Monday, August 24, 2015

Bagian Waris Cucu dan Saudara Kandung


Bagian Waris Cucu dan Saudara Kandung
BAGIAN WARIS CUCU DAN SAUDARA KANDUNG

Assalamualaikum,
Saya Ryan, 24 tahun. Nenek saya Almh. Nasem sampai akhir hayatnya adalah seorang janda, punya seorang anak perempuan Almh. Sodah. Almh. nenek saya punya 3 saudara yg semuanya sudah meninggal, dan sekarang adik2 ipar Almh. nenek saya masih hidup beserta anak-anaknya.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. BAGIAN WARIS CUCU DAN SAUDARA KANDUNG
  2. MIMPI JUNUB DI SIANG HARI RAMADAN
  3. AIR BEKAS ISTINJA TERKENA BAJU
  4. CARA MENYUCIKAN PERCIKAN KENCING DI CELANA
  5. SUAMI POLIGAMI TAPI TIDAK ADIL
  6. RAGU BACAAN AL-FATIHAH
  7. DOA SHALAT TAHAJUD DAN CARA MENGIRIM PAHALA BACA QURAN
  8. MAU BAYAR HUTANG TIDAK DIKETAHUI PEMILIKNYA
  9. IJAB QABUL BAHASA ARAB ATAU INDONESIA?
  10. HAID SAMPAI 10 HARI, APAKAH HAID ATAU PENYAKIT?
  11. SHALAT DEKAT KUCING
  12. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM
Sedangkan saya 5 bersaudara:
Anak pertama laki-laki 34th, anak kedua perempuan 32th, anak ketiga perempuan 28th, anak ke empat saya, anak kelima laki2 18th, serta saya masih serumah dg bapak saya (menantu Almh.nenek saya) Almh. nenek saya mewariskan sebidang sawah, kebon serta tanah yang kami tempati.

pertanyaan saya,
1. dalam hal ini siapa saja yg berhak atas warisan dari Almh. nenek ?
2. Dan pantaskah jika memang saya berhak namun memintanya terlebih dulu untuk merenovasi rumah dan untuk melanjutkan pendidikan ?

CATATAN:
Saya cucu kandung Nasem, sodah adalah ibu saya Ibu saya meninggal taun 1997 dan anak satu2nya Nasem. saya 5 bersaudara, kakak sulung adalah laki2 dan sudah bekeluarga. kakak kedua dan ketigA adalah perempuan dan sudah berkeluarga. Adik saya laki2 masih sekolah.
Nenek Nasem adalah 4 bersaudara. Nasem adalah sulung, meninggal kalo gak salah tahun 2013. Adik2 nya yaitu; Nadem, meninggal tahun 2009, Mursidi meninggal tahun 2011, Asma meninggal tahun 2012.

Mohon penjelasannya. terimakasih
Wassalam.


JAWABAN

1. Karena anak satu-satunya pewaris yang bernama Sodah sudah meninggal begitu juga 3 saudara kandung pewaris sudah wafat, maka warisan jatuh kepada cucu-cucunya Nassem yang berasal dari anak Sodah. Sedangkan saudara-saudara kandung Nasem karena meninggal sebelum Nasem maka tidak mendapat warisan. Bahkan seandainya pun mereka (saudara kandung) masih hidup tidak akan mendapat warisan karena terhalang oleh adanya cucu.

Cara membaginya adalah seluruh harta warisan dibagikan kepada kelima cucu (anak Sodah) di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan. Cara yang sederhana adalah jadikan harta warisan itu menjadi 8 (delapan) bagian. Masing-masing anak laki-laki mendapat 2 bagian, sedangkan kedua anak perempuan mendapat 1 bagian.

2. Boleh dan pantas karena itu hak anda dan saudara-saudara anda sebagai cucu pewaris yang notabene menjadi satu-satunya kelompok ahli waris yang berhak menerima warisan nenek. Bahkan seharusnya harta warisan tersebut dibagikan segera setelah pewaris wafat. Kalau anda merasa sungkan untuk meminta, silahkan menghubungi tokoh desa setempat (modin) atau ulama agar membantu anda berkomunikasi soal ini dengan pihak yang memegang harta warisan tersebut.

Baca detail: Hukum Waris Islam

_______________________


MIMPI JUNUB DI SIANG HARI RAMADAN

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ustadz saya mohon bantuannya, saya baru saja mimpi junub. Apakah membatalkan puasa saya apabila saya tidak mandi junub hingga melewati waktu berbuka?

Demikian pertanyaan saya mohon jawabannya segera karena hati saya sangat resah.

Terimakasi, wassalamu'alaikum wr. wb.

JAWABAN

Mimpi junub di siang hari bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa karena itu di luar unsur kesengajaan. Beda halnya kalau melihat gambar lalu keluar sperma maka hukumnya batal puasanya. Juga tidak batal walau anda tidak mandi junub sampai masuk maghrib, namun itu berdosa karena berarti anda tidak shalat fardhu ashar (dan mungkin zhuhur). Lihat detail: Puasa Ramadhan

_______________________


AIR BEKAS ISTINJA TERKENA BAJU

Kita beristinja dengan air yang suci, nah bagaimanakah jika air yang dibuat beristinja tadi (dengan air suci) mengenai pakaian kita? yang menjadi pertanyaannya adalah
1. apakah pakaian kita najis?
2. bagaimanakah hukum air bekas kita beristinja tadi? apakah air musta'mal atau bagaimana?
Terimakasih

JAWABAN

1. Dalam kasus anda najis atau tidaknya pakaian yang terkena cipratan air istinjak itu tergantung dari basuhan yang ke berapa. Kalau basuhan pertama, kemungkinan besar air cipratannya masih najis karena benda najisnya masih ada. Namun kalau air yang nyiprat itu berasal dari basuhan di mana benda najisnya sudah tidak ada, maka airnya suci (mustakmal) dan cipratannya juga suci.

Seperti diketahui najis ada dua yakni najis ain (ada benda najisnya) dan najis hukmi (benda najis tidak ada hanya bekas najis). Cara menyucikan najis ain harus dibersihkan dulu bendanya, baru disiram air. Cara menyucikan najis hukmi cukup disiram sekali.

Jadi, idealnya dalam beristinjak adalah dengan dua tahap (a) bersihkan tempat najis dengan tisu sampai bersih; (b) lalu siram dengan air. Sekali siraman sudah cukup.

2. Dalam mazhab Syafi'i, membasuh najis itu cukup sekali asalkan benda najisnya sudah tidak ada di tempatnya maka sudah cukup dan suci. Air bekas membasuhnya disebut air mustakmal yang artinya suci tapi tidak menyucikan.

Baca detail: Najis dan Cara Menyucikan

_______________________


CARA MENYUCIKAN PERCIKAN KENCING DI CELANA

Assalamu 'alaikum
1. bagaimanakah cara bersuci saat celana saya terkena percikan air kencing saya?apakah saya harus ganti celana kemudian dicuci?atau hanya di percikan air saja, atau bagaimana? terimakasih

JAWABAN

1. Cukup menyucikan bagian yang terkena najis saja. Baca detail: Najis dan Cara Menyucikan

_______________________


SUAMI POLIGAMI TAPI TIDAK ADIL

Suami tidak dapat berbuat adil pada istri-istrinya dalam hal kehadiran,
1. apa yang lebih baik di lakukan. Sabar atau meminta cerai ? Karna saya takut saya membiarkan suami berbuat dzolim. tapi saya memiliki 2 anak yang jadi pertimbangan. tapi jujur saya tidak tahan.

2. terkadang saya ingin meminta cerai. bagaimana sebaiknya yang harus saya lakukan ??? Tolong jawaban nya. terimakasih ...

JAWABAN

1. Suami yang tidak adil adalah berdosa. Karena wajib sama dalam menggilir istri-istrinya adalah bagian dari keadilan menurut seluruh ulama fiqih sebagaimana disebut dalam QS An-Nisa 4:3. Namun, bagi istri itu adalah hak. Jadi, kalau anda takut membiarkan suami zholim, maka bisa saja anda merelakan dan mengikhlaskan hak anda agar supaya suami tidak berdosa. Itu kalau anda masih ingin bertahan bersama dia demi kedua anak.

2. Kalau tidak tahan dan ingin cerai, maka itu juga dibolehkan baik secara agama maupun menurut negara.

Baca detail: Cerai dalam Islam

_______________________


RAGU BACAAN AL-FATIHAH

Assalamu 'alaikum
Saat saya membaca surah pendek dalam sholat, saya ragu apakah bacaan alfatihah saya sudah benar atau belum
1. bagaimana seharusnya yang saya lakukan?
2. jika saya ulang baca al fatihah lagi kemudian baca surah pendek lagi apakah saya termasuk menambah rukun shalat, dan membatalkan sholat? terimakasih

JAWABAN

1. Teruskan shalatnya tidak perlu diulangi.
2. Mengulangi bacaan al-Fatihah tidak apa-apa, tidak membatalkan shalat.

Baca detail: Shalat 5 Waktu

_______________________


DOA SHALAT TAHAJUD DAN CARA MENGIRIM PAHALA BACA QURAN

Assalamualaikum warohmatullahi wabaraku.. Bp/ibu yth saya lena ingin bertanya . 1. Gimana cara doa-doa sholat tahajud
2. dan bagaimana cara yasinan untuk mengirim kepada orang yang sudah almarhum . Terimakasih . Dan mohon di jawab

JAWABAN

1. Doa dan tata cara shalat tahajud lihat di sini.

2. (a) Sebelum baca Yasin, kirim Al-Fatihah dan tujukan pada almarhum. (b) Baca Surah Yasin; (c) Berdoa, saat berdoa sebutkan bahwa bacaan Yasin tadi untuk almarhum (sebutkan nama). Baca detail: Tahlil

_______________________


MAU BAYAR HUTANG TIDAK DIKETAHUI PEMILIKNYA

Assalamualaikum....
Ustazd yang saya hormati dalam kesempatan ini saya mohon penjelasan mengenai hutang.
Pada waktu yang lama kira kira tahun 1989 saya masih di kota Malang pernah pinjam uang sama teman namun setah itu saya merantau ke Pekanbaru sementara hingga sekarang gak pernah tahu di mana rimbanya kawan tersebut . Karena saat pinjam baru kenal, jadi intinya sudah kehilangan jejak.
Hal inilah yang menjadi beban saya. Mohon penjelasan. Sekian saya ucapkan banyak terima kasih.

JAWABAN

Kalau tidak diketahui lokasi kreditor setelah melakukan berbagai upaya, maka anda bisa memberikan uang pada fakir miskin senilai jumlah hutang anda pada kreditor tersebut. Dengan cara ini maka tidak ada lagi hak orang lain pada harta anda. Baca detail: Cara Bayar Hutang yang Krediturnya Tidak Diketahui

Baca juga: Hutang dalam Islam

_______________________


IJAB QABUL BAHASA ARAB ATAU INDONESIA?

Assalamu alaikum ustadz
Saya Mau menanyakan sesutu hal yentang pernikahan. Saya insya allah beberapa bulan kedepan berencana melaksanakan pernikahan, yang saya tanyakan lebih baik mana saat ijab qobul dengan bahasa arab atau bahasa indonesia? Secara bahasa arab kalimat untuk ijab qobul insya allah saya paham artinnya. Tapi jikalau digunakan untuk ijab qobul saya merasa kalimat itu seperti tidak bisa saya maknai, seperti saat saya coba untuk berlatih. Saya merasa seperti ucapan saja tanpa pemahaman makna secara utuh. Apakah hal tersebut nanti sah saat ijab qobul? Terimakasih. Wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

JAWABAN

Ijab qabul pakai bahasa Arab dan Indonesia sama-sama sah. Anda bisa pilih salah satunya. Baca detail: Pernikahan Islam

_______________________


HAID SAMPAI 10 HARI, APAKAH HAID ATAU PENYAKIT?

Assalamualaikum. Saya ingin bertanya, kenapa saya haid sampai hari ini?
1. Hari ini saya haid yang ke 10 hari. Apakah itu penyakit?
2. Apakah saya boleh puasa di bulan ramadhan ini? Makasih

JAWABAN

1. Batas maksimal haid adalah 15 hari. Oleh karena itu, darah yang keluar pada hari ke-10 itu masih termasuk darah haid. Baca detail: Wanita Haid

2. Kalau pada hari ke-16 darah masih keluar, maka itu bukan darah haid tapi darah penyakit (istihadoh). Wanita istihadoh sama dengan wanita suci jadi wajib puasa dan wajib shalat dan boleh berhubungan intim dengan suaminya. Baca detail: Wanita Istihadoh
_______________________


SHALAT DEKAT KUCING

Apa kah boleh Shalat berdekatan dengan kucing peliharaan yang selalu di jaga kebersihan nya . misal kita shalat kucing tidur duduk di depan Sajadah sampai masuk area sejadah ... duduk di tempat sujud dan mengelus2 kaki kita saat shalat?

JAWABAN

Boleh asalkan tidak ada najis di tubuh si kucing. Baca detail: Shalat Fardhu



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..