Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Tergoda Rayuan Bos dan Cara Menghilangkan Rasa Cinta

Tergoda Rayuan Bos dan Cara Menghilangkan Rasa Cinta
ISTRI DITINGGAL 3 TAHUN APAKAH OTOMATIS CERAI?

asalamu'alaikum warohmatulohi wabarokatuh

nuwun sewu kyai:

ada seorang wanita, katakanlah namanya hindun, sudah lebih dari 3 tahun dia tidak mendapatkan nafkah lahir dan batin dari suaminya, karena suaminya menikah lagi dengan wanita lain. sehingga si hindun ini tinggal di rumah yang dulu dibeli olehnya dan sebagian dari uang suaminya.
yang menjadi pertanyaan :
1. apakah si hindun ini telah dicerai oleh suaminya, meskipun secara lughot suaminya beluk menalaknya?
2. bila manakah si hindun ini dapat dinikahi lagi secara sah dan halal.

mohon pencerahan dari kyai atas kedangkalan kami dalam memahami permasalahn tersebut.
salam ta'dim dari saya

DAFTAR ISI
  1. Istri Ditinggal 3 Tahun Apakah Otomatis Cerai?
  2. Najis Mugholadzoh (Berat)
  3. Sahkah Talak Suami Saya?

JAWABAN ISTRI DITINGGAL 3 TAHUN APAKAH OTOMATIS CERAI?

1. Si Hindun belum otomatis dicerai suaminya walaupun ditinggal lebih 3 tahun. Yang harus dilakukan istri dalam kondisi ini adalah (a) menghubungi suami untuk minta dicerai; (b) kalau itu tidak mungkin maka dapat mengajukan gugat cerai ke Pengadilan Agama. Apabila Pengadilan menerima permohonan gugat cerai maka status istri resmi bercerai. Lebih detail: Perceraian dalam Islam
2. Setelah dinyatakan cerai oleh suaminya; atau oleh Pengadilan Agama (lihat poin 1). Setelah itu, tunggu masa iddah selesai dan Hindun boleh dinikahi oleh atau menikah dengan pria lain.

_____________________________


NAJIS MUGHOLADZOH (BERAT)

assalamu'alaikum wr wb

mohon maaf ustadz, saya mau tanya tentang najis mogholadzoh
gini ustadz pada waktu bulan september-november lalu saya melaksanakan kegiatan Prakerin karena kebetulan saya masih SMK... Yang jadi pertanyaan saya gini ustadz, dibengkel yang saya tempati adalah orang cina dan memelihara anjing ,anjing itu di biarkan lepas ketika malam hari dan ketika saya amati banyak bulu anjing yang berceceran di area bengkel yang sudah tercampur oli, dikunci kunci pas ring juga saya jumpai

1. Bagaimana hukumnya ustadz?
2. Terus ketika jam istirahat saya bermain handphone, dan hanya mencuci tangan saya menggunakan sabun.apakah HP saya terkena najis?
Kadangan temen saya juga pinjem HP saya dan saya tdk memperhatikan apakah dia sudah mencuci tangannya belum

tolong diberi penjelasannya ustadz, saya sangat was was
terima kasih.
wassalamu'alaikum wr wb

JAWABAN

Najis mugoladzoh dalam diri anjing adalah menurut madzhab Syafi'i. Sementara menurut madzhab yang lain, yakni Hanafi, Hanbali dan Maliki, status najisnya anjing dan apa yang najis dari anjing itu berbeda-beda. Madzhab Hanafi dan Hanbali menganggap yang najis pada anjing itu hanya air liurnya. Bukan bulunya. Bahkan menurut madzhab Maliki, anjing itu tidak najis.

Dalam kondisi seperti anda saat ini yang selalu berkumpul dengan anjing pemilik bengkel, maka anda untuk sementara dapat berpindah ke pendapat madzhab yang lain khusus dalam soal najis anjing saja sementara dalam soal fiqih yang lain tetap memakai madzhab Syafi'i. Lebih detailnya lihat: Hukum Najis Anjing menurut 4 Madzhab

Apabila tugas anda di bengkel tersebut selesai, maka silahkan kembali lagi memakai madzhab Syafi'i dalam soal najis anjing ini.
_____________________________


ISTRI TERGODA BOS DICERAI SUAMI

Assalamu'alaikum ustadz,sy akhwat berumur 26 th sy wanita yg bekerja d sebuah instansi, sdh menikah dn mpunyai anak berumur 3th. pernikahan sy sudah 6th, seperti rumahtangga biasanya kami bahagia menjalaninya,tp tdk ada rumahtangga yg tak diuji oleh Allah,

Sy dpt cobaan begitu berat tahun ini. sy d goda oleh atasan sy, sy pun tergoda karenanya,d hati sy tumbuh perasaan yg tak seharusnya,sebut saja atasan saya itu "S".setiap harinya S sering mengirimi sy pesan dan perhatian yg tak sy dpt dr suami,lama-lama S mengajak sy jalan. sy pun mau karena perasaan sy yg buta terhadapnya, S adalah seorang pejabat pemerinath yg sudah mempunyai 5 org anak dan istrinya telah berhenti masa haidnya. smntra S masih produktif dn enerjik.

keluarga S jg sngt islami, sehari2nya laki2 d keluargany memakai baju koko dan perempuan memakai hijab panjang menutup badan,S pun begitu islami dgn dalil2nya,awalnya sy kagum dgn S,lama2 S menggoda sy berselingkuh. singkat cerita kami sm2 hilaf dan melakukan zina. lalu hub.sy dn S diketahui oleh suami sy,ketika sy lupa menutup facebook sy,sy d siksa dn d pukuli oleh suami sy,sy terima karna sy dosa telah menyakiti hati suami sy,lalu suami sy tdk menceraikan sy krna hawatir oleh anak kami.

sy dn S mengakhiri hubungan dgn tidak baik, sy mencaci maki S karna S ternyata mempunyai banyak wanita yg ia goda selain sy dn S berdalih itu hanya dunia maya, dan S sm sekali tidak mengakui adanya hubungan diantara kami d dpn suami sy (suami sy menegur S via phone). sy jg hilaf telah mencaci maki, sy emosi,seharusny sy tdk begitu,krn sy jg salah knpa mau d ajak S untk berselingkuh.

6 bulan berlalu sy dn S tdk saling tegur sapa(krn kami d satu instansi jd hampir stiap hari bertemu),sy pikir ini yg terbaik krna kalo tdk begini akan timbul perasaan dulu yg pernah ada.
Sy melakukan rutinitas puasa, dan ibadah sunnah lainnya untuk merebut hati Allah kembali,sy ingin kembali d jalannya, hati sy sakit msh skit krn tertipu rayuan S.

tp,lama2 S menyapa sy, mengirimi sy pesan awalnya menyangkut pekerjaan,tp lama2 S menggoda sy lagi,sesungguhnya pikiran sy sungguh tidak ingin terjurumus k lubang yg sama,tp hati sy tidak begitu,timbul kembali godaan syaiton untuk meladeni S,hasrat S dn hasrat sy sama,ingin bertemu walaupun sesaat.dan kami tdk melakukan hub.badan lg, hanya sekedar tertawa dan makan bersama. S pikir sy telah bercerai dgn suami sy,lalu mengetahui sy dan suami tdk bercerai S menjauhi sy,dan berkata,"sy trauma dan takut bertemu kamu,sy takut terulang2 lg ketika km mencaci maki sy.sy tdk berniat untk meninggalkan istri sy,dn km jgn berpisah dgn suami km.kecuali km janda sy tdk akan punya penghalang untuk membawa km."

Hub.sy dan S di ketahui suami sy untuk ke dua kalinya walaupun sy dan S tidak ada hub.apa2,akibat sms S terbaca suami sy,kemudian sy d talak,jatuhlah talak satu, namun ketika itu sy sedang haid. S menanyakan keadaan sy sn suami sy,sy blg "sy d cerai krna sy pernah main api,dan mendua.suami sy blg sy sudah tidak ada harganya, termasuk d depanmu sy katanya tidak ada harganya.tp ya sudahlah,trmaksih sudah mendengarkan curhat sy.sy tdk akan mengganggu km lg."dan S tdk pernah merespon apapun ttg kondisi sy skr yg sedang sakit fisik dn psikis,walaupun S tau sy sdg sakit berhari2 dn sedang goyah rumahtangga sy krna perbuatan sy dan S.

Pertanyaannya bp ustadz.
1. Apakah sah talak yg d jatuhkan suami sy?
2. Apakah pendapat ustadz ttg S?
3. Sy harus bagaimana sekarang,apakah sy harus meminta maaf pada S krna sy sudah menyalahkan dia atas semuanya yg terjadi? padahal sy yg mau dan membuka hati kembali padanya.tdinya sy hanya ingin baik dan nyaman d tempat kerja.tetapi sy tertipu lg.
4.bagaimana sy menghilangkan perasaan yg sudah mendalam terhadap S? bukankah sejatinya rasa sayang dan cinta ini datangnya dr Allah?
Sy sudah meminta maaf pada suami sy,dn tinggal menerima keputusan apapun yg d putuskan suami sy..
Terimakasih semoga Allah membalas kebaikan ustad,tolong rahasiakan identitas sy.

JAWABAN

1. Talak suami anda sah. Mentalak istri yang sedang dalam keadaan haid hukumnya haram. Tapi talaknya tetap terjadi ini adalah pendapat semua madzhab yang empat yakni Syafi'i, Maliki, Hanafi, Hanbali. Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim 10/60 menyatakan

أجمعت الأمة على تحريم طلاق الحائض الحائل بغير رضاها فلو طلقها أثم ووقع طلاقه ويؤمر بالرجعة
Artinya: Ulama sepakat atas haramnya menceraikan istri yang sedang haid tanpa kerelaan istri. Kalau suami mentalak istrinya (saat haid) maka ia berdosa (tapi) talaknya terjadi. Dan dianjurkan untuk rujuk.

2. Umumnya lelaki punya kecenderungan untuk menyukai lebih dari satu orang wanita. Dan lelaki punya banyak cara untuk melakukan itu. S tidak terkecuali. Hanya ada satu cara agar lelaki dapat setia: yaitu menutup diri dari kesempatan berkumpul dengan wanita lain. Begitu juga sebaliknya. Wanita cenderung lemah terhadap rayuan laki-laki. Tidak sadar bahwa rayuan lelaki itu memilik sejuta variasi. Lihat artikel cara setia: Komitmen Kesetiaan Suami Istri.
3. Tidak perlu minta maaf. S. dan Anda sama-sama salah. Tapi S lebih besar salahnya karena yang memulai. Yang penting putuskan komunikasi secara total. Kecuali kalau anda berniat kawin dengan S.
4. Cinta yang halal datangnya dari Allah. Cinta yang haram dari setan. Untuk menghilangkannya, putuskan hubungan dan kalau mungkin pindah tempat kerja. Sekedar catatan: pria yang banyak memiliki pacar umumnya tidak punya rasa istimewa apapun dengan wanita-wanita yang dikencaninya; termasuk pada anda.

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam