Tuesday, March 19, 2013

Cara Taubat Pelaku Pelecehan Seksual


Cara Taubat Pelaku Pelecehan Seksual
CARA AGAR USAHA MAJU

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya sudah memulai usaha selama hampir lima tahun, namun belum juga ada perkembangan. Usaha saya Salon Kecantikan yang sangat sederhana. Saya membuka usaha sesuai dengan ketrampilan yang saya miliki. Saya membuka usaha ini dengan modal yang terbatas. Dari hasil Salon inilah saya membiayai hidup saya dan seorang anak saya.pertanyaan saya. Bagaimana supaya usaha saya ini bisa banyak mendatangkan rezeki?
Terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Erlangga

DAFTAR ISI
  1. Cara Agar Usaha Maju
  2. Cara Taubat Pelaku Pelecehan Seksual
  3. Hukum Mengucapkan Salam Tidak Lengkap
  4. Pacar Tidak Disukai Orang Tua
  5. Apakah Setan Dapat Melihat Malaikat?
  6. Hukum Bekerja Di Bagian Animasi
  7. Musafir Tidak Jadi Jamak Ta'khir
  8. Hukum Nikah Siri Tanpa Diketahui Orang Tua
  9. Hukum Menceraikan Salah Satu Dua Istri
  10. Doa Tanpa Usaha Bisakah Berhasil?

JAWABAN: CARA AGAR USAHA MAJU

Dalam sebuah hadits sahih riwayat Muslim Nabi bersabda [أنتم أعلم بأمور دنياكم] artinya: Kamu lebih tahu urusan duniamu. Dalam menjelaskan hadits di atas Imam Nawawi dalam Syarah Muslim mengatakan bahwa setiap muslim memiliki kebebasan untuk berijtihad atau berinovasi dalam urusan duniawi seperti pertanian, usaha layanan, dll. Maksudnya adalah dalam konteks Anda maju atau tidaknya sebuah usaha sangat tergantung dari konsep marketing yang anda terapkan. Apabila sesuai dg konsep pasar, maka tentunya barang atau layanan yang ditawarkan akan maju. Konsep pasar pada intinya adalah: sesuatu yang membuat konsumen suka.

Tentu saja berdoa juga penting namun pada banyak kasus peran doa itu tidak akan melebihi 5% dari usaha riil.

______________________________________


CARA TAUBAT PELAKU PELECEHAN SEKSUAL

Assalamualaikum ustadz.... Mohon maaf sebelumnya ustadz, ini masalah yg sangat pribadi... Dulu saya pernah (mohon maaf) melecehkan seorang perempuan secara seksual. Tapi tidak sampai berzinah, namun hampir. Alat kel*m*n saya hampir masuk.

1. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara taubatnya pak ustadz ??? Karena saya pernah dengar bahwa orang yg melakukan pelecehan seksual pada seorang perempuan, apalagi dibawah umur akan dihukum penjara. Saya sudah bersalaman dengan perempuan tersebut sebagai tanda bermaafan, namun bagaimana jika dihari yg akan datang dia berubah fikiran dan menuntut saya ????

2. Jika saya ingin lepas dari dosa ini, apakah saya harus menjalani hukum penjara ustadz ???
3. Karena perempuan tersebut dibawah umur (mungkin dibawah 14 thn) apakah saya harus mengakui keorang tuanya bahwa saya melakukan pelecehan seksual terhadapnya ????

Mohon pencerahannya ustadz....TERIMA KASIH

JAWABAN

1. Apabila suatu dosa yang dilakukan juga terkait dengan hak adami (sesama manusia), maka ia harus (a) meminta maaf dan kerelaan pada yang disakiti; (b) memohon ampun pada Allah, menyesali dan tidak mengulangi lagi. Lihat: Cara Taubat Nasuha.

Kalau si korban sudah memaafkan, maka itu sudah cukup. Tidak perlu anda berandai-andai. Fokuslah pada taubat nasuha pada Allah.

2. Tidak perlu. Lakukan taubat nasuha secara konsisten.
3. Tidak perlu.

______________________________________


HUKUM MENGUCAPKAN SALAM TIDAK LENGKAP

assalamualaikum wr. wb
saya mau tanya......
apa hukum mengucapkan salam / assalamu'alaikum tanpa d kasih waroh matullohi wabarkatuh (wr. wb)
dan tolong jelaskan dalil nya ust!!!!!
terima kasih
assalamu alaikum
Zainuddin Aqil

JAWABAN

Hukum mengucapkan salam adalah sunnah. Dan kata-kata "Assalamualaikum" itu sudah cukup mendapatkan sunnahnya salam. Sedangkan yang ideal dan sempurna adalah Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Berdasarkan pada hadits sbb:
عن عمران ابن حصين ـ رضي الله عنهما ـ قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال : السلام عليكم ، فرد عليه ، ثم جلس ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم " عشر " ، ثم جاء رجل آخر ، فقال : السلام عليكم ورحمة الله ، فرد عليه ، ثم جلس ، فقال " عشرون "، ثم جاء آخر ، فقال : السلام عليكم ورحمة الله وبركاته ، فرد عليه ، وجلس فقال : " ثلاثون
Arti singkat: Kata Assalamualikum mendapat pahala 10; kata Assalamualaikum Warahmatullah mendapat pahala 20; dan kata Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh mendapat pahala 30 kebaikan.

Adapun membalas salam adalah wajib apabila sendirian; dan fardu kifayah apabila lebih dari satu.

______________________________________


PACAR TIDAK DISUKAI ORANG TUA

bagaimana caranya apabila ortu saya sudah bilang begini kepada saya terhadap pacar sya :"kalau anak itu datang lagi kesini atau kerumah,tak usir dari sini,gak usah kesini lagi" . padahal niat pacar saya baik untuk silaturrahmi alias pendekatan kpd ortu saya,tpi belum2 sudah dtolak atau dibilang seperti itu oleh ortu saya, bagaimana caranya ya pak ustad,agar pacar saya dapat silaturahmi alias pendekatan kpd ortu saya dengan datang ke rumah dan di terima oleh ortu saya atas kedatangan pacar saya ??
terimakasih pak ustad.
RT

JAWABAN

Tidak semua orang tua suka terhadap pacar anaknya atau pada caranya berkomunikasi. Ini bisa dimaklumi karena adanya perbedaan gap usia dan zaman. Oleh karena itu, kalau pacar anda ingin berkomunikasi yang baik, gunakan cara yang disukai oleh orang tua anda baik dalam berperilaku, berbicara, dan berpakaian serta gaya rambut.
______________________________________


APAKAH SETAN DAPAT MELIHAT MALAIKAT?

Asslmkum.
Pak kyai saya mau tanya apakah syaitan/jin bisa melihat malaikat yang datang ketubuh manusia? Kalau dulu kan bisa ya pak ketika Nabi Adam baru di ciptakan ketika disuruh bersujud kepada Nabi Adam.
Terima kasih.
Wasslmkum.
KOMAR

JAWABAN

Jin dan setan dapat melihat malaikat berdasarkan QS Al-Anfal 48 yang artinya: "Maka tatkala kedua pasukan itu telah dapat saling lihat melihat (berhadapan), syaitan itu balik ke belakang seraya berkata: "Sesungguhnya saya berlepas diri daripada kamu, sesungguhnya saya dapat melihat apa yang kamu sekalian tidak dapat melihat; sesungguhnya saya takut kepada Allah"."

Menurut ahli tafsir ayat di atas menunjukkan bahwa Setan dapat melihat Malaikat.

Lebih detail lihat: Perbedaan Jin, Setan dan Iblis
______________________________________


HUKUM BEKERJA DI BAGIAN ANIMASI

Assalamualikum ya Ustadz
Saya ingin bertanya beberapa masalah yang sedang saya hadapi, pertama tentang perkerjaan saya yang terkait dalam bidang dunia animasi -di bidang animasi 3D seperti animasi upin & ipin- jadi saya baru memulai pekerjaan ini. saya memang mengtahuin tentang perbedaan pendapat dalam menggambar mahluk hidup, di sini saya memilih bermazhab pada pendapat yang memperbolehkan menggambar mahluk hidup selama itu bukan untuk di sembah/di kuduskan dan tetap mengharamkan patung kecuali yang di gunakan untuk mainan. pertanyaan saya adalah

1- apakah hasil pekerjaan saya halal karena mengikutin pendapat/mazhab yang memperbolehkan selama tidak di sembah/di kuduskan ?

karena saya membaca buku karangan M.Quraish shihab. di salah satu tulisanya ada kalimat seperti ini "jika kamu mengikuti pendapat yang mengharamkan maka gaji kamu haram, akan tetapi jika kamu mengikuti pendapat yang menyatakan halal dan tindakan itu bukan termasuk hal haram seperti yang di sebutkan insya allah pendapatan mu juga halal" kurang lebih seperti itulah yang saya ingat. mohon jawabanya ya ustadz.

Masalah kedua saya adalah tentang kebingungan saya pada 2 jawaban artikel yg pernah di postingkan oleh para ustadz ,
adalah tentang hukum sungkem, di situ di tuliskan bahwa hukumnya tidak apa-apa karena hanya unsur penghormatan dan tidak ada unsur untuk menuhankan di situ pun di jelaskan Nabi muhammad pernah di cium kakinya untuk penghormatan, begitu juga tentang hukum hormat orang jepang di situ kurang lebih hukumnya sama dengan sungkem, Namun di salah satu artikel pernah di tuliskan -kalau tidak salah yang tentang tafsir mimpi nabi yusuf, ayat tentang sujud penghormatan kepada beliau- pendapat Ibnu Taimiyah yang intinya mengatakan "Dahulu tindakan sujud seperti ini diperbolehkan, namun ketika jaman rasul hukum ini dilarang karena hanya kepada allahlah sujud itu di persembahkan hanya untuk allah semata.
di situ ada sedikit kebingungan.jadi inti pertanyaanya adalah

2- apakah hukumnya sujud/membungkukan badan kepada selain allah untuk penghormatan ? apakah mubah, Makruh, haram ?

menurut saya-dengan ilmu saya yg sangat terbatas- saya pikir tindakan itu adalah makruh karena Nabi sendiri menyuruh seorang yang mencium kakinya tersebut untuk bangun, tapi dia tidak menghukum/melaknatnya.

demikian pertanyaan dari saya ya Ustadz
Wasalamualaikum.Wr.Wb
Bagas Pratama

JAWABAN

1. Iya halal. Lebih detail tentang gambar, lihat Menggambar dalam Islam
2. Jawabnya sudah diuraikan secara jelas di sini.
______________________________________


MUSAFIR TIDAK JADI JAMAK TA'KHIR

seandainya ada orang musafir berniat salat jamak ta'khir dluhur dengan asar, namun sesampai di tempat tujuan masih ada untuk melaksanakan salat dluhur, bolehkah orang tsb salat dhuhur tanpa jamak atau menunggu waktu salat asar tiba untuk salat jamak ta'khir
Masnukhan Mk

JAWABAN

Tidak apa-apa. Jamak ta'khir itu sifatnya rukhsoh (dispensasi syariah). Jadi tidak melakukannya tidak apa-apa kalau memang waktu untuk shalat normal masih ada.

______________________________________


HUKUM NIKAH SIRI TANPA DIKETAHUI ORANG TUA

Assalamualaikum.. Wr. Wb

Pak Uztad saya ingin menikah siri dengan pacar saya tp tanpa orang tua saya tau atau pun klurga pacar saya yang tau,,kami cuma ingin menghindari zina,,tapi kalo menikah resmi itu belum bisa karena saya masih kuliah dan pacar saya masih ada ikatan dinas..
Pertanyaan Saya
1. Apa hukum nya nikah siri tanpa ada saksi keluarga besar kita???? diperbolehkan gak pak uztad dari pd kita berzina..
YL

JAWABAN

Hukum nikah siri tanpa wali hukumnya tidak boleh. Kalau anda ingin menghindari zina, bilanglah baik-baik pada orang tua bahwa anda ingin menikah. Baru kalau orang tua menolak menikahkan anda, maka anda dapat melakukan nikah dengan memakai wali hakim. Karena ayah yang menolak menikahkan anak perempuannya dapat digantikan oleh wali hakim yaitu pejabat KUA dan jajarannya, atau tokoh agama setempat. Lebih detail lihat: Pernikahan Islam.
______________________________________


HUKUM MENCERAIKAN SALAH SATU DUA ISTRI

Jakarta, 18 Maret 2013

Kepada :
Yth. Bapak Ustadz
Di- PP Al-Khoirot Malang Jawa Timur

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mohon maaf, Pak Ustadz. Saya bermaksud menanyakan hukum atau dalil atas kasus berikut ini :

Tono dan Ningsih menikah tahun 1999 dan dikaruniai 2 orang anak. Pada tahun 2008 Tono bercerai dengan Ningsih di Pengadilan Agama kota B karena bermaksud menikahi Rani. Setelah bercerai dengan Ningsih, Tono menikah dengan Rani tahun 2008 dan dikaruniai 2 orang anak juga.

Pada tahun 2010, Tono menikah kembali dengan Ningsih tanpa sepengetahuan Rani, namun pada tahun 2012 Rani mengetahui kondisi tsb.

Pada awal tahun 2013, diadakan pertemuan keluarga dan Rani menginginkan agar Tono memilih salah satu istri dan menceraikan yg lainnya. Karena Tono cinta pada Rani, Tono bermaksud menceraikan kembali Ningsih.

Pertanyaan : bagaimana hukumnya apabila Tono menceraikan Ningsih kembali demi untuk hidup berumah tangga hanya dengan Rani ? Saat ini Tono diliputi kebimbangan dan takut berdosa apabila dirinya memilih Rani (dan menceraikan kembali Ningsih) demi cintanya pada Rani.

Atas jawaban Pak Ustadz, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

JAWABAN

Dalam Islam suami boleh menceraikan istrinya dengan atau tanpa alasan. Namun disarankan untuk tidak menceraikannya di saat istri sedang haid. Lebih detail lihat: Perceraian dalam Islam.

______________________________________


DOA TANPA USAHA BISAKAH BERHASIL?

Assalaamualikum,wr,wb.

saya tidak mempunyai pekerjaan karena bisnis saya bangkrut,saat ini hutang saya menumpuk hampir 700jt an,sebagian hutang ada yang jatuh tempo.
yang saya mau tanyakan apakah jika saya berdo'a minta bantuan kepada Allah agar Allah yang membayarkan hutang2 saya bisa dikabulkan? sedangkan kondisi saya saat ini pengangguran berarti sama saja saya mengharapkan uang jatuh dari langit,karena saya tidak punya siapa2 yang bisa membantu saya,sampai saat ini yang bisa saya lakukan cuma pasrah dan berdo'a kepada Allah, apakah hanya dengan berdo'a saya bisa dapat petunjuk dan pertolongan dari Allah sedangkan saya tidak mempunyai peerjaan lagi yang menghasilkan uang.mohon saran dari ada terima kasih

Wassalam,

JAWABAN

Tidak bisa. Allah memberikan rejeki dengan melalui mekanisme yang lazim yakni apabila orang tersebut melakukan sesuatu untuk mendapatkannya. Doa berfungsi untuk memperlancar usaha yang sedang dilakukan atau untuk memberikan ispirasi baru atas usaha apa yang sebaiknya dilakukan. Doa tidak berfungsi secara langsung untuk menurunkan rejeki dari langit.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..