Saturday, March 15, 2014

Hukum Harta yang berasal dari Perbuatan Haram


Hukum Harta yang berasal dari Perbuatan Haram

HUKUM MENCURI KONEKSI INTERNET

Assalamualaikum, Ustad.

Nama saya henri dari yogyakarta, begini Ustad.
Beberapa waktu yang lalu saya menggunakan internet secara gratis, saya bisa menggunakan internet gratis ini berdasarkan ilmu yg saya dapat dari forum-forum yang banyak dibagikan lewat berbagai situs di internet. Hanya dengan bermodalkan sim card yang masih aktif dan beberapa aplikasi pendukung seperti; proxifier, ssh tunelling dan inject saya bisa menggunakan internet tanpa harus membayar. Disaat bersamaan saya juga menggunakan internet gratis ini untuk bekerja freelance mencari uang. hingga pada suatu waktu saya mulai meragukan kehalalan dari menggunakan internet secara gratis ini. Kemudian saya memutuskan untuk berhenti menggunakan internet gratis ini dan mulai berlangganan internet dengan paket internet secara resmi yang dikeluarkan oleh operator seluler.

TOPIK KONSULTASI
  1. HUKUM MENCURI KONEKSI INTERNET
  2. PERUSAHAAN JUAL BARANG HALAL DAN HARAM
  3. MASA IDDAH ISTRI YANG DITALAK TANPA HUBUNGAN INTIM
  4. WARISAN ISTRI DIPAKAI SUAMI DAN ISTRI BARU
  5. BACA QUNUT DI SETIAP SHALAT FARDHU
  6. SELINGKUHAN HAMIL APA YANG HARUS DILAKUKAN
  7. AQIQAH ANAK DARI TEMPAT JAUH
  8. PERAN AGAMA PADA UMATNYA
  9. Cara Konsultasi Syariah Islam

Pertanyaan saya adalah;
1. Apakah uang yang saya dapatkan ketika bekerja freelance selama ini dengan menggunakan internet gratis ini halal atau haram?

2. Ketika saya memutuskan berhenti menggunakan internet gratis, saya meminjam uang dari teman saya untuk berlangganan internet secara resmi akan tetapi saya baru menyadari di kemudian hari bahwa kartu "sim card" yang saya gunakan untuk berlangganan internet ini pernah saya isi pulsa dengan menggunakan uang yg saya dapatkan dari bekerja freelance ketika menggunakan internet gratis dulu. Apakah uang yg saya dapatkan setelah saya bekerja
dengan berlangganan internet dari pinjaman uang teman saya tersebut juga ikut menjadi halal atau haram?

Terima Kasih atas jawabannya.


JAWABAN HUKUM MENCURI KONEKSI INTERNET

1. As-Syarbini Al-Khatib (madzhab Syafi'i) menyatakan dalam kitab Mughnil Muhtaj hlm. 9/175: sbb:

لو اتجر الغاصب في المال المغصوب فالربح له في الأظهر

Artinya: Apabila ghasib (orang yang ghasab) menjalankan harta yang dighasab, maka keuntungan menjadi miliknya menurut pendapat yang adzhar.

Itu berarti bahwa keuntungan anda dari kerja online itu sah dan halal menjadi hak anda. Namun, anda berkewajiban mengembalikan harta yang anda ambil dari perusahaan internet senilai harga koneksi yang anda gunakan. Kalau seandainya mengembalikan pada perusahaan itu tidak mungkin atau sulit, maka anda dapat memberikan/menginfakkan senilai harta yang diambil ke fakir miskin. Menurut ulama madzhab Hanbali, inilah cara bertaubat dan menyucikan diri dari uang atau harta haram seperti dikatakan Ibnu Qayyim dalam Zadul Ma'ad hlm. 5/778
أن طريق التخلص من هذا المال وتمام التوبة إنما يكون : " بالتصدق به ، فإن كان محتاجا إليه فله أن يأخذ قدر حاجته ، ويتصدق بالباقي

2. Uang yang anda dapatkan dalam kasus kedua ini halal. Lihat lagi poin 1.

_____________________


PERUSAHAAN JUAL BARANG HALAL DAN HARAM

Assalamualaikum Wr.Wb.

begini ustadz saya mau tanya,
saya bekerja pada sebuah perusahaan ternyata perusahaan tersebut memiliki 3 usaha yang berbeda yang pertama adalah importir cerutu, yang kedua adalah distributor minuman keras, dan yang ketiga adalah web design.

1. yang saya ingin tanyakan, saya disana bekerja sebagai akunting dari ke-3 usaha tersebut dengan segala pelaporan yang terpisah dari ke-3 usaha tersebut... itu bagaimana dalam hukum islam atas pekerjaan saya tersebut mengingat saya juga membuat pelaporan usaha minuman keras nya juga?

2. yang kedua yang ingin saya tanyakan jika saya tetap bekerja di perusahaan tersebut tetapi tidak membuat pelaporan yang minuman keras, apa hal itu sama saja atau bagaimana...
demikian pertanyaan saya

semoga ada solusi dari para ustadz yang membacanya agar tidak terjadi keraguan dalam diri saya
terima kasih sebelumnya
wassalamualaikum wr. wb.

JAWABAN

1. Impor cerutu dan web design adalah usaha yang halal. Sedang miras adalah usaha haram. Maka, gaji anda statusnya adalah syubhat yaitu harta yang bercampur antara halal dan haram. Hukum harta syubhat boleh / halal dikonsumsi menurut Imam Ghazali dan ulama lain dari madzhab Syafi'i. Lihat detail: http://www.alkhoirot.net/2012/09/hukum-harta-campuran-halal-haram.html

2. Kalau hanya menjadi akunting untuk selain yang miras, maka gaji anda menjadi 100% halal.

_____________________



MASA IDDAH ISTRI YANG DITALAK TANPA HUBUNGAN INTIM

Selamat malam,
Mohon sekali bimbingannya. Saya dalam kebingungan.

Saya menikah nopember tahun 2010, tapi karena sesuatu hal (perjanjian kerja utk tdk hamil dan takut mencederai itu) tidak pernah sama skali melakukan hubungan suami istri. Semua dijalani atas keihklasan. Hingga pada nopember 2012 (saat dimana seharusnya telah bisa berhubungan seksual karena perjanjian kerja sdh selesai) terjadi pertengkaran hebat dan akhirnya setuju bercerai dgn dibuatnya surat talak bermaterai dari suami saya. Dan sejak saat itu, sudah satu tahun kita pisah rumah. Karena berharap ada keajaiban, saya tidak mengurus secara hukum hingga pada awal tahun 2014 saya bertemu seseorang. Saya mulai mengurus proses perceraian secara hukum. Dan perkiraan keluar akta cerai bulan maret.

Yang ingin saya tanyakan,

1. apakah istri yg ditalak tanpa berhubungan intim ttp sama harus menunggu masa iddah 3 bln? Karena guru spiritual saya bilang, jika blm bersenggama tdk ada masa iddah. Beliau bilang, surat Al Ahzab (33) ayat 49 menjelaskan demikian.

2. Lalu bagaimana membuktikannya? Apakah hanya dengan sumpah atau tes keperawanan? Karena demi tuhan, hanya Allah yg tau, kami tdk pernah melakukan itu.

3. Lalu klo memang bukan demikian, sejak kapan masa iddah itu dihitung? Karena saya sdh ditalak lisan sejak nopember 2012 bahkan tidak tinggal bersama lagi hampir 15 bulan dan tidak pernah melakukan hubungan suami istri dari awal menikah.
Smoga mendapat penjelasan. Terima kasih banyak.

JAWABAN

1. Istri yang dicerai tanpa ada hubungan intim tidak ada masa iddah. Talak jenis ini disebut dengan talak bain shughro. Masa perceraian dimulai sejak suami menyatakan talak secara verbal atau secara tertulis. Jadi, bukan ketika surat akta talak keluar dari pengadilan agama, karena yang ini hanya formalitas saja.

2. Kenapa anda perlu membuktikannya? Tidak perlu ada pembuktian. Yang terpenting adalah anda segera mengurus surat akta talak agar supaya anda dapat menikah dengan pria lain kalau ada.

3. Talak dimulai sejak adanya talak lisan yakni sejak nopember 2012.

Lebih detail: http://www.alkhoirot.net/2012/10/perceraian-dan-talak.html

_____________________



WARISAN ISTRI DIPAKAI SUAMI DAN ISTRI BARU

Ass.wr.wb. Ustad, saya mau konsultasi. Ibu saya sudah meninggal tahun 1999. Kemudian ayah saya menikah lagi dengan janda yang mempunyai 1 anak angkat wanita.

Almarhum Ibu saya memiliki 3 sawah atas nama beliau. Sejak Ibu saya meninggal, sawah atas nama ibu digarap oleh Bapak dan hasilnya digunakan untuk keluarga baru mereka.

1. Pertanyaan saya, apakah halal hasil sawah almarhum ibu saya dipakai bapak dan istri barunya?

JAWABAN

1. Harta peninggalan ibu anda harus dibagi secara waris terlebih dahulu secara benar untuk anak-anak almarhumah, orang tua dan suami. Haram hukumnya mantan suami menguasai seluruh harta mantan istrinya tanpa ijin dari ahli waris yang lain.

Dalam hal ini, anda dapat meminta ayah anda untuk membagi harta warisan ibu anda tersebut. Kalau dia tidak mau, anda dapat melakukan gugatan ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri.

Tentang waris lihat di sini.

_____________________



BACA QUNUT DI SETIAP SHALAT FARDHU

Assalamu'alaikum.wr.wb.
Mohon maaf sy langsung ke pertanyaan:
1.apakah boleh di setiap akhir roka'at sholat fardu membaca do'a qunut? kalau boleh mohon pnjelasan dan dalilnya,begitupun sebaliknya

2.apa arti nama anak sy dgn nama "Bulghaturrizqi Bintany 'Alimatunnisa" apa benar ejaannya menurut bahasa arab? krn sy lihat dr buku nama2 anak muslim.
Sekian ustadz,terima kasih,Wassalam

JAWABAN

1. Qunut waktu shalat wajib itu sunnah dilakukan pada akhir rakaat shalat subuh atau ketika ada musibah. Detailnya lihat di sini.
ء
2. (a) Bulghah (بُلْغَة) = sederhana atau cukup ; rizki = rejeki. (b) bintany = anak perempuan dua. Kalau binti = anak perempuan. (c) alimatun (عالمة) = wanita yang pandai; (d) nisa (نساء) = perempuan

_____________________



SELINGKUHAN HAMIL APA YANG HARUS DILAKUKAN

Assalamualaikum wr.. Wb...
Sy mau bertanya pak, suami saya selingkuh dan sekarang selingkuhannya itu katanya belum datang bulan. Saya dan suami belum tahu pasti itu betul atau tidak dia sudah hamil soalnya perempuan itu tinggalnya jauh dari kota kami.
1. Saya minta saran, saya harus berbuat apa? Disatu sisi saya tidak ingin bercerai begitupun dengan suami saya,

2. disisi lain saya tdk mau menerima perempuan itu dan anaknya, kalau benar dia sedang hamil.

. Apa yang harus kami perbuat dengan masalah kami? Terima kasih sebelumnya

JAWABAN

1. Pilihan anda ada dua yaitu gugat cerai suami atau tetap bersama suami. Dua pilihan itu dibolehkan baik menurut hukum negara maupun agama.

2. Secara agama tidak ada kewajiban bagi suami anda untuk menikahi wanita yang dizinahinya. Namun demi menjaga martabat dan nasab anak, maka sebaiknya suami anda menikahi wanita tersebut walaupun dengan nikah siri agar anak yang ada dalam kandungan memiliki ayah yang sah secara agama.

Lihat hukum kawin hamil di sini.

_____________________



AQIQAH ANAK DARI TEMPAT JAUH

Assalamualaikum...
Saya tnggal di jakarta, istri sya baru mlahirkan & smentara tnggal di kampung dulu. Pertanyaan saya apakah boleh saya mengaqiqahi anak sya di sini, tpi anak saya masih di kampung...
Trimakasih..

JAWABAN

Boleh. Lebih detail lihat di sini.

_____________________



PERAN AGAMA PADA UMATNYA

Apakah agama itu bisa membawa dampak kebaikan pada umatnya?

JAWABAN

Tentu saja asal diamalkan dengan betul.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..