Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Hukum Ziarah Makam Rasulullah

Hukum Ziarah Makam Rasulullah
HUKUM ZIARAH DAN BERDOA DI MAKAM RASULULLAH

Menurut Imam Nawawi dalam Al-Majmuk dan Al-Azkar, ziarah ke makam Rasulullah adalah sunnah muakkad atau ibadah yang sangat dianjurkan, walaupun tidak sampai tingkatan wajib. Begitu juga berdoa di makam Rasulullah hukumnya sunnah baik bagi jamaah haji dan umroh atau bagi mereka yang datang khusus untuk datang ke masjid Nabawi dan ziarah saja. Agar ibadah lebih sempurna, perhatikan tatacaranya di bawah ini.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. HUKUM ZIARAH DAN BERDOA DI MAKAM RASULULLAH
    1. DALIL HADITS TERKAIT SUNNAHNYA ZIARAH MASJID NABAWI DAN MAKAM NABI
    2. TATA CARA ZIARAH KE MAKAM NABI
    3. UCAPAN SALAM SAAT BERADA DI MAKAM RASULULLAH
    4. HUKUM ZIARAH KE BAQI DAN UCAPAN SAAT MASUK KE PEMAKAMAN
    5. TATA CARA SAAT HENDAK MENINGALKAN MADINAH
  2. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


Yth . Ustaz. Kami mengajukan pertanyaan tentang ibadah disaat berhajji.

1. Bagaimana hukumnya berziarah ke makam Nabi Muhammad di Mekkah (di Madinah, red)?
2. Bagaimana hukumnya berdo'a dihadapan makam Rasulullah.

Demikian atas bantuan ustaz saya ucapkan terima Kasih. Wassalam.

JAWABAN

1. Ziarah ke makam Rasulullah bukan hanya boleh, tapi justru sunnah dan mendapat pahala. Selain itu, juga disunnahkan untuk berziarah ke makam dua Sahabat Nabi yaitu Abu Bakar dan Umar yang letaknya berdampingan dengan makam Nabi.
2. Berdoa di makam Nabi itu juga boleh dan bahkan sunnah.

URAIAN


HUKUM SUNNAHNYA ZIARAH MAKAM RASUL

Imam Nawawi dalam Al-Majmuk 8/253 menyatakan

واعلم أن زيارة قبر رسول الله صلى الله عليه وسلم من أهم القربات وأنجح المساعي ، فإذا انصرف الحجاج والمعتمرون من مكة استحب لهم استحبابا متأكدا أن يتوجهوا إلى المدينة لزيارته صلى الله عليه وسلم وينوي الزائر من الزيارة التقرب وشد الرحل إليه والصلاة فيه ، وإذا توجه فليكثر من الصلاة والتسليم عليه صلى الله عليه وسلم في طريقه ، فإذا وقع بصره على أشجار المدينة وحرمها وما يعرف بها زاد من الصلاة والتسليم عليه صلى الله عليه وسلم وسأل الله تعالى أن ينفعه بهذه الزيارة وأن يقبلها منه

Artinya: Berziarah ke makam Rasulullah itu termasuk ibadah terpenting dan perjalanan paling menguntungkan. Apabila pelaku haji dan umroh selesai ibadahnya dari Makkah, maka sunnah muakkad (sangat disunnahkan) baginya berangkat menuju Madinah untuk berziarah ke makam Nabi dan berniat ibadah, mengkhususkan perjalan padanya dan membaca shalawat di sana. Ketika sedang dalam perjalanan maka hendaknya memperbanyak baca sholawat. Ketika mata sudah melihat pepohonan Madinah dan tanah haramnya, maka hendaknya semakin memperbanyak baca sholawat pada Nabi agar ziarah ini bermanfaat baginya dan diterima Allah.


DALIL HADITS TERKAIT SUNNAHNYA ZIARAH MASJID NABAWI DAN MAKAM NABI

- Hadits sahih riwayat Abu Daud

ما من أحد يسلم علي إلا رد الله علي روحي حتى أرد عليه السلام

Artinya: Tidak ada seorangpun yang mengucapkan salam padaku (saat ziarah kubur Nabi), kecuali Allah mengembalikan ruhku sehingga aku membalas salamnya.

- Hadis sahih riwayat Bukhari dan Muslim

ما بين قبري ومنبري روضة من رياض الجنة ، ومنبري على حوضي

Artinya: Antara kuburku dan mimbarku terdapat satu taman dari taman-taman surga. dan mimbarku (kelak) berada diatas lembahku.

- Hadits riwayat Baihaqi dari Nafi'
أن ابن عمر كان إذا قدم من سفر دخل المسجد ثم أتى القبر فقال : السلام عليك يا رسول الله ، السلام عليك يا أبا بكر ، السلام عليك يا أبتاه

Artinya: Abdullah bin Umar ra bila datang dari perjalanan dan tiba di Madinah maka ia segera masuk Masjid dan mendatangi qubur Nabi saw seraya berucap : “Assalamu ‘alaika Yaa Rasulallah, Assalamualaika Yaa Aba Bakr, Assalamu ‘alaika Ya Abataah (wahai ayahku)”
ا
- Hadits sahih atau hasan (menurut Al-Subki) riwayat Tirmidzi, Baihaqi, Al-Barra, Daruqutni, dll

من زار قبري وجبت له شفاعتي

Artinya: Barangsiapa yang berziarah kuburku maka wajib baginya syafaatku.

- Hadis sahih riwayat Bukhari dan Muslim

صلاة في مسجدي هذا خير من ألف صلاة فيما سواه إلا المسجد الحرام

Artinya: Shalat di masjidku ini lebih baik dari 1000 shalat di selainnya kecuali di masjidil haram (Makkah).

- Hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim

لا تشد الرحال إلا إلى ثلاثة مساجد المسجد الحرام والمسجد الأقصى ومسجدي هذا
Artinya: tidaklah suatu perjalanan (rihlah) diadakan, kecuali ke salah satu dari tiga masjid: Masjidil Haram, Masjidku ini (Masjid Nabawy), dan Masjidil Aqsa.


TATA CARA ZIARAH KE MAKAM NABI

Imam Nawawi dalam Al-Majmuk 8/253 menjelaskan tatacara yang disunnahkan saat ziarah makam Rasul (keterangan ini juga terdapat dalam kitab Al-Azkar):

- Mandi sebelum masuk makam dan memakai baju yang paling bersih.
- Menghadirkan hati atas kemuliaan kota Madinah dan bahwa Madinah adalah tempat paling utama setelah Makkah
- Sejak awal kedatangan hendaknya peziarah mengagungkan Rasulullah seakan melihatnya.
- Ketika sampai ke pintu masjid Nabawi maka hendaknya mengucapkan bacaan yang disunnahkan dalam memasuki setiap masjid yaitu:

بسم الله، والصلاة والسلام على رسول الله، اللهم افتح لي أبواب رحمتك)، (أعوذ بالله العظيم، وبوجهه الكريم، وسلطانه القديم من الشيطان الرجيم
Teks latin: Bismillah wash-sholatu wassalamu ala Rasulillah. Allahummaftah abwaba rohmatik. A'udzubillahil azhim wabiwajhihil karim wasultonihil qodim minasy-syaitonir rojim.

- Mendahulukan kaki kanan saat masuk masjid, dan mendahulukan kaki kiri saat keluar sebagaimana tatacara ketika masuk dan keluar di masjid yang lain.

- Ketika masuk masjid, maka peziarah mengarah ke Raudhah yaitu tempat antara makam dan Mimbar masjid lalu melaksanakan tahiyat masjid di samping mimbar.

- Setelah shalat tahiyat masjid, peziarah mendekati makam dan disunnahkan untuk mengucapkan salam kepada ahli kubur. Bacaannya lihat di bawah.


UCAPAN SALAM SAAT BERADA DI MAKAM RASULULLAH

- Ucapan salam saat di makam Nabi:

السلام عليك يا رسول الله ورحمة الله وبركاته، السلام عليك يا أبا بكر، السلام عليك يا عمر

Teks latin: Assalamu alaika Ya Rasulallah warohmatullohi wabarokatuh. Assalamu alaika Ya Aba Bakr. Assalamu alaika Ya Umar.

- Ucapan salam pada Nabi yang lebih panjang adalah sebagai berikut:

السلام عليك يا رسول الله ، السلام عليك يا خيرة الله من خلقه ، السلام عليك يا حبيب الله ، السلام عليك يا سيد المرسلين وخاتم النبيين ، السلام عليك وعلى آلك وأصحابك وأهل بيتك ، وعلى النبيين وسائر الصالحين ، أشهد أنك بلغت الرساة وأديت الأمانة ونصحت الأمة ، فجزاك الله عنى أفضل ما جزى رسولاً عن أمته

Setelah itu, peziarah dapat membaca doa di dekat makam Rasulullah sesuai yang diinginkannya. Salah satu doa yang direkomendasikan oleh Al-Samiri dalam kitab Al-Mustauib, hlm. 4/273 adalah sbb:

اللهم إنك قلت في كتابك لنبيك صلي الله عليه وسلم { ولو أنهم إذ ظلموا أنفسهم جاؤوك فاستغفروا الله واستغفر لهم الرسول لوجدوا الله توابا رحيما } وإني قد أتيت نبيك مستغفرا , فأسألك أن توجب لي المغفرة كما أوجبتها لمن أتاه في حياته


HUKUM ZIARAH KE BAQI DAN UCAPAN SAAT MASUK KE PEMAKAMAN

Selain ke makam Nabi, disunnahkan juga berziarah ke makam para Sahabat Nabi di Baqi' yang letaknya tepat di samping masjid Nabawi Madinah.

- Saat masuk ke pemakaman, disunnahkan baca ucapan salam berikut:

السلام عليكم أهل الديار من المؤمنين والمسلمين، وإنا إن شاء الله بكم لاحقون، نسأل الله لنا ولكم العافية

Teks latin: Assalamu alaika ahladdiyar minal mukminin wal muslimin wa inna insyaAllah bikum lahiqun. nas'alulloha lana walakumul afiyah.


TATA CARA SAAT HENDAK MENINGALKAN MADINAH

Apabila peziarah hendak keluar dari kota Madinah dan melanjutkan perjalanan ke Makkah atau ke negaranya masing-masing, maka disunnahkan untuk masuk masjid Nabawi untuk shalat sunnah doa rakaat, lalu berdoa sesuai yang diinginkan lalu mendatangi makam Nabi dan mengucapkan salam seperti salam yang pertama, mengulangi doa, dan mengucapkan doa perpisahan pada Rasulullah dengan doa berikut:
اللهم لا تجعل هذا آخر العهد بحرم رسولك ، ويسر لي العود إلى الحرمين سبيلاً سهلة بمنك وفضلك ، واروقني العفو والعافية في الدنيا و الآخرة ، وردنا سالمين غانمين إلى أوطاننا آمنين

Teks latin: Allahumma la taj'al hadza akhirol ahdi biharomi Rasulika. Wayassir li al-awda ilal haromain sabilan sahlatan bimannika wafadhlika. Warzuqnil awda wal afiyata fidduniya wal akhiroh. Wa ruddana salimina ghaimin ila awtonina aminin.

Baca juga: Hukum Ziarah Kubur

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam