pernah suami dengan lantang mengucapkan kata cerai di depan beberapa orang, sidang perceraian kami berjalan sangat lamban dan lama hampir 6 bulan tapi akhirnya proses perceraian tidak berjalan hingga tuntas dan tidak menghasilkan keputusan apapun,

DAFTAR ISI
  1. Status Perkawinan Pisah 3 Tahun
  2. Mimpi Ketika Beribadah Haji
  3. Cara Menangkal Sihir

STATUS PERKAWINAN PISAH 3 TAHUN

asalamualaikum,

karena suami saya tidak menghadiri proses sidang beberapa kali, dan pengadilan agama mengembalikan surat nikah saya, kemudian suami saya meninggalkan saya dan anak-anak selama 3 thn tanpa memberikan nafkah lahir batin dan pihak keluarga suami tidak begitu perduli dengan keadaan tersebut,

hampir 1 thn lalu tiba-tiba suami datang dan bermaksud kembali kepada saya dan anak-anak, jujur saja hati saya masih sakit dan kecewa dan saya tidak pernah ridho dengan kelakuannya selama ini jika sampai saat ini saya tidak pernah mengajukan gugutan cerai itu karena saya agak trauma dengan proses persidangan yang pernah saya jalani, saat ini suami saya bersikap seolah-olah tidak pernah terjadi apapun, bahkan berkomunikasi dengan orang tua sayapun dia enggan.

1. yang ingin saya tanyakan, bagaiman status perkawinan kami dan sebaiknya apa yang harus saya lakukan?

atas tanggapannya saya ucapkan terimakasi.

JAWABAN STATUS PERKAWINAN PISAH 3 TAHUN

Dua prinsip dasar dari masalah perceraian yang perlu diketahui oleh anda dan suami adalah bahwa (a) kata cerai yang diucapkan atau ditulis oleh suami itu mengakibatkan jatuhnya talak pada istri tanpa harus menunggu keputusan Pengadilan Agama; (b) sedangkan gugat cerai dari istri pada suami itu baru terjadi apabila diputuskan oleh Pengadilan Agama.

Dengan demikian, maka status anda sudah dicerai oleh suami sejak pertama kali dia mengucapkan kata cerai pada anda. Berapa status talaknya tergantung berapa kali suami mengucapkan kata talak tersebut pada anda. Kata "cerai" satu kali berarti Talak Satu; kali kedua berarti Talak Dua; dan kali ketiga berarti Talak Tiga. Apabila talak tiga yang terjadi, maka suami telah menceraikan anda untuk selamanya dan dia tidak boleh rujuk kembali kecuali setelah anda menikah dan lalu bercerai dengan laki-laki lain.

Seandainya saat suami kembali pada anda setelah pisah 3 tahun itu belum talak tiga, maka suami boleh kembali pada anda tapi dengan syarat adanya akad nikah yang baru. Tidak boleh rujuk begitu saja. Karena bolehnya rujuk tanpa akad nikah baru itu apabila rujuknya masih dalam masa iddah. Lebih detail lihat: Perceraian (Talak)

1. Seperti diterangkan di atas, status perkawinan anda tergantung pada berapa kali suami pernah mengucapkan kata "Cerai" atau "Talak". Apabila tidak lebih dari dua kali, maka dia boleh kembali pada anda dengan akad nikah baru. Tapi apabila tiga kali atau lebih, maka dia tidak boleh rujuk atau kembali pada anda karena Talak Tiga berarti hubungan suami-istri putus total. Kecuali apabila anda menikah dan bercerai (setelah terjadi hubungan intim) dengan pria lain (suami kedua).

Apa yang harus dilakukan saat ini adalah tergantung dari situasi jumlah talak yang pernah dikatakan suami anda. Kalau dia pernah mengucapkan talak tiga kali, maka anda tidak boleh berkumpul satu rumah dengan dia dan tidak boleh berhubungan intin sama sekali. Karena dia adalah laki-laki lain, bukan suami anda.

Soal gugat cerai dari anda atau cerai talak dari suami ke Pengadilan Agama itu hanya formalitas.

________________________________________________


MIMPI KETIKA BERIBADAH HAJI

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Mimpi yg saya alami ini terjadi pada saat beribadah haji seorang diri pada 2010 yg lalu. Mimpi yg pertama adalah pada saat berangkat berada dlm pesawat dan tertidur, saya seperti ada yg mencekik dari belakang dan ditarik keluar dari tubuh saya lalu dibawa keluar dari pesawat yg saya tumpangi . Dan dari udara dibawa meluncur kencang ke sebuah tempat seperti lorong kamar sebuah hotel dan disalah satu kamar banyak orang sedang berkerumun penuh sesak ,saya dibawa menuju kerumunan tsb. Saya melihat orang2 tsb sdg mendoakan mayat yg terbaring dikamar tsb. Betapa kagetnya saya ketika mengetahui bahwa mayat tersebut adalah diri saya sendiri, seketika itu juga saya langsung bangun dari mimpi.

Ketika tiba di Madinah selama 8 hari saya tdk begitu memikirkan mimpi yg saya alami. Namun pada saat di Mekah dan tiba di pemondokan Bahutma betapa kaget saya ketika melihat suasana lorong dan kamar yg saya tempati sama persis seperti dalam mimpi yg saya alami. Malam itu saya tdk bisa tidur. Selama di Mekah sy merasa bahwa hidup sy akan berakhir ditempat yg mulia ini. Hari2 berlalu dan tibalah saat kami utk melaksanakan ritual haji lempar jumroh hari terakhir di arafah , sy sedang dlm kondisi agak sakit. Sebelum berangkat melempar jumroh kami shalat subuh berjama'ah, pada saat shalat tiba2 pandangan saya gelap dan muka terasa panas, saya berpikir mungkin inilah saatnya saya diambil menghadap Allah Yang Maha Kuasa. Dalam hati sy berkata "Ya Allah sy belum selesai melempar jumroh". Seketika pandangan berangsur normal dan rasa panas dimuka ini hilang.

Selesai melempar jumroh tdk terjadi apa2 dan kami kembali ke Bahutma utk thawaf ifadoh. Saya masih hidup sampai tibalah saat kami bersiap utk kembali ke tanah air. Sy tdk jd meninggal ditempat ini seperti dalam mimpi.Saya tdk berhenti memikirkan maksud mimpi yg saya alami dan kejadian selama beribadah haji tsb.

Mimpi yg kedua juga terjadi dlm pesawat saat pulang haji menuju ke tanah air, sy tertidur. Sama spt mimpi pertama saya dibawa keluar dr pesawat meluncur kebawah tembus kedalam tanah dan tiba di sebuah tempat seperti lembah sungai namun bukan air yg mengalir tapi api yg meluap2 dengan langitnya yg hitam. Didalam sungai api tsb banyak manusia yg menjerit2. Saya mendarat di tepian .

Saya melihat ada sosok yg membawa cambuk dan dgn cambuknya itu dia mengambil seorang wanita dr dlm sungai api. Dia menanyai wanita gosong penuh luka bakar tsb. Sosok tsb bertanya pd wanita tsb "mengapa ketika hidup menjadi pelacur ?" Wanita itu menjawab "utk bertahan hidup dgn anak2nya". Seketika sosok tsb melihat saya dan berkata "kamu masih diberi kesempatan, wanita spt ini adalah tanggung jawabmu, nikahi mereka, ajak mereka kembali ke jalan Allah, dan jangan kamu makan dari hewan yg dapat bersuara". Dan saya terbangun..

Saya seorang pria pengusaha usia 39th dan pengetahuan saya ttg agama Islam biasa saja krn sy tdk pernah di pondok pesantren, namun mengapa saya mengalami hal seperti ini, mohon penjelasan dari Ustadz, terimakasih.

Saya juga mohon waktu utk dapat berkonsultasi secara langsung.
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Sampai hari ini saya tdk makan makanan dari hewan yg bisa bersuara ,namun utk menikahi PSK saya masih merasa berat utk melaksanakan. Saya juga sdh sampaikan mimpi saya ini pada istri tercinta.

JAWABAN MIMPI KETIKA BERIBADAH HAJI

Hal prinsip yang perlu diketahui dalam syariah Islam terkait dengan mimpi adalah (a) bahwa mimpi itu ada 3 (tiga) jenis yaitu mimpi dari Allah; (b) mimpi dari setan; (c) mimpi bawaan saat bangun. Dan ini yang penting: seandainya pun mimpi anda masuk kategori (a) yakni mimpi dari Allah, tidak ada kewajiban apapun bagi anda untuk melakukan perintah dalam mimpi itu.

Ajaran Islam sudah sempurna sejak Rasulullah meninggal dunia. Dengan bekal Al-Quran dan Hadits itulah ajaran syariah Islam bersandar. Bukan pada mimpi apapun jenis mimpi itu. Lihat artikel: Mimpi dalam Islam.

Saya menganggap mimpi anda itu adalah mimpi buruk. Dan Nabi Muhammad telah mengajarkan kita bagaimana mengatasi sebuah mimpi buruk. Lihat artikel: Tafsir Mimpi

Sebagai pengusaha muda, anda tentu banyak melakukan kontak dengan bermacam ragam manusia terutama perempuan. Akan ada godaan terkait dengan nafsu syahwat baik dari diri sendiri atau dari mereka. Dari mimpi anda saya berkesimpulan bahwa yang perlu anda lakukan adalah bukan malah mendekati wanita-wanita nakal, tapi hendaknya menjauhi mereka dan lingkungan tempat di mana mereka berada.

Wanita adalah godaan terberat bagi laki-laki normal dan sukses secara ekonomi. Mimpi itu justru mengisyaratkan sebaliknya yaitu jangan terlalu dekat dengan mereka; boleh bantu mereka keluar dari jurang kemaksiatan tanpa harus menikahinya. Karena menikahi wanita pelacur jelas bertentangan dengan perintah hadits agar pria muslim menikahi wanita muslimah yang agamis. Lihat: Cara Santri Mencari Jodoh.

Secara umum, mimpi itu seandainya mimpi yang benar ingin mengingatkan anda bahwa dalam harta anda terdapat hak-hak kalangan dhuafa yang harus diberikan. Hak-hak yang berupa zakat tersebut dititipkan pada anda, bukan milik anda. Artinya, jangan sampai serupiah pun anda memakan makanan dari harta anda yang semestinya untuk zakat. Pastikan bahwa zakat diberikan pada yang berhak yaitu golongan yang disebut dalam Al-Quran. Lihat artikel: Panduan Zakat.

Akan lebih ideal apabila disamping zakat, juga bersedekah seikhlasnya pada kalangan yang tidak mampu terutama orang-orang yang terdekat dengan kita dalam kekerabatan atau bertetangga.

___________________________________________________


CARA MENANGKAL SIHIR

assalamualaikum wr.wb
pak ustadz yg saya hormati.Belum lama ini ponakan saya yg berumur 6 tahun menemukan uang Rp.317.000 di depan pintu rumahnya dan kami menanyakan pada tetangga sekitar mereka tidak merasa kehilangan uang.

Karena kami penasaran itu uang siapa lantas kami menayakan pada seorang kyai dan kata kyai itu, uang tsb adalah uang tumbal untuk pesugihan. Untuk mengincar ponakan dan anak saya yg kebetulan umur mereka sama2 masih 6 tahun. lalu oleh kakak saya uang tsb ditaruh di kotak amal masjid.

Tapi sampai sekarang hati kami belum tenang karena takut anak2 kami masih menjadi incaran.
Apa yg harus kami lakukan pak ustadz dan bacaan doa apa yg harus kami perbanyak untuk menangkal kejahatan dari pesugihan tsb.

Terima kasih pak ustadz atas penjelasannya dan maaf kalau pertanyaan saya terlalu panjang.
Wassalamualaikum wr.wb.
Siti hajar Priyatin

JAWABAN CARA MENCEGAH TUMBAL PESUGIHAN

Jawaban dari "orang pintar" bahwa uang tersebut adalah tumbal belum tentu benar. Yang pasti dalam Islam, uang temuan kalau diambil harus diumumkan dan disimpan selama setahun. Kalau tidak ada yang mengklaim, maka boleh diambil. Lihat: Hukum Barang Temuan. Tapi, karena uang tersebut sudah diberikan untuk masjid, berarti kalau ada yang mengklaim di kemudian hari, itu tanggungjawab takmir masjid.

Namun, seandainya itu benar bahwa ada yang mengincar anak anda berarti dia menggunakan ilmu sihir, maka langkah paling mudah adalah meminta bantuan pada kyai atau ustadz yang dikenal memiliki ilmu yang dapat menangkal gangguan sihir dan jin. Ingat, yang harus anda datangi bukan dukun, tapi orang saleh yang memiliki ilmu di bidang itu. Beda kyai dan dukun tertelak pada apakah dia rajin shalat atau tidak.




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..