Monday, June 10, 2013

Hukum Istri Dicerai Saat Hamil


Hukum Istri Dicerai Saat Hamil
WARISAN ISTRI YANG WAFAT

Assalamu'alaykum... Saya wanita yg baru menikah Lagi sejak setahun yg lalu,sebelum nikah saya sudah memiliki rumah pemberian suami yg terdahulu,nah saya ingin bertanya apakah jika saya meninggal rumah saya tersebut akan menjadi hak waris suami saya yg beru? Karena suami yg terdahulu sepertinya tidak ikhlas kalau saya membawa suami baru
tinggal dirumah saya,(bisa jadi) dia jg tidak ikhlas kalau rumah itu jatuh waris kepada suami baru..
Mohon penjelasan... Jazakallah khoir..

DAFTAR ISI
  1. Warisan Istri Yang Wafat
  2. Tanda Kematian
  3. Mimpi Ketemu Sosok Baju Putih Bersorban
  4. Hubungan Tidak Direstui Orang Tua
  5. Apakah Allah Membenci Orang Yang Dibenci Manusia
  6. Zakat Penghasilan (Gaji)
  7. Hukum Puasa Rajab
  8. Istri Hamil Saat Dicerai (Talak 1)
  9. Hukum 0r4l S3ks Suami Istri
  10. Mimpi Perempuan Idaman
  11. Mimpi Berjalan Ke Sungai Melalui Jalan Yang Berbeda
  12. Mimpi Seram
  13. Arti Bacaan Doa

JAWABAN WARISAN ISTRI YANG WAFAT

Apabila istri meninggal, maka suami akan mendapat 1/2 bagian dari harta istri kalau istri tidak punya anak; dan akan mendapat 1/4 harta kalau ada anak. Lebih detail: Hukum Waris Islam

_____________________________



TANDA KEMATIAN (1)

Ass wrb
Saya mau tanya ustad apakah tanda itu benar soal nya saya dan teman teman saya sering mendengar suara suara aneh dan setelah kami membaca artikel ini kami jdi ketatukan.terimakasih

Allah memang tidak menjelaskan secara terperinci tentang tanda-tanda datangnya proses kematian serta bagaimana rasa dan pengalaman disaat datangnya kematian. Tetapi para ahli ma’ifatullah telah menyusun berbagai buku dan keterangan yang berkaitan dengan hal tersebut. Dan penyusunan buku-buku dan keterangan tentang tanda-tanda kematian dan pengalaman mati, tentunya berdasarkan kepada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Saw serta renungan ilham dan petunjuk dari Allah Swt.
Kyai Ageng Usman Efendi Nitiprayitna DW (Ki Ageng Nitiprana DW) adalah pewaris ilmu Tasawuf generasi ke sembilan dari Sunan Kudus, adalah salah satu Ulama Tasawuf yang berhasil menyusun tanda-tanda kematian yang bisa diketahui satu tahun sebelum seseorang meninggal dunia. (Tulisan dipotong karena copy/paste dari situs lain).

JAWABAN

Masalah ini sudah dibahas mendetail. Lihat: Tanda Kematian dalam Islam

_____________________________


MIMPI KETEMU SOSOK BAJU PUTIH BERSORBAN

Assalamualaikum
Saya mau bertanya, sudah 2 bulan ini saya sakit...nah pas 3 hri yang lalu, jam 1 mlm saya tidak tahu itu mimpi atau saya setengah sadar saya melihat sosok putih bersinar pakaian kyai pakai turban...itu saya langsung takut dan mikir hal aneh2...stlh kejadian itu badan saya semakin down...apalagi penyakit saya makin parah kalau saya banyak pikiran/stress...apalagi pernah mendengar tanda kematian itu salah satunya kita bisa melihat malaikat pencabut nyawa pas hari ke40 sblum kematian kita...mohon penjelasannya apa itu benar...terima kasih.

JAWABAN

Itu tanda yang baik. Anda akan mendapatkan kesembuhan asalkan anda tidak terlalu percaya dengan bacaan-bacaan yang menyesatkan seperti Tanda Kematian, dll. Tawakkal pada Allah, maka Allah akan melindungi Anda. Tentang tanda kematian itu tidak benar. Lihat: Tanda Kematian dalam Islam

Tentang kesehatan Anda, periksa ke dokter untuk diagnosa detail.

_____________________________



HUBUNGAN TIDAK DIRESTUI ORANG TUA

setelah bertahun tahun,orang tua dia pun tidak merestui hubungan kita. dan menjelang beberapa tahun setelah itu orang tua saya merestui lagi hubungan kita.d ia pun slelalu meminta kedua orangtuanya nutuk segera menikahkan kita karena dia merasa nafsu nya sudah tidak kuat lagi ntuk segera menikahi saya,tapi orang tuanya tetap tidak mau,smpek dia pun selalu merengek rengek pada org tua nya,untuk segera menikahkan kita karena khawatir dia tidak dapat lagi menahan nafsunya itu, padahal orang tua kita tidak memiliki suatu alasan yang pasti untuk tidak merestui hubungan kita.

pertanyaan saya,
1. bagaimanakah hukumnya orang tua yang tidak mengabulkan keinginan anaknya untuk menikah,padahal anaknya tersebut sudah bernafsu untuk menikah,dan sudah cukup umur?

2. dan apabila orang tua kekasih saya memaksanya untuk menikah dengan orang lain, sehingga ketika dia bersetubuh denngan orang lain tersebut, dia membayangkan bahwa yang di setubuhi itu adalah saya, bagaimana hukumnya?

3. dan bagai mana dengan hukum ke orang tua yang telah memaksa anaknya tersebut menikah, sehingga terjadi hal yang sedemikian?

sekian dari pertanyaan saya,mohon maaf bila ada kata-kata yang salah,
wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

1. Berdosa. Wajib bagi orang tua mengabulkan permintaan anaknya yang ingin menikah. Kecuali apabila penolakan tersebut karena alasan syariah, seperti, calon tidak shalat atau nonmuslim, dsb. Lihat: Pernikahan Islam

2. Kalau saat dipaksa dia mau dan terjadi ijab qabul saat akad nikah antara dia dan wali pengantin wanita, maka nikahnya sah. Soal membayangkan wanita lain saat bersetubuh itu hukumnya haram menurut jumhur (mayoritas) ulama kecuali madzhab Syafi'i. Tapi hal itu tidak mengganggu sahnya pernikahan.

3. Laki-laki memiliki pilihan untuk menerima atau menolak perintah orang tuanya untuk menikah dengan seseorang. Kalau dia akhirnya menerima tekanan orang tua, maka bukan hanya orang tua yang harus disalahkan. Lihat: Hukum Kawin Paksa dalam Islam.

_____________________________



APAKAH ALLAH MEMBENCI ORANG YANG DIBENCI MANUSIA

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak ustadz,
1. apakah Allah SWT membenci kita apabila kita dibenci oleh kebanyakan orang? karena saya dibenci oleh orang2 disekitar saya karena dulu saya berbuat maksiat,
2. tapi saya telah bertaubat, namun orang2 masih membenci saya. mohon penjelasannya pak ustadz
wassalam

JAWABAN

1. Allah membenci hambaNya yang berbuat dosa.
2. Allah mengampuni orang yang bertaubat dengan serius (nasuha). Akan tetapi kebanyakan orang sulit memaafkan mantan pelaku dosa. Karena itu, dianjurkan Anda berpindah ke tempat yang tidak mengetahui masa lalu anda.

_____________________________



ZAKAT PENGHASILAN (GAJI)

Assallamualaikum pak,
pak saya mau bertanya tentang zakat penghasilah, begini pak, saya baru lulus tahun ini, langsung bekerja menjadi karyawan pembantu di pabrik kertas, upah saya saat ini 120.000 rupiah perminggu, nah zakat tuh kan 2.5% nya jadi 3000 rupiah,
1. apakah uang sekecil itu dari pendapatan mingguan saya bisa di sebut zakat penghasilan atau sekadar sodakoh saja?
2. Terus pak, kepada siapa saya harus memberikannya, terima kasih pak, wassallamualaikum

JAWABAN

1. Gaji harus dizakati apabila terpenuhi dua unsur (a) mencampai minimal senilai 85 gram emas (sekitar 39 juta); (b) sampai setahun. Kalau tidak terpenuhi dua unsur itu, maka tidak wajib zakat.

Kalau Anda mau sedekah, maka diperbolehkan dan dapat diberikan kepada siapa saja. Terutama kerabat atau tetangga anda yang fakir miskin.

2. Kalau sedekah dapat diberikan pada siapa saja. Sedangkan kalau zakat hanya pada 8 golongan. Lihat detailnya di sini: Panduan Zakat Harta.

_____________________________



HUKUM PUASA RAJAB

ass mikum.. sya mau tanya pak ustad hukum puasa rajab itu apa.. di perbolehkan apa tidak trimakasih

JAWABAN

Hukumnya sunnah. Lihat detail: Puasa Bulan Rajab.
_____________________________



ISTRI HAMIL SAAT DICERAI (TALAK 1)

Ass ustadz...
Perkenalkan saya I, dari bogor.
Saya bercerai dari suami saya tgl 20 may kemaren (talak 1), tapi saat ini saya ternyata sedang hamil ustadz, bagaimana solusinya? Apakah cerai saya sah? Apakah saya harus rujuk lagi dengan suami saya? Sementara saya tdk mau dimadu karena dia menikah lagi dan istri keduanya juga sedang hamil muda. Dia memilih istri kedua karena istri keduanya sedang hamil. Saya khawatir, nanti kalau saya melahirkan, anak saya statusnya apa? Saya bingung nanti buat akte kelahirannya seperti apa? Tolong dibantu ustadz, apa yg harus saya lakukan, saat ini mantan suami saya tdk tau kalau saya lg hamil. Trims
Wassalam...

JAWABAN

Istri yang dicerai saat hamil itu terjadi talaknya. Artinya, hukum talaknya sah. Dan masa iddahnya adalah sampai dia melahirkan. Lebih detail: Perceraian dalam Islam.

_____________________________



HUKUM 0R4L S3KS SUAMI ISTRI

Assalamualaikum ustad,

saya ingin tanya, istri saya kalau lagi berhubungan badan suka mengulum (hisap) batang kejantanan saya. *maaf jika sy vulgar.

bagaimana dgn cara sprti itu? sy takut istri saya kenapa2 dgn cara spt itu. dan apa itu trmasuk melampaui batas2 s3ks yg bnar secara islami?
sbg suami justru sy merasa asyik tp rada cemas dgn hal tsb shingga sya biasa menolaknya.
mohon dibalas email saya di email saja ustad, trima kasih tlah diperkenankan email sy dibaca.
wassalamualaikum warahmarullahi wabarakatuh.

JAWABAN

Hukumnya boleh asal tidak sampai menelan spermanya. Kalau ditelan secara sengaja maka haram karena bercampur dengan perkara najis yaitu madzi. Lebih detail lihat: Hukum Bercumbu dengan Mulut (0r@l s3ks)
_____________________________



MIMPI PEREMPUAN IDAMAN

Assalamualaikum ustad,,,, tadi malam saya bermimpi tentang seorang gadis yang pernah saya suka,,,gadis itu saya kenal sejak kecil. bahkan sekarang kadang saya masih teringat sama dia,,,,dalam mimpi saya gadis itu katanya menikah dengan orang lain,,,tapi dia tidak bisa mempunyai anak,,,,
1. apakah gerangan makna mimpi tersebut ?
2. Yang kedua,, apa hukumnya orang yang berkurban ikut memakan sebagian daging kurbannya ?
Mohon pencerahannya ustadz,,,terima kasih

JAWABAN

1. Artinya, anda merindukannya.
2. Boleh. Lihat: Hukum Qurban dalam Islam
_____________________________



MIMPI BERJALAN KE SUNGAI MELALUI JALAN YANG BERBEDA

ass saya ingin bertanya tentang mimpi saya. saya beberapa kai memimpikan sebuah sungai tapi untuk pergi kesungai jalan yang saya tempuh berbeda-beda, terkadang ketika saya bermimpi membuka pintu rumah dan berjalan - jalan keluar saya sampai disungai tersebut, terkadang ketika saya bermimpi sedang jalan - jalan bersama teman disebuah daerah saya sampai ke sungai itu lagi, pokoknya ketika saya bermimpi sedang melakukan perjalanan baik itu perjalanan yang menyenangkan atau tidak saya dapat menebak pasti saya sampai di sungai itu lagi.sungai yang tenang dan jernih juga. saya selalu meihat sungai itu.
1. apa makna dari mimpi saya itu. kalau mimpinya sekali saya tidak terlalu memikirkannya, tetapi bila sudah beberapa kali saya pun jadi bingung. terima kasih....

JAWABAN

1. Sungai adalah kebaikan. Artinya, kebaikan dapat dicapai dengan berbagai cara sebagaimana disebut dalam Islam akan banyaknya kebaikan-kebaikan yang diwajibkan maupun dianjurkan. Walaupun kebaikan itu banyak macamnya, tapi kebaikan puncaknya adalah Islam itu sendiri. Oleh karena itu, jangan menilai sesuatu itu baik sebelum merujuk pada referensi Islam.

_____________________________



MIMPI SERAM

Assalamu’alaikum pak ustadz, saya Ari, saya mau minta bantuan. Kemarin malam setelah sholat tahajud saya bermimpi seram, tidak seperti biasanya saya begitu ingat dengan mimpi ini.

Ceritanya saya baru pulang sekolah, ketika itu saya masih mengenakan pak. Saya pulang ke kost saya (padahal saya tidak tinggal di kost), lalu setelah sampai kost, pas masuk entah kenapa saya jadi berada di lantai paling atas yaitu lantai tiga, kelihatannya disini sedang terjadi keributan. Lalu saya menuruni tangga, lalu saya kaget ketika melihat ada bangkai cicak yang besar, cicak itu sebesar biawak, lalu saya lanjutkan lagi menuruni tangga dan saya melihat ada bangkai ikan, saya makin ketakutan dan akhirnya saya tiba dilantai dua. Tiba-tiba ada ayam jago yang menghantam saya, mengamuk pada saya, saya berusaha melawan, entah kenapa dan siapa yang membantu saya akhirnya ayam itu pergi. Didepan saya terlihat ada nenek-nenek yang bertarung dengan gadis kecil, sepertinya gadis itu kesurupan, saya sangat takut sekali, singkat cerita akhirnya saya berlari ke lantai dasar dan cerita pada orang-orang disana. Saya hampir menangis karena saking takutnya, lalu teman saya mengajak saya untuk pulang kerumah. Sesampainya dirumah saya terdiam shock. Rasanya ingin bunuh diri, tiba-tiba ada sms masuk, ternyata sms itu dari mama. Dia memperingatkanku agar hati-hati, terutama saat umur 18 tahun. Saya takut, lalu saya curat-coret pada kertas, curat-coret itu berisi coretan tandatangan.

Nah pak ustadz, kira-kira apa makna dari mimpi saya ini? Apakah akan terjadi hal buruk. Tolong minta penjelasannya pak ustadz. Terimakasih, Wassalamu’alaikum.

JAWABAN

InsyaAllah tidak akan terjadi hal buruk seperti pesan SMS mama Anda. Yakni asal anda hati-hati dalam bersikap dan berperilaku utamanya jangan sampai melakukan dosa. Juga, kalau ada janji atau nadzar, segera dipenuhi.

_____________________________



ARTI BACAAN DOA

Mohon maaf jika email pertanyaan ini kurang tepat n brkenan, krna sy tdk tahu lg hrus bertny pda siapa....

Sya sering dzikir dengan kalimah2 arab walau sata tidak mengerti dengan artiny.. kalimah adlh;

Allahumma ma qoddarta lii min amrika wa syaro'ta lii bi taufiqika ws nasiirika wa tamimhu bii bi ahsanil wujuhi kulliha wa asliliha wa afdoliha fa innaka ala kulli syain qoddir...
Hauqollah robbisrohli sjodei wa yassirli amri, robbana atina min ladunka rohmah wa hayyiklana min amrina rosyada..

Bisakah tolong diterjemahkan artinya untuk saya, agar saya lbih dpt menghayati n memaknai kalimah dzikir sya yg slalu sya dawamkan kpd Allah...

Trimakasih untuk pertolonganya
Mohon maaf sebelumya

Salam
Ace subardja di jakarta

JAWABAN

Tolong diberi tulisan versi Arabnya supaya lebih tepat memaknainya. Ada doa yang agak janggal terutama di baris pertama dan kedua. Kalau tidak bisa menulis Arab, discan saja tulisan Arab yang Anda baca.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..