Sunday, April 12, 2015

Tanggung Jawab Pria Beristri


Tanggung Jawab Pria Beristri
MENUNTUT TANGGUNG JAWAB DARI PRIA BERISTRI

Assalamualaikum wr.wb

Saya perempuan 25 tahun. Saya memiliki hubungan dengan suami orang hampir 1 tahun ini. Dan kami sudah melakukan dosa besar yaitu zina puluhan kali. akibat zina ini banyak sekali musibah yang datang. kemudian saya beranikan diri untuk bilang ke dia semua masalah yg terjadi itu karena perzinahan kita. saya kasihan terhadap keluarga dia yang ikut menanggung beban kesalahan kami melalui masalah yang datang. Saya minta dia bertaubat dan kita menikah. Karena saya pernah membaca menikahi wanita yang dizinahi adalah bentuk taubat.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. INGIN TANGGUNG JAWAB DARI PRIA BERISTRI
  2. BINGUNG KARENA BANYAK HUTANG
  3. MIMPI MEMUNGUT ANAK LELAKI
  4. HARTA WARISAN DIKUASAI ISTRI KEDUA DAN ANAKNYA
  5. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

Dulu dia selalu bilang yakin bisa tanggung jawab tapi sekarang dia bingung. Dia ingin tanggung jawab tapi belum bisa karena tidak mau kehilangan anak istrinya dan dia dianggap baik oleh keluarga. Kami dianggap baik oleh masing-masing keluarga. Saya sudah bertaubat dan meminta dia untuk segera bertaubat juga dan jujur kepada istrinya mengenai hubungan kita agar kami bisa menikah secara resmi. Dari awal hubungan saya sudah ikhlas atas Kuasa dan Ridho Allah saya siap jd yang kedua. Yang penting saya tidak hina lagi di mata Allah. Dosa saya melayani dia bisa jd pahala karena kami suami istri.

Dia masih tidak berani mengungkapkan kepada istrinya. Ketika saya bilang saya saja yang jujur meminta ijin kepada istrinya karena saya takut dosa lalu dia berniat meninggalkan saya. Dia tidak mau melibatkan keluarganya dalam masalah ini. tapi kalo begini terus masalah tidak bisa selesai. Walaupun kami sudah tidak lagi zina tapi tetap saja namanya kami selingkuh. Saya merasa terbebani dengan masalah ini karena saya juga butuh kepastian dan tanggung jawab.

Saya takut dosa menyakiti hati istrinya dan membuka aib kami tapi saya juga tidak bisa begini terus entah sampai kapan karena dia selalu minta waktu untuk menyiapkan diri. Saya bilang ke dia siap tidak siap kamu harus siap karena kita sudah melakukan dosa besar jadi wajar kalo resikonya besar. Sebagai lelaki dia harus berani tanggung jawab atas perbuatanya apalagi anaknya itu juga perempuan. Saya takut jika dia tidak bertanggung jawab nanti anaknya akan bernasib sama dengan saya. Karena zina ini kami dapat banyak masalah dan musibah termasuk kehilangan ayah saya.

Rasa bersalah saya telah mengecewakan beliau sangat besar sehingga saya tidak bisa menanggung sendiri. Saya juga menjadi takut menjalin hubungan dengan orang lain. Saya tidak mau orang lain yg menanggung dosa dari dia. Saya butuh dia untuk bertanggung jawab dan bersama menanggung beban ini . Saya tidak bisa terus mengalah dan disakiti seperti ini. Bagi saya istrinya harus tau agar tidak ada lagi kebohongan. Pertanyaan saya.

1. Bagaimana cara dia agar bisa tanggung jawab tapi tidak kehilangan anak istri nya juga?

2. Apakah boleh saya yang minta maaf dan jujur kepada istrinya dan memohon ijin untuk kami? Saya takut dosa membuka aib di depan istrinya dan juga takut merusak rumah tangga mereka. Tapi saya juga butuh tanggung jawab selama setahun ini diminta melayani dia dengan semua janjinya.

3. Walaupun saya sudah taubat bolehkan saya meminta tanggung jawab? Dan bagaimana cara saya meyakinkan dia untuk tanggung jawab agar tidak ada lagi keburukan yang terjadi ?

4. Saya takut dia benar-benar meninggalkan saya kalo saya membuka semua ke istrinya. Saya bingung harus bagaimana?

5. Bagaimana Jika dia lari dari tanggung jawab? Apakah anak perempuanya bisa bernasib seperti saya? karena saya pernah membaca itu bisa termasuk hukuman.

Mohon doa dan petunjuk untuk saya
Terima kasih


JAWABAN

1. Tanggung jawab dalam arti menikah dan dilanksanakan secara resmi di KUA adalah solusi ideal bagi anda dari segi agama maupun sosial. Namun harus disadari bahwa anda berdua tidak dalam situasi ideal, apalagi dia yang sudah punya istri dan anak. Oleh karena itu, ada baiknya anda memegang prinsip "losing the battle to win the war" (kalah dalam pertempuran tapi memenangi peperangan). Dalam arti, anda sedikit mengalah untuk tujuan jangka panjang yang lebih strategis. Caranya, ajaklah dia menikah siri dan tanpa perlu memberitahu anak istrinya. Dengan langkah ini, maka anda punya empat keuntungan, pertama, anda terbebas dari dosa zina ataupun khalwat dengannya http://www.alkhoirot.net/2011/09/hukum-khalwat-dalam-islam.html. Kedua, dia tidak lagi punya alasan untuk tidak menikahi anda dan lari dari tanggungjawab. Ketiga, apapun namanya status anda sudah terhormat di mata Allah dan itu langkah awal yang sangat baik untuk juga terhormat di mata manusia. Hati anda pun akan jauh lebh nyaman karena itu langkah awal yang tepat untuk pertobatan. Keempat, dengan status hubungan yang sudah diakui secara syariah, maka anda tinggal selangkah lagi untuk membuat hubungan ini diakui secara resmi oleh negara. Dan itu tinggal menunggu waktu yang tepat saja (misalnya, setelah anda hamil atau punya anak dari dia).

Nikah siri memang bukan pilihan ideal, tapi saat ini itulah opsi terbaik bagi anda dan dia.

2. Sebaiknya itu tidak dilakukan karena itu akan merusak semuanya. Rumah tangganya dengan istri pertama berpotensi akan hancur, dan dia akan sangat marah pada anda sebagai konsekuensinya hal ini akan memperkecil motivasi dia untuk menikahi anda (kalau itu ada) karena pernikahan tidak bisa dimulai dari kemarahan salah satu pihak pada pihak yang lain. Tetaplah menjaga agar dia mencintai anda dengan sikap anda yang baik dan tidak merusak situasi damai yang ada dengan anak istrinya. Kecuali kalau dia tidak menolak permintaan pertama seperti yang kami sarankan pada poin 1.

3. Boleh saja meminta tanggungjawab padanya. Dan itu bagus agar dia tidak mengulang hal yang sama pada wanita lain. Juga, agar anda tidak diremehkan dan hanya dianggap sebagai perempuan yang mudah dibujukrayu sebagaimana wanita-wanita yang lain. Cara meminta pertanggungjawabannya ya meminta dia menikahi anda secara siri dalam arti tidak resmi diakui negara dan tidak perlu diketahui istri pertama.

4. Memang, kalau anda buka rahasia skandal ini, akan sangat berpotensi dia akan sangat marah pada anda dan akan meninggalkan anda selamanya.

5. Belum tentu anak perempuannya akan bernasib seperti anda. Tidak ada dalil dari Quran dan hadits yang menyatakan demikian.

Baca juga:
- Nikah Siri
- Cara Taubat Nasuha
- Pernikahan Islam

______________________________


BINGUNG KARENA BANYAK HUTANG

Assalamualaikum wr wb

pak ustadz....saat ini saya sedang mempunyai problematika hidup. Saya selama ini menggunakan uang yang bukan milik saya utk keperluan pribadi yaitu membayar hutang2 di kantor lama. Saat ini saya terdesak harus segera membayar hutang tersebut.
Keluarga besar saya sudah tau permasalahan ini semua. Saat ini istri saya juga dalam keadaan bimbang apakah akan melanjutkan hidup dengan saya atau tidak.

Saya bener2 bingung menghadapi ini semua pa ustadz....mohon solusinya.

Terima kasih pak ustadz

JAWABAN

Masalah hutang adalah masalah duniawi, maka ia harus diatasi dengan cara duniawi juga yakni dengan cara:
(a) mencari pinjaman lain untuk melunasi pinjaman sebelumnya;
(b) mencari usaha alternatif agar tidak terus menerus dikejar hutang;
(c) merubah gaya dan pola hidup ke arah yang lebih sederhana sesuai kemampuan.


Doa Banyak Hutang supaya Cepat Lunas dan Banyak Rejeki

Doa-doa berikut berasal dari Nabi. Jangan lupa, doa itu akan sia-sia tanpa usaha dan kerja keras.

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك، و اغنني بفضلك عمن سواك

اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء و تنزع الملك ممن تشاء و تعز من تشاء و تذل من تشاء بيدك الخير انك على كل شيء قدير.تولج الليل في النهار و تولج النهار في الليل و تخرج الحي من الميت و تخرج الميت من الحي و ترزق من تشاء بغير حساب

رحمن الدنيا و الاخرة و رحيمهما،تعطي من تشاء منهما و تمنع من تشاء،ارحمني رحمة تغنني بها عن رحمة سواك

Teks latin:

Allahumma ikfini bihalalika 'an haramik waghnini bifadlika amman siwak
Allahumma malikal mulki tu'til mulka man tasya' watanzi'ul mulka mimman tasya' watu'izzu man tasya' watudzillu man tasya' biyadikalkhoir innaka ala kulli sya'in qodir. tulijulllaila finnahari watulijunnahara fillaili watukhrijul hayya minal mayyiti watukhrijul mayyita minal hayyi watarzuqu man tasya' bighairi hisab.

rohmanad duniya wal akhiroh warohimahuma tu'ti man tasyah' minhuma watamna'u man tasya' irhamni rohmatan tughnini biha an rohmatin siwaka.

______________________________


MIMPI MEMUNGUT ANAK LELAKI

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Terima kasih saya ucapkan dengan adanya konsultasi ini, semoga dapat membantu memberikan penjelasan arti mimpi yang tentunya dari para ahli, mengingat pada kondisi saat banyak orang yang dengan sesukanya menta’wilkan mimpi yang tidak berdasarkan suatu ilmu, maka saya percayakan sepenuhnya pada sesepuh atau pengasuh KSI Al-Khoirot, dengan harapan secepatnya mendapat jawaban.
Mimpi pada malam senin tanggal 13 April 2015,

Yang bermimpi istri saya pak Kyai,
Singkat saja : Isrti saya bermimpi, saya (suaminya) memungut 2 anak laki, yang satu anak entah dari mana tiba-tiba ada dan yang satu lagi istri saya melihat saya mengambil anak itu dari balik tempat beras istilah orang bandung dari balik gentong, 2 anak tersebut dalam keadaan kotor, lalu istri saya melihat saya membersihkan keduanya, istri saya melihatnya dengan senang begitu juga para tetangga karena bayi tersebut dapat berbicara dengan menyebutkan namanya sendiri yaitu Muhammad Bashroh Alamsyah, sedangkan yang satu lagi yang ditemukan dibalik tempat beras saya (suaminya) yang memberikan nama itu dengan nama Asep Saefullah, itu saja pa Kyai mimpi yang diceritakan oleh istri saya, semoga dapat jawaban segera, dan semoga artinya adalah kebaikan, saya ucapkan terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

JAWABAN

1. Mimpi istri anda adalah mimpi yang baik. Ada beberapa makna menyangkut mimpi yang dialaminya, sebagai berikut:
(a) Anda berdua akan mendapatkan harta yang berasal dari sejumlah proyek atau dari sejumlah orang yang sebelumnya tidak dikenal;
(b) Rumah tangga anda akan mengalami perubahan yang tidak direncanakan, yang mana perubahan itu ke arah yang lebih baik.
(c) Anda berdua akan mendapatkan kegembiraan dalam waktu dekat.

Perlu juga dicatat, bahwa mimpi seseorang itu terjadi karena tiga kemungkinan: bisikan dari malaikat, bisikan dari jin, berasal dari diri sendiri. Mimpi dengan makna di atas adalah apabila berasal dari malaikat. Baca: Mimpi dalam Islam

______________________________


HARTA WARISAN DIKUASAI ISTRI KEDUA DAN ANAKNYA

Pak ustadz, Saya mau tanyakan tentang waris: Pada tahun 1981 ibu saya meninggal dunia karena 2 tahun sakit.

Sebelum sakit beliau bekerja di sebuah perusahaan asuransi, karena niat ingin mengurus anak anak, beliau berhenti bekerja dan sakit sehingga 2 tahun kemudian meninggal dunia. Ayah saya bekerjadi sebuah bank bumn.

Pada saat itu usia saya 14 tahun dan saya memiliki 3 orang adik perempuan.

Orang tua ibu saya (nenek dan kakek) masih hidup pada saat itu. Waris dari ibu saya belum dibagikan pada saat itu dan saya tidak memikirkannya.

Ayah mengurus kami dan membiayai sekolah kami hingga kami selesai sekolah (S1).

6 bulan kemudian setelah ibu saya meninggal ayah saya menikah lagi dan memiliki 1 orang anak laki laki dari ayah saya yang lahir tahun 1989. Usianya sekarang kurang lebih 26 tahun.

Pada tahun 2002 ayah saya meninggal dunia. Dan istri ke-2 ayah saya mengatakan bahwa ayah saya memberikan seluruh warisnya kepada istri keduanya tersebut dan anak nya, dan tidak meninggalkan apapun untuk kami ber-4. Karena beliau berpendapat bahwa beliau sudah menyekolahkan kami hingga kami sarjana.

1. Bagaimana hukumnya tentang hal itu ? apakah memang dibenarkan hal semacam itu ?
2. Dan jika hal tersebut tidak benar bagaimana cara pembagian yang seharusnya?

Mohon penjelasannya pak.
Wassalammualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

JAWABAN

1. Itu tidak benar. Anda bersaudara justru berhak atas dua warisan yakni warisan peninggalan ibu dan warisan peninggalan ayah. Kalau semua harta warisan ibu anda tidak dibagikan pada anda bersaudara, maka bapak anda berhutang pada anak-anaknya dari istri pertama.

2. Cara pembagian yang benar karena telah terjadi dua kematian pewaris tanpa ada pembagian warisan maka pembagian warisan dilakukan dalam dua kali tahapan sebagai berikut:

TAHAP PERTAMA: PEMBAGIAN WARISAN DARI IBU (ANDA) MENINGGAL TAHUN 1981

Ahli waris dan bagian warisnya sbb:

(a) Suami mendapat 1/4 (seperempat) = 6/24 = 6/30
(b) Ayah mendapat 1/6 (seperenam) = 4/24 = 4/30
(c) Ibu mendapat 1/6 (seperenam) = 4/24 = 4/30
(d) 4 anak kandung perempuan mendapat 2/3 = 16/24 = 16/30

TAHAP KEDUA: PEMBAGIAN WARISAN DARI AYAH (ANDA) MENINGGAL TAHUN 2002

Ahli waris dan bagian warisnya sebagai berikut:

(a) Istri (kedua) mendapat bagian 1/8 (seperdelapan)
(b) Sisanya yang 7/8 dibagikan kepada seluruh anak kandung baik yang berasal dari istri pertama dan istri kedua di mana anak lelaki mendapat bagian dua kali lipat dibanding anak perempuan. Caranya, jadikan harta yang 7/8 itu menjadi 6 bagian di mana satu anak lelaki mendapat 2 bagian sedang keempat anak perempuan masing-masing mendapat 1 bagian.

Pembagian peninggalan bapak anda ini dengan asumsi ayah dan ibu bapak (kakek nenek anda) sudah wafat.
Baca detail: Hukum Waris Islam

CATATAN PENTING:
- Kalau ibu tiri anda tidak menerima sistem pembagian ini, maka anda dapat melakukan gugatan ke Pengadilan Agama.
- Kalau ibu tiri mengatakan bahwa bapak anda mewasiatkan seluruh harta peninggalan ayah kepada istri kedua dan anaknya, maka menurut hukum Islam wasiat yang diberikan pada salah satu ahli waris hukumnya tidak sah kecuali atas persetujuan ahli waris yang lain.
- Wasiat yang diberikan pada non-ahli waris hanya bolel dengan syarat tidak melebihi dari 1/3 (sepertiga) harta peninggalan. Baca detail: Wasiat dalam Islam




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..