Istri Wanita Karir Suami Cemburu Buta

Istri Wanita Karir Suami Cemburu

SUAMI CEMBURU KARENA ISTRI WANITA KARIR

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya E, saya mau curhat mengenai kehidupan pribadi saya, saya sudah berumah tangga 17 tahun dan punya sepasang buah hati, yang sulung saya kasih nama Ck berumur 15th sekarang duduk di bangku kelas 1 SMA, dan yang kecil laki-laki saya beri nama Th kelas 3 SD.
Saya sangat tahu kalau suami saya sangat mencintai saya, bahkan sangat sayangnya dia pada saya dia sangat takut kehilangan saya hingga membuat kadang dia cemburu buta pada siapa saja laki-laki yang dekat dengan saya sekalipun itu teman SMA saya dulu, suami saya tak jarang menuduh saya ada apa-apa dengan teman saya yang laki-laki hati saya sakit sekali kalau dia sudah menuduh saya ada main belakang padahal demi Allah hanya dia laki-laki yang saya cintai kini, dan saya tak rela sedikitpun dia menuduh saya begitu.

DAFTAR ISI
  1. Suami Cemburu Karena Istri Wanita Karir
  2. Nikah Sirri Tanpa Ijin Istri Pertama Dan Hukum Talaknya
  3. Istri Minta Talak Tiga
  4. Status Waris Anak Luar Nikah (Zina)

Saya hanya manusia biasa saya juga punya sabar yang berbatas, kadang saya terlalu emosi dan sering minta cerai pada suami saya kalau sudah terjadi komflik begini padahal jujur seandainya suami saya mengikuti apa kata mulut saya, saya pasti akan lebih sakit.
Terakhir masalah saya adalah :

Perlu bapak/ibu ketahui saya seorang karyawan di salah satu perusahaan dan saya jualan kue kecil-kecilan untuk menambah peghasilan itu membuat saya kadang agak terlambat pulang dan suatu hari suami saya yang jemput marah karena pada saat itu banyak lembur jadi banyak yang beli jajan ke saya jadi saya telat keluar 4 menit dari hari biasanya, pas kebetulan mau ke bawah saya berbarengan dengan karyawan yang lain laki-laki suami saya marah dikira kami habis ngapain mungkin dan saya tak terima karena saya hanya jualan tak lain dari itu keterlambatan saya turun, emosi saya memuncak sampai di rumah saya ngomel-ngomel dan sejak saat itu saya putuskan pisah kamar tidur, di malam yang ke 7 saya tidak tahu tiba-tiba saya emosian dan saya marah-marah tak menentu di malam itulah saya sangat tak terkontrol emosi semua pakaian dia saya buang keluar dan saya mengusirnya untungnya pada malam itu dia hanya diam lalu saya minta di cerain malam itu juga, dia tetap diam karena aku ngotot dia bilang "kalau itu mau mu baiklah biar kau puas ku panggil abang mu" dia call nomor abang saya, di situ baru saya merasa takut dan tanpa saya sadari saya ambil hp dia dan saya gagalkan panggilan itu, saya peluk dia erat entah kenapa seketika itu saya takut dia menceraikan saya.

Bapak/Ibu . .
1. Saya harus apa?
2. Apakah besar dosa saya karena selalu mengeluarkan kata-kata minta cerai pada suami saya?
3. Sebenarnya suami saya itu cinta dan sayang nggak sama saya?


JAWABAN SUAMI CEMBURU KARENA ISTRI WANITA KARIR

Satu hal yang harus dipahami oleh seorang istri yang menjadi wanita karir adalah bahwa suami selalu menyimpan kecurigaan, sedikit atau banyak, bahwa istrinya akan atau sedang melakukan perselingkuhan dengan kolega kerjanya. Perasaan insecure suami ini wajar karena dia tidak memiliki kontrol atas apa yang dilakukan istri di kantor. Posisi suami sangat lemah. Ia seakan mengharapkan "rasa kasihan" istri dan berharap agar istrinya tidak selingkuh. Karena istri dapat selingkuh kapan saja ia mau. Perasaan ini diperparah dengan kenyataan di mana tidak sedikit wanita karir yang melakukan perselingkuhan dengan kolega kerjanya. Rasa insecure suami akan semakin meningkat apabila suami tidak bekerja atau bekerja dengan gaji yang di bawah nilai gaji istri. Rasa insecure akan bertambah dengan adanya rasa inferior (minder). Suami yang merasa insecure akan bersikap kurang "normal" dalam arti secara emosional tidak stabil yang ditandai dengan marah-marah, ngambek, dst.

1. Dari latar belakang seperti di atas maka istri harus memahami psikologi suami dan karena itu harus bersikap sedemikian rupa yang membuat suami merasa "aman". Antara lain dengan menghindari berduaan dg kolega kerja, intensif berkomunikasi dg suami, menghindari main telpon atau SMS-an dan alat komunikasi yang lain seperti Facebook dll dengan pria teman kerja atau lainnya, terbuka pada suami tentang pria yang dikenal di kantor atau di tempat lain dan minta saran suami bagaimana baiknya menghadapi mereka (lak-laki). Dari sini, akan terbangun trust atau kepercayaan suami pada istri.

2. Iya. Dalam sebuah hadits istri tidak mencium bau surga apabila meminta cerai tanpa alasan yang dibolehkan syariah. Lihat: Istri Minta Cerai Suami Tidak Mencium Bau Surga

3. Sangat cinta dan sayang pada anda. Dan anda harus menunjukkan sikap yang sama dg melakukan hal yang disarankan pada poin no. 1 kalau ingin hubungan yang harmonis.

____________________________________________________


NIKAH SIRRI TANPA IJIN ISTRI PERTAMA DAN HUKUM TALAKNYA

Assalamu'alaikum Wr. Wb,

Mohon maaf langsung saja ke pertanyaan.
Jika seorang laki-laki (bersuami) mempunya niat baik di awalnya dengan menaruh hati dengan seorang Janda yang telah dikaruniai beberapa anak dari Suami pertama (cerai mati).
1. Sehingga dilakukan nikah sirri, dengan dihadiri wali (penghulu) dengan surat kuasa dari bapaknya yang masih hidup, dan 2 orang saksi.... bagaimana hukumnya...? sah atau tidak secara agama Islam nikah tersebut....? (untuk nikah tersebut tanpa sepengetahuan Istri-1).

2. Dikarenakan merasa bersalah dan berdosa, karena telah mengkhianati Istri-1 (belum mempunyai keturunan)... sehingga proses tanggung jawab (lahir & bathin) keduanya menjadi timpang, suami lebih cenderung ke Istri-1..... sehingga untuk Istri-2 merasa terabaikan. Dan waktu berlalu Istri-2 tidak terima dan penuh dengan emosi meminta cerai (sampai talak-3). Namun Suami tidak mau melakukan itu dalam kondisi emosi. Namun pada akhirnya Sang Suami melakukan talak-1 (dengan cara sms sekali "Aku Ceraikan Kamu" ke Istri-2, bagaimana hukumnya secara agama...).

3. Selang beberapa waktu, hubungan tsb diketahui Istri-1, sehingga karena Istri-2 merasa dikhianati, meminta untuk Sang Suami menceraikan Istri-2.... Dan dilakukan sang Suamin, dengan sms juga sbb "Kemarin aku sudah melakukan sekali, sekarang aku akan melakukkannya "Aku Ceraikan Kamu", "Aku Ceraikan Kamu".... bagaimana hukumnya secara agama...?
Karena sang suami, merasa berdosa dan bersalah karena telah mengkhianati Istri-1.

4. Jika proses talak tersebut tidak sah menurut agama atau sah menurut agama, apa yang bisa dituntut oleh Istri-2/Mantan Istri-2 terhadap suami tersebut....?

Jazakumullah Khoiron Katsiran,
Wassalamu'alaikum Wr. Wb,
Kaka

JAWABAN NIKAH SIRRI TANPA IJIN ISTRI PERTAMA DAN HUKUM TALAKNYA

1. Nikah tersebut sah karena sudah memenuhi persyaratan minimal dari sebuah akad nikah yg sah menurut syariah yaitu wali atau wakilnya, dua saksi dan ijab qabul. Lebih detail lihat: Perkawinan Islam. Ijin dari istri pertama tidak diperlukan atau tidak terkait sah tidaknya suatu perkawinan poligami.

2. Talak satu terjadi dg ucapan/SMS tersebut. Lihat: Talak via SMS dan Surat Tertulis.
Anda dibolehkan rujuk dalam masa iddah tanpa akad nikah yg baru. Kalau iddah sudah lewat baru akan rujuk maka dibutuhkan akad nikah baru. Lihat: Perceraian (talak) dalam Islam.

3. Kalau ucapan cerai yang ke-2 jatuh masih dalam masa iddah talak pertama, maka jatuh talak ke-dua. Dan juga jatuh talak ke-3 karena SMS talak-nya diucapkan 2x. Kalau ucapan itu dikatakan setelah masa iddah talak pertama lewat, maka tidak ada gunanya karena tanpa ucapan talak pun hubungan perkawinan sudah putus total dan harus akad nikah baru kalau hendak kembali.

Apa yg anda katakan "merasa berdosa" pada istri pertama itu sebenarnya dosa sosial. Karena secara syariah tidak berdosa menikah lagi tanpa ijin istri tua.

4. Talak sah. Istri sirri tidak dapat menuntut apa-apa kecuali kalau punya anak dari pernikahan siri tersebut, maka anak dapat mengklaim status sebagai anak yang sah.

____________________________________________________


ISTRI MINTA TALAK TIGA

Asslamualaikum,, saya mu brtanya pa ustad.. Sudah 1 bulan ini saya brtengkar hebat sama istri, beberapa kali dia minta cerai tapi saya abaikan. Karna saya masih sayang sama istri & anak saya yg bru 2 thun.

Puncaknya malem thun bru kmrin 2013 saya baru msuk kerja musti lobi2 teman baru saya,, istri saya sms dngan kata2 tdak enak dan pncaknya dia minta talak 3,,saya jawab ya dlam artian spaya ga terus2an sms menykitkan dan kt breskan drmah.... Apakah talak 3 yg dminta istri saya sah?? Mohon jawbanya segera pa ustad,,wasslamualaikum.
windi

JAWABAN ISTRI MINTA TALAK TIGA

Talak tidak terjadi karena suami tidak mengatakan talak secara jelas (eksplisit) akan menceraikan istri. Talak yang sah seperti ucapan suami: "Aku ceraikan kamu."

____________________________________________________


STATUS WARIS ANAK LUAR NIKAH DAN ADOPSI ANAK

Assalamualaikum, wr, wb. Kakak perempuan saya seorang muslim meninggal 3 bulan yg lalu dan meninggalkan anak lelaki usia 14 tahun. Anak tersebut adalah anak luar nikah dengan lelaki non muslim yg ditunjukkan dari akte kelahiran anak tersebut yang tanpa ada nama bapaknya.
1. Bagaimanah hukum waris dari harta peninggalan kakak saya tersebut
2. karena kami adalah 8 orang bersaudara, 5 lelaki dan 3 perempuan.?.
3. Dan bisakah kami sebagai kakak dan adik beliau menjadi wali sah anak tersebut. Terimakasih. Wasallamualaikum, wr, wb.
IWAN SUMARWAN

JAWABAN STATUS WARIS ANAK LUAR NIKAH DAN ADOPSI ANAK

1. Anak zina dapat warisan dari ibu biologisnya, tapi tidak dapat bagian dari bapak biologisnya. Adapun jumlah warisan yang jatuh ke anak laki-laki tadi adalah semua harta peninggalan apabila (a) tidak ada ayah dan/atau ibu si mayit; (b) tidak ada suami (yg sah) dari si mayit. Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam.

2. Sedang Saudara laki-laki dan saudara perempuan tidak mendapat bagian apa-apa karena adanya anak kandung mayit menghalangi (mahjub) saudara laki/perempuan untuk mendapat warisan. Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam.

3. Secara hukum syariah, anak lelaki tidak memerlukan wali karena wali hanya diperlukan bagi anak perempuan yang hendak kawin. Secara negara, itu bisa saja salah satu dari pamanya menjadi walinya dalam urusan administrasi untuk ini silahkan konsultasi pada departemen terkait.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!