Sunday, June 23, 2013

Cara Mengobati Penyakit Munafik


Cara Menghindari Penyakit Munafik
CARA TAUBAT ORANG YANG SERING TIDAK SHALAT

Assalamualaikum ustad, nama saya sebut saya fulan.... Sebelumnya terima kasih atas jawaban, saya memiliki masalah, saya dulu suka meninggalkan sholat secara sengaja dan tidak sengaja, saya juga dulu suka onani (maaf), karena kebodohan saya.. Tapi saya sekarang ini mengakui bahwa itu hal Yg salah, ustad saya ini juga pernah mengajak orang sholat tapi saya malah gk sholat. Dan masalah lain Yg akan saya tanyakan pertanyaanya saya
1. Bagaimana cara saya bertobat, apakah harus membaca syahadat.lagi ?
2. Bagaimana hukum sholat Yg ditinggalkan ? Jika harus diganti, bagaimana caranya ustad, ? Saya bingung, seingat saya dulu saya meninggalkan semua sholat,.dan apakah boleh sholat sunnah sementara sholat wajib blm dibayar ?
3. ustadz iman islam saya sempat terganggu juga ustad beberapa waktu lalu, saya pernah dengar hadist Yg mengatakan setiap manusia yg lahir ke dunia ini sudah ditentukan neraka dan surganya ? Apa memang bner ada ustad, itu menggangu iman saya ustadz, klo bner, apa gunanya kita beramal sholeh ?
4. Saya juga takut bahwa saya ini munafik ustadz tapi saya tidak mau munafik, saya mohon ustad menerangkan perihal munafik, dan cara menghindarinya.

Saya mohon kalo bisa disertakan dalil nya ustadz, saya berterima kasih layanan pertanyaan ini sangat bermanfaat, tolong beritahu saya jika jawabanya sudah ada di website alkhoirot melalui email ini, karena saya tidak selalu online setiap saat,.. Terima kasih , Assalamualaikum wr.wb.

DAFTAR ISI
  1. Cara Mengobati Penyakit Munafik
  2. Suami Ceraikan Istri Dan Hubungan Intin Tanpa Kata Rujuk
  3. Wanita Muslimah Menikah Dengan Pria Kristen
  4. Cara Mensucikan Najis Anjing
  5. Mimpi Naik Perahu Sendirian Dan Dibenci Teman
  6. Cara Bekas Pelaku Maksiat Menghadapi Hinaan Orang
  7. Suami Tak Beri Nafkah Karena Untuk Biaya Adik Dan Orang Tua
  8. Hukum Wudhu Pakai Gayung
  9. Cara Menghitung Renovasi Rumah Warisan

JAWABAN CARA TAUBAT ORANG YANG SERING TIDAK SHALAT

1. Meninggalkan sholat secara sengaja adalah dosa besar dan tidak sampai murtad atau syirik selagi masih mengakui bahwa sholat itu wajib. Kalau tidak lagi menganggap wajib, maka anda murtad dan anda diharuskan bertaubat dengan mengucapkan dua kalimah Syahadat sebagai syarat pertama kembali ke Islam.

2. Semua sholat yang ditinggalkan harus diganti atau diqadha. Kalau lupa berapa jumlahnya, maka gantilah menurut perkiraan yang mendekati. Boleh saja melaksanakan shalat sunnah, tapi sebaiknya qadha didahulukan. Lebih detail: Shalat Qadha

3. Hadits yang anda sebut itu teks-nya dapat dilihat di sini. Masalah takdir surga neraka itu menjadi perdebatan panjang para ulama. Anda cukup berpedoman pada ayat Quran Surah Ar-Ra'd 13:11 yang menyatakan: "Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali dia sendiri merubahnya." (Teks ayat lihat di sini). Berdasarkan ayat ini, maka surga dan neraka tergantung amal perbuatan kita.

4. Ada munafik kecil ada munafik besar. Munafik kecil seperti yang disebut dalam hadits tandanya ada empat yaitu korupsi saat mendapat amanah, bohong saat bicara, dan ingkar janji, dst (Teks hadits lihat di sini).

Yang anda tanyakan adalah munafik besar, yaitu sbb: Dalam bahasa sederhana, munafik adalah menampakkan keislaman secara lahiriah, tapi tidak percaya secara batin atas kebenaran Islam. Munafik tipe kedua ini statusnya sama dengan kafir sebagaimana disebut dalam QS An-Nisa' 4:140 dam 145; Al-Baqarah 2:11; dll. Keraguan itu bisa timbul terutama karena bacaan dan lingkungan yang salah. Langkah pertama agar keislaman kita semakin kuat adalah menghindari bacaan-bacaan dari mereka yang anti Islam atau kajian keilmuan memeprtanyakan kebenaran Islam yang ditiru dari metode filosofis Barat seperti kajian filsafat agama atau Ushuluddin Islam.

Cara termudah untuk menemukan kembali keyakinan yang agak luntur adalah dengan membaca kisah-kisah para mualaf dari Barat terutama kalangan ilmuwan yang banyak tersedia di internet atau buku-buku cetak atau audio visual (CD/VCD).

__________________________


SUAMI CERAIKAN ISTRI DAN HUBUNGAN INTIN TANPA KATA RUJUK

Assalamu'alaikum WrWb

Ustadz,
Terlebih dahulu perkenankan saya memperkenalkan diri, nama saya E, Umur 38 Tahun, Suami saya, R, umur 36 Tahun, saya sudah menikah selama kurang lebih 9 tahun dan memiliki 2 anak (Anak pertama perempuan 12 tahun dari Pernikahan saya yang pertama) Anak yang kedua laki-laki umur 9 tahun. Selama hampir 9 tahun, suami saya sering mengkonsumsi narkoba, khususnya Sabu.

Selama itu pula saya hanya diam dan diam, menanggung beban derita di bathin. Singkat cerita, pada bulan desember 2012, suami mengirim sms dengan kalimat "cerai". 4 hari setelahnya, suami kembali mengucapkan kalimat cerai, langsung dihadapan saya.

Pada awal januari 2013, suami pergi dari rumah meninggalkan saya dan anak-anak, dan pulang ke rumah orangtuanya (masih 1 kota dengan saya). Sebelum masa iddah saya habis, kami pernah melakukan hubungan suami-istri, akan tetapi, Suami tidak mengucapkan kata rujuk. Namun Suami pernah mengucapkan kalimat rujuk, setelah beberapa hari melakukan hubungan suami-istri. Sampai dengan detik ini saya menulis email untuk ustadz, sudah 6 bulan suami pergi meninggalkan rumah, menyia-nyiakan saya dan kedua anak saya, tanpa biaya dan tanpa perhatian. Kedua Mertua saya sudah pernah memberikan statement "TIDAK INGIN IKUT CAMPUR DENGAN MASALAH KALIAN !!" Berkali-kali saya mohon dengan suami untuk rujuk, sampai saya rela dicaci maki dihina, baik itu untuk saya, ibu kandung saya bahkan untuk almarhum ayah saya.

Dan sudah berbagai cara saya jalani untuk mencari solusi permasalahan saya. Sampai pada akhirnya, tepat tanggal 27 Mei 2013, saya mendapat panggilan dari Kepala Kantor Suami saya, pada saat itu, kami bertiga berkumpul, selain diberikan Tausiyah dari berbagai dalil dan saat itu, suami menjawab pertanyaan Kepala Kantor tempat suami sya bekerja, setuju untuk rujuk.

Selepas itu, sangking saya bahagia dan senang, saya terlena dengan bujuk rayu suami, (padahal saya tau, hal itu haram hukumnya), namun iblis dan setan sudah lebih dulu menguasai saya), kami melakukan zina (Saya mohon maaf, Ustadz). Pada taggal 3 Juni 2013, Suami dan Ayahnya (Mertua saya) datang ke rumah, dan bicara langsung dengan ibu saya, bahwasanya menyampaikan niat untuk menikah ulang, dengan waktu pelaksanaannya adalah pihak suami berserta keluarga yang menentukan. Ayah mertua mengatakan, mengingat kesibukan pekerjaan anaknya yang harus dinas luar kota, terlebih dulu dituntaskan. (Yang saya tau, minggu, 16 Juni 2013, Suami sudah kembali dari luar kota)
Namun sampai dengan detik ini, tidak ada kabar berita, Ustadz... Berkali-kali saya sms bertanya mulai dari masalah kabar, sampai dengan janji nya beberapa minggu yang lalu. Tapi tidak pernah ada jawaban, Ustadz.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Sampai kapan saya harus menunggu kepastian dari Suami perihal niat Nikah Ulang ....?
2. Bagaimana status pernikahan saya/kami dimata Allah SWT ....?
3. Masih bisakah saya dengan Suami melakukan rujuk dengan Nikah Ulang ....? (mengingat saya tidak pernah menginginkan perceraian, karena pertimbangan anak-anak).
4. Apa pengaruhnya dengan mimpi saya saat saya selesai melaksanakan shalat Istikharah ? sebab 1 Minggu yang lalu Saya pernah melaksanakan sholat ISTIKHARAH, baru sebanyak 2 kali, namu saat setelah saya melakukan Shalat Istikharah yang kedua kali, Jam 3 dini hari, saya melanjutkan tidur sambil menunggu waktunya tiba shalat Subuh, diantara kisaran jam tersebut, saya bermimpi, saya dalam keadaan hamil, saya sedih dan berkata dengan suami bahwa saya ingin dipeluk, namun saat suami mengucapkan kalimat "Sini mah, aku peluk" ... dan saat tangan kanan suami berusaha meraih saya, dalam mimpi itu saya melihat disebelah tangan kirinya, didalam dekapan tangannya saya melihat sosok punggung perempuan (Yang sya ingat sosok perempuan itu mirip sekali dengan Ibu Mertua saya)

Niat saya ingin rujuk semata karena Allah SWT dan ingin melakukan Rehabilitasi ketergantungan Narkoba suami saya, dengan cara kasih sayang, pendekatan dengan Allah SWT.

Demikian yang bisa saya uraikan perihal permasalahan yang sedang saya alami. Insha Allah, sesegera mungkin saya akan melaksanakan Solat Taubat Nashuhah, mengingat dosa-dosa yang pernah saya lakukan, terutama perbuatan zina dengan Suami saya.

Terima kasih Ustadz..
Saya berharap Ustadz berkenan membalas email saya dengan segera, memngingat saya masih bingung dengan tindakan apa yang harus saya ambil. bercerai atau terus berjuang untuk rujuk...

JAWABAN

Kronologi perceraian anda adalah (a) bulan desember 2012, suami mengirim sms dengan kalimat "cerai"; (b) 4 hari setelahnya, suami kembali mengucapkan kalimat cerai, langsung dihadapan saya. -> Untuk cerai via SMS kalau tanpa niat dari suami, maka perceraian tidak terjadi. Sedang kasus (b) perceraian terjadi karena langsung diucapkan secara verbal di hadapan istri.

Jadi, status anda adalah istri yang ditalak 1 kalau seandainya kata talak yg via sms tidak disertai niat suami. Dan talak dua kalau ternyata talak via SMS disertai niat. Kalau memang demikian adanya dan tidak ada lagi kata "cerai" setelah itu, maka saat suami berhubungan intim dengan anda di saat masa iddah, maka itu dapat dianggap sebagai tanda rujuk walaupun tanpa mengatakan "Aku rujuk padamu". Ini pendapat dari madzhab Hanbali. Intinya, anda dan suami sudah kembali rujuk dan sah sebagai suami istri seperti sediakala.

Oleh karena itu, maka pertanyaan-pertanyaan anda tidak lagi relevan karena anda dan suami statusnya masih tetap sebagai suami istri walaupun ditinggal 6 bulan. Suami yang meninggalkan anda selama enam bulan atau lebih tanpa nafkah lahir dan batin tidak merubah status suami-istri anda berdua kecuali kalau dia mengucapkan kata cerai.

1. Tidak perlu ada nikah ulang, karena suami anda sudah rujuk sebelum masa iddah habis.
2. Status pernikahan masih sah.
3. Tidak perlu nikah ulang. Lihat poin 1.
4. Mimpi anda tidak ada makna dan kaitan dengan masalah yang dihadapi.

__________________________



WANITA MUSLIMAH MENIKAH DENGAN PRIA KRISTEN

Wassalamu'alaikum WrWb.

Assalamualaikum wr wb.pak ustad saya mau bertanya sekarang ini saya sedang dalam kebingungan bathin saya sedang menolak kehidupan yg sedang saya jalani.awalnya cerita saya janda beranak 1 saya kenal dg seorang lelaki yg sangat baik,bijaksana,lembut,perhatian dll tapi dia non muslim.awalnya cuma berteman akhirnya kita saling mencintai 3thn berpacaran dan puncaknya pas saya hamil diluar nikah .orangtua saya tidak merestui malahan disuruh digugurkan tapi saya tidak mau.akhirnya saya nekat menikah beda agama.setelah pernikahan saya baru tau ЌäĽ☺ identitas saya dipalsukan atau diganti agama saya diubah menjadi kristen.saya kaget dan marah terus mereka berujar itu hanya buat arsip saja.saaya mengerti krna hati saya hanya islam agama saya saya pun tidak pernah berhenti berzikir dan sholat tetap saya jalani walau tidak sebebas menikah dg muslim.sampai akhirnya orangtua saya memberikan restu walaupun bapak saya tetap tidak ikhlas.anak saya lahir

masalah pun selalu dtg kasihan anak saya krna harus mengikuti agama ayahnya.tapi saya tidak rela setelah lahir saya adzani,setiap hari saya bacakan alquran, skrg usianya 2thn. dia sudah bisa bilang ‎​السَّلاَمُعَلَيْكُمْ.allah. bacaan doa makan ,tidur selalu saya ajari tiap hari.walaupun dia terpaksa dibaptis pada usia 4bln.saya berpikir bayi tidak tau apa2 biarlah yg penting kesehariannya dia hidup dalam islam..sekarang ini saya sedang berdoa terus menerus agar Allah memberikan hidayah kepada suami saya agar bisa memeluk agama islam.krn suami saya bukan kristen fanatik ,dan jarang sekali ke gereja..jujur pak ustad saya tidak ♍aªªů kehilangan suami saya krna sebagai suami dia sangat sempurna..pertanyaan saya apa Αϑα doa khusus agar Allah cepat mengabulkan doa saya..apa yg saya harus lakukan agar suami cepat memeluk agama islam..mohon bantuan doanya yah pak ustad..saya sangat membutuhakan bantuan doa agar puasa tahun ini
bisa mengerjakan bersama suami saya آمِّيْنَ يارَبَّالْعَالَمِيْن ..Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih..

JAWABAN

Pernikahan antara wanita muslimah dengan pria non-muslim tidak sah. Yang perlu anda lakukan: Anda harus bercerai darinya kecuali kalau dia mau masuk Islam selambat-lambatnya sampai masa iddah belum habis. Lihat: Pernikahan Beda Agama dalam Islam.

__________________________



CARA MENSUCIKAN NAJIS ANJING

pak sy mohon pencerahan ,.
sy ingin bertanya soal sifat2 najis anjing dan cara mensucikanya ? sy slalu tersiksa dengan masalah sy ini ..

pd saat itu ada beberapa orang yg mencuci tanganya dari suatu wadah/ember yg sy tau pernah di minum oleh anjing , kemudian org2 tersebut bersalaman dengan sy baik dalam keadaan basah ataupun kering stelah itu hp sy berbunyi dan akhirnya sy memegang hp sy
1. pertanyaanya apakah hp dan tangan sy ikut terkena najis pak
2. kalau ya lantas bagaimana cara membersihkanya ,apakah hp sy di basuh dengan air 7 kali dan tanah !

mohon pencerahanya pak
terima kasih

JAWABAN

Hukum najisnya anjing berbeda antara madzhab yang satu dengan yang lain. Mazhab Maliki malah menganggap anjing tidak najis. Dalam kondisi anda saat ini, lebih baik untuk sementara anda niat mengikuti madzhab Maliki sehingga anda tidak perlu lagi merasa was-was atas apa yang sudah terjadi.

Namun demikian, ke depan agar lebih berhati-hati kalau ketemu dengan anjing. Lebih detail lihat: Najis Anjing menurut Madzhab Empat.

__________________________



MIMPI NAIK PERAHU SENDIRIAN DAN DIBENCI TEMAN

Pak ustad ini mimpi teman saya lagi nih dia mimpi naik perahu jalan tanpa ada yang membawanya dan semua orang terdekatnya benci sama dia. Apa maknanya dari semua ini ? Dia takut klau ada musibah yang menimpa.

JAWABAN

Tidak akan ada musibah yang menimpa insyaAllah. Namun dia perlu introspeksi diri dan berusaha untuk mengoreksi diri atas hal-hal tidak mengenakkan yang menimpa dirinya. Jangan membiasakan diri menyalahkan orang lain. Kalau itu dilakukan, maka dia akan selamat dari penyakit kejiwaan seperti stress dan depresi. Selain itu, perbanyak ibadah, berdoa dan bergaul dengan semua kalangan dengan cara yang lebih santun.

__________________________



CARA BEKAS PELAKU MAKSIAT MENGHADAPI HINAAN ORANG

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz,
bagaimanakah seharusnya sikap mantan pelaku maksiat dalam menyikapi hinaan, sindiran orang2 terhadap perilakunya yang menyimpang di masa lampau? sedang dia ingin memperbaiki dirinya(tobat dsb) namun masih dihina orang2 disekitarnya.
mohon sarannra ustadz, wassalam

JAWABAN

Cara terbaik adalah pindah tempat ke daerah yang tidak mengenal masa lalu anda. Kalau itu tidak memungkinkan, maka bersabarlah dan tunjukkan pada mereka bahwa anda telah berubah. Jangan membalas ucapan mereka dengan apapun, baik secara lisan atau perilaku.

__________________________



HUKUM WUDHU PAKAI GAYUNG

Assalamu'alaikum

Pak Ustad saya mau bertanya perihal berwudhu, saya pernah di kasih tau sama teman kalau saat kita berwudhu tidak boleh menggunakan gayung, harus dengan air yang mengalir, begitu juga saat mandi karena sudah terkontaminasi atau sudah melalui perantara gayung.
1. Apa itu benar pak ustad? setau saya se tidak apa apa, yang pnting wudhunya tidak satu kolam, mohon bimbingannya, terima kasih
Wassalamu'alaikum

JAWABAN

1. Tidak benar. Sah hukumnya berwudhu dengan memakai gayung asal air di dalamnya suci.

__________________________



CARA MENGHITUNG RENOVASI RUMAH WARISAN

Assalamu'alaikum, Kedua orang tua kami sudah meninggal dunia dan meninggalkan warisan berupa rumah yang sudah lunas cicilannya. Semasa hidup orang tua kami pernah dibantu oleh adik saya mencicil pembayaran dan merenovasi rumah yang sekarang menjadi warisan tersebut. Yang ingin saya tanyakan adalah, pada saat akan mengembalikan uang adik saya yang pernah digunakan membantu cicilan dan renovasi rumah tersebut, apakah dapat dikembalikan sesuai dengan nilai nominal pada waktu adik saya membayar cicilan tersebut ( dari tahun 1990-1993 ), atau jika ada,bagaimana hitungannya?. karena sekarang ( tahun 2013 ) rumah warisan tersebut nilainya lebih tinggi.Terima kasih.

JAWABAN

Kalau pinjaman tersebut berupa uang, maka semestinya memakai nilai seperti pada waktu adik anda membayar cicilan. Kecuali pinjaman berupa emas, maka tentunya dibayar dengan emas atau harga emas saat ini.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..