Monday, March 16, 2015

Jodoh dan Pekerjaan


Jodoh dan Pekerjaan

MENOLAK LAMARAN DAN PEKERJAAN TAK SESUAI KEAHLIAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ustadz mau tanya
1. Apa yang harus saya lakukan, ketika ada seorang laki-laki yang mengajak menikah saya tolak dengan alasan ingin mengenalnya terlebih dahulu? Menurut saya, agama dia dan akhlaknya baik. Tapi ada keraguan dalam hati saya setelah sholat malam, karena secara fisik dan pekerjaan dia bukan tipe saya. Karena, ortu saya mengharapkan seseorang yg mapan dari segi pekerjaan dan secara fisik baik dilihat.

2. Saya tenaga medis, namun saya bekerja diluar bidang saya. Dengan alasan, pekerjaan itu tidak kunjung datang sesuai dengan pilihan saya. Tapi kalau saya tetap bekerja ditempat saya saat ini, saya takut lupa dengan ilmu saya. Sedangkan saya menginginkan pekerjaan yang tepat, sebelum saya menikah. Mohon sarannya pak ustadz?

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. MENOLAK LAMARAN DAN PEKERJAAN TAK SESUAI KEAHLIAN
  2. CINTA TIDAK DIRESTUI, NIKAH WALI HAKIM DI KUA
  3. CARA CUCI PIRING BEKAS DAGING BABI
  4. NAJIS YANG SUDAH LAMA
  5. MIMPI ORANG MATI MENGAJAK PERGI YANG HIDUP
  6. MELAKUKAN PERBUATAN HARAM TANPA SENGAJA
  7. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

JAWABAN

1. Anda berhak untuk memilih, menerima dan menolak laki-laki yang datang ingin melamar anda. Kalau anda masih berusia muda, maka anda masih punya banyak pilihan terutama kalau anda masih belum pernah menikah. Daya tawar anda akan tergantung juga dari realitas anda sendiri apakah anda termasuk wanita yang menarik secara fisik, pendidikan baik, status keluarga dan perilaku tidak buruk. Apabila semua itu terpenuhi, maka anda layak menunggu pilihan-pilihan yang lain.

2. Idealnya anda bekerja di tempat yang anda sukai yakni di bidang medis. Pekerjaan yang sekarang anggaplah sebagai masa mencari pengalaman sampai anda dapat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian tersebut. Namun, apabila setelah bertahun-tahun kerja impian anda tidak juga tercapai, maka di situlah takdir bagi anda dan saat anda untuk tawakal dan bersyukur atas pekerjaan anda saat ini.

Baca juga:

- Takdir dalam Islam
- Nasib, Takdir dan Usaha Manusia
- Peran Usaha Manusia dan Ketentuan Tuhan

______________________


CINTA TIDAK DIRESTUI, NIKAH WALI HAKIM DI KUA

Pas Ustad Mau Tanya begini Kronologinya
Apabila Dahulu Ada seorang pasangan Sering Melakukan Kegiatan Yang Hampir Melakukan Zina,Tapi Bukan Zina
Kmudian Setelah Dewasa Mreka Berencana Menikah Demi Tanggung Jawab Laki2 Kpda Prempuan Yang Dicintainya,Dan Demi Menutup Aib Aib Slama mreka pacaran,(Sering Telan****,ciuman,meraba dll)Demi Itu Mreka Menikah
Tapi Orang tuanya maupun Orang tua Laki2 smaa2 Tidak Setuju,Namun Mereka Tetap Nekad Menikah Di KUA melalui Wali Hakim.Setelah Skian Lama Mreka Bertobat Mereka Baru Nekad Menikah Tanpa Restu Orangtua,Tapi Sudah Memberi Tahu Sebelumnya,
Yang Saya Tanyakan
1 Nikahnya Sah?
2 Apakah Mereka Akan Hidup Bahagia?
3 Dosa Mereka Dapat Diampuni Setelah Bertaubat?
4 Hidup Mereka Bahagia Tanpa Restu Orangtua

Makasih Paak
Jika Sudah Djawab mohon Memberitahu Saya

JAWABAN

1. Nikahnya sah. Baca detail: Pernikahan Islam
2. Bahagia dan tidaknya itu tergantung cara mengatasi kehidupan sehari-hari.
3. Semua dosa akan diampuni kalau bertaubat nasuha.
4. Tetaplah melakukan komunikasi dan meminta maaf secara berkala dengan orang tua, kalau ternyata orang tua tidak memaafkan, maka Allah akan memaafkan. Kalau Allah memaafkan, maka bahagia akan datang. Baca detail: Nikah tanpa restu orang tua, apakah durhaka?
______________________


CARA CUCI PIRING BEKAS DAGING BABI


assalamualaikum.. pak saya ayu dari sumut..
1. saya mau tanya kalau kita memcuci piring bekas orang makan babi apa perlu kita samak tangan walau kita tidak memegang dagingnya langsung ??

2. kalau memang harus di samak...tapi tidak langsung di samak hanya di cuci biasa apa benda yg kita pegang ikut haram??

mohon penjelasan nya ya pak.makasi
wassalam.
JAWABAN

1. Kalau jelas piring kotor itu bekas makan babi, maka piring tersebut harus dicuci sebanyak 7 kali salah satunya dengan debu atau tanah. Begitu juga dengan tangan yang memegang piring tersebut. Baca detail: Cara Menyucikan Najis Anjing Babi

2. Kalau tangan kita najis, maka benda yang kita pegang ikut najis kalau tangan kita basah. Baca: Najis dalam Islam

______________________



NAJIS YANG SUDAH LAMA

Assalamualaikum Wr.Wb
Saya B, saya ada pertanyaan yang meresahkan saya ustad, mohon
diberikan jawaban atas pertanyaan saya ini, mungkin agak panjang tapi akan saya paparkan., Begini, kan celana saya ada terkena najis air kencing saya karna saya teledor, saya berumur 19 tahun, saya cuci celana saya tersebut bersama
dg pakaian lainnya yang tidak bernajis di satu tempat (Tercampur), nah yang saya tanyakan .

1. Apakah najis semua pakaian yang saya cuci bersama dengan
celana tadi? misalnya itu sudah 1 tahun yg lalu kejadiannya, apakah masih tetap najis semua pakaian saya ? Sedangkan untuk rasa, zat, dan baunya yang pasti sudah tidak ada.

Mohon diberikan penjelasan untuk itu. syukron
Wassalamualaikum Wr.Wb

JAWABAN

1. Kalau saat mencuci celana najis itu bekas kencingnya sudah tidak ada, tinggal najis hukmiyah, maka celana itu suci begitu juga baju-baju lain yang bercampur dengan celana tersebut. Namun, apabila najis kencing itu masih terlihat saat dicuci (najis ainiyah), maka semua baju yang ada di wadah tersebut ikut najis. Baca detail: Najis dan Cara Menyucikan

______________________


MIMPI ORANG MATI MENGAJAK PERGI YANG HIDUP

Assalamualaikum wr.wb
Pak ustadz saya ingin bertanya..
Ayah saya sudah Almarhum. Dan ibu saya Alhamdulillah masih ada. Tapi beberapa hari yg lalu teman ayah saya bermimpi bertemu dengan ayah saya.. ayah saya mengatakan bahwa dia ingin mengajak ibu saya juga untuk pergi bersamanya. Bahkan katanya Ayah saya sudah menggandeng tangan ibu saya lalu mereka berdua berjalan-Jalan..

1. Apa maksud dari mimpi itu ustad.? Saya tdak mengerti.. saya membutuhkan pendapat dari pak ustadz bagaimana itu dalam gambaran islam. Apakah hal itu berakibat buruk atau tidak. Saya, ibu, dan saudara2 saya sangat takut akan hal yang tdak di inginkan akan terjadi.. Saya sangat berharap pak ustadz dapat membalasnya.
Terima Kasih.

JAWABAN

1. Kalau mimpi anda berasal dari Allah (melalui malaikatNya), maka itu adalah mimpi yang baik. Mimpi melihat ayah yang sudah meninggal bermakna bahwa suatu kesulitan atau beberapa kesulitan akan terselesaikan. Kalau ada masalah hutang maka akan bisa terlunasi. Kalau menderita sakit, maka akan sembuh. Kalau dalam pekerjaan lama tidak dapat promosi, maka akan naik jabatan dan seterusnya.

Tapi kalau mimpi ini berasal dari jin atau diri sendiri, maka tidak akan ada maknanya. Baca: Mimpi dalam Islam

______________________


MELAKUKAN PERBUATAN HARAM TANPA SENGAJA

assalammu'alaikum
apa jika kita tidak tahu, lupa , tidak sengaja dalam melakukan sesuatu yang haram, apa sebuah manfaat yang kita dapatkan dari melakukan perbuatan itu, seperti uang , barang dan lain-lain itu haram ?

1. dulu saya pernah suruh untuk membelikan saldo pulsa, saldo pulsa tersebut diperunrukkan untuk pacarnya , lalu saya diberi upah, apa upah yangg saya dapatkan itu haram, karena saya seakan-akan membantu perbuatan pacarannya ?

JAWABAN

1. Karena anda tidak tahu, maka perbuatan anda dimaafkan. Namun, tentang upah yang diterima hukumnya haram. Dan sebagai langkah taubat, sebaiknya anda mensedekahkan uang senilai upah tersebut.

CATATAN: Apabila pacaran yang dilakukan hanya sebatas melalui ponsel sekedar untuk taaruf dan tidak berbicara yang dilarang syariah, maka tidak ada haram. Namun kalau pacarannya secara fisikal seperti umumnya yang terjadi saat ini, maka haram. Baca: Pacaran dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..