Jodoh dan Mimpi Istikhoroh

Jodoh dan Mimpi Istikhoroh
JODOH DAN MIMPI ISTIKHOROH

Assalamu'alaikum. Ustadz, saya ingin bertanya masalah jodoh dan istikhoroh.

Saya perempuan berusia 21 thn. Saya sudah mengenal seorang laki2 yang menurut saya sholeh sejak setahun lalu. Kami saling mencintai dan dia sudah mengutarakan maksud menikahi saya kepada orangtua saya. Perlu diketahui, walaupun dia sholih, mengerti agama, punya murid binaan yang banyak, tetapi keluarganya masih 'ammah dan belum mengerti Islam. Orgtuanya masih jarang sholat, ibu dan saudarinya masih tidak memakai jilbab. Karena faktor inilah yang membuat orangtua saya ragu menerimanya karena keluarganya masih seperti itu, ditakutkan kelak anak keturunan saya ada yang tidak taat agama seperti keluarga laki2 tersebut. Mungkin ada faktor lemah dari laki2 tersebut karena tidak mampu mendakwahi keluarganya sendiri padahal dia sering dakwah kemana mana.

DAFTAR ISI
  1. Jodoh Dan Mimpi Istikhoroh
  2. Wanita Hamil Tidak Puasa Ramadan
  3. Mimpi Melihat Mahkota
  4. Allah Tidak Memperhatikan Penderitaan Saya
  5. Bagian Waris Istri Dan Anak Lelaki
  6. Mimpi Tanam 99 Pohon Dan Gigi Mau Copot
  7. Cara Agar Mudah Paham Pelajaran

Akhirnya orangtua saya memutuskan utk memberikan suatu tantangan untuk mengetes dia. Dia ditantang utk menikahi saya secara syariat di KUA tanpa resepsi dulu (yang penting halal dulu) dalam waktu 2 minggu ke depan. Dan dia harus memberikan pengertian pada orangtuanya supaya setuju anaknya menikah 2 minggu lagi tanpa ada resepsi. Orangtuanya menolak karena itu tidak sesuai kebiasaan di masyarakat umum. Orgtua nya mau nikah dan resepsi digabung 1 hari. Padahal, orgtua saya belum punya uang utk mengadakan resepsi. dan lebih memilih akad dulu saja supaya tidak terjadi fitnah dan hal yg tdk diinginkan. Dari pihak lelaki tersebut pun juga tidak punya uang banyak untuk mengadakan resepsi.

Karena konflik ini, Saya memandang, laki2 tersebut lemah posisinya dan belum bisa mendakwahkan dan memperjuangkan syariat di hadapan orangtuanya. Padahal orgtua saya sudah memberikan kemudahan kepadanya tnpa memandang kemampuan ekonomi dia. Agar menikah secara syariat di KUA, tp dia menolak karena orangtuanya tidak mau begitu.

Kemudian saya sholat istikhoroh, apakah saya melanjutkan proses ini atau disudahi saja. Karena saya merasa tidak diperjuangkan oleh dia di hadapan orangtuanya dengan alasan ingin patuh pada orangtua. Jujur, walaupun saya mencintainya, saya jadi kecewa karena hal itu. Setelah istikhoroh, saya mendapatkan mimpi, di dalam mimpi itu saya diberi uang sekian rupiah oleh laki2 itu untuk belanja keperluan rumah tangga.

Setelah bangun, saya berfikir, apakah ini jawaban supaya saya menerima dia sebagai suami saya, atau saya tolak utk tidak melanjutkan proses ini. Saya masih bingung. Apakah mimpi itu tanda dari Allah, atau sugesti saya, atau bisikan syaithon (na'udzubillah).

1. Apakah syar'i jika saya menolak karena keluarganya seperti itu?
2. Keputusan apa yg terbaik?
Mohon jawabannya ustadz..


JAWABAN: JODOH DAN MIMPI ISTIKHOROH

Calon suami yang ideal adalah yang shalih dan dikelilingi oleh orang tua dan saudara-saudara yang salih dan salihah. Namun kalau itu tidak terpenuhi, maka figur calon yang saeh itu sudah cukup memenuhi syarat untuk menjadi suami yang baik. Memang calon anda memiliki kelemahan karena tidak mampu mempengaruhi keluarganya, tapi itu kadang terjadi. Nabi Muhammad sendiri tidak mampu mempengaruhi pamannya Abu Talib yang sangat beliau cintai dan sangat menyayangi Nabi.

Memilih calon itu terkadang mudah sehingga anda punya banyak pilihan. Terkadang sulit, sehingga pilihan sangat sulit. Kalau situasi anda adalah yang pertama (banyak pilihan), maka silahkan saja mencari pilihan lain. Kalau kondisi kedua (pilihan sulit), maka yang ada sekarang sudah cukup ideal buat anda. Ingat, lelaki berikutnya belum tentu sebaik dia.

Tentang mimpi, jangan terlalu membesar-besarkan peran mimpi. Karena istikhoroh yang diajarkan Nabi tidak memamakai cara mimpi. Lihat: Shalat Istikharah dan Menentukan Jodoh Lewat Istikharah

____________________________________________


WANITA HAMIL TIDAK PUASA RAMADAN

pa ada yang ingin saya tanyakan waktu itu saya sedang hamil dan pas bulan ramadhan itu tahun 2009 kehamilan saya itu ngga bisa melaksanakan puasa itu soalnya pas saya puasa hanya dapat 2 hari dan pas jalan ke 3 nya setangah hari karena kondisi kandungan saya ngga kuat saya langsung sakit . terus saya mau tanyakan gimana cara untuk membayar puasa itu ?
Yuyun

JAWABAN

Orang hamil yang tidak puasa karena dirinya tidak kuat (bukan karena janin yang dikandung), maka dia dapat mengganti puasanya tersebut dengan di lain waktu sesuai dengan jumlah hari puasa yang ditinggalkan. Lihat: KEWAJIBAN ORANG TIDAK PUASA RAMADAN KARENA HAMIL

____________________________________________


MIMPI MELIHAT MAHKOTA

Assalamu'alaikum wr.wb
Pak Ustadz saya mau tanya mengenai mimpi saya. Saya bermimpi melihat mahkota berkilauan di tempat gelap. Lalu saya ambil mahkota itu dan mnyerahkannya kepada adik saya sebagai award. Mohon balasan atas mimpi saya tersebut Pak Ustadz. Terima kasih.
Wassalam.
Ana

JAWABAN

Mahkota adalah sesuatu yang berharga. Apabila hal berharga yang anda miliki diberikan pada adik itu tanda anda memilikikepribadian yang tidak egois dan mau mengalah. Sosok individu yang memiliki leadership (kepemimpinan). Pupuklah kepribadian yang baik itu, maka niscaya anda akan menjadi orang yang bahagia asal disertai dengan ketaatan pada perintah syariah Islam.

____________________________________________


BAGIAN WARIS ISTRI DAN ANAK LELAKI

Assalamualikum.wr.wb
Saya hendak bertanya masalah waris berdasar kan hukum islam seorang ayah wafat meninggalkan istri dan 2 anak laki
Saat ayah wafat dibuat lah sebuah fatwa dengan pembagian ibu 1/8, 2 ank laki masing2 mendapat bag 7/16 Setelah fatwa dibuat tidak ada realisasi pembagian harta,ke 2 anak lelaki ini membiar kan harta dalam pengawasan ibu, beberapa tahun kemudia ibu wafat, 2 anak lelaki tetap blm membagi warisan secara realisasi, 1 tahun kemudian salah satu anak lelaki ini meninggal dunia, anak lelaki yg meninggal ini meninggalkan 1 istri dan 2 anak perempuan di bawah umur, Istri dari anak laki yg meninggal dunia ini menikah lagi,

Yang jadi pertanyaan
1. berapa bagian waris istri anak lelaki yang meninggal dan bagian waris 2 anak perempuan laki meninggal sedangkan anak lelaki satunya masih hidup?
saya berharap mendapat kan jawaban yg bijaksana
sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar2 nya
laila

JAWABAN

1. Bagian waris istri (sebut namanya A) adalah 1/8 (seperdelapan).
2. Bagian waris 2 anak laki-laki (sebut namanya B dan C) adalah sisanya.
Bagian waris dari B dan C ini harus jelas dulu.

Adapun bagian waris dari anak (D) dan istrinya (E) salah satu anak laki-laki yang meninggal (B), maka itu tergantung dari jumlah harta yang dimiliki oleh B baik yang didapat dari warisan atau miliknya sendiri. Jadi, tidak ada kaitannya dengan pembagian waris yang pertama.

PERTANYAAN KEDUA

Assalamualikun wr wb
Saya sangat berterima kasih atas jawaban bapak,cuman saya kurang paham, mungkn kronologis saya kemarin terlalu berbelit Saya mencoba menyingkat kronologis nya
Harta peninggalan kakek smp saat ini belum di bagikan,si kakek meninggalkan seorang anak laki,2 cucu perempuan dr ank lelaki kakek,brp bagian anak laki kakek yg msh hidup dan bagian 2 cucu perempuan dr anak laki?
Sebelum ny saya ucapkan terima kasih
Wassalamualikum wr wb

JAWABAN

- Harta harus dibagikan segera setelah pewaris/mayit meninggal.
- Cucu tidak mendapat bagian apapun dari kakek selagi masih ada anak yang masih hidup.
- Kedua anak lelaki, baik yang masih hidup atau yang saat ini sudah mati mendapat warisan karena dia meninggal beberapa hari/bulan/tahun setelah meninggalnya pewaris yaitu ayahnya.

Jadi, cucu tidak mendapat warisan. Tapi ia mendapat warisan dari harta ayahnya sendiri yang saat ini sudah meninggal.
Semoga dapat dimengerti.

____________________________________________


MENGAPA ALLAH TIDAK MEMPERHATIKAN PENDERITAAN SAYA

Kepada Yth, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Khoirot
Di Tempat.

Perkenalkan nama saya IS, Saya tinggal dan bekerja di daerah Jakarta. Kebetulan saat ini saya ada masalah mengenai pekerjaan, sebenarnya masalah ini sudah lama dan memuncak pada hari ini. Sebelum nya saya informasikan bahwa saya sudah bekerja sejak tahun 2004 di bagian administrasi disebuah perusahaan periklanan. Selama saya bekerja sy ngga ada masalah, pekerjaan selalu saya selesaikan dengan baik dan benar, namun pekerjaan saya selama ini tidak pernah dianggap dan dianggap remeh sama boss dan temen sekantor, bisa dibayangkan selama 9 Tahun saya mengabdi jabatan masih Staff tidak pernah ada peningkatan. Sedangkan teman2 kantor saya yg masa kerja nya sama maupun yg muda-muda sudah meningkat, memiliki jabatan yg tinggi. Sedangkan umur makin bertambah saya mencari pekerjaan ke perusahaan lain tidak ada yg menerima.

Jadi Setiap hari hati kecil saya selalu bertanya,
1. mengapa Alloh SWT tdk memperhatikan penderitaan saya, padahal saya adalah tulang punggung buat Ibu saya dan Kakak saya yg mengalami gangguan kejiwaan?
2. Mengapa Alloh membiarkan saya di Zalimi dalam pekerjaan? bukankah do'a nya orang yg di zalimi lebih cepat ter qobul?

Saya punya mimpi dan berdo'a seandainya Alloh memberi rejeki jabatan dan posisi gaji yg besar, otomatis saya bisa lebih memberi nafkah lebih buat Ibu dan Istri saya. Untuk itu saya minta bantuan saran dan nasehat dari sodara-sodara saya di Al-Khoirat, apa yang harus saya lakukan?

Wassalam,
is

JAWABAN

1. Kesempatan kerja dan promosi jabatan itu tergantung dari banyak faktor; bukan hanya kemampuan teknis tapi juga kemampuan nonteknis. Maka, anda harus introspeksi diri apa kemampuan nonteknis yang kurang dari diri anda sehingga sangat sulit mendapat promosi jabatan.

2. Kalau anda merasa dizalimi, maka anda mempunyai pilihan untuk mencari kerja di tempat lain atau membuat peluang usaha sendiri.

____________________________________________


MIMPI TANAM 99 POHON DAN GIGI MAU COPOT

asssalamu'alaikum ustad
1. saya bermimpi menanam tananam 99 yang berbeda-beda jenisnya di sekitar halaman nenek sy,
2. di mlm yang laenya lagi, q bermimpi gigi saya semua rasanya kencang terasa sekali seperti mau copot,, tpi tdk copot,
maaf ustad apakah arti mimpi saya??
klo misal artinya buruk / baek, adakah do'a untuk mimpi seperti itu,,,
trimkasih ustad
wassalamu'alaikum,,,,,
munjiah

JAWABAN

1. Mimpi pertama ini bagus. Anda memiliki keinginan untuk selalu berbuat baik dan bermanfaat pada sebanyak mungkin orang. Teruskan keinginan itu.
2. Ada kekuatiran dalam diri anda atas hilangnya orang-orang yang anda sayangi. Buanglah kekuatiran itu, dan ubahlah menjadi rasa tawakal pada Allah. Relakan orang-orang yang paling disayang dipanggil Allah kapan saja Allah mau. Hal itu akan membuat pola pikir dan perilaku Anda menjadi lebih baik.

____________________________________________


CARA AGAR MUDAH PAHAM PELAJARAN

Assalamua'laikum

Pak , saya anak sekolah kelas 7.waktu saya semester satu saya masuk ranking 3 besar., waktu itu, apa yang di ajarin guru masih bisa masuk ke otak.dan terkadang saya dapett nilai terbesar di kelas. tapi saat di semester 2 saya merasa turun drastis., nilai saya jarang jadi yang terbesar (mungkin belom pernah).saya juga bingung..apa yang di ajarin guru jadi susah masuk ke otak .saya minta solusi sama tips"nya. klo ada Do'a khusus buat itu saya minta.

Syukron
wassalamua'laikum
Riky


JAWABAN

Tingkatkan konsenstrasi, fokus dan aktifitas pada bidang yang anda pelajari. Dan kurangi kegiatan yang tidak ada kaitanya dengan proses belajar terutama hilangkan kegiatan yang dilarang Allah. Karena dosa dapat mengurangi kemampuan memahami. Dengan kata lain, tingkatkan kerajinan Anda. Dan rajinlah ibadah shalat wajib 5 waktu plus shalat tahajud di malam hari dan berdoalah dengan bahasa yang anda paham. Doa berikut dapat juga anda baca agar cepat faham
سبحان الله والحمدلله ولا اله إلا الله والله اكبر ولاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم عددكل حرف كتب ويكتب الى ابد الآبدين يارب العالمين

Teks latin: Subhanallah walhamdulillah wa lailahaillallah wallahu akbar wala haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim adada kulli harfin kutiba wa yuktabu ila abadil abidin ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar di kelas atau di rumah baca doa berikut
الهم يامعلم إبراهيم علمني ويا مفهم سليمان فهمني الهمعنا بما ينفعناوانفعنا بما علمتنا
Tulisan latin: Allahumma ya muallimal Ibrahim allimni waya mufhima Sulaiman fahhimni alhimna bima yanfa'una wanfakna bima allamtana.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!