Tuesday, March 24, 2015

Hukum Bayar Fee Proyek


Hukum Bayar Fee Proyek

MEMBAYAR FEE AGAR DAPAT PROYEK, APAKAH TERMASUK SUAP MENYUAP YANG HARAM?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya seorang konsultan teknik ingin bertanya tentang bagaimana hukum syariah jika kita menerima paket proyek penunjukan langsung (paket penunjukan langsung adalah proyek dgn nilai dibawah 100 juta dan tidak dilelang melalui LPSE tapi merupakan hak prerogatif PPTK untuk menunjuk konsultan untuk mengerjakan perencanaan / pengawasannya)

Adapun ketika kita ingin mendapatkan paket dari PPTK maka kita disyaratkan untuk menyetorkan uang terlebih dahulu kepada instansi Dinas terkait (namun secara peraturan, setoran ini tdk ada aturannya) agar kita bisa diserahkan paket itu. selanjutnya setelah pekerjaan selesai dan uangnya sudah cair kita memberikan uang kepada PPTK (terkadang PPTK Mematok harga terkadang ada juga yg tidak menentukan)

1. Pertanyaan saya apakah hal ini dibolehkan dalam Islam, ataukah ini masuk dalam kategori suap menyuap?

Mohon penjelasannya
Assalamu'alaikum wr.wb

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. MEMBAYAR AGAR DAPAT PROYEK, APAKAH HARAM?
  2. SISWA SMA INGIN BERDOA AGAR CEPAT KAYA
  3. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Tidak diragukan lagi bahwa segala bentuk pemberian uang kepada penyelanggara negara di luar ketentuan yang berlaku adalah gratifikasi. Dan gratifikasi adalah suap alias korupsi. Dan hukum asal korupsi adalah haram masuk dalam kategori yang disebut dalam hadits sahih riwayat Ahmad dan Abu Dawud:

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِي وَالْمُرْتَشِي

Artinya: Rasulullah melaknat penyuap dan penerima suap.

Dalam hadits lain yang serupa riwayat Tabrani, Nabi bersabda:
لَعَنَ اللَّهُ الرَّاشِيَ وَالْمُرْتَشِيَ وَالرَّائِشَ

Artinya: Allah melaknat penyuap, penerima suap dan makelar suap (mediator antara keduanya).

Dari dalil di atas maka ulama sepakat atas haramnya segala hal yang berbau gratifikasi, suap dan KKN secara umum. Dan keharaman itu berlaku bagi tiga pihak: penyuap, penerima suap dan mediator suap (kalau memakai mediator).

Namun, ada saatnya di mana keharaman itu hanya berlaku bagi penerima suap saja; tapi tidak haram bagi penyuap (Arab: Al-Rasyi). Ini terjadi apabila (a) anda sebagai konsultan memiliki kapasitas dan kemampuan untuk mendapatkan proyek itu; (b) tidak ada jalan lain untuk mendapatkan proyek tersebut kecuali memberi fee pada penyelanggara anggaran. Apabila terpenuhi dua syarat ini, maka anda boleh menyuapnya karena untuk mendapatkan hak yang pantas diterima. Namun, keharaman itu tetap berlaku bagi penerima suap. Pendapat ini berdasarkan pada hadits Nabi riwayat Ahmad

إِنَّ أَحَدَهُمْ لَيَسْأَلُنِي الْمَسْأَلَةَ فَأُعْطِيهَا إِيَّاهُ فَيَخْرُجُ بِهَا مُتَأَبِّطُهَا ، وَمَا هِيَ لَهُمْ إِلا نَارٌ ، قَالَ عُمَرُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، فَلِمَ تُعْطِيهِمْ ؟ قَالَ : إِنَّهُمْ يَأْبَوْنَ إِلا أَنْ يَسْأَلُونِي ، وَيَأْبَى اللَّهُ لِي الْبُخْلَ

Artinya: Salah seorang dari mereka ada yang meminta kepadaku, kemudian aku memberinya, tetapi kemudian mereka keluar dengan mengapitnya di bawah ketiak, dan hal itu tidak lain adalah api baginya. 'Umar berkata: Wahai Rasulullah, kenapa engkau memberi mereka? Beliau bersabda: Sesungguhnya mereka tidak ingin yang lain kecuali meminta kepadaku, sedangkan Allah tidak menginginkan dariku sifat bakhil.

Baca detail: Korupsi dalam Islam
___________________________


SISWA SMA INGIN BERDOA AGAR CEPAT KAYA

Jadi begini, sebagai seorang murid yang hanya berstatus sebagai siswa, cuma siswa berarti 100 persen saya hidupnya masih di tanggung oleh orang tua. Jujur aja saya sangat mengharapkan kemurahan dan keridaan dari Allah swt untuk memberi saya rezeki dan kehidupan yang lebih laik, lebih mapan dan lebih baik. Saya ingin kaya, saya ingin berpenghasilan, saya mau punya uang sendiri supaya saya nggak terus terusan bergantung sama orangtua.. Saya terus terang udah solat hajat, solat sunah dhuha, solat rawatib dan berdoa sama Allah swt tapi sampai detik ini hidup saya gak ada perubahan, saya merasa sudah ratusan kilo berjalan di atas padang pasir yang terik dan panas mencari sebuah sumber mata air yang sampai sekarang saya belum dapatkan. Terus terang saya sudah cukup letih menanti pemberian rezeki dan perbaikan nasib dari Allah. Saya ingin sekali merubah nasib saya menjadi lebih baik karena saya tau kehendak Allah tidak satu pun mahluk yang bisa menghalanginya.. Namun kenapa sampai detik ini nasib saya masih begini, pengangguran elit, gk punya apa2.. saya capai dan lelah, saya ingin nasib saya berubah. Ingin bisa bahagia, bisa imroh sukur2 naik hadji, bisa beli mubil, bisa beli rumah, bisa sedekah dengan uang hasil keringat saya. Tapi kenapa saya gak bisa kayak gitu, sedangkan di sana banyak yang nggak solat boro2 solat hajat tapi hidupnya lebih baik dan lebih berkah dari saya. Itu yg pertama, yg kedua,,,

Terus terang aja ya saya udah letih, masih berhubungan sama masalah sy yg ke1 tapi ini masalah sekolah.
Saya setiap hari berangkat sekolah pagi karena sekolah saya jauh, pulang sore, kerjakan tugas, blajar dsb.. menghadapi soal matematik, akutansi yg udah kayak makanan saya sehari hari selain nasi, tapi kayaknya semua itu hanya membuat saya letih, sedangkan hasilnya...?

bukannya saya mau mengeluh ya, tapi jujur aja ya pak ya saya ini kan cuma manusia biasa yang sewajarnya bisa letih sewaktu-waktu, bukan seperti waliullah yang sanggup diberi cobaan seperti apapun. Saya juga merasa bahwa salah satu sumber masalah saya ya adalah sekolah, saya khawatir nilai jelek dan gak naik kelas sehingga saya mati2an untuk ngejar nilai pelajaran saya pak. Setiap hari ya itu rutinitas yang saya jalankan, terus terang saya bosan, saya ingin merubah nasib saya.. Saya ingin bahagia, saya ingin bisa menikmati hidup saya.

Saya juga udah sedekah, ya meskipun baru 500-1000 per hari. Ya maklum ya pak saya kan murid, gak berpenghasilan mana bisa saya sedekah banyak, itu yang saya mampu.
saya berharap suatu saat Allah mendengar doa saya dan mengangkat derajad saya, mengangkat nasib saya dan membawa saya ke tempat yang lebih baik..

1. Pak kira2 ada nggak amalan atau doa yg kalau di lakukan or di baca bisa doanya di kabulkan?

terimakasih Wassalamualaikum warahmatullah

JAWABAN

1. Doa akan selalu dikabulkan oleh Allah sebagaimana firmanNya dalam QS Ghafir :60 "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina"."

Ayat serupa juga terdapat dalam QS Al-Baqarah :186 "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Namun, agar doa itu dikabulkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu: (a) harta harus halal yang meliputi pakaian, makanan, rumah; (b) tidak melakukan dosa baik dosa besar atau kecil, dan segera taubat nasuha kalau melakukannya; (c) yakin Allah akan mengabulkan doa dan berbaik sangka pada-Nya.

Terkabulnya doa tidak akan terjadi secara langsung, namun akan melalui berbagai jalan yang umum terjadi dalam hukum sebab akibat duniawi. Misalnya, kalau anda berdoa ingin kaya dan Allah mengabulkan doa anda itu, maka uang dan emas tidak akan turun bertebaran ke rumah anda atau nyelonong diam-diam ke rekening bank anda; akan tetapi anda akan mendapatkan segala jalan kelancaran untuk menuju ke arah di mana harta itu berada, misalnya diberi semangat tinggi untuk bekerja keras, diberi semangat tinggi untuk mempelajari keahlian (life skill) yang mempermudah mencari rejeki; mendapat kemudahan dalam bersosial dengan sesama manusia sehingga mudah menjalin kerja sama dan jaringan bisnis, dst.

Jadi, sambil berdoa, mulailah dari sekarang melaksanakan hal-hal baik dan positif yang bisa membuat orang menjadi berhasil seperti diterangkan di atas. Itulah sinyal-sinyal bahwa anda akan menjadi orang yang berhasil secara materi kelak. Untuk doa dan amalan mudah rejeki lihat di sini.




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..