Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Jember

Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Jember

Pondok Pesantren Bustanul Ulum yang berlokasi di Dusun Bulugading Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur didirikan oleh RKH. Abbdul Ghani pada tahun 1920 M. Beliau adalah putra dari RKH.Itsbat (Bujuk Itsbat) dari Banyuanyar Pamekasan Madura. KH Itsbat adalah pendiri salah satu pesantren tertua di Indonesia yaitu Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan.

DAFTAR ISI
  1. Sejarah dan Profil PPBU Bulugading Jember
  2. Pengasuh PPBU Bulugading Jember
  3. Sistem Pendidikan PPBU Bulugading Jember
  4. Pengurus PPBU Bulugading Jember
  5. Pengembangan Ekonomi PPBU Bulugading Jember

SEJARAH DAN PROFIL PONPES BUSTANUL ULUM BULUGADING JEMBER

K. Pakusari (K. Paku) dan K.Ya’kub (K. Lembung) adalah dua bersaudara yang bersama masyarakat sekitar telah mempersilahkan kepada RKH Abbdul Ghani untuk menempati areal tanahnya guna dijadikan Pondok Pesantren. Dengan segala kemampuan serta daya upayanya beliau terus menekuni dan mendidik santri-satrinya. Dengan ketrampilanya dalam mengelola sebuah Pondok Pesantren, maka pada tahun 1920 M berdirilah Pondok Pesantren Bustanul Ulum Dusun Bulugading Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur. Bustanul Ulum mungkin sebuah nama yang banyak dikenal oleh masyarakat, namun Bustanul Ulum yang berdusun Bulugading mungkin hanya satu-satunya di Republik ini.

Sejak RKH. Mohammad Sa’id menjadi pengasuh menggantikan RKH.Mohammad Azhari maka muncul ide untuk mereformasi sistem pendidikan dengan mendirikan lembaga pendidikan sistem klasikal.
Sistem diatas terus bergulir dan dan berkembang seiring dengan perjalanan dan perkembangan zaman. Pada awalnya hanya Madrasah Diniyah yang masih belum terdaftar pada Departemen Agama, namun pada tahun 1970 berdirilah Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum yang sudah terdaftar di Departemen Agama.

Pada tahun 1978 berdirilah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Bustanul Ulum dengan Nomor Piagam Pendirian Wm.06.03/PP.03.2/2863/SKP/1999 dan diberikan status terdaftar bernomor NSM : 212350917072. Atas nama Kepala Bidang Pembinaan Perguruan Agama Islam Bpk.Drs.Sofyan, Nip : 150042059.

pada tahun 1981 muncullah pendidikan Menengah Atas yang dikenal dalam dunia Pesantren dengan nama Madrasah Aliyah (MA) Bustanul Ulum dengan nomor Piagam : L.m/3/267c/1982 yang ditanda tangani oleh atas Nama Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Bapak Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Drs.Adbul Fatah. Nip : 150011559.


PENGASUH PONPES BUSTANUL ULUM BULUGADING JEMBER

Pengasuh PPBU Bulugading Jember

Ponpes BUSTANUL ULUM Bulugading sebagaimana pesantren yang lain menempatkan Kyai dalam posisi sentral dalam kepemimpinan pesantren. Di Jawa umumnya pemimpin tertinggi pesantren disebut Pengasuh. Berikut pengasuh PPBU sejak berdirinya sampai sekarang.

RKH.Abdul Ghani (Pengasuh dan Pendiri)
RKH.Mohammad Azhari
RKH.Mohammad Sa’id
KH.Ahmad Rofiqi Sa’id
KH.Ahamad Baidlowi Sa’id Lc


SISTEM PENDIDIKAN PONPES BUSTANUL ULUM BULUGADING JEMBER

Sistem Pendidikan Pondpes Bulugading Jember

Sistem pendidikan di PPBU Bulugading adalah kombinasi salaf dan modern dalam arti PPBU mengadopsi sistem pengajian tradisional seperti wetonan, bandongan, sorogan; madrasah diniyah dan lembaga formal yang mengikuti kurikulum Kemenag (MI, MTS dan MA) dan Kemdikbud (SMK).

Sistem pendidikan yang sekarang sedang marak di kembangkan yaitu sistem pendidikan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi, memang keberadaannya sementara ini dianggap sangat menjajikan untuk memacu kualitas peserta didik, akan tetapi kalau melihat dari agenda sejarah yang telah bertahun tahun terbukti dapat menghasilkan para santri senior dalam bidangnya, maka kita akan mendapatkan satu titik temu dimana sistem KBK yang dikembangkan saat ini adalah sistem yang sedikit banyak telah mengadopsi dari sistem Salafi.

Sebagai bahan kajian mari kita buka lembaran sejarah dari sistem Pendidikan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Buluading.

Mulanya Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading menerapkan sistem pendidikan dengan pola-pola seperti mengaji Al Qur’an dengan sistem sorogan dan hafalan, juga mengaji kitab kuning dengan sistem bandongan, sorogan serta muhafadloh. Semua sistem diatas adalah model yang tetap dilestarikan hingga saat ini mengingat pola-pola tersebut masih sangat relevan dan dibutuhkan untuk tetap menjaga mutu dan kualitas santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum, dan dengan demikian pula Pondok Pesantren dapat menjaga serta melestrikan diantara beberapa nilai-nilai akar budaya bangsa yang berbasis pada miliu Pondok Pesantren dengan ciri khas salafiyah dan tidak menutup pola-pala baru yang lebih baik. Hal tersebut sangat kental dan dikenal didunia Pesantren dengan filosofinya yaitu اللمخافظة علي القديم الصالح والاخد بالجديد الاصلاح

Pola-pola salafiyah pada awalnya sangat jitu dan mendapatkan legitimasi di lingkungan masyarakat, sehingga untuk menciptakan santri yang berorientasi Pembekalan sangatlah efektif pada zamannya, namun untuk menciptakan santri yang beorientasi pada santri yang berupa Ulama’ Produktif, maka pola-pola tersebut haruslah mengalami penyempurnaan.


PENGURUS PONPES BUSTANUL ULUM BULUGADING JEMBER

Pengurus Yayasan PPBU Bulugading Jember

1.Ketua RKH.Ahmad Baidlowi Sa’id Lc
2.Wakil Ketua terdiri dari dua Pengurus yaitu
2.1.Sekretaris Achmad Muchlis
2.2.Bendahara Moh.Sholeh Salim
3.Koordinator Bidang yang membawahi beberapa Lembaga, antara lain

3.1. Bidang Pendidikan Formal
3.1.1.MA.BU H.Muh Hasyim S.Pd
3.1.2.Mts.BU Drs.Mahfud Ro’is
3.1.3.MI.BU Matjuri A.Md
3.1.4.TK.BU Ulfatus Salanah A.Md

3.2.Bidang Pendidikan Non Formal
3.2.1.Madin.BU Ust.Achmad Muchlis
3.2.2.TPA.BU KH.Abd.Kholiq
4.Koordinator Bidang Dakwah / BP
4.1.Untuk kalangan Vertikal 1.Abdul Wahid Rf 2.Achmad Fauzi S.Ag
4.2.Untuk kalangan Harizontal 1.Hasannirofik S.Ag 2.Jamaluddin

5.Koordinator Bid.Sos.Masyaraka (HUMAS)
1.Abdul Hamid Rusdianto S.Pd
2.Ahmad Syarif A.Md
3.Aswan Hadi


PENGEMBANGAN EKONOMI PESANTREN BULUGADING

Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading mempunyai beberapa unit usaha untuk menunjang kelancaran menjalankan roda pendidikan Pondok Pesantren. Antara lain usaha-usaha tersebut ialah
a. Koprasi Pondok Pesantren
b. Tanah Wakaf
c. Perikanan Air Tawar
d. Perikanan Air Asin
e. Toko Klontong
f. Kantin
g. Budi daya Jamur
h. Wartel
i. Donatur Tetap
j. Iuran Wajib Santri

Semua jenis usaha tersebut hanya dipruntukkan sepenuhnya untuk menunjang kelancaran menjalankan roda pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Bustanul Ulum.

Artikel terkait: Keluarga Besar Pesantren Al-Khoirot

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!