Wednesday, January 28, 2015

Konsultasi Perkawinan


Konsultasi Perkawinan
KONSULTASI PERKAWINAN ISLAM

Konsultasi perkawinan, pernikahan meliputi masalah rumah tangga, pendidikan anak, konflik keluarga, dll menurut perspektif hukum syariah Islam, silahkan kirim via email ke: alkhoirot@gmail.com Kami tidak menerima konsultasi melalui media lain seperti facebook atau twitter.

INGIN MENIKAHI WANITA KRISTEN, ORANG TUA TAK SETUJU

assalamu alaikum ustdz. mhn maaf sblumnya, saya (laki-laki) seorng muslim. saya memiliki pacar seorng kristen. saya sngt sayang sama dia, walaupun menurut ulama/ agama pacaran itu hukumnya haram tapi bukan itu yg menjadi kendala. bahkan dia akan saya jadikan istri kelak, karena dia berkeyakinan ingin masuk islam. padahal dia orang yg mengerti agama, selalu d masjid, tetapi di lain sisi orang tua saya tidak bisa menerima dia walau dia masuk islam, padahal orang ,dengan alasan bikin malu keluarga,. apalah.,
1. kenapa orang tua saya tidak bisa mengerti kondisi ini., padahal dia ingin islam.,
2. dan orang tua saya juga kenapa melarang dia datang ke rumah. pokoknya kata orang tua saya jauhi dia. mana toleransi islam tentang keyakinan ini ustadz..,
3. apa yg harus saya lakukan.,
4. bagaimana cara menyakinkn orang tua saya,.
trima kasih ustadz.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. INGIN MENIKAHI WANITA KRISTEN, ORANG TUA TAK SETUJU
  2. ISTRI TIDAK TAAT, PERLUKAH BERCERAI?
  3. GADIS DISURUH PACARNYA BELAJAR DI PESANTREN
  4. HUKUM PERKAWINAN YANG TAK DIRESTUI ORANG TUA
  5. MANA LEBIH DOSA SELINGKUH DAN BERGOSIP
  6. GADIS TIDAK PERAWAN,APA HARUS JUJUR PADA CALON SUAMI?
  7. KELUARGA YANG MUDAH EMOSI
  8. IBU SELINGKUH, APA YANG HARUS DILAKUKAN ANAK?
  9. TKW HONGKONG TAK BOLEH SHALAT
  10. MENGIRIM SURAT AL-FATIHAH PADA YANG MENINGGAL DARI RUMAH
  11. MIMPI HANYA JADI PENONTON PERTUNJUKAN MEGAH
  12. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Seperti yang dibilang orang tua anda mereka merasa malu. Mungkin bukan malu pada calon istri yang hendak masuk Islam, tapi malu kalau punya besan non-muslim kecuali kalau calon besannya juga mau masuk Islam. Ini sebenarnya bukan soal agama, tapi lebih terkait ke masalah sosial kemasyarakatan. Bayangkan kalau dalam posisi menjadi orang tua lalu punya besan yang non-muslim: pasti akan menjadi bahan pembicaraan tetangga atau kerabat yang lain. Orang tua umumnya memikirkan soal besan ini terkadang lebih besar dari urusan sah tidaknya menurut agama.

2. Bukan soal toleransi, tapi biar hubungan anda berdua tidak semakin dekat. Mereka ingin anda berdua retak, dan putus. Pokoknya tidak ingin ada perkawinan antara anda berdua.

3. Kalau secara agama, tidak ada masalah anda menikah dengan wanita yang mau masuk Islam. Baik dengan restu orang tua atau tanpa restu mereka. Pernikahan tetap sah. Tapi masalahnya, apakah anda mau menikah tanpa restu orang tua, dan tanpa ada resepsi di rumah? Sekali lagi, ini lebih ke masalah sosial. Dan non agama.

4. Kalau memang anda bersikukuh menikah dengannya, minta bantuan sejumlah orang untuk meyakinkan orang tua anda. Baca juga: Ingin Menikah dengan Pria Muallaf Ibu Tidak Setuju

__________________________


ISTRI TIDAK TAAT, PERLUKAH BERCERAI?

Assalamualikum
Pak Ustadz, saya ingin mengajukan pertanyaan tentang kehidupan saya. Saya berusia 28 tahun, baru menikah 1,5 tahun dan baru dkaruniai seorang putri. Sejak awal pernikahan, kami kerap bertengkar karena kami berdua sama sama dekat dengan orangtua masing-masing, yang mengakibatkan kami masing masing saling mendahulukan kepentingan orangtua kami daripada mertua. Ibu mertua saya sering mengambil keputusan untuk rumah tanggga kami tanpa meminta pendapat terlebih dahulu kepada saya, dan pastinya istri saya akan menuruti semua perkataannya walau harus bertengkar dengan saya. Saya juga menilai istri saya kadang kadang melarang saya untuk membantu orangtua saya secara materi

Pada saat awal kelahiran anak saya (umur anak saya sekarang baru kurang 2 bulan), Ibu mertua saya terlalu ingin kalau kami (saya, istri dan anak saya) lebih dekat dengan dia, sehingga orangtua saya pun mengalah. Hal ini membuat saya bingung, dan kasihan kepada orangtua saya. Ada rasa kesal tetapi tidak saya ucapkan karena saya masih menganggap sebagai cobaan bagi saya. Mungkin mertua saya melihat perilaku saya dan dia marah besar kepada saya.

2 minggu lalu ibu kandung saya meninggal dunia. Saya ingin mengurus Bapak saya dan mengajak istri saya tinggal dirumah bapak saya (istri saya tidak bekerja), saya bilang karena yang wajib mengurus orangtua itu adalah anak laki laki nya, tetapi dia tidak mau. Saya benar-benar sakit hati terhadap perlakuan istri saya kepada orangtua saya.

1. Apa yang harus saya lakukan pak? Saya selalu ikthiar memberikan penjelasan tentang kedudukan suami dan istri dalam Islam. Saya juga selalu berdoa untuk solusi atas permasalahan ini. Saya dan istri sama sama ingin bercerai, tetapi saya masih memikirkan anak saya. Tetapi untuk diteruskan saya dan istri saya sudah benar benar tidak sanggup lagi

Mohon untuk diberikan solusinya menurut pandangan Islam

JAWABAN

1. Rumah tangga anda sebenarnya masih bisa diselamatkan dan dipertahankan karena kesalahan fatal tidak terletak pada anda berdua suami-istri tapi lebih pada ketidakbijakan orang tua istri. Namun sayangnya, anda terlalu mengikuti pada orang tua masing-masing sehingga mencapai tahap perbedaan yang tidak bisa direkonsiliasikan.

Kami anjurkan anda mencoba sekali lagi untuk mengajak istri bersatu kembali mungkin dengan cara kompromsi. Misalnya, membagi masa tinggal antara di rumah anda dan di rumah istri. Mungkin dalam sebulan 15:15 hari. Itupun kalau anda bersedia dan dia juga tidak keberatan.

Kalau ternyata anda berdua tidak bersedia dengan kesepakatan ini, maka cerai adalah jalan terakhir terbaik. Memang anak akan menjadi korban, namun kalau rumah tangga tetap dilanjutkan, maka yang menjadi korban bukan hanya suami-istri, tapi anak juga akan menjadi korban dan akan berdampak psikologis berat melihat orang tuanya selalu bertengkar. Sementara kalau bercerai, anak belum tentu tidak bahagia bersama calon bapak atau ibu tiri nantinya.

Adapun menceraikan istri yang tidak mau taat pada suami adalah boleh. Putra angkat Nabi sendiri yang bernama Zaid bin Haritsah menceraikan istrinya setelah 2 tahun pernikahan.

Baca detail: Cerai dalam Islam

__________________________



GADIS DISURUH PACARNYA BELAJAR DI PESANTREN

assalamua'laikum..
ustadz , begini saya (gadis) mengenal seorang lelaki, sudah lama mungkin sudah 2 tahun , dia itu pintar , baik , juga seorang santri, dan dari keluarga yg baik2. Insya allah sholeh, Jujur saya suka pd dia.tpi saya sering minder , karna dia dan keluarganya orangnya religius , dia senang kalo saya mesantren (masuk pesantren) dan saya sebenarnya juga pengen mondok, tapi keluarga ingin saya sekolah dulu .

1. Bagaimana caranya agar saya menjadi wanita yg sholeha?
2. Cara agar betah di pesantren gimana?
3. Mencari ilmu itu wajib, lalu ilmu apa yg wajib dicari apakah ilmu yg kita dapatkn disekolah???

#trimakasih.

JAWABAN

1. Untuk jadi wanita sholehah itu mudah teorinya yaitu ikuti semua perintah agama terutama yang wajib, dan jauhi semua larangan agama. Praktiknya sulit, dan karena itu perlu anda berada di suatu lingkungan yang baik. Salah satunya adalah pesantren. Lihat: Cara Memilih Pesantren

2. Cara agar betah di pesantren adalah masuk ke pesantren yang relatif baik fasilitasnya dan para santri yang lain ramah perilakunya serta anda berusaha untuk sabar pada masa-masa awal belajar. Karena, biasanya santri baru merasa tidak tahan pisah dengan orang tua. Setelah lewat 10 hari, biasanya santri akan betah dan bisa beradaptasi dengan suasana yang baru.

3. Ilmu yang wajib terutama adalah yang berkaitan dengan perintah agama seperti ilmu tentang shalat, ilmu tentang puasa Ramadhan, zakat, dan haji. Juga ilmu untuk mengetahui tentang apa saja yang haram menurut Islam.

__________________________


HUKUM PERKAWINAN YANG TAK DIRESTUI ORANG TUA

asalamualaikum pak ustad. maaf pak ustad saya mau tanya ini kakak saya (laki-laki) punya pacar dan mereka sudah pernah berhubungan intim tetapi belum menikah dan tidak sampai hamil. dan orang tua saya tidak setuju kalau mereka menikah dan meminta kakak laki laki saya untuk memutuskan pacarnya dan menikah dengan orang lain.
1, jalan terbaiknya seperti apa ya pak ustad.
terima kasih wasalam

JAWABAN


1. Keduanya telah melakukan dosa besar zina dan mereka hendaknya melakukan taubat nasuha. Lihat: Cara Taubat Nasuha.
2. Keputusan orang tua itu hak mereka. Kakak anda bisa setuju atau bisa saja tidak setuju dan tetap menikahi pacarnya itu. Secara syariah, pernikahan seorang laki-laki tidak tergantung pada persetujuan kedua orang tua.
3. Idealnya keduanya menikah. Tapi kalau orang tua tidak setuju sedangkan kakak anda belum mandiri finansial, sebaiknya mengikuti aja saran orang tua yakni menikah dengan wanita lain. Baca juga: Perkawinan Islam

__________________________


MANA LEBIH DOSA SELINGKUH DAN BERGOSIP

Assalamu'alaikum wr. wb.
malam ustad. saya ingin bertanya dan bercerita ustad. saya seorang wanita bersuami saat ini sedang menjalin hubungan dengan pria beristri. berkali2 saya berusaha pergi darinya karena saya tau perbuatan kami dosa. tapi saya selalu tdk berhasil. terakhir kemarin. pria itu mengajak saya pergi berdua saja.dan saya tau ujungnya dia akan meminta kami melakukan ml (making love, zina – red). saya menolaknya dengan alasan dosa.
1. tapi dia berpendapat kalau dosa nonton gosip lebih besar daripada melakukan itu. apa benar ustad?
2. saya ingin benar2 pergi darinya. tapi sampai saat ini masih sangat sulit.
terima kasih

JAWABAN

1. Itu pendapat tidak benar dan ngawur. Zina jelas dosa yang jauh lebih besar daripada nonton gosip. Lihat: Daftar Dosa Besar

2. Mengapa sulit? Apa anda berdua berada di satu kantor? Kalau iya, maka mintalah pindah kantor kalau bisa. Atau berhenti dari pekerjaan kalau kerja di swasta. Kalau tidak sekantor, maka putuskan hubungan komunikasi dalam bentuk apapun dengan dia terutama internet dan ponsel. Itu semua tergantung niat dari anda sebenarnya. Baca juga: Menyikapi Suami Istri Selingkuh

__________________________


GADIS TIDAK PERAWAN,APA HARUS JUJUR PADA CALON SUAMI?

1. Kalo saya sudah di pertemukan. Apa saya harus Jujur kalo saya sudah tidak prawan pak.

JAWABAN

1. Tidak usah memberitahu kecuali kalau anda ditanya. Karena lakip-laki sulit menerima kenyataan calon istrinya itu tidak perawan. Lihat: Wanita Tidak Perawan Apa Bisa Diterima Calon Suami?
__________________________


KELUARGA YANG MUDAH EMOSI

Assalamu'alaikum

Saya seorang perempuan berumur 19 tahun, semasa kecil saya sering mendapat perlakuan kasar dari Ayah saya ketika saya salah. contoh kecil ( kelas 1 SD )saya pernah lamban saat berganti pakaian seragam untuk berangkat ke sekolah sehingga Ayah saya kesal dan menendang kaki saya (posisi jongkok), kaki saya mngenai hidung saya hingga mimisan. Ibu saya tidak mngetahuinya karena sedang ke pasar.

Yang saya tanyakan, baru saja pagi ini akan ada acara halal bihalal di kampung, Ibu saya memakai kerudung pasmina yg ingin dimodel-model, saya teringat pernah berbincang dengan tetangga dan mengatakan ibu saya seperti penyanyi dangdut kalau dandan (semasa saya kecil) karena teringat ucapan tetangga di masa kecil, saya menegur ibu saya, awalnya bukan saya yg menegur, tetapi adik saya, saya hanya meneruskan teguran adik saya, dalam benak saya tidak mau tetangga mengecap hal yg tidak saya inginkan, namun ibu saya malah marah2 kepada saya, dikeluarga saya semua orangnya emosian, terutama kasar dalam kata-kata, termasuk saya, saya terpancing emosi, dan suara saya terbiasa keras, namun tujuan saya tidak ingin ibu saya itu di gosipin mirip penyanyi dangdut,, saya tidak mengatakan itu saya hanya mengatakan kalau itu (gaya kerudung) tidak bagus, lebih baik biasa aja, dengan senyuman namun agak lantang, ibu malah marah2 saya ikut emosi dan saya teriak2 AAAKHH aKKHHH !! keras karena merasa tertekan, ibu saya bilang, kamu itu salah marah teriak2... lalu ibu menangis dan mngetakan "punya anak pada asal ngomong, gak suka lihat ibunya tampil bagus" sering kali saya menasehati ibu saya demi kebaikan, tetapi berujung emosian,

1. mohon bimbingannya, saya sadar hal ini tidak baik dan berdosa, namun terkadang emosi sulit sekali ditahan ketika dikeluarga karena sama-sama emosi,

saya harus bagaimana?
terimakasih
wassalamu'alaikum wr wb

JAWABAN

1. Anda adalah putri yang baik yang peduli pada orang tua yang salah. Cara anda yang menasihati ibu secara langsung memang tidak pas dan kurang etis, tapi mungkin itu disebabkan oleh masa lalu anda yang sering dikasari ayah.

Hal yang perlu anda lakukan ke depannya adalah melakukan evaluasi dalam cara-cara anda mengingatkan ibu. Kalau kesulitan memakai cara yang halus secara lisan, lakukan hal itu dengan melalui tulisan, misalnya melalui sms atau surat tertulis. Cara ini biasanya tidak terlalu menyakiti ibu dan beliau mungkin bisa lebih lama berfikir untuk menyimak. Terlepas dari itu, anda tetap harus mempunyai rasa dan sikap respek pada ibu. Bagaimanapun tanpa dia, anda tidak ada. Dan ingat juga bagaimana dia merawat dan melindungi anda sampai bisa seperti sekarang. Lihat: Berbakti pada Orang Tua menurut Islam
__________________________


IBU SELINGKUH, APA YANG HARUS DILAKUKAN ANAK?

Assalamu'alaikum ustadz, saya Nur, saya ingin curhat ustadz, saya memiliki keluarga ustadz. Selama ini Ayah dan Ibu saya bisa dibilang rajin beribadah, namun ustadz akhir akhir ini Ibu saya dekat dengan laki-laki lain melalui sms dan telpon. Laki laki tersebut merupakan mantan pacar ibu sebelum menikah. Saya tidak tau sejauh mana hubungan ibu dengan laki laki tersebut, namun ketika melihat ibu demikian, jujur saya kesal ustadz. saya sudah mencoba mengingatkan, namun tidak ada perkembangan kearah yang lebih baik. Setelah saya menanyakan kepada orang pintar, beliau ibu "diguna-guna" oleh laki laki tersebut. Ayah hanya diam saja ustadz dan saya menyembunyikan semua ini dari ayah. Sayapun telah mendo'akan ustadz, namun hidayah dan kesadaran itu belum ada.
saya ingin menanyakan :
1. Bagaimana seharusnya sikap saya sebagai anak?
2. Apa yang harus saya lakukan ustadz?
3. Apakah ada amalan khusus untuk saya agar ibu saya sadar ustadz?

Terimakasih ustadz.

JAWABAN

1. Ada baiknya ada bicara langsung dengan ibu bahwa anda sudah tahu perselingkuhannya dengan pria lain dan ancam dia akan dilaporkan ke ayah. Kalau tidak mempan, anda mungkin perlu bicara pada ayah juga. Biarkan dia yang memutuskan langkah selanjutnya.
2. Lihat poin 1.
3. Tidak ada amalan khusus dalam soal ini. Ibu anda bukan kena guna-guna atau sihir, tapi terkena godaan syahwatnya sendiri. Namun demikian, kalau anda ingin membaca doa atau amalan untuk ibu, silahkan lihat di sini: Doa dan amalan Penolak Gangguan Jin dan Setan

__________________________


TKW HONGKONG TAK BOLEH SHALAT

Asalamualaikum ustad saya ingin bertanya saya seorang tkw di negri hongkong dan disini majikan saya melarang saya untuk sholat. Dan saya hampir tidak ada waktu untuk istirahat saya selesai bekerja jam 00.30
1. apakah masih boleh mengerjakan sholat wajib dan meng qhodo nya.

JAWABAN

1. Boleh melaksanakan shalat wajib isya dan mengqadha shalat-shalat yang lain. Usahakan shalat subuh dan isya tepat waktu. Lihat: Cara Qadha shalat
__________________________


MENGIRIM SURAT AL-FATIHAH PADA YANG MENINGGAL DARI RUMAH

Assalamu alaikum
1. Saya mau bertanya apakah mengirimkan Alfateha kepada saudara yg sudah meninggal apakah bisa dalam islam dan bagaimankah hukumnya?
2. saya tidak bisa berziarah ke makam saudara saya karena ada halangan jadi saya putuskan untuk mengirimkan surah Alfateha kepada mereka dari ruma saja,apakah itu di benarkan..

JAWABAN

1. Menurut Imam Nawawi dalam Syarah Sahih Muslim, hlm. 7/90, mengirim pahala bacaan Al-Fatihah pada mayit atau orang mati itu ada dua pendapat, yakni (a) tidak sampai pahalanya; (b) pahalanya sampai pada mayit. Ini juga pendapat dari mazhab Hambali. Teks Arab sbb:
والمشهور في مذهبنا أن قراءة القرآن للميت لا يصله ثوابها. وقال جماعة من أصحابنا: يصله ثوابها. وبه قال أحمد بن حنبل

2. Dibenarkan. Lihat poin 1.

__________________________


MIMPI HANYA JADI PENONTON PERTUNJUKAN MEGAH

Assalamu'alaykum..
Saya punya pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Saya pernah bermimpi melihat pertunjukkan megah dan menurut saya itu pertunjukkan yang mahal harga tiket masuknya tetapi semua pemain pertunjukkan itu adalah teman, keluarga, dan tetangga saya. Sedangkan saya hanya menonton sambil berdecak kagum di pinggiran lapangan bersama teman saya yang berperan sebagai penonton, sedangkan saya tidak dapat peran apa-apa.

1. Itu artinya apa ya?
Terima kasih :)

JAWABAN

1. Kalau mimpi itu mimpi yang benar, maka itu menunjukkan sebagai pemberitahuan saja bahwa anda termasuk dalam kategori sosok individu yang tidak memiliki ambisi terhadap suatu posisi tertentu. Baik secara sosial atau struktural. Anda menyukai segala sesuatu itu berjalan secara wajar tanpa rekayasa. Lihat detail: Mimpi dalam Islam




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..