Sunday, April 19, 2015

Hubungan dengan Anak Kyai Tak Direstui Ortunya



Hubungan dengan Anak Kyai Tak Direstui Ortunya
INGIN MENIKAH DENGAN ANAK KYAI, ORANG TUA TAK SETUJU

Assalamu'alaikum,,

Pak ustadz, saya mau minta pendapat anda tentang masalah saya saat ini. Saya perempuan berusia 25th. Saat ini saya menjalin hubungan dengan pria berusia 18 th. Saya mengenal pria tersebut saat saya bekerja di yayasan milik ayahnya. Pria tersebut berniat untuk menikahi saya, saya sudah melihat kesungguhan dia dalam memperjuangkan saya. Sampai suatu ketika dia berbicara kepada ibunya ingin segera melamar saya. Saat ayahnya tau niat anaknya, ayahnya marah sekali dan bahkan ayahnya memaki saya didepan umum. sayapun memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan saya dan dia dengan alasan saya tidak mau dia durhaka kepada orang tuanya krna lebih memilih saya.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. INGIN MENIKAH DENGAN ANAK KYAI, ORANG TUA TAK SETUJU
  2. INGIN CERAI DAN KEMBALI KE MANTAN YANG PERNAH DIZINAHI
  3. STATUS ANAK YANG LAHIR SEBULAN SETELAH PERNIKAHAN
  4. PUTUS HUBUNGAN DARIPADA ZINA
  5. RUMAH, JODOH DAN KESEMBUHAN IBU
  6. MAKNA QS YUNUS 55
  7. HUKUM ASURANSI JIWA DAN KERUGIAN
  8. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

Saat saya cerita kepada orang tua saya, orang tua saya pun jadi tidak setuju karena orang tua kekasih saya tidak merestui. Sampai sekarang saya masih tidak tau alasan orang tuanya tidak menyukai saya. Kalau kata orang orang, ayahnya tidak setuju karena beliau ingin anaknya kuliah dulu & meneruskan yayasan beliau, tapi ada juga yang mengatakan kalau saya tidak pantas untuk anaknya yang notabene anak seorang kyai bahkan ayahnya berkata bahwa saya bukan wanita yg sholehah.

Awalnya Saya ingin menyudahi hubungan ini, ta.pi kekasih saya tidak mau dan kekeh ingin menikahi saya. Saya pun melihat kesungguhan kekasih saya, saya jadi bersemangat untuk tetap disamping dia.

1. Pak ustadz, apa yang seharusnya kami lakukan? Saya sendiri tidak mau kalo pernikahan ini nantinya akan menyakiti banyak orang. Akan tetapi saya juga yakin bahwa pria ini adalah jodoh terbaik yang dikirim Allah untuk saya. Insyaallah dia adalah orang yang tanggung jawab dunia akherat. Saya bingung untuk menyikapi ini semua. Bahkan sekarang banyak fitnah yg menghampiri. Pak mohon solusinya, agar hubungan ini tidak menyakiti siapapun, saya pun tidak mau hubungan ini tidak berakhir di pernikahan. Trimakasih seblumnya pak ustadz..


JAWABAN

1. Mencintai anak tokoh agama tentunya berbeda dengan mencintai pria biasa. Apalagi kalau ayahnya sangat mengharapkan anaknya itu untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan. Keluarga tokoh agama bukan hanya milik orang tuanya, tapi juga milik masyarakat. Apabila orang tua pria itu tidak setuju, dan banyak masyarakat juga tidak setuju, maka ada baiknya anda mengundurkan diri dan mencari pria lain. Karena, kalau anda memaksa, maka bukan hanya anda saja yang "dihukum" oleh masyarakat, tapi juga orang tuanya dan lelaki itu sendiri akan mendapat hukuman sosial dari masyarakat yakni berupa penurunan reputasi, kredibilitas dan respek masyarakat pada mereka. Anda tentu tidak ingin pria yang anda cintai mengalami hal demikian.

Cinta yang tulus membutuhkan pengorbanan. Dan pengorbanan terbaik adalah membiarkan dia pergi sesuai tuntutan orang tua dan masyarakatnya. Sikap ini akan sangat baik bagi juga dalam jangka panjang.
________________________


INGIN CERAI DAN KEMBALI KE MANTAN YANG PERNAH DIZINAHI

Assalamualaikum
Begini pak ustad, saya pernah melakukan perbuatan zina pada pacar saya akan tetapi kami sekarang sudah putus dan saya sudah menikah sekarang. Pernikahan saya sekarang sedang di ambang kehancuran karena sudah tidak ada lagi kecocokan satu sama lain dan karena faktor dari mertua yang menghina dan mengusir saya di rumah saya dan istri saya tempati.

Pada waktu menjalani kehidupan pernikahan ini saya selalu teringat sama mantan pacar saya itu dan sampai sekarangpun rasa sayang ini masih dengan dia.
Yg saya ingin tanyakan:

1. Apa hukumnya jika kita berbuat zina akan tetapi kita ingin bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan kemarin tetapi keadaan yang membuat kita tidak/belum bisa melakukannya?

2. Bisakah saya mendapatkan sang mantan kembali jika dengan status saya duda, apa yang harus saya lakukan? Ada kah doa yang bisa membuat dia kembali kepada saya karena saya memang mencintainya dari dalam hati (si wanita belum menikah sekarang)!!

3. Apa hukumnya jika sudah di amanatkan oleh nenek yang sudah ninggal kita abaikan? (Hubungan saya dan mantan saya)

Tolong jawabannya pak ...
Maaf saya lagi gundah sekarang apa yang harus saya lakukan

JAWABAN

1. Pria pezina dan wanita yang dizinahi itu tidak ada hukum yang mengikat keduanya. Karena hubungan itu merupakan ikatan dosa. Jadi, apabila hubungan itu berakhir dengan pernikahan atau tidak, boleh-boleh saja.

2. Sebagai lelaki, anda bisa saja menikahi wanita yang dizinahi tersebut asalkan dia tidak ada ikatan pernikahan dengan lelaki lain saat ini.

3. Tidak apa-apa. Anjuran nenek itu bersifat himbauan yang tidak mengikat secara syariah.

________________________


STATUS ANAK YANG LAHIR SEBULAN SETELAH PERNIKAHAN

Putri kami lahir sebulan setelah saya dan istri menikah tetapi diakte kelahiran saya mengubah tahun lahir anak kami menjadi satu tahun lebih muda. Saat ini saya ingin menikahkan anak kami saya ragu apakah saya bisa menjadi wali nikah dari putri kami. syarat administrasi di KUA tidak masalah karena kelahiran putri kami beda setahun dari kelahiran yang sebenarnya.
1. Apakah nanti perkawinan putri saya sah jika wali nikahnya saya?

terimakasih

JAWABAN

1. Boleh dan sah anda menjadi walinya. Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

________________________


PUTUS HUBUNGAN DARIPADA ZINA

Assalamu alaikum,
Saya wanita sudah pacaran hampir 3 tahun, kadang saya suka menegur kapan akan nikahin saya?. Saya suka ditanya sama Ibu kapan nikah sama pacar kamu? Saya tahu pacar saya belom kerja maka itu saya belom menikah, tapi saya sudah tidak nyaman buat pacaran karena terlalu lama. Dan hubungan saya sama pacar udah sperti suami istri,s aya suka nangis karena saya suka minta putus aja daripada diterusin selalu berbuat maksiat.

1. Apakah saya salah minta putus? tapi orang tua saya tidak tau kami sudah berbuat maksiat. Hati saya suka sedih memikirkan Almarmhum Ayah saya, takut dan malu saya tidak bisa jadi anak yg solehah.

Saya ucapkan banyak terima kasih sudah membaca curhatan saya,saya harapkan balasan dari Pak Ustadz.
Wassalamu alaikum..

JAWABAN

1. Kalau dia tidak mau menikahi anda secepatnya, maka hendaknya anda putuskan hubungan sekarang juga agar anda tidak terus menerus berbuat dosa yang sangat besar yakni zina. Perbuatan zina itu sudah pasti terjadi apabila dua lawan jenis yang selalu melakukan khalwat (berduaan). Itulah sebabnya khalwat dilarang dalam Islam.

Saran kami sebagai berikut:
(a) Putuskan hubungan dan bertaubat segera.
(b) Cari lelaki lain yang mau menikah dan menerima keadaan anda. Jaga hubungan dengan lelaki lain tersebut jangan sampai bersifat fisikal, supaya tidak terjadi perzinahan lagi. Idealnya, anda minta orang tua atau siapapun untuk mengenalkan anda pada pria yang mau menikah dengan anda. Pilihan orang lain biasanya lebih obyektif

________________________


RUMAH, JODOH DAN KESEMBUHAN IBU

Assalamua'laikum Ustadz.
Saya sedang bingung mana yang harus di fokus kan antara minta disegerakan jodoh, minta tempat tinggal tetap, atau disembuhkan penyakit ibu. Karena sekarang ini saya masih lajang, dan kami selalu pindah kontrakan sana sini untuk mencari kenyamanan, dikarena ibu saya yang sedang mengalami depresi sehingga sulit untuk berbaur dan kurang memahami dengan lingkungan.

Itu yang menyebabkan saya ingin segera mecari tempat tinggal tetap, agar kami tidak pindah sana sini lagi karena masyarakat sekitar terkadang ada yang merasa terganggu. Dan perihal saya yang juga belum mendapatkan jodoh, menjadikan salah satu sebab depresi nya beliau. Kalau saya memfokuskan ke permintaan jodoh saya ke Allah bisa meringankan depresi ibu, tapi saya takut nanti keluarganya tidak bisa menerima keluarga saya.

Kalau saya memfokuskan minta ke Allah rumah tinggal dahulu, saya takut jodoh saya akan semakin sulit, karna pihak laki-laki menjadi minder atau istilah nya derajat pria dibawah perempuan, dan ekonomi saya pun masih pas pasan. Dan kalau saya memfokuskan minta ke Allah atas kesembuhan ibu, lalu kapan saya ketemu jodoh saya. saya ingin segera menikah agar bisa memecahkan masalah ini bersama,

saya butuh bimbingan, dan sekitar lingkungan saya pun sudah berumah tangga semua, saya ingin berbahagia seperti mereka, yang bisa saling berbagi, terbuka, mengahargai, saling memberi.

1. Mana yang harus saya pilih dulu Ustadz, untuk saya lebih fokus menyelesaikan masalah saya ?

Terima kasih

JAWABAN

1. Dalam masalah doa, anda dapat memohon pada Allah semua yang anda inginkan di atas. Karena Allah Maha Kaya dan Maha Memberi, jadi Allah tidak keberatan kalau permintaan Anda sangat banyak.

Namun demikian, doa itu akan percuma tanpa usaha yang nyata. Allah sudah menetapkan bahwa usaha adalah kunci keberhasilan atas segala keinginan yang kita harapkan terwujud. Dalam soal usaha inilah, anda harus fokus pada salah satu hal berdasarkan pada prioritas.

Dari tiga persoalan yang anda hadapi, kami sarankan untuk mulai usaha nyata anda dengan fokus pada mencari pekerjaan yang baik, setelah ini dicapai, cari pasangan yang cocok, dan terakhir mulai fikirkan untuk mencari tempat tinggal yang kondusif.

________________________


MAKNA QS YUNUS 55

Assalamu'alaikum afwan. saya ingin bertanya maksud dari surah yunus ayat 55. syukran jazakallahu khair atas jawabannya.

shofia, Mahasiswi Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah

JAWABAN

Allah berfirman dalam QS Yunus :55 "Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui(nya)."

Dalam ayat ini Allah menjelaskan tentang (a) kemahakuasaan Allah; (b) hakikat dari alam adalah milik Allah sedang manusia hanya diberi hak untuk menggunakannya sesuai dengan syariah; oleh karena itu, maka (c) sepatutnya dan seharusnya manusia bersyukur dan berterima kasih pada Allah yang setinggi-tingginya. Wujud syukur itu dalam bentuk ketaatan manusia pada Allah dengan jelas menjadi seorang muslim yang baik yang taat perintahNya dan menjauhi laranganNya.

________________________


HUKUM ASURANSI JIWA DAN KERUGIAN

Dalam produk asuransi jiwa di Indonesia mengalami pertumbuhan yg sangat pesat, bahkan setiap kontrak kerjasama dan jasa pun memakai asuransi misalnya asuransi jamaah haji, asuransi kredit rumah, asuransi expedisi, asuransi tiket kendaraan umum, asuransi kendaraan dan masih banyak lagi yg menggunakan asuransi,sehingga jasa asuransi sulit untu dihindari, tapi menurut pandangan sebagian ada yg menghukuminya asuransi riba dan yang lainnya mubah, padahal sekrang sudah ada juga program kombinasi asuransi plus investasi dan juga asuransi syariah, mohon penjelasan mana yang riba dan mana yang mubah terimakasih

JAWABAN

Asuransi hukumnya haram menurut mayoritas ulama, walupun ada pendapat yang membolehkannya. Baca detail di sini (bahasa Indonesia), baca dalil dan argumen para ulama yang mengharamkan dan menghalalkan di sini (bahasa Arab)



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..