Saturday, July 05, 2014

Mengapa NU Tidak Suka Wahabi?


Mengapa Nu Tidak Suka Wahabi?
MENGAPA NU TIDAK SUKA WAHABI?

Assalamualaikum. Ustadz. Saya mau byk tanya bolehkan?
Ana mau tanya
1. NU koq begitu alergi dg wahabi. Pdhal mereka cuma kumpulan mahasiswa UIM. Saya jg salut pd mereka yg blak2an tentang agama. Dari A sampe Z. Sayangnya saya kenal UIM malah sekarang gak dulu2 amat mungkin jika kenal saya bisa blajar di sana.
2. Ttg tahlilan imam sayaafi'i rahimahullah dan ulama pengikutnya membantah adanya acara tsb. Yg paling kentara di ianatut thalibin juz 2. Yg oleh NU dijadikan bahatsul matsail 1926. Bagaimana katanya kembali ke khittah? Koq malah melenceng jauh? Malah gak tahlilan di sebut wahabi. Malah NU duluan yg memutuskannya bukan orang2 UIM yg NU sebut Wahabi.
3. Ustad saya muak dg orang2 tharekat. Mereka merusak aqidah kita. Dan melakukan pembohongan menurut saya mentah2. Bagaimana mungkin nabi kita shallalahu alaihi wa sallam bisa hadir didunia? Pdhal beliau sholatu alaihi wa sallam sudah di alam qubur drajat yg tertinggi,hadir di dunia? Kenapa tdk ada yg mau mengeditnya?
Itu saja dulu. Jazakumullh atas jawabannya.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. MENGAPA NU TIDAK SUKA WAHABI?
  2. SIAPA BAPAK DARI ANAK ZINA?
  3. SELALU MENGULANGI DOSA SETELAH TOBAT
  4. AGAR ISTRI MUALAF KUAT IMANNYA
  5. MENIKAH DENGAN PEREMPUAN PERNAH BERZINA
  6. HAK WARIS UNTUK IBU TIRI
  7. BACAAN SURAT DI SHLAT DHUHA
  8. INGIN NIKAH SIRI DENGAN PACAR
  9. MENYETEL QURAN DARI LAPTOP
  10. SELALU KEKURANGAN EKONOMI
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. NU tidak alergi pada Wahabi. NU hanya mengeritik beberapa sikap pengikutnya yang radikal dan intoleran, sebagaimana kelompok Wahabi mengeritik NU. Saling kritik dibenarkan baik dalam Islam maupun dalam tata cara etika universal. Yang kami lihat anti kritik justru kalangan Wahabi yang selalu memberi label buruk pada setiap orang yang mengeritiknya sebagai Syiah Rafidhah, kafir, syirik, dan lain-lain. Lihat: Ciri Khas Wahabi Salafi

2. Tahlil hanyalah masalah furuiyah yang dibesar-besarkan oleh kalangan Wahabi yang umumnya memang kurang toleran pada kelompok lain di luar dirinya. Orang mau tahlil atau tidak itu bagian dari hak setiap individu muslim yang semestinya tidak perlu dihebohkan. Kalau NU tidak meributkan Wahabi yang tidak tahlil, mengapa Wahabi heboh melihat NU yang melakukan tahlilan? Lihat: Hukum Tahlilan

3. Tidak perlu muak pada orang tarekat atau pada siapapun. Karena sikap muak adalah salah satu sifat tidak islami. Dan dalam etika universal merupakan sifat yang buruk. Ironis, orang yang mengaku lebih Islam justru bersikap tidak islami. Kalau anda kurang setuju dengan perilaku yang dilakukan sesama muslim, maka usahakan mengeritiknya dengan kritikan yang faktual dan ilmiah tanpa melibatkan umpatan atau cacian. Itulah seharusnya sikap dan perilaku seorang muslim yang saleh.

________________________


SIAPA BAPAK DARI ANAK ZINA?

assalamualaikum pak ustadz,

perkenalkan nama saya N, dalam waktu dekat ini saya mempunyai rencana menikah. Yang menjadi ganjalan dalam hati saya adalah persoalan orang tua saya. Sekedar info ustad, saya adalah anak dari MBA (Married By Accident).

1. Yang saya ingin tanyakan adalah siapa yang berhak untuk menikahkan saya? Ayah kandung saya ataukah Wali Hakim?

2. dan siapa yg menjadi nama binti yg saya pakai saat saya menikah? Karena ayah kandung saya tidak mau mengakui saya..apalagi menikahkan saya.. karena ibu dan beliau tidak pernah menikah tp masing2 menikah dgn org lain...saya bingung sekali dalam masalah ini ustad..mohon penjelasannya

Terima kasih..
Wassalam,

JAWABAN

1. Anak zina dikawinkan oleh wali hakim. Yaitu petugas KUA tempat kedua mempelai mendaftarkan perkawinannya. Karena bapak biologis di luar nikah tidak diakui sebagai bapak secara syariah. Lihat detail: Wali Nikah anak zina

2. Secara syariah, anak zina binti-nya kepada ibunya. Namun kalau anda kuatir memakai binti nama ibu dapat membuka aib keluarga, maka bisa saja anda memakai nama yang ada di kartu keluarga anda walaupun itu bukan ayah kandung anda atau tidak memakai sama sekali. Nama orang tua tidak begitu prinsip dalam soal pernikahan yang terpenting sosok orangnya yang akan menikah itu jelas yaitu anda. Lihat: Pernikahan dengan Identitas Palsu

________________________


SELALU MENGULANGI DOSA SETELAH TOBAT

Assalamualaikum Wr Wb
ustad saya melakukan kesalahan berulang ulang .. saya punya penyakit sosial. setiap kali saya melakukan kesalahan tersebut saya langsung menyesal dan mempunyai niat untuk bertobat.. namun nafsu saya tak terkendali.. saya selalu melakukan dosa yg sama.. 1. harus bagaimanakah saya ustad.. saya bingung.
mohon bantuannya terima kasih. wasalamualaikum wr wb

JAWABAN

1. Orang yang memiliki syahwat tinggi diwajibkan untuk menikah agar dapat menjaga syahwatnya dari melakukan perbuatan haram yaitu zina. Selain itu, dekatlah dengan orang-orang yang baik dan lingkungan yang baik dan agamis. Orang yang baik pun akan bisa rusak karena lingkungan yang tidak kondusif apalagi orang yang punya kecenderungan rusak. Baca: Cara Taubat Nasuha

________________________


AGAR ISTRI MUALAF KUAT IMANNYA

Asalamualaikum
Ustad saya mau tanya
1. doa apa untuk mendoakan istri yg mualaf supaya imannya tetap kuat iman islam dan keyakinannya terhadap Allah kuat, karna saya sementara ini hidup terpisah karna kerjaan , afuan terima kasih sebelumnya, wasalam.

JAWABAN

1. Membiarkan diri anda berpisah dengan istri sangat riskan dan berpotensi terjadinya selingkuh kalau tidak dipihak dia mungkin di pihak anda. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau anda dapat selalu bersama dia. Ajak dia kemanapun dan di manapun anda bekerja. Bukankah tujuan bekerja itu demi kebahagiaan keluarga?

Sedangkan doa itu hanya bagian kecil dari kesuksesan. Bagian terbesarnya adalah usaha nyata. Usaha memperkuat iman dan kesetiaan seorang istri meliputi (a) pemenuhan nafkah lahir dan batin; (b) kebersamaan yang nyaman dan damai; (c) doa.

Berikut doa untuk penguat iman:
اللَّهُمَّ إني أسألك الصحة والعفة والأمانة وحسن الخلق والرضا بالقدر . اللَّهُمَّ إني أسألك العفو والعافية في ديني ودنياي وأهلي ومالي . اللَّهُمَّ إني أسألك الفوز عند القضاء ونزل الشهداء وعيش السعداء ومرافقة الأنبياء والنصر على الأعداء. اللَّهُمَّ إني أسألك المعافاة والعافية في الدنيا والآخرة . اللَّهُمَّ إني أسألك النعيم المقيم الذي لا يحول ولا يزول. اللَّهُمَّ إني أسألك النعيم يوم القيامة والأمن يوم الخوف . اللَّهُمَّ إني أسألك الهدى والتقى والعفاف والغنى . اللَّهُمَّ إني أسألك برحمتك التي وسعت كل شيء أن تغفر لي . اللَّهُمَّ إني أسألك تعجيل عافيتك أو صبرا على بليتك أو خروجا من الدنيا إلى رحمتك. اللَّهُمَّ إني أسألك خلاصًا من النار سالمًا وأدخلني الجنة آمنًا.

________________________


MENIKAH DENGAN PEREMPUAN PERNAH BERZINA

Assalamu a'laikum . . .

Pa Ustadz, insya Allah saya punya calon pasangan. Tapi saya merasa sakit hati, karna mantan calon saya mengatakan bahwa dia sudah melakukan hubungan intim dg calon saya. Dan dia bilang, bahwa calon saya haram di nikahi oleh pria manapun, selain dia. Tapi saya cinta dg calon saya.

1. Menurut Pa Ustadz, apakah saya boleh melanjutkan hubungan dg calon saya, atau memang tidak boleh. Mohon Pendapatnya.

Terima kasih banyak,
Assalamu a'laikum wr. wb

JAWABAN

1. Hukumnya boleh menikah dengan wanita yang sudah pernah berzina dengan pria lain. Lihat detail dan dalilnya: Hukum Menikah dengan Wanita Tidak Perawan (Pernah berzina)

________________________


HAK WARIS UNTUK IBU TIRI

Saya K (perempuan) dr Surabaya. Saya adalah anak tunggal dan sudah lama merawat dan hidup hanya berdua dengan bapak saya ( ibu sudah meninggal ).

Suatu ketika bapak saya memutuskan untuk menikah lagi. Dari pernikahan tersebut, tidak di karuniai anak hingga bapak saya meninggal dunia.

1. Pertanyaan saya, bagaimana masalah pembagian waris (berupa sebuah rumah ) terhadap ibu tiri saya? Mengingat rumah tsb bukan hasil / harta bersama ibu tiri saya. Saya mohon arahannya.
Terima kasih.


JAWABAN

1. Ibu tiri anda sebagai istri yang ditinggal mati suami berhak mendapat warisan sebesar 1/8 (seperdelapan) dari seluruh harta peninggalan almarhum. Sedangkan anda sebagai anak perempuan tunggal mendapat 1/2 (setengah) harta waris. Sisanya diberikan pada ahli waris lain seperti saudara almarhum dll. Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam

________________________


BACAAN SURAT DI SHLAT DHUHA

Assalamualaikum wr wb
Saya mau lebih banyak tahu tentang sholat dhuha,
1. apakah dalam salat dhuha di haruskan membaca surat asy-syamsu dan adh-dhuha ataukah boleh diganti dengan bacaan surat yang lainnya?
terimakasih wassalamualaikum wr wb

JAWABAN

1. Bacaan Surat selain Al-Fatihah dalam shalat Dhuha itu hukumnya sunnah. Hanya Surah Al-Fatihah yang wajib. Jadi, bisa membaca kedua surat asy-syamsu dan adh-dhuha, atau Al-Kafirun dan Al-Ahad atau yang lain. Lebih detail: Panduan Shalat Dhuha

________________________


INGIN NIKAH SIRI DENGAN PACAR

Assalamualaikum
Ustad begini, saya orang yang mempunyai libido yang besar. Saya juga punya pacar, tp saya suka khawatir dengan hal-hal perzinahan. Saya takut hal itu merusak masa depan dan ahlak saya. Jujur saja, saya suka bilang pada pacar saya untuk nikah siri untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Saya dan pacar saya saling mencintai hanya saja saya merasa beban kalau saya dilarang dekat dengan orang lain (lawan jenis) oleh pacar saya, kadang saya juga ngerasa seperti mengkhianati dia. Saya belum bertemu dengan orang tua pacar saya, karena saya malu saya masih mahasiswa dan belum berpenghasilan. Walau saya punya niatan yang serius tp itu saya rasa jadi kendala. Saya pengen sekali berbicara ke orang tuanya untuk membicarakan nikah siri, sedang ibu saya menyerahkan hal ini kepada saya. Kalau seandainya tidak diizinkan saya fikir akan lebih baik putus dengan pacar saya walaupun berat saya ingin selamat dunia dan akhirat.

1. Bagaimana menurut ustad?

JAWABAN

1. Itu komitmen yang baik dari anda. Lebih baik kalau anda merasa menyukai seseorang dan dia menyukai anda, maka usahakan untuk menikah. Agar semuanya menjadi halal. Karena bukan hanya zina-nya yang haram, tapi kebersamaan anda secara fisik dengan dia kemana-mana itu juga haram. Perkara apakah nikah siri atau resmi, itu tidak jadi soal. Silahkan dibahas dengan orang tuanya. Saya yakin kalau orangtuanya orang yang agamis, pasti dia akan menyetujui niatan anda untuk menikahi dia segera. Akan tetapi kalau orang tuanya tidak agamis, maka kemungkinan besar tidak akan setuju. Bagi golongan yang terakhir ini, menikah harus disertai kemampuan finansial dalam arti ada pekerjaan tetap. Bahwa kalau pacaran akan menimbulkan zina mereka tidak mempermasalahkan.

Sekali lagi, kami dukung niat baik anda untuk menikahi pacar anda atau putus sama sekali.

Baca juga:

- Pacaran dalam Islam
- Khalwat dalam Islam
- Dosa Besar dalam Islam

________________________



MENYETEL QURAN DARI LAPTOP

Assalamualaikum, ustad perkenalkan dulu nama saya ardhan asal probolinggo. di rumah saya sering menyetel murottal qur'an dari laptop utuk didengarkan,

1. pertanyaaan saya apa hukumnya jika menyetel murottal qur'an tetapi tidak ada yang mendengarkannya?
syukron..

JAWABAN

1. Menyetel audio yang memperdengarkan Al-Quran secara tartil adalah baik. Namun secara hukum asal tidak mendapat pahala. Yang berpahala kalau membaca Al-Quran secara langsung. Oleh karena itu, tidak mendengarkan suara Quran di laptop, atau di TV atau di tape, juga tidak apa-apa. Baca juga: Keutamaan Al-Quran

________________________


SELALU KEKURANGAN EKONOMI

assalamu alaikum...saya mau tanya..?
1. kenapa saya selalu kekurangan di bidang ekonomi padahal saya tiap hari sudah melakukan aktifitas/bekerja. kerjaan saya wiraswasta anak saya tiga. bisa di bilang besar pasak dari pada tiang..tolong beri pemasukan....!

JAWABAN

1. Kerja keras tidak selalu menghasilkan nilai materi yang banyak. Ada beberapa faktor yang membuat sebuah pekerjaan memiliki nilai finansial besar, antara lain (a) pekerjaan yang dilakukan punya nilai jual yang tinggi; (b) pelaku pekerjaan memiliki keahlian khusus di bidang tersebut.

Kalau anda sudah merasa rajin bekerja tapi masih kekurangan maka satu hal yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan pengeluaran anda dengan pemasukan yang didapat. Tanpa itu maka akan terjadi besar pasak daripada tiang.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..