Thursday, June 11, 2015

Selalu Kentut Saat Shalat


Selalu Kentut Saat Shalat
SELALU KENTUT SAAT SHALAT

Assalamualaikum wr.wb
Saya seorang mahasiswa. Saya mengalami masalah dengan kondisi perut saya, ketika setiap kali selepas wudhu, perut saya cenderung ingin kentut dan yang menjadi masalah lagi, kentut saya sangat sulit dikendalikan sehingga setiap kali saya melakukan sholat terutama jika dalam posisi jongkok, saya cenderung kentut kecil dan meski sudah berupaya saya tahan namun tetap sulit.

1. Yang ingin saya tanyakan, bagaimanakah hukumnya orang sholat namun dalam kondisi kentut yang sangat sulit dikendalikan secara terus-menerus karena masalah gangguan perut? Apakah sama seperti halnya orang yang mengalami beser kemih?

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. SELALU KENTUT SAAT SHALAT
  2. KENCING TIDAK TUNTAS
  3. CARA MAKMUM MASBUQ MENGGANTI RAKAAT YANG TERTINGGAL
  4. ISTRI MUALAF DIAMBIL PAKSA ORANG TUANYA
  5. MIMPI GIGI PATAH
  6. PANDUAN TAJWID LENGKAP
  7. CARA AGAR TIDAK MUDAH LUPA
  8. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Kalau memang selalu terjadi keluar angin setiap shalat, maka hukumnya sama dengan kasus beser kemih (Arab: salisul bawl). Artinya itu termasuk udzur syar'i dan boleh shalat dan tidak batal shalatnya walaupun ketika shalat keluar angin namun harus memenuhi beberapa syarat antara lain: (a) ambil wudhu ketika waktu shalat sudah tiba; (b) wudhunya hanya berlaku untuk satu kali shalat fardhu dan beberapa kali shalat sunnah. Artinya, kalau sudah masuk shalat fardhu berikutnya harus ambil wudhu lagi.
Baca detail: Shalat bagi Penderita Beser Kencing

_______________________________


KENCING TIDAK TUNTAS

kang mau tanya, tentang artikel di sini
http://www.alkhoirot.net/2014/09/shalatnya-orang-yang-beser-kencing.html saya mengalami hal yang serupa, dan sekarang sedang berusaha untuk berobat.

kang, saya merasa berat kalau tiap mau solat harus mengganti pembalut/kapas/tisu. belum lagi kegiatan saya banyak, dan perasaan saya yang was-was terus karena setan karena terus berfikiran saya ini tidak suci. jujur kang, psikis saya terganggu hebat, saya sering stres. dan banyak hal permasalahan selalu pesimis. dulu pernah, bahkan karena was-was hampir putus asa dan meragukan Allah.

mohon doanya kang, untuk kesembuhan saya. saya didagnosa dokter urolog kena penyakit inkontenensia urin (ngompol). saya laki-laki kang.

JAWABAN

Kalau pada faktanya anda penderita beser kencing dalam arti terus-terusan ngompol, maka memang tidak ada alternatif lain selain mengikuti cara yang ditunjukkan ulama ahli fiqih dalam soal cara shalat. Kalau anda bekerja di kantor, maka sebaiknya anda menyiapkan celana dalam dan sarung yang suci khusus untuk shalat.

Tentang pembalut itu wajibnya bagi perempuan istihadoh (terus-terusan keluar darah bukan haid). Adapun untuk beser kencing bagi laki-laki, maka kalau besernya tidak banyak maka memakai celana itu sudah cukup. Tapi kalau biasanya rembesan kencingnya cukup banyak, maka sebaiknya memakai celana dalam yang dilapisi kapas atau benda lain yang sekiranya tidak merembes keluar sehingga membuat najis tempat shalat dan menggangu jamaah shalat yang lain (apabila shalat di musholla atau masjid). Baca detail: Shalat bagi Penderita Beser Kencing


_______________________________


CARA MAKMUM MASBUQ MENGGANTI RAKAAT YANG TERTINGGAL

assalamualaikum.....

tanya tentang adab makmum yang masbuk....

1. ketika shalat isya kita terlambat dua rakaat, bagaimana cara kita membayar ketinggalan tersebut?
2. apakah pada rakaat ketiga dan keempat kita harus membaca surah pendek seperti apa yang dilakukan imam pada rakaat pertama dan kedua tadi?
3. tidak apa-apakah dalam shalat ketika makmum yang masbuk melakukan tahyat lebih dari dua kali?

terimakasih.... mohon jawabannya.....

JAWABAN

1. Ganti yang dua rakaat itu setelah imam mengucapkan salam kedua, lalu anda bangun dan menambah dua rakaat lagi.

2. Tidak perlu membaca surat pendek, tapi tetap wajib membaca surat Al-Fatihah.

3. Tidak apa-apa. Justru yang penting adalah tahiyat terakhir itu. Baca juga: Shalat Berjamaah

_______________________________


ISTRI MUALAF DIAMBIL PAKSA ORANG TUANYA

Assalamulaikum ustad.
1. Saya minta tolong penjelasan mengenai istri saya yang sudah mualaf sekarang dia di ambil sama orangtuanya (non-muslim) apa yang saya harus lakukan? 2. Apakah saya berhak mengambil kembali istri saya & pada saat itu di perantarai dengan polisi.
Mohon penjelesannya wassalam

JAWABAN

1. Anda bisa menjemputnya kembali.
2. Anda berhak mengambil lagi istri anda. Kalau pernikahan anda resmi, maka anda bisa menggugat secara hukum kalau tidak diijinkan oleh orang tuanya.

_______________________________


MIMPI GIGI PATAH

Pak ustad ini kali kedua saya bermimpi gigi saya patah pertama sebelum ayah saya meninggal dan kedua semalam . kali ini gigi bawah saya. Yang katanya saudara atau kerabat. apakah mimpi gigi patah sering dikaitkan dengan sesuatu yang mengerikan.? Atau kematian org-orang yang kita cintai..? Itu adalah mitos yang hingga sekarang ada..
1. bagaimana itu dalam gambaran islam secara lengkap Pak Ustad ? Saya kurang memahaminya.
Saya berharap pak ustad dapat menjawabnya.
Terima Kasih

JAWABAN

1. Di dalam syariah Islam masalah mimpi itu termasuk perkara yang tidak penting yang tidak perlu menjadi kegalauan seorang muslim. Karena, mayoritas mimpi itu berasal dari diri sendiri atau dari gangguan jin/setan. Memang ada mimpi yang berasal dari malaikat yang memiliki makna, namun porsinya relatif kecil. Dan itupun tidak ada yang tahu apakah mimpi kita berasal dari malaikat atau bukan.

Kalaupun dari malaikat tidak ada makna yang pasti dari mimpi tersebut. Dalam literatur ulama salaf, hanya ada satu kitab yang membahas soal mimpi yakni kitab Tafsir Al-Ahlam karya Ibnu Sirin.

Menurut Ibnu Sirin, mimpi gigi patah atau gigi copot bermakna bahwa anda akan mendapatkan anugerah umur panjang. Kalau berimpi bahwa seluruh gigi copot, maka ia akan hidup dalam usia yang sangat panjang. Apabila bermimpi gigi bagian atas copot dan jatuh ke tangannya maka itu bermakna harta akan didapatnya. Apabila mimpi gigi atas jatuh di kamarnya maka ia akan mendapat anak lelaki. Apabila mimpi gigi atas jatuh ke tanah maka itu tanda akan mendapat musibah kematian. Baca: Mimpi dalam Islam

_______________________________


PANDUAN TAJWID LENGKAP

Assalamualaikum. nama saya taufiq di jepara. bolekah minta tata cara hukum tajwid yang lengkap disertai contoh arab dan latin dalam membacanya agar aku lebih muda dalam memahaminya. wassalamualaikum.

JAWABAN

1. Untuk memahami ilmu tajwid, silahkan download terjemah ilmu tajwid di sini

2. Untuk melancarkan bacaan, banyaklah membaca Al-Quran setiap hari. Sedangkan untuk bacaan yang baik dapat merujuk dan meniru pada bacaan Quran dari Imam Masjidil Haram seperti Sudaisi, Shuraim dan Hudzaifi. Untuk MP3 Sudaisi lihat di sini.

_______________________________


CARA AGAR TIDAK MUDAH LUPA

Assalamualaikum ustadz..

adakah amalan doa yang bisa saya terapkan uuntuk menghilangkan sifat pelupa dalam kegiatan sehari-hari atau ibadah?

1. jadi misal : saya sholat semula sudah yakin rakaat terakhir tapi kemudian ragu tiga/empat (meski memang ada aturannya pakai rakaat yang rendah dan sujud sahwi). dan untuk hal ini, jika keyakinan kita lebih besar sudah rekaat terakhir apakah boleh mengikuti keyakinan hati/tetap pada aturan, ustadz?

2. Dalam membasuh najis badan kadang setelah saya keluar dari kamar mandi kemudian sholat baru ingat ada bagian tertentu yang terkena najis "sudah dibasuh atau belum ya? rencana mau dibasuh (ingat kalau kena najis saat di kamar mandi tapi lupa sudah dibasuh/belum ya? itu bagaimana ustadz? sedangkan posisi sudah memakai rukuh/ mukena. bolehkah saya mengambil pendapat sudah sehingga memudahkan dan tidak ragu-ragu lagi?
Demikian ustadz, jazaakumullah khoirol jaza'
Wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

1. Kalau memang sudah yakin rakaat terakhir, maka itu sudah sah.
2. Boleh. Ikuti pendapat yang meyakini sudah disuci karena faktanya anda sudah membersihkan diri. Dalam kaidah fikih dikatakan: "Keyakinan tidak hilang karena keraguan". Lihat: Kaidah Fiqih



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..