Sunday, July 20, 2014

Lagu Ya Thoybah Sulis Hadad Alwi Syiah?


Lagu Ya Thoybah Sulis Hadad Alwi Syiah?
LAGU YA THOYBAH HADAD ALWI DAN SULIS ITU SYIAH?

Assalamualaikum.wr.wb.
Sebelumnya maaf pak ustad, saya mau tanya masalah lagu "ya Thoyab" (Ya Taiba) dari sulis / hadad alwi, yg katanya berbau SYIAH,.? masalahnya saya suka sekali dgn lagu-lagunya sulis/hadad alwi.

1. Saya kaget ketika buka link ini http://goo.gl/Hp8wJM Dan saya masih ragu pak ustad kalau lagu ya taybah berbau syiah, masalahnya "Habib syehk Assegaf" juga pernah menyanyikan lagu itu, apalagi setelah saya tau di blok itu yang menuliskan adalah orang wahabi. Benarkah berbau syiah pak?

2. Terus di dalam link itu juga saya baca ada tulisan yg tidak saya mengerti⇨ ( "Terlarang pula bila lafal bil (dari Yaa Robbi bil-Mushtofaa) itu dimaksudkan untuk sababiyah atau perantara, karena berarti menjadikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sudah wafat sebagai perantara (wasilah) kepada Allah. Itu terlarang. Karena hal itu termasuk ibadah. Sedang ibadah harus tauqifi, berdasarkan dalil. Karena tak ada dalilnya yang membolehkan, maka para sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak bertawassul dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau sudah wafat.") Maksutnya bagaimana pak ustadz?..mohon penjelasannya,!..

3. terus saya harus bagaimana pak kalau memang berbau syiah dikarenakan saya sudah terlalu suka dengan lagu-lagu sulis, apalagi stiap kali saya mendengarkan lagunya sulis serasa tenang & selalu teringat kebesaran Allah dan perjuangan Rasulullah. Dan selalu membuatku ingin mendekatkan diri kepada ALLAH, saya akan selalu menunggu balasan pak ustadz, terimakasih.
wassalamualaikum.wr.wb.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. LAGU YA THOYBAH HADAD ALWI DAN SULIS ITU SYIAH?
  2. IBU SUKA BICARA NYEPLOS PADA ISTRI
  3. UNDIAN BERHADIAH DI FACEBOOK
  4. KELUAR DARAH TIDAK BIASA: APAKAH DARAH HAID?
  5. BAGIAN WARIS ISTRI KEDUA
  6. PRIA GAY TAKUT TAK BISA BAHAGIAKAN CALON ISTRI
  7. MEMBIARKAN ANAK KUCING DI JALAN
  8. HUKUM NADZAR TANPA DIUCAPKAN
  9. PAPA SUKA SELINGKUH, MAMA INGIN CERAI
  10. TAKUT MENIKAH DENGAN PACAR KARENA WETON
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Salah satu ciri khas dari ajaran Syiah adalah menganggap Sahabat Ali bin Abi Thalib sebagai sosok spesial melebihi tiga Khalifah sebelumnya yaitu Abu Bakar, Umar dan Usman. Dan menganggap dua putranya dan sekaligus cucu Nabi Hasan dan Husein sebagai sosok yang tak kalah spesialnya.

Dalam lagu Ya Thoybah atau Ya Thoibah, memang berisi pujian pada Sahabat Ali Bin Thalib, Hasan, dan Husein. Kalau dikatakan lagu tersebut mengandung unsur syiah, bisa jadi iya karena unsur pemujaan pada Ali bin Tholib dan kedua putranya sangat kental. Pujian pada Nabi Muhammad justru sedikit dan berada di akhir lirik. Tentang Syiah, lihat: Aliran Syiah

Berikut lirik dan terjemahan lagu Ya Thoybah oleh Hadad Alwi dan Sulis

Teks Arab:

يَا طَيْبَةْ
يَا طَيْبَة يَا طَيْبَة يَا دَوَالْعيَا نَا
اِشْتَقْنَا لِكْ وَالْهَوَى نَدَانَا، وَالْهَوَى نَدَانَا

يَا عَلِىَّ ابْنَ اَ بِى طَا لِبْ
مِنْكُمُ مَصْدَرُ المَوَا هِبْ
يَا تُرَ ى هَلْ ءُرَى لِى حَاجِبْ
عِنْدُكُمْ اَفضَلُل الغِلمَاَنَ اَفضَلُل الغِلمَاَ نَ

اَسْيَادِي الْحَسَنْ وَالحُسيْنِ
اِلَى النَّبِيِ قُرَّ ةْ عَيْنِ
يَا شَبَا بَ الجَنَّتَيْنِ
جَدُّكُمْ صَا حِبُ القُرْ آنَ صَا حِبُ القُرْ آنَ

Teks latin:

Yaa thoybah,
yaa thoybah yaa dawal 'ayaana
isytaqnaalik wal hawa nadaana wal hawa nadaana

Yaa Ali yabna Abi Thalib
minkumu mashdarul mawaahib
Yaa turo hal uro lii haajib
indakum afdholul ghilmaana afdholul ghilmaana

Asyaadil Hasan wal Husaini
ilannaibiyyi qurrot-'aini
Yaa syabaabal jannataini
jaddukum shoohibul qur'anashoohibul qur'ana

TERJEMAHAN YA THAIBAH (SANG PENAWAR)

Wahai sang penawar derita
kami merindukanmu
wahai sang penawar

Wahai Ali putera Abi Tholib
darimulah sumber keutamaan
aduhai,mungkinkah aku,(mendapatkan petunjukmu)
sementara tirai menghalangiku
sedang disisimulah sebaik-baik tempat pengabdian

Wahai Al-Hasan dan Al-Husain
Cahaya mata Rasul Alloh
Wahai penghulu pemuda sorga
kakekmu penyampai firman Alloh,Al-qur'an

2. Tawassul pada Nabi saat kita berdoa pada Allah itu dibolehkan menurut mayoritas ulama. Sebagaimana bolehnya tawassul dengan amal shalih kita. Contoh tawassul pada Nabi "Ya Allah aku bertawassul kepada-Mu melalui Nabi-Mu Muhammmad". Contoh tawassul melalui amal baik kita: "Ya Allah aku bertawassul kepada-Mu melalui amal baikku" dst. Lebih detail: Hukum Tawassul dalam Islam

3. Tidak ada salahnya memuji Ali, Hasan dan Husein. Sebagaimana bolehnya kita memuji para ulama dan orang soleh. Yang penting posisikan mereka secara proporsional. Ali adalah Sahabat, sepupu, dan menantu Nabi. Ia juga dikenal sebagai sosok yang memiliki keilmuan mendalam. Sedangkan Hasan dan Husain adalah Sahabat dan cucu Rasulullah yang juga berhak untuk dipuji. Kita juga hendaknya tidak lupa untuk memuji dan mengidolakan para Sahabat yang lain seperti Abu Bakar, Umar, Usman, Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud, dll. Dan itu semua tidak keluar dari paham Ahlussunnah Wal Jamaah

________________________


IBU SUKA BICARA NYEPLOS PADA ISTRI

assalamuallikum... gini pak ustad saya ingin mintak solusi... ibu saya itu orngya kalau ngomong suka eggak di fikir dua kali kalau ngomong ma istri saya suka nyinggung perasan istri saya. suatu hari istri saya beli buah untuk buka puasa terus di letakan di lemari. tapi buah itu di makan semut. trus ibu saya bilang, kalau beli buah jangan disembuyikan dari orng tua.

1. saya mintak solusi

JAWABAN

1. Ibu adalah manusia dan manusia itu bawaannya ada yang lembut, bijaksana, tapi ada juga yang cerewet. Ibu anda termasuk kelompok yang terakhir. Kendati demikian terlepas dari kekurangannya itu, Islam tetap meminta seorang muslim untuk menghormati orang tua. Oleh karena itu, ada baiknya anda berdua sabar menghadapi tingkah ibu anda yang kurang ideal. Pada waktu yang sama, usahakan anda meminta bantuan orang tua yang bijaksana dan dekat dengan ibu untuk menasihati ibu agar tidak lagi mudah mengeluarkan pernyataan yang dapat merusak suasana. Baca juga: Hukum Berbakti pada Orang Tua

________________________


UNDIAN BERHADIAH DI FACEBOOK

Assalamu'alaikum ustadz, saya mau tanya apa hukumnya dalam islam mengikuti kuis di facebook dari perusahaan tertentu. Yaitu dari sekian banyak orang yang melike fanspage facebook perusahaan tsb maka akan di acak 2 orang yg beruntung sebegai pemenang undian tiap bulannya untuk mendapatkan hadiah smartphone tanpa menjawab pertanyaan apapun. Terima
kasih. Wassalam.

JAWABAN

1. Kalau anda tidak mengeluarkan dana apapun dalam mengikuti undian tersebut, maka hukumnya boleh. Itu bukan judi. Beda halnya kalau mengeluarkan sejumlah uang untuk ikut berpartisipasi, karena kalau demikian, maka undian ini mengandung unsur tipuan, ketidakpastian (gharar) dan judi yang dilarang.

________________________


KELUAR DARAH TIDAK BIASA: APAKAH DARAH HAID?

Assalamu'alaikum wr.wb,

Maaf pak ustad saya mau tanya berkenaan dengan darah haid.bMenurut yang saya tahu darah haid itu keluar minimal 24 jam yang diawali dengan warna darah : kehitam-hitaman, merah, merah muda, kuning, keruh, sedangkan sifatnya : kental, berbau, kental berbau, encer tidak berbau.

Saya ada masalah waktu beberapa hari yang lalu (jum'at pagi) pada celana dalam saya ada berwarna keruh tapi hanya segaris tipis, saya mengira mungkin mau haid tapi saya harus menunggu sampai beberpa jam apakah keluar lagi atau tidak, tapi ternyata tidak keluar lagi, sehingga saya menyimpulkan itu mungkin keputihan, saya tetap sholat dan melanjutkan puasa, tapi selang sehari (sabtu sore) ada lagi dengan kondisi yang sama.
Dan ternyata hari selasanya saya keluar haid seperti haid normal ( darahnya banyak ).

1. Sekarang saya jadi kepikiran, apakah waktu hari jum'at dan sabtu itu termasuk haid ? karena kalau dari kebiasaan waktu hari tersebut memang sudah waktunya haid dan disertai dengan pegel2 seperti haid, tapi kadang-kadang mundur juga satu-tiga harian. sebagai informasi kebiasaan haid saya 4-5 hari setiap bulannya.

terima kasih atas jawabannya.
Wasslamu'alaikum wr.wb

JAWABAN

1. Yang hari Jumat termasuk darah haid. Lihat: Wanita dan Darah Haid

________________________


BAGIAN WARIS ISTRI KEDUA

Assalamaualaikun p.ustad. mohon dijawab.
seorang laki2 wafat meninggalkan 7 orang anak laki dan 2 orang anak perempuan serta seorang istri kedua yang tidak mempunyai anak.

1. Berapa basar pembagian istri kedua tersebut tanpa anak.
2. jika kemudian istri kedua yg tidak punya anak, wafat dan sudah tidak memiliki ibu, bapak, kakak, adik lagi. Kemana bagiannya harus diberikan?
Terima kasih atas jawabannya.
Wassalam.

JAWABAN

1. Istri kedua mendapatkan bagian warisan 1/8 (seperdelapan)
2. Kalau tidak punya kerabat non-ahli waris yang disebut dg dzawil arham seperti paman, keponakan, dll.

Lihat detail:

- Dalil Dzawil Arham (Kerabat non ahli waris) dapat Warisan
- Dzawil Arham (kerabat non ahli waris)
- Pewaris Belum Menikah dan Tidak Ada Ahli Waris
________________________


PRIA GAY TAKUT TAK BISA BAHAGIAKAN CALON ISTRI

Assalamualaikum pa ustad saya K 25 thun dan saya laki2, saya mau konsultasi soal penyakit saya, dri kecil saya sdah mengidap penyakit menyukai sesama jenis saya bahkan di saat dewasa saya mulai berani mlakukan hubungan intim dngan ssma jnis saya tpi stlah mlkukan hbngan itu saya suka mrsa mnyesal bhkan saya smpai mnangis dan pnyakit ini sampai berlanjut smpai skrg di saat saya mau menikah dengan wanita pilihan saya dia baik dan soleh tpi saya tkut kalo saya tidak bisa mmbhagiakan istri saya nnti stlah mnikah krna jjr saya sdkit pun tdak mencintai dia krna saya lbih mncintai seorang laki2

1. bagaimana cara nya saya untuk smbuh pa ustad saya ingin mersakan indah nya mncintai seorang wanita bukan seorang laki2 dan saya juga takut allah melakhnat saya karna saya tidak bisa membhagiakan istri saya setlah menikah karna saya seorang gay....

trima kasih pa ustad saya mhon solusi nya yg terbaik dari saya wassalam mualaikum

JAWABAN

1. Menurut penelitian, gay atau homoseksual bukanlah genetika atau bawaan lahir. Ia adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Maka kalau anda betul-betul ingin sembuh, insyaAllah Allah akan memberi jalan. Yang jelas, hindari perilaku haram antara sesama jenis. Lebih detail lihat: Cara Mengatasi Penyakit Homoseksual

________________________


MEMBIARKAN ANAK KUCING DI JALAN

Assalamualaikum Wr. Wb,

Begini, saya kerap menemukan binatang terutama anak kucing dijalan, dan sering menemukan mereka dalam keadaan sendirian kalau tidak dibuang. Saya merasa bersalah karena penjaga kosan saya tidak suka kucing, dan saya sendiri sibuk dengan kegiatan kuliah dan penulisan, sementara saya yakin saya bisa memberikan perubahan kondisi terhadap satu nyawa makhluk Allah jika saja saya mengambil mereka.

Pertanyaan saya,
1. apakah saya berdosa?
2. Apakah saya harus membiarkan mereka?
3. Bagaimana Islam memandang ini?

Terimakash atas perhatiannya,
Wassalamualaikum, wr. wb.

JAWABAN

Ada sebuah hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim di mana bersabda:

عُذّبت امرأة في هرّة ، سجنتها حتى ماتت ، فدخلت فيها النار ؛ لا هي أطعمتها ، ولا سقتها إذ حبستها ، ولا هي تركتها تأكل من خشاش الأرض

Artinya: Seorang wanita disiksa (di akhirat) karena telah menahan kucing sampai mati tanpa diberi makan dan minum dan tidak dilepas agar supaya mencari makan sendiri dari jalanan.

Dalam hadits di atas pesan terpenting adalah (a) agar seorang muslim memperlakukan hewan, termasuk kucing, dengan baik. (b) boleh memelihara kucing asalkan diberi makan dan minum dengan cukup; (c) kalau sekiranya tidak mampu memberi makan dan minum dengan baik, maka lebih baik dilepas.

Menjawabab pertanyaan anda:
1. Tidak berdosa. Biarkan kucing itu di jalan, mereka sudah tahu cara mencari makan.
2. Iya. Biarkan saja. Tapi kalau memelihara, pastikan anda memeliharanya dg baik.
3. Lihat hadits di atas.

________________________


HUKUM NADZAR TANPA DIUCAPKAN

assalamualaikum pak ustad saya cholik setiawan pak ustad saya mau bertanya saya prnah bernazar di hati "saya akan berangkatkan haji dia" tapi hal tersebut tidak saya ucapkan di lisan sepatah katapun tapi saya cuma membuang napas di tenggorokan yang ber bunyi "hem" saja saat bernazar sambil berpikir tentang nazar saya.

yang saya tanyakan
1. apakah nazar itu sah.sekian pak ustad mohon pencerahanya pak karna saya sangat tertekan dengan hal ini,mohon di jawab segera pak,wassalamualaikum warohmatulohi wabarokatuh

JAWABAN

1. Salah satu syarat sahnya nadzar adalah adanya shighat atau ucapan yang keluar dari lisan kita. Nadaar yang masih dalam hati tidak dianggap nadzar dan karena itu tidak perlu ditunaikan. Lebih detail: Nadzar dalam Islam

________________________


PAPA SUKA SELINGKUH, MAMA INGIN CERAI

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pak ustadz, saya mau bertanya. Saya anak ke-2 dari tiga bersaudara. Saya sedang mengalami masalah keluarga. Selama bertahun-tahun orang tua saya membangun rumah tangga, papa saya selalu menghianati mama. Papa saya sering ketahuan berselingkuh dengan wanita lain pak ustadz.. Mama saya sudah sering meminta cerai karna kejadian itu. Tapi papa saya selalu menolak dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi. Mama pun berusaha mempercayai papa. Tapi nyatanya, papa masih saja melakukannya.

Sekarang ini pak ustadz, papa saya pun masih berselingkuh dengan seorang wanita. Bahkan, papa saya sampai memiliki anak dengan wanita tsb. Diam diam dibelakang kami, setiap hari minggu, papa selalu mengunjungi mereka, tapi kami, terlebih saya, sebenarnya sudah lama mengetahui hal tsb. Sampai sekarang hal tsb masih berlangsung, tapi anehnya papa tetap ngotot tidak mau bercerai dengan mama. Padahal mama sudah tidak kuat lagi menghadapi kelakuan papa.

Lalu pak ustadz, dalam islam,
1. sebagai seorang anak, apa yang harusnya saya lakukan?
2. Apa saya harus terus berusaha membantu mama untuk mencari tau siapa wanita itu dan mendukung perceraian mereka, atau saya harus berdiam diri saja?

Karna sejujurnya bukan hanya mama, saya pun sudah tidak kuat lagi menghadapi ini semua. Di usia saya yang masih remaja ini saya sering mendengar mereka bertengkar, sakit hati saya mengetahui papa saya sendiri berselingkuh hingga memiliki keturunan lain diluar sana..

Mohon bantuannya pak ustadz..

JAWABAN

1. Ayah dan ibu adalah sosok yang dihormati anak. Namun demikian, apabila salah satu dari mereka menyakiti yang lain, maka sebaiknya anak membantu yang dizalimi yaitu ibu. Bentuk bantuannya tentunya yang sekiranya membuat ibu terlepas dari masalah yang dihadapi.

2. Kalau memang mama anda ingin bercerai dengan papa, maka membantu mama agar segera dapat merealisir keinginannya adalah cara terbaik. Kalau mencari tahu siapa wanita itu dapat mempercepat proses perceraian, maka anda dapat melakukan itu. Pada waktu yang sama, anda tetap harus respek pada ayah, bagaimanapun dia adalah ayah anda tanpa dia anda tidak akan pernah eksis di dunia ini. Baca juga: Hukum Berbakti pada Orang Tua
________________________


TAKUT MENIKAH DENGAN PACAR KARENA WETON

assalamualaikum,
Saya seorang wanita disini saya mau minta solusi atas pertanyaan saya. Saya memiliki seorang kekasih kita berdua punya niatan untuk menikah. namun ada halangan dari pihak laki- laki karena jumlah weton kami sama dengan jumlah weton orang tua dari pihak laki-laki konon katanya kalo kita teruskan hubungan ini akan mengakibatkan kematian diantara kami semua.

1. sebenarnya saya kurang mempercayai hal tersebut namun pacar saya yang takut. mohon untuk solusinya.

sebelumnya saya ucapkan terima kasih.mohon untuk tidak dishare di jejaring sosial.saya mohon untuk jawabannya.Terima kasih

JAWABAN

1. Mempercayai hitungan weton bukan hanya tidak logis, tapi juga dosa besar. Ramalan berdasarkan weton adalah tradisi yang hanya ada di Jawa, dan tidak ada di suku manapun. Itu artinya, ramalan tersebut sifatnya hanya mitos dan kebenarannya sangat diragukan. Sementara itu, ajaran Islam jelas-jelas mengharamkan kepercayaan pada ramalan karena itu pertanda orang tersebut lemah imannya karena lebih percaya hitungan daripada Allah. Lihat detail: Hukum Percaya Ramalan dalam Islam




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..