Friday, March 21, 2014

Solusi Banyak Hutang


Solusi Banyak Hutang
SOLUSI BANYAK HUTANG

Perkenalkan nama saya "L" saya bekerja sebagai seorang marketing otomotif,,, Maaf saya mau tanya, saya sudah berusaha untuk membereskan hutang" saya tapi malah Jadi nya gali lobang tutup lobang,,,
Saya merasa sulit sekali mendapatkan uang untuk menutupi hutang" saya dengan bekerja mencari peluang kesana sini...
Sekarang saya tambah bingung karena waktu semakin mepet untuk membayar semua hutang" saya...
Solat wajib saya lakukan, solat dhuha pun saya lakukan tiap hari, berdoa sering sekali, berusaha pun sedang saya lakukan...
Saya pun menyadari kesalahan hidup saya dulu yang terlalu konsumtif tanpa memikirkan efek ke depannya,,,
1. Mungkin ada saran untuk pencerahan hidup saya,,, terima kasih...

TOPIK KONSULTASI
  1. SOLUSI BANYAK HUTANG
  2. NAJIS HUKMIYAH DI SELURUH LANTAI RUMAH
  3. HARTA WARIS PENINGGALAN AYAH DAN IBU
  4. MAKNA KALIMAT DALAM HIZIB
  5. CARA MENEGUR TEMAN YANG LESBI
  6. MENIKAH KARENA HAMIL DENGAN NON-MUSLIM
  7. MIMPI KEHILANGAN MATA
  8. MIMPI PACAR JATUH NAIK MOTOR
  9. MASALAH TAKDIR
  10. STRI SERING MINTA CERAI
  11. HUTANG ORANG MATI YANG SUDAH DIBEBASKAN
  12. DILEMA ANTARA IBU DAN ISTRI
  13. Cara Konsultasi Syariah Islam


JAWABAN SOLUSI BANYAK HUTANG

1. Ikut prihatin dengan masalah yang menimpa. Anda sudah melakukan hal yang benar ketika menghadapi masalah yaitu berusaha mencari solusi riil dan spirituil. Bekerja dan berdoa. Teruslah berusaha dan tetaplah berdoa. Ditambah satu hal lagi yang tak kalah penting: tawakal dan kepasrahan pada Allah. Yang terakhir ini penting terutama di saat berbagai usaha kita terbentur kegagalan demi kegagalan, kekecewaan demi kekecewaan. Tawakal bukan berarti diam secara fisik, ia adalah usaha penting dalam menjaga otak dan hati agar tetap stabil, solid dan waras. Tanpa sifat tawakal yang solid, maka situasi seperti anda akan mendorong jiwa menjadi stres atau bahkan bunuh diri.

Pada waktu yang sama, kesalahan masa lalu semoga menjadi pelajaran sangat berharga bagi anda untuk melangkah ke depan. Baca juga: http://www.fatihsyuhud.net/2012/08/tawakkal-dalam-islam/

Doa Banyak Hutang supaya Cepat Lunas dan Banyak Rejeki

Doa-doa berikut berasal dari Nabi. Jangan lupa, doa itu akan sia-sia tanpa usaha dan kerja keras.


اللهم اكفني بحلالك عن حرامك، و اغنني بفضلك عمن سواك

اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء و تنزع الملك ممن تشاء و تعز من تشاء و تذل من تشاء بيدك الخير انك على كل شيء قدير.تولج الليل في النهار و تولج النهار في الليل و تخرج الحي من الميت و تخرج الميت من الحي و ترزق من تشاء بغير حساب

رحمن الدنيا و الاخرة و رحيمهما،تعطي من تشاء منهما و تمنع من تشاء،ارحمني رحمة تغنني بها عن رحمة سواك
_____________________________


NAJIS HUKMIYAH DI SELURUH LANTAI RUMAH

Assamu alaikum Ust...!!!dan Trimakasih atas semua jawaban yg tlah Ust...berikan.

ada lagi Ust..yang buat saya ragu & was-was
1. kalau najis hukmiyah itu sudah merata disetiap tempat rumah(lantai rumah) apakah harus disiram juga semua tempat tersebut?

harap maklum Ust...!!!dulu saya kurang berhati-hati dengan masalah ini.oleh sebab itu saya sekarang menggunakan sandal apabila saya mau sholat sebab saya tak tau mau buat apa? karena kebodohan saya.saya buat alternatif guna sandal.maaf ya Ust..!!!mohon penjelasannya sekali lgi.Wassalamu alaikum.

JAWABAN

1. Kalau jelas di suatu tempat pernah ada najis, maka ia harus dicuci/disiram dengan air. Tapi kalau itu hanya kemungkinan atau perkiraan anda saja tanpa tahu secara yakin bahwa di tempat tersebut ada najis, maka itu tidak perlu dicuci air. Karena tempat yang diragukan kemungkinan najis itu dianggap tidak najis alias suci. Lihat: Najis dan cara menyucikan.
_____________________________



HARTA WARIS PENINGGALAN AYAH DAN IBU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ibu saya meninggal dunia meninggalkan harta waris dari ayah saya yang juga meninggal 20 tahun lalu, berupa 2 buah rumah. Sebelum wafat 1 buah rumah sudah dijual seharga Rp.400 juta sedangkan yang satu lagi masih berbentuk rumah.

Ketika ayah saya meninggal dunia kami tidak membagi harta waris tersebut dan baru disaat ibu wafat kami bermaksud melakukan pembagian waris.

Bagaimana cara pembagian tersebut dalam kondisi :

1. Semua harta tersebut milik ayah.
2. Kami bersaudara 5 orang dengan 4 laki-laki dan 1 wanita.

Mohon penjelasannya dan terima kasih sebelumnya.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

JAWABAN

Harta waris haris dibagi segera setelah seseorang (pewaris) meninggal dunia. Idealnya, saat ayah anda meninggal dulu, harta peninggalan beliau diwariskan. Karena dalam Islam ahli waris bukan hanya anak, tapi juga orang tua dan istri. Karena harta belum dibagi sampai dua pewaris meninggal, maka pembagian warisan hendaknya dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama, Membagi Harta Peninggalan Ayah.

Ahli waris yang berhak mendapat warisan peninggalan ayah anda adalah (a) istri yakni ibu anda mendapat bagian 1/8 (seperdelapan); (b) orang tua yakni kakek dan nenek anda kalau masih hidup saat ayah meninggal. Nilai bagian lihat di sini ; (c) sisanya dibagikan kepada anak-anak almarhum di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan.

Tahap Kedua: Membagi Harta Peninggalan Ibu

Setelah selesai proses pembagian tahap pertama, maka baru dibagikan harta warisan peninggalan dari harta ibu. Kalau memang ibu dulunya tidak punya harta sama sekali, berarti harta ibu yang dibagikan adalah 1/8 harta yang didapat dari peninggalan suami (yakni ayah anda). Lebih detail: Hukum Waris Islam

_____________________________



MAKNA KALIMAT DALAM HIZIB

Apa makna dari:Subhaanal abadil abad,subhaanal waahidil ahad,subhaanal fardish shamad,subhaana raafi is samaa i bighairi imad,subhaana man basathal ardha alal maa i fajamad,subhaana man khalaqal khalqa fa ahshaahum adad, subhaana man qasamal arzaaqa walam tansa ahad,subhaanal ladziy lam yattakhidz shaahibatan walaa walad,subhaanal ladziy lam yalid walam yuulad walam yakullahuu kufuwan ahad.


JAWABAN

Itu bacaan hizib (doa khusus yang terkadang mengandung khadam). Hizib itu seperti jimat yang maknanya tidak terlalu perlu untuk diketahui.

_____________________________


CARA MENEGUR TEMAN YANG LESBI

Ustad teman saya ada yang suka sesama jenis (cewe),
1. saya harus bagaimana? Kalau dibiarkan saya khawatir jka teman2 yg lain tau akan mengolo2 dia,
2. tapi saya juga tidak enak mau menegur..
Sebelumnya terimakasih atas jawabannya..


JAWABAN

1. Berilah dia nasihat. Kalau anda merasa segan menasihati secara langsung, maka anda dapat memberi tahu melalui email, Facebook atau saranan lain yang tidak langsung.

2. Lihat poin 1. Jangan lupa, saat memberi nasihat ungkapkan permintaan maaf terlebih dahulu. Itulah tatacara yang baik dalam menasihati sesama teman. Karena, pada dasarnya seorang tidak suka dinasihati temannya yang sederajat dg dia kecuali kalau diawali dengan minta maaf terlebih dahulu.

_____________________________


MENIKAH KARENA HAMIL DENGAN NON-MUSLIM

Assalamualaikum...wr...wb

Langsung saja saya akan bercerita tentang permasalan atau apa yg terjadi selama pernikahan 2 tahun ini. Kami menikah karena saya hamil. Saya memintanya menjdi muallaf kami banyak perbedaan.

1. Kami berbeda agama, umur, negara dan kultur/budaya. Tapi saya pikir dia benar2 akan menjalani sholat.. Ternyata dia tidak. Saya melakukan pernikahan di china, dan saya melahirkan anak perempuan di negara ini, anak saya pun m menjadi warga negara disini. Jujur banyak hal lain yang membuat diri saya tidak kuat. Suami saya pemarah,kasar, mungkin lebih menyayangi anak saya. Dia jg ingin anakku tidak menjadi muslim. Dia membenci islam. Dia menghina agamaku. Sakit.

2. Apa yang hatus saya lakukan? Saya hanya ingin hidup dengan anakku.


JAWABAN

1. Kalau saat perkawinan dia tidak masuk Islam, maka perkawinan anda tidak sah. Lebih detail: http://www.fatihsyuhud.net/2012/11/pernikahan-beda-agama-dalam-islam/
2. Anda dapat menghubungi pengacara di sana untuk mengurusi masalah anak anda.

_____________________________


MIMPI KEHILANGAN MATA

Asalamualaikum .. Pertama2 saya mau minta tolong Ɣªª mas/mba saya mau tanya tentang mimpi td subuh saya sakit lalu setelah ituuu saya tdr lagi namun pada saat itu

1. sauya bermimpi .. Mata saya ga ada 1 .. Saya dari situ saya jadi ketakutan karna waktu saya liat ϑȋ̝̊ gogle itu artinya ajal telah dekat Ɣªª اَللّهُ ..
2. Yg mau saya tanyakan .. Harus bagai mana biar saya tdk mimpi buruk ?
3. trus apa yg harus saya lakukankarna saya akhirnya jadi suugesti ??
Terimakasih Ɣªª

JAWABAN

1. Mayoritas mimpi yang dialami manusia adalah mimpi kembang tidur atau gangguang setan. Rasulullah menganjurkan agar saat mimpi buruk segera bangun dan meludah ke arah kiri sisi badan anda dan ucapkan: audzubillahi minasyaitanirrojim (Aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk).
2. Baca doa hendak tidur (bismika Allahumma ahya wabismika amut), dan baca surat Al-Ikhlas, An-Nas dan Al-Falak setiap akan tidur masing-masing satu kali.
3. Pertebal keimanan anda dengan banyak membaca dan bertanya pada ahli agama. Selain itu, ketahui bahwa ajal ada ditangan Allah dan Allah tidak pernah memberi tahu kapan ajal seseorang akan tiba. Lihat: Tanda Kematian dalam Islam

_____________________________


MIMPI PACAR JATUH NAIK MOTOR

Semalem saya mimpi cewek saya naik motor terus dia jatuh dari motor lalu kata orang-orang dia tangannya patah tulang.

1. Apa arti mimpi saya?
Terimakasih..


JAWABAN

1. Umumnya mimpi hanyalah bunga tidur atau gangguan setan. Jadi tidak ada maknanya. Seandainya itu mimpi yang benar, maka artinya adalah segeralah anda menikahi pacara anda sebelum terlanjur terjadi perzinahan yang merupakan dosa besar. Itulah makna "jatuh dari motor". Lihat: Dosa Besar dalam Islam

_____________________________


MASALAH TAKDIR

Assalamualaikum pak ustadz, saya D asal palembang. saya mau bertanya pak tentang takdir,

1. apakah musibah yang terjadi karena kelalaian manusia itu disebabkan karena kealpaan manusia itu sendiri ayau memang sudah ditakdirkan sejak zaman dahulu kala kalau musibah itu akan terjadi dan dialami oleh manusia itu sendiri. contoh pelaku
dalam kecelakaan mobil atau kereta api karena human erorr, apakah Allah SWT sudah mentakdirkan musibah itu harus terjadi atau Allah tidak pernah menginginkan hal itu tapi 100% karena manusia itu sendiri yang menyebabkan peristiwa itu terjadi?

2. Jikalau sebelum peristiwa itu terjadi manusia nya lebih hati-hati dan tidak lalai dalam pekerjaannya apakah musibah itu tetap terjadi?
Tolong pak ustadz jawabannya, tks.

JAWABAN

1. Musibah yang terjadi karena kealpaan manusia itu sendiri.
2. Tidak akan terjadi.

Dalil dari Quran

QS Ar-Ra'd ayat 11

إن الله لا يغير ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

QS Al-Baqarah 2:225

﴿لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا كَسَبَتْ قُلُوبُكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Artinya: Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.

Dalam QS Al-Baqarah 2:225 di atas dijelaskan bahwa: bagimu apa yang kamu lakukan. Perbuatan baik atau perbuatan buruk.

Walaupun manusia memiliki kemampuan untuk berusaha, namun itu tidak mutlak. Adakalanya suatu keadaan itu sudah ditentukan Allah. Dalam QS At-Talaq ayat 7 dikatakan:
﴿لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آَتَاهُ اللَّهُ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْساً إِلَّا مَا آَتَاهَا سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْراً
Artinya: Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya.

Ayat ini semuanya menyatakan hakikat dasar bahwa manusia itu dalam satu hal bisa memilih dan menentukan sendiri, dan dalam hal yang lain tidak bisa. Contoh yang tidak bisa memilih: ukuran badan, bentuk fisik, dll.

Catatan penting: Ulama berdebat panjang soal takdir ini. Tapi bagi anda, cukuplah anda mengetahui uraian singkat di atas.

_____________________________


ISTRI SERING MINTA CERAI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pengasuh Ponpes Al Khoirot yang kami hormati.

Saya dengan istri sudah menikah selama 10 tahun dan telah memiliki 1 orang anak. Setiap ada permasalahan dengan istri, istri selalu berkata dengan makna pisah/cerai. Puncaknya saya meninggalkan rumah sekitar jam 11 malam dalam kondisi hati dan fikiran yang gundah, dan pamit kepada istri yang saat itu sedang tidur dan kemudian saya bangunkan dan saya berkata "kalau mama mau cerai urus saja, bapak mau cari biaya, kalau bapak tidak mau cerai. bapak pergi dulu untuk menenangkan fikiran". Walaupun istri sering minta pisah dihati kecil saya tidak ada niat untuk berpisah sekalipun istri sikapnya sering membuat saya tidak nyaman.

1 minggu kami pergi ke rumah keluarga di salah satu kota di Jawa Barat untuk menenangkan fikiran, dan berkonsultasi dengan guru pesantren saya dan keluarga saya tentang rumah tangga saya. Sebelumnya selama diperjalanan ke Jawa Barat saya sms istri dengan redaksi untuk perceraian itu memerlukan biaya, dan proses yang lama jika sampai kepengadilan. untuk itu saya mau cari biaya. Saya mau pulang kalau mama menyuruh bapak pulang karena status bapak ikut mama.

Yang ingin saya tanyakan
1. apakah kata-kata saya tersebut sudah mengandung talak kepada istri?
2. kalau mengandung talak sudah kategori talak apa? saya berkata seperti itu agar kami saling menyadari dalam berumahtangga, sementara tidak ada niat dihati untuk menceraikan istri.
atas jawaban bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

JAWABAN

1. Kata-kata anda tersebut belum jatuh talak kecuali setelah istri melakukan gugat cerai ke pengadilan dan anda sudah membubuhkan tanda tangan pada akta cerai. Lihat: Cerai dalam Islam

_____________________________


HUTANG ORANG MATI YANG SUDAH DIBEBASKAN

Assalamulaikum wr.wb
Saya mempunyai ibu dan sudah meninggal,ketika beliau meninggal mempunyai hutang pada tetangga saya. Tetangga saya itu melayat sambil berkata kepada saya dan bapak saya kalau dia mengikhlaskan utang ibu saya.

1. Yang saya tanyakan adalah apakah saya sebagai anak mempunyai kewajiban melunasi utang ibu saya kepada tetangga saya,meskipun beliau telah mengikhlaskannya?

Terimakasih atas jawabanya
Wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

Kalau hutang ibu anda sudah dibebaskan oleh si penghutang, maka tidak perlu bagi anda untuk membayarnya.

_____________________________


DILEMA ANTARA IBU DAN ISTRI

Assalamualaikum ustadz, nama saya Alit, saat ini saya sedang dalam kondisi dilematis.
Saya hendak mengajukan pertanyaan supaya saya mendapat masukan sesuai dengan syareat islam.

2 bulan lalu saya menikahi seorang perempuan yang sudah lma sekali saya pacari sehingga sudah saling mengenal dgn kluarga saya. Alhmdulilah saat ini istri saya sudah hamil. Namun sempat ada konflik antara ibu dan istri saya yang sampai saat ini blm terselesaikan. Saya putra lelaki satu-satunya dikluarga ditambah setahun lalu ayah saya meninggal sehingga hampir segala fungsi ayah saya saat ini saya yang ambil. Setelah konflik itu berdampak
Istri saya bersih kukuh tidak ingin tinggal serumah lagi dengan ibu (kluarga) saya, istri saya ingin ngontrak. Sedangkan ibu saya sangat tidak ingin saya tinggal di rumah selain rumah kluarga kami saat ini karena tidak ada lelaki lagi dirumah dan ibu saya tidak mau saya jauh",

dan jauh hari sebelum saya menikah saya berjanji bahwa saya tidak akan meninggalkan rumah dan tinggal dirumah lain. Kepada pihak istri pun saya sudah mewanti-wanti bahwa nanti jika sudah nikah saya dan istri saya harus mau tinggal di rumah ibu saya. Kepada istri saya sangat cinta kepada ibu apalagi.

Saya bingung ustadz karena istri minta pisah jika saya tidak kluar rumah dan ngontrak padahal saya sangat menyayangi istri saya dan calon bayi diperutnya. Saya sangat bingung karena sekalipun ibu saya mengijinkan saya ngontrak saya tetap tidak ingin ngontrak dan meninggalkan ibu.

1. Bagaimana seharusnya saya menyampaikan keinginan ibu saya kpd istri saya supaya istri saya tidak merasa tidak diprioritaskan. Mohon bimbingannya ustad.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

JAWABAN

1. Lakukan komunikasi secara pelan dan bertahap kepada istri saya tentang apa yang anda inginkan. Misalnya, katakanya padanya betapa anda sangat mencintai dia dan juga ibu sehingga tak bisa melepas salah satu atau keduanya.

Kalau merasa kesulitasn dalam berkomunikasi dengan istri, maka mintalah tolong pada orang lain, idealnya kerabat istri, untuk menyampaikan apa yang anda ingin sampaikan.

Kalau istri tetap tidak mau dan tetap bersikeras untuk pindah, maka pindah ke tempat yang dekat dengan rumah ibu adalah langkah terbaik.
_____________________________




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..