Hukum Wudhu Setelah Mandi Jinabah (Junub)


STATUS TALAK KINAYAH (IMPLISIT)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pak ustadz, saya mau menanyakan beberapa hal dari pengalaman hidup sahabat saya sendiri. Selama menikah dengan laki-laki tersebut sudah dikaruniai anak, sekian lama membangun rumah tangga terjadilah KDRT yang dilakukan oleh suaminya. segala usaha, upaya agar terciptanya lagi rumah tangga yg harmonis sudah dilakukan, sampai kelahiran anak yang kedua dengan motif bisa merukunkan bahtera keluarganyapun tidak berhasil. Akan tetapi malah semakin menjadi dan akhirnya suaminya mengucapkan kata-kata thalak secara "Kinayah". setelah terjadi ucapan thalak secara Kinayah suami istri tersebut masih tinggal serumah tapi dikamarnya masing2. akan tetapi untuk aktivitas diluar kamar tidur masih dilakukan bersama, misalkan pergi kondangan dll. hal itu berlangsung hampir 1 tahun. yang akhirnya si istri menggugat cerai suaminya.

DAFTAR ISI
  1. Status Talak Kinayah (Implisit)
  2. Cara Mengingatkan Orang Tua Sakit Supaya Mau Shalat
  3. Hukum Wudhu Setelah Mandi Jinabah (Junub)
  4. Adakah Shalawat Penghapus Dosa Besar
  5. Dalil Sahnya Pernikahan Saat Hamil Zina
  6. Hukum Bisnis Online
  7. Meminta Ibu Untuk Bercerai Dengan Suaminya
  8. Aliran Salafi Itu Apa?
  9. Faraidh: Orang Wafat Meninggalkan Anak, Istri Dan Saudara

Yang saya tanyakan:
1. Apakah statusnya si istri yang sudah di thalak secara kinayah oleh suaminya masih berstatus istri yang syah dalam kasus diatas? walaupun thalak Kinayah itu di kembalikan ke niat dan hati suaminya, akan tetapi selama satu tahun setelah ucapan thalak kinayah tersebut tidak ada upaya atau media untuk kata-kata "Rujuk" (bisa dibilang komunikasi pasif).
2. Semisalkan selama 1 tahun itu sudah dinyatakan tidak ada ikatan suami istri lg, lalu semua aktivitas yg dilakukan keduanya (masih tinggal satu rumah walaupun beda kamar) dan aktivitas diluar rumah seperti pergi bareng dll itu dinamakan apa? Berdosakah???

Terimakasih dan di tunggu jawabannya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Saiful


JAWABAN: STATUS TALAK KINAYAH (IMPLISIT)

1. Istri yang ditalak kinayah (implisit) adalah tergantung dari niat suami saat mengatakannya. Apabila suami tidak berniat mentalak, maka perceraian tidak terjadi. Apabila disertai niat talak, maka terjadi talak 1 atau 2 (tergantung pernah tidaknya talak sebelumnya).

2. Seandainya terjadi talak 1 atau talak 2, maka suami masih boleh rujuk pada istri selama masa iddah. Suami dapat rujuk ke istri tanpa perlu akad nikah baru. Kalau rujuknya setelah habis masa iddah, maka harus akad nikah baru. Lihat detail: Masa Iddah Istri yang Dicerai Suami.

Kalau misalnya, terjadi talak tapi suami tidak rujuk atau akad nikah baru tapi masih tetap berkumpul satu rumah maka hukumnya haram. Karena itu statusnya khalwat yakni berkumpulnya dua lawan jenis bukan mahram dalam satu tempat. Lihat detail: Khalwat dalam Islam.

Further reading: فصل: في أحكام الطلاق

__________________________________________________


CARA MENGINGATKAN ORANG TUA SAKIT SUPAYA MAU SHALAT

Bagaimana cara mengingatkan orang Tua yg sakit tdk mau sholat Wajib apa hukumnya bagi anak yg sdh mengingatkannya

Yth pengasuh Alkhoirot.
Ijin bpk.....Ibu sy umur 87 th sakit tdk bisa jalan, semua aktifitas di tempat tidur. Sy sebagai anak sdh mengingatkan untuk tetap sholat 5 Waktu,tp tdk pernah di gubris,malah marah .tapi tetap saya ingatkan terus, Saya merasa Takut dan berdosa kalo sampai Tuhan Memanggil Ibu saya tapi belum sempurna Sholatnya.yg saya tanyakan:
1. apa saya berdosa mengingatkan/tdkmengingatkan Ibu saya?
2. Apa yg harus saya lakukan untuk membayar sholat yg tdk dikerjakan, sedangkan ibu sakit tdk bisa sholat.
3. bagaimana bahasa yg tepat untuk mengingatkan ibu saya, saya tidak bisa menolak apabila ibu sudah marah.
Siti Alfiah

JAWABAN

1. Mengingatkan orang untuk shalat adalah baik, termasuk mengingatkan orang tua. Berdasarkan keumuman dari hadits sahih riwayat Muslim untuk merubah kemungkaran sbb:
من رأى منكم منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذلك أضعف الإيمان
Artinya lihat di sini.

2. Shalat hukumnya wajib selagi masih hidup. Namun pelaksanaannya adalah sebisanya: berdiri, duduk, atau hanya dengan isyarat mata.

3. Yang penting sudah mengingatkan. Kewajiban anda sudah selesai. Tidak perlu memaksa. Namun kalau pemaksaan itu timbul dari rasa sayang pada ibu, maka selalu dicoba dengan cara yang berbeda-beda siapa tahu ada yang mengena. Atau coba minta bantuan orang lain, barangkali bisa lebih efektif dan didengar oleh ibu.

__________________________________________________


HUKUM WUDHU SETELAH MANDI JINABAH (JUNUB)

Assalamualaikum.Wr Wb
perihal mandi janabat dan wudlu.
1. bagaimana kalau setelah mandi tersebut, kita berwudlu untuk melaksanakan sholat. apakah diperbolehkan, karena dalam mandi kita sering menyentuh bagian yang dapat membatalkan wudlu
2. sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa Rasululloh ketika sudah mandi janabat langsung sholat tanpa berwudlu, yang disebabkan sebelum mandi mencuci kemaluan terlebih dulu kemudian wudlu dan meratakan air ke seluruh tubuh,
waalaikum salam wr wb
Rudi Sirojudin

JAWABAN

1. Boleh. Bahkan itulah praktik yang umum.
2. Hadits itu cuma menunjukkan bahwa wudhu dan mandi jinabah adalah dua hal yang berbeda. Lebih detail: Tata Cara Wudhu dan Mandi Wajib (Junub)

__________________________________________________


ADAKAH SHALAWAT PENGHAPUS DOSA BESAR

assalammu'alaikum Wr.Wb

1 .saya ingin kembali bertanya , tentang taubat nasuha , dosen saya pernah bercerita tentang shalawat yang bisa menghapus dosa besar yakni berzina , namun saya malu menanyakan bagaimana bunyi shalawat itu , apabila berkenan , mohon pak ustad mau berbagi tentang bunyi shalawat itu , agar hati saya tenang , memohon ampun kepada Allah SWT .

2 . saya juga ingin bertanya tentang hukum wanita memakai jilbab yang diatasnya memakai iket cemol atau biasanya sering kita jumpai seperti konde , tapi bukan konde yang dipakai , mohon dijawab pak disertai hadistnya , karena masalah ini pernah saya tanyakan kepada dosen agama saya , tetapi jawabannya kurang pas di hati saya ,

saya tidak keberatan tulisan saya dimuat di web alkhoirot

wassalammu'alaikum Wr.Wb
Fauziah

JAWABAN

1. Tidak ada shalawat yang dapat menghapus dosa besar. Islam itu agama yang logis. Dosa besar hanya dapat dihapus dengan taubat yang besar pula yakni taubat Nasuha.

2. Fungsi minimal dari pakaian muslimah termasuk jilbab adalah menutup aurat wanita yakni seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Apabila itu tercapai maka hukumnya sah. Masalah bentuk jilbab itu hanya soal teknis yang tidak perlu diperdebatkan. Memang ada yang menafsiri soal jilbab yang mirip dengan punuk unta (onta. Untuk soal ini, lihat jawaban sebelumnya di artikel berikut: Hukum Jilbab yang Mirip Punuk Unta (Onta) atau Konde

__________________________________________________


DALIL SAHNYA PERNIKAHAN SAAT HAMIL ZINA

Assalamualaikum...
Saya laki-laki berumur 23th. Saya ingin bertanya, saya dulu menghamili pacar saya sampai hamil 6bulan. Setelah ketahuan keluarga, kami dinikahkan secara agama (siri). Tapi keluarga pihak perempuan bersikeras kalau pernikahan kami tidak sah karena pacar saya hamil duluan, menurut mereka menikahi wanita hamil itu tidak sah. Saya berusaha meyakinkan kalau pernikahan kami sah, karena saya ayah biologis anak yang dikandung pacar saya dan kami tidak melakukan hubungan suami istri sampai anak kami lahir. Tapi keluarga istri saya tetap tidak mengakui kalau pernikahan kami sah.

Saya sungguh sangat bingung dan putus asa, bagaimana lagi meyakinkan keluarga istri saya bahwa kami sah sbg suami istri. Saya mohon dengan sangat, bantu saya untuk meyakinkan keluarga istri saya agar mereka yakin kalau pernikahan kami sah, jadi saya minta kepada bpk kiayi dan bpk ustad untuk mencarikan ayat al-qur'an, hadist, dalil atau apapun yg kuat dan jelas. Untuk saya jadikan bukti kepada keluarga istri saya. Saya sangat berharap email ini segera dibalas, karena ini sangat penting bagi masa depan pernikahan kami.
Terimakasih banyak sebelumnya, wassalamualaikum
Mohammad J.

JAWABAN

Pernikahan semacam itu boleh dan tidak perlu mengulangi. Dalil dan argumen lihat artikel: Pernikahan Wanita Hamil Zina

Pendapat yang tidak membolehkan perkawinan wanita hamil zina berasal dari madzhab Maliki dan Hanbali (madzhabnya kalangan Wahabi)
__________________________________________________


HUKUM BISNIS ONLINE

Assalaamu'alaikum pa Ustadz,
saya mau tanya , gimana hukumnya tentang investasi online yang menjanjikan profit perharinya tanpa di beritahu untuk apa uang tersebut di investasikan seperti avo, profit clicking. Mereka memberikan profit, kalau avo 3% perharinya dari uang yang di investasikan, dan dalam sebulan akan kembali dengan uang asal investasi + profit perhari . Misal kalau investasi 100 dollar , perharinya 3% berarti 3 dollar , dikali 30 hari jadi 90 dollar ditambah uang semula jadi uang yang kembali dalam sebulan 190 dollar, tanpa di beritahu untuk apa uang di investasikan,, bagaimana hukumnaya pa ustadz ?

terima kasih atas jawabannya
wassalam
Yandi Permana

JAWABAN

Islam memberi kebebasan dalam soal muamalah jual beli dengan rambu-rambu atau syarat (a) tidak mengandung riba; (b) tidak mengandung unsur penipuan (gharar); (c) yang dijual bukan barang haram. Kalau memang anda tidak merasa tertipu, berarti hukumnya sah.

Terkait: Hukum Jual Beli Valas

__________________________________________________


MEMINTA IBU UNTUK BERCERAI DENGAN SUAMINYA

Assalamu alaikum wr.wb

ustad saya ingin bertanya, bolehkan seorang anak meminta ibunya agar bercerai dg suaminya ( ayah tiri saya ) dan bagaimana hukumy ? karena saya kasihan terhadap ibu, sepanjang pernikahan dia tidak bahagia, anak2 tiriny tidak ada yang menyukainya, 7tahun pernikahan hanya dijadikan seperti pembantu. mohon jawabany ustad
terima kasih

wassalamu alaikum wr.wb
AZ

JAWABAN

Tidak ada larangan untuk memberi nasihan pada ibu agar berpisah dari suaminya. Namun perlu diingat bahwa keputusan akhir ada pada ibu. Pihak luar, walaupun itu anaknya, hanyalah sebatas memberi saran.

__________________________________________________



ALIRAN SALAFI ITU APA?

assallam muallaikum wr wb, senang ada ruang untuk konsultasi agama ini saya mau menanyakan akhir2 ini ada aliran yg namanya salafi dimana sering mengatakan memperingati kelahiran rosul bid'ah banyak lagi hal yg kurang pas untuk saya, trima kasih atas jawabanya
walaikum salam wr ab,
djoko muhammad saparto

JAWABAN

Aliran salafi atau Wahabi atau Wahabi Salafi adalah aliran pemurnian Islam yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahab dari Arab Saudi bersamaan dengan berdirinya kerajaan Arab Saudi. Aliran ini masih termasuk dalam aliran Sunni, bukan Syiah. Lebih detail lihat: Aliran Wahabi Salafi.

__________________________________________________


FARAIDH: ORANG WAFAT MENINGGALKAN ANAK, ISTRI DAN SAUDARA

Assalamulaikum Wr.Wb.

Ustd, saya mau bertanya.

Bagaimana hukum nya bagi Islam,...
Ada 3 bersaudara salah satu saudara nya ada yang meninggal dan meninggalkan 3 orang anak 1 org istri. Bagaimana hak waris bagi almarhum dari ketiga bersaudara tsb...???
Terima kasih atas jawaban nya.
Wassalam.
Mulyadi - Jakarta

JAWABAN

- Istri mendapat 1/8 (seperdelapan)
- Sisanya untuk ketiga orang anak. Dengan rincian anak lak-laki mendapat dua kali lipat anak perempuan.
- Saudara dari si mayit tidak mendapat apa-apa karena terhalang oleh adanya anak. Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

1 comment:

  1. mudah mudahan nasihatnya bisa direalisasikan gan ,,amin

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!