Wednesday, June 17, 2015

Menyikapi Sikap Anti Islam


Menyikapi Sikap Anti Islam
MENYIKAPI KRITIK NON-MUSLIM PADA ISLAM

Assalamualaikum Wr Wb.

Kepada saudaraku DI Pondok Pesantren AL Khoirot

Sebelumnya saya mohon maaf apabila pertanyaan saya menyimpang dari aturan Tetapi saya merasa bingung harus kemana mencari jawaban yang tepat. Atas artikel-artikel yang beredar yang menyebarkan faham bahwa islam banyak sekali kelemahan khususnya dalam sejarah islam. yang artikel ini di tulis oleh kaum nasrani.

Dibawah ini saya lampirkan artikel tersebut. Saya Mohon jika berkenan memberikan jawaban atau memberikan petunjuk kemana saya harus bertanya dan mencari jawaban yang sebenarnya.

Terimakasih atas perhatian dan bantuanya. Mohon maaf sebesar2nya jika pertanyaan saya menyinggung atau tidak sesuai

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. MENYIKAPI KRITIK NON-MUSLIM PADA ISLAM
  2. TERTINGGAL 3 RAKAAT SHALAT ASHAR
  3. JUJUR ATAU DIAM ATAS KETIDAKPERAWANAN
  4. BOLEHKAH MINTA PERHATIAN LEBIH DARI TUNANGAN?
  5. MIMPI MELIHAT SEMUT
  6. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

Pertama perlu kami beritahukan bahwa kami tidak membaca artikel yang anda sebutkan karena diletakkan di attachment (berpotensi mengandung virus). Namun isinya bisa diduga berisi kritikan pada ajaran Islam menurut perspektif orang non-muslim yang membenci Islam yang memang sejak dahulu kala suka mencari-cari kesalahan ajaran Islam.

Kami kurang mengerti mengapa dan untuk apa anda sampai membaca artikel seperti itu? Apabila anda ingin memahami Islam lebih dalam, maka pelajarilah Islam dari sumber yang terpercaya yakni dari para ulama atau tulisan para ulama. Apabila anda ingin memperdalam kemantapan dan keyakinan anda, maka bacalah testimoni dan penuturan para non-nuslim yang menjadi mualaf alias masuk Islam. Apabila anda ingin belajar Islam dari sumbernya yang asli yang berbahasa Arab, maka datanglah langsung ke pesantren dan belajar bahasa Arab pada para kyai pengasuh pesantren.

Hindari memahami Islam dengan membaca tulisan polemis dari kalangan yang membenci Islam karena betapapun hebatnya dan maha benarnya Islam akan selalu ada ruang untuk dikritik dan bahkan dicaci oleh musuh-musuh Islam terutama terkait dengan perilaku penganutnya. Biarlah penanganan masalah itu diserahkan pada para ahli Islam. Untuk anda yang masih awam tentang Islam, cukuplah fokus pada pendalaman ajaran Islam yang mendasar dan mempelajarinya dari guru dan sumber yang asli. Baca: Agama Islam

Percayalah, Islam adalah maha benar. Dan kebenaran Islam itu tidak akan terkurangi hanya karena keritik kaum kafir. Sebagaimana Islam akan tetap tegak menjulang tinggi dengan atau tanpa pembelaan dari pemeluknya. Walaupun demikian, adalah tugas kalangan ahli dan ulama Islam untuk merespons artikel semacam itu dalam forum dan waktu yang tepat tentunya. Bagi kalangan muslim awam, cara menyikapi sikap anti Islam adalah: (a) abaikan!; (b) tunjukkan bahwa anda adalah pemeluk agama terbaik dengan menunjukkan kemuliaan perilaku dan karakter anda.

Baca juga:

- Daftar Selebriti yang Masuk Islam
- Daftar Mualaf Tokoh dan Selebriti Dunia

_______________________________


TERTINGGAL 3 RAKAAT SHALAT ASHAR

Assalamua'laikum Wr Wb

Nama saya Indah, saya mau bertanya apakah tetap membaca surah lain setelah Al Fatihah saat kita berdiri melanjutkan Rakaat ke 2 ( untuk menyempurnakan sholat karna tertinggal 3 rakaat ).

Mohon pencerahannya

JAWABAN

1. Iya, disunnahkan membaca surah pendek setelah Al-Fatihah pada rakaat pertama dan kedua. Bagi makmum muwafiq (makmum shalat jamaah yang mengikuti imam dari awal) maka tidak perlu membaca karena ikut imam. Sedangkan makmum masbuq yang ketinggalan 3 rakaat seperti anda, maka disunnahkan membaca surat pendek setelah Al-Fatihah pada rakaat kedua karena sudah berpisah dengan imam.

As-Syaukani dalam Nailul Autor hlm. 2/234 menjelaskan kesepakatan ulama atas sunnahnya membaca surah selain Al-Fatihah pada dua rakaat awal:
ولا خلاف في استحباب قراءة السورة مع الفاتحة في صلاة الصبح والجمعة والأوليين من كل الصلوات. قال النووي: إن ذلك سنة عند جميع العلماء، وحكى القاضي عياض عن بعض أصحاب مالك وجوب السورة. قال النووي: وهو شاذ مردود
Artinya: Tidak ada perbedaan ulama atas sunnahnya membaca surah bersamaan dengan Al-Fatihah pada shalat subuh, jumat dan dua rakaat pertama dari setiap shalat. Imam Nawawi berkata: Hal itu adalah sunnah menurut semua ulama...

Baca juga: Shalat Berjamaah

_______________________________


JUJUR ATAU DIAM ATAS KETIDAKPERAWANAN

Assalamu'alaikum,

Saya mau konsultasi, jika seorang wanita sudah tidak perawan karena saat melakukannya dia dalam keadaan tidak sadar ( dipelet), tetapi si wanita sudah sadar karna wanita itu sudah dibawa ke seorang ustadz..

1. Apa yang harus dilakukan oleh wanita itu ketika dia sudah punya calon suami, apa seharusnya dia jujur kalo dia sudah tidak perawan tetapi takut calon suaminya tidak menerimanya. apa diam saja yang penting dia sudah bertaubat?

Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb

JAWABAN

1. Kalau tidak ditanya sebaiknya diam saja tidak perlu bercerita. Tapi kalau ditanya, maka cara terbaik adalah sebagai berikut: (a) kalau pertanyaan tersebut sebelum akad nikah, maka sebaiknya tidak dijawab untuk menjaga agar pernikahan tetap berlangsung; (b) apabila pertanyaan itu diutarakan beberapa hari atau bulan setelah pernikahan, maka sebaiknya diceritakan secara jujur. Karena dalam situasi ini jujur akan jauh lebih baik daripada bohong. Pertama, pria umumnya tahu wanita perawan atau tidak. Kalau dia bertanya itu hanya untuk konfirmasi dan menguji kejujuran anda saja. Kalau anda bohong, maka itu akan mengurangi nilai integritas anda di mata suami. Sebaliknya, kalau anda bercerita jujur, maka setidaknya dia menghargai kejujuran tersebut. Baca juga: Haruskah Jujur pada Calon Suami soal Keperawanan?

_______________________________


BOLEHKAH MINTA PERHATIAN LEBIH DARI TUNANGAN?

Assalamualaikum ustadz, Saya Eko, 25 tahun, Pria. Saya beberapa bulan lagi akan menikah. Kami saat ini terpisah jarak berlainan kota karena saya bekerja di luar kota, sedangkan calon istri baru lulus kuliah.

Tetapi saya merasakan perhatian dan rasa sayang calon saya berkurang daripada dia yang saya kenal dulu. Saya dulu pernah dia khianati, padahal saya sudah bertunangan. Akhirnya dia datang kerumah saya beserta Orangtuanya untuk minta maaf kepada saya. Setelah kejadian itu saya berfikir dia akan mencintai saya dengan perhatiannya yg saya kenal dulu. Saya menunggu, masih belum ada perubahan, saya berfikir baik saja, oo mungkin sedang fokus skripsi, jadi dia tidak begitu banyak waktu untuk menghubungi saya.

Setelah skripsinya selesai dan kedua orangtua bertemu untuk membicarakan tanggal pernikahan, disitu saya berharap perhatiaannya akan kembali, ternyata belum juga. Dia masih sama saja, tidak seperti yang saya kenal dulu. Kalau saya tidak menghubunginya, dia bisa dipastikan juga tidak menghubungi saya.

Sampai akhirnya saya ungkapkan kepadanya tentang apa yang saya rasakan, tetapi malah jadi pertengkaran. Saya bersikukuh perhatian dan sayangnya itu adalah hal yang seharusnya dia lakukan tanpa saya mengemis kepadanya. Tetapi dia beralasan inilah dia yang sebenarnya, dan saya dianggap terlalu menuntut dia dan tidak menerimanya apa adanya. Saya berusaha memahamkannya bahwa menjadi diri sendiri memang baik, tetapi perlu perbaikan terus menerus, apalagi saya adalah calon suaminya. Saya merasa saya adalah orang lain baginya.

Pertanyaan saya ustadz:
1. Menurut pandangan islam apakah saya yang masih sebagai calon suami salah jika meminta calon istri saya lebih perhatian? Atau apakah perhatian dan rasa sayang yang saya harapkan dari calon istri saya itu berhak saya dapatkan setelah sah menikah?

2. Menurut pandangan islam apakah nanti jika saya sudah sah menjadi suaminya, hal seperti itu bisa dikatakan saya adalah suami penuntut? padahal istri kan seharusnya patuh terhadap suami.

3. Jika hal ini terus terjadi sampai sah menikah, apakah istri saya termasuk istri yang tidak patuh terhadap suami sama yang di hadistkan Rosululloh SAW tentang banyak wanita yang masuk neraka?

Terimakasih ustadz, Assalamualaikum.

JAWABAN

1. Calon istri dalam islam statusnya sama dengan perempuan lain. Di mana kita tidak dibolehkan perbuatan mesra yang bersifat fisik seperti bercumbu dan lainnya. Bahkan sekedar khalwat (berduaan dalam ruang tertutup) juga tidak boleh. Baca detail: Hukum Khalwat alam Islam

2. Ada baiknya istri dibiarkan berperilaku senatural mungkin. Biarkan cintanya berproses seiring waktu. Kalau anda baik padanya dan menunjukkan rasa cinta yang tulus maka sikapnya akan berubah semakin hangat.

3. Kepatuhan istri pada suami itu terkait kewajiban seperti melayani suami apabila meminta hubungan intim, meminta ijin pada suami saat mau melakukan sesuatu seperti keluar rumah, dan lain-lain. Suami hendaknya tidak menuntut sesuatu yang sulit dilaksanakan seperti bersifat hangat pada suami padahal dia memiliki karakter yang agak dingin dan seterusnya karena itu akan mengurangi kadar cintanya pada suami karena selalu merasa tertekan.

Namun demikian, tidak ada salahnya anda melakukan penelitian apakah perubahan sikapnya itu ada sebab lain seperti dia masih menjalin hubungan dengan mantannya yang dulu dan lain-lain.

_______________________________


MIMPI MELIHAT SEMUT

Assalamu'alaikum, saya mimpi lihat semut pertanda apa ya ?

JAWABAN

Mimpi melihat semut tergantung pada melihatnya seperti apa. Misalnya, apabila melihat semut keluar dari sarangnya, maka itu pertanda mendapat kesulitan. Melihat semut berjalan di atas orang sakit, tanda akan meninggal. Melihat semut masuk rumah membawa makanan pertanda akan banyak rejeki. Melihat semut keluar rumah membawa makanan, pertanda rejeki akan seret.

Perlu diingat bahwa penafsiran di atas apabila mimpi anda berasal dari bisikan malaikat. Apabila mimpi berasal dari bisikan jin atau setan atau dari diri sendiri, maka tidak ada makna apapun. Baca: Mimpi dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..