Thursday, December 05, 2013

Daftar Akun Linkedin


Daftar Akun Linkedin
Linkedin (baca: ling-in) adalah layanan jaringan profesional (professional network) terbesar di dunia dan tersedia secara online. Dengan memiliki akun di Linkedin, maka anda akan mendapat kesempatan untuk memasarkan diri sendiri dan kemampuan kualifikasi anda ke puluhan juta perusahaan yang sedang mencari tenaga profesional untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) di perusahaan mereka. Linkedin juga menjadi ajang menjalin jaringan antar profesional, pencari kerja dan pemberi pekerjaan (employers) sehingga walaupun anda sudah memiliki pekerjaan saat ini terbuka lebar kemungkinan untuk pindak kerja di tempat lain berdasarkan rekomendasi dari rekan-rekan yang ada di jaringan linkedin anda. Intinya, memiliki akun Linkedin itu penting bagi siapa saja, baik bagi pencari kerja, profesional yang ingin tantangan baru, perusahaan yang sedang mencari tenaga ahli yang handal atau bagi anda yang hanya ingin mempromosikan perusahaan yang sedang anda bangun.

DAFTAR ISI
  1. Daftar Membuat Akun Linkedin
  2. Cara Masuk / Login Ke Linkedin
  3. Membuat Custom Profile Url
  4. Cara Membuat Koneksi Dengan Member Linkedin Lain
  5. Cara Membuat Company Profile (Profil Perusahaan)
  6. Cara Membuat Group
  7. Cara Menghapus Akun Linkedin

DAFTAR MEMBUAT AKUN LINKEDIN

Membuat akun di Linkedin sangat mudah dan gratis. Ikuti panduan berikut:

1. Kunjungi https://www.linkedin.com/
2. Isi formulir yaitu nama awal dan akhir, password (minimal 6 karakter) dan alamat email.
3. Klik Join
4. Isi formulir untuk data profil pribadi yang terkait dengan profesi seperti jabatan pekerjaan, nama perusahaan tempat kita bekerja dan lokasi geografis.
5. Cek email anda untuk melakukan konfirmasi. Periksa email dari Linkedin dan klik link konfirmasi.
6. Pilih antara akun gratis atau berbayar. (Tentu saja pilih yang gratis, ngapain pakai bayar :p ).

DAFTAR MEMBUAT AKUN LINKEDIN


CARA MASUK / LOGIN KE LINKEDIN

Setelah proses pendaftaran selesai, maka anda dapat masuk ke akun linkedin dengan mudah dengan memakai alamat email dan password yang diberikan saat daftar sbb:

1. Kunjungi https://www.linkedin.com/
2. Masukkan email dan passwordnya.
3. Klik Sign in (baca: sain-in).

CARA MASUK / LOGIN KE LINKEDIN

Untuk permulaan, anda perlu sering log-in (baca: log-in) ke linkedin secara teratur untuk membangun jaringan kontak dengan guna mengupdate profil anda. Termasuk juga untuk mengirim pesan pada jejaring kontak anda, mencari kerja, mencari informasi tentang perusahaan yang sedang menyediakan lowongan atau bergabung dengan grup yang terkait dengan bisnis dan karir.

Sekali lagi, walaupun Linkedin adalah jejaring sosial di bidang karir, tapi anda juga dapat menjadikannya sebagai jejaring sosial di bidang lain.


MEMBUAT CUSTOM PROFILE URL

Custom Public profile URL dalam Linkedin itu sama dengan vanity username di Facebook adalah nama kustom singkat yang dapat dibaca. Secara default, saat pertama membuat akun alamat halaman profile Linkedin kita akan berupa deretan angka seperti http://id.linkedin.com/in/34559595959595. Setelah diganti ke custom public profile URL, maka akan menjadi seperti http://id.linkedin.com/in/konsultasisyariah. Kelebihan dari URL di Linkedin adalah kita bisa merubahnya berkali-kali kalau merasa tidak puas dengan alamat pendek yang kita buat sebelumnya. Ini berbeda dengan username di Facebook atau di Google Plus yang hanya bisa dibuat satu kali saja. Ikuti panduan berikut untuk membuat alamat URL Linkedin:

1. Masuk / Sign in ke Linkedin.
2. Gerakkan cursor ke Profile di bagian atas dan pilih Edit Profile.
3. Klik Edit pada URL yang berada di bawah foto profil anda.
4. Pada kotak public profile URL anda di kanan bawah, klik "Customize your public profile URL"
5. Tulis nama custom URL anda di kotak teks.
6. Klik Set Custom URL.


CARA MEMBUAT KONEKSI DENGAN MEMBER LINKEDIN LAIN

Sebagai jejaring profesional, maka tidak ada gunanya punya akun tanpa punya jaringan pertemanan. Membangun pertemanan di Linkedin mirip dengan Facebook: Anda harus request atau invite terlebih dahulu pada anggota Linkedin yang ingin diajak berteman. Kalau yang di-invite menerima (Accept), maka anda berdua baru dapat menjadi teman. Caranya sbb:


MENAMBAH TEMAN YANG SUDAH SALING KENAL

1. Masuk / Sign in ke Linkedin.
2. Cari profil teman anda melalui kotak cari.
3. Kalau ketemu klik tombol Connect pada profil teman tersebut.
4. Tunggu sampai teman anda itu menerima undangan Anda.


MENAMBAH TEMAN / KONEKSI YANG TIDAK KENAL SEBELUMNYA

Membuat koneksi dengan member Linkedin yang lain yang belum kenal itu lebih mudah. Caranya sbb:

1. Masuk / Sign in ke Linkedin.
2. Di sudut kanan atas ada tulisan "People You May Know" di bawahnya ada sejumlah member Linkedin.
3. Klik Connect


CARA MEMBUAT COMPANY PROFILE (PROFIL PERUSAHAAN)

Syarat utama untuk membuat halaman profil perusahaan adalah memiliki email perusahaan tersebut. Contoh: ksi@alkhoirot.net untuk perusahaan yang website resminya adalah www.alkhoirot.net. Jadi, tidak boleh memakai email gratisan seperti gmail.com atau yahuu.com. Kalau sudah punya email perusahaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk/login ke linkedin.com
2. Arahkan cursor anda ke menu Interests yang terletak pada bagian atas halaman dasbor
3. Pilih Companies
4. Klik Add a Company (letaknya di kanan atas halaman).
5. Masukkan nama resmi perusahaan dan email anda di perusahaan tersebut.
6. Klik Continue dan masukkan informasi perusahaan anda.

CATATAN:


- Alamat URL Company Profile akan otomatis sama dengan nama perusahaan. Misalnya, profile perusahaan Konsultasi Syariah Islam, alamat URL-nya adalah http://www.linkedin.com/company/konsultasi-syariah-islam
- Apabila email kantor yang anda berikan belum terkonfirmasi pada akun Linkedin anda, maka pesan akan dikirim ke email tersebut untuk konfirmasi. Ikuti instruksi pada pesan tersebut untuk konfirmasi, dan gunakan instruksinya untuk membuat Halaman Peruahaan (Company Page).
- Sebuah pesan berwarna merah akan tampil apabila terjadi problem saat proses pembuatan Company Page atau Halaman Perusahaan.
- Preview dari Halaman Perusahaan yang anda buat tidak tersedia. Jadi, saat anda menerbitkan halaman itu, maka ia akan langsung online dan dapat dilihat oleh publik.
- Email perusahaan yang dibuat untuk membuat Company Profile harus tidak pernah dipakai untuk membuat Company Profile lain di Linkedin.
- Email perusahaan tidak harus sama dengan situs resmi perusahaan yang dicantumkan. Yang penting tidak pernah dipakai untuk email Company Profile sebelumnya. Intinya, yang penting bukan email gratisan.


CARA MEMBUAT GROUP

Kalau anda tidak bisa membuat Halaman Perusahaan karena tidak punya email yang memakai domain berbayar, maka sebagai gantinya anda dapat membuat group di Linkedin. Caranya sebagai berikut:

1. Masuk/login ke linkedin.com
2. Arahkan kursor anda ke Interests di bagian atas dan pilih Groups.
3. Klik tombol Create a Group di sebelah kanan.
4. Isi informasi yang diperlukan. Tanda bintang merah wajib diisi.
5. Klik tombol Create. Selesai.

CATATAN:

- Setelan group dapat dibuat Open atau Closed (tertutup)
- Anda dapat mengedit group yang anda buat di dasbor manajemen.


CARA HAPUS DELETE AKUN LINKEDIN

Kalau anda merasa bosan atau merasa tidak ada gunanya memiliki Linkedin atau karena sebab lain, maka anda dapat menghapus atau menutup akun anda secara permanen kapan saja anda suka. Caranya adalah sbb:

1. Masuk/login ke linkedin.com
2. Klik nama anda di pojok kanan atas -> klik "Privacy & Settings."
3. Di bawah menu "Account", klik "Close Your Account." Oh ya, menu "Account" terletak di sidebar sebelah kiri.
4. Pilih alasan mengapa anda ingin menutup akun.
5. Verifikasi informasi akun pada tahap berikutnya.
6. Klik "Verify Account" apabila selesai.
7. Klik "Close Account" pada halaman berikutnya. Dibutuhkan waktu sampai maksimal 72 jam untuk secara resmi menutup akun anda.

CATATAN

- Menghapus profil publik anda dari Linkedin menjamin terhapusnya data anda yang dulunya ada di Linkedin dari Google, Yahoo dan mesin cari lain. Namun demikian, dibutuhkan waktu dari pihak mesin cari untuk melenyapkan informasi tentang anda dari database mereka.
- Anda tidak akan memiliki akses pada teman koneksi atau pada informasi apapun yang pernah anda tambahkan pada akun anda.
- Profil anda tidak akan tampil di Linkedin.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..