Monday, September 14, 2015

Asmaul Husna yang Ke-100


Asmaul Husna yang Ke-100
NAMA ALLAH YANG KE SERATUS

Nama Allah dalam asmaul Husna jumlahnya ada 99, adakah nama Allah lain yang Ke-100? Kalau ada, apa itu? Dan apakah nama Allah hanya terbatas pada 100 nama tersebut?

assalamu'allaikum warokhmatullahi wabarokatu..

Nama saya andyka, saya pernah diberi wasiat terakhir oleh guru saya. Untuk mencari nama Allah ke seratus, namun sudah 3tahun lebih saya belum menemukanya. Saya tidak mau mengecewakan guru saya. Pada akhirnya, saya diberitahu tentang anda oleh teman saya. Maka dari itu saya mohon bantuan dari anda, semoga anda mau meberi tahukan saya tentang nama Allah ke seratus.
Atas perhatianya, saya ucapkan banyak banyak terimakasih.
Wassalamu'allaikum warokhmatullahi wabarokatu

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. ASMAUL HUSNA YANG KE SERATUS
  2. ISMULLOHIL A'ZHOM ADALAH ALLAH
  3. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

Asmaul Husna atau nama Allah yang ke-100 adalah nama Allah itu sendiri. Ibnu Najam dalam Al-Ashbah wan Nazhair ala Madzahib Abi Hanifah, hlm. 4/173 menyatakan:

{ وسئل النبي صلى الله تعالى عليه وسلم عن معنى سبحان الله فقال تنزيه مناسب أسماء الجلال والتكبير مناسب أسماء الجلال والتحميد مناسب أسماء الجمال لأن الحمد يكون على النعم } ولهذا كانت الأعداد تسعة وتسعين بعدد أسماء الله الحسنى وختمت المائة بلا إله إلا الله في إحدى الروايتين ، وفي رواية أخرى بأربع وثلاثين تكبيرة لأنه قيل إن اسم الله الأعظم هو تمام المائة فاسم الله الأعظم في أسماء الجلال

Arti ringkasan: ... dikatakan bahwa nama Allah yang Agung itu adalah nama ke-100 dari Asmaul Husna

Adapun nama Allah yang 99 adalah sebagai berikut:


الرَّحمنُ الرَّحيمُ المَلِك القُدُّوسُ السَّلاَمُ المُؤْمِنُ المُهَيمِنُ العَزِيزُ الجَبَّارُ المُتَكَبِّر الخَالِقُ البَارِيءُ المُصَوِّرُ الغَفَّارُ القَهَّارُ الوَهَّابُ الرَّزَّاقُ الفتَّاحُ العَلِيمُ القَابِضُ البَاسِطُ الخافضُ الرَّافِعُ المعزُّ المذِل السَّمِيعُ البَصِيرُ الحَكَمُ العَدْلُ اللّطِيفُ الخَبِيرُ الحَلِيمُ العَظِيمُ الغَفُورُ الشَّكُورُ العَلِيُّ الكَبِيرُ الحَفِيظُ المُقِيتُ الحَسِيبُ الجَلِيلُ الكَرِيمُ الرَّقِيبُ المُجِيبُ الْوَاسِعُ الحَكِيمُ الوَدُودُ المَجِيدُ البَاعِثُ الشَّهِيدُ الحَق الوَكِيلُ القَوِيُّ المَتِينُ الوَلِيُّ الحَمِيدُ المُحْصِي المُبْدِيءُ المُعِيدُ المُحْيِي المُمِيتُ الحَيُّ القَيُّومُ الوَاجِدُ المَاجِدُ الوَاحِدُ الصَّمَدُ القَادِرُ المُقْتَدِرُ المُقَدِّمُ المُؤَخِّرُ الأوَّلُ الآخِرُ الظَّاهِرُ البَاطِنُ الوَالِي المُتَعَالِي البَرُّ التَّوَّابُ المنتَقِمُ العَفُوُّ الرَّءوف مَالِكُ المُلْكِ ذُو الجَلاَلِ وَالإكْرَامِ المُقْسِط الجَامِعُ الغَنِيُّ المُغْنِي المَانِعُ الضَّارُّ النَّافِعُ النُّورُ الهَادِي البَدِيعُ البَاقِي الوَارِثُ الرَّشِيدُ الصَّبُور

_________________________


ISMULLOHIL A'ZHOM ADALAH ALLAH

Assalamu'allaikum..

Saya mau menanyakan tentang sifat allah yang ke seratus. Mungkin yang saya maksud seperti ya rokhman, ya rokhim dan sebagainya.
Terimakasih, wassalamuallaikum..

JAWABAN

Yang pertama perlu diluruskan bahwa Asmaul Husna bukan sifat Allah, tapi nama-nama Allah. Dalam QS Al-A'raf :180 Allah berfirman, "... tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya." Berdasarkan ayat ini jelas dikatakan bahwa Al-Rohman, Al-Rohim, dst itu adalah nama-nama Allah, bukan sifat-sifat-Nya. Kata "Asma ul Husna" itu sendiri maknanya adalah 'nama-nama yang indah'

Kedua, kami mengerti maksud Anda yang ingin mengetahui apa nama Allah yang ke-100 sebagai kelanjutan dari nama Allah yang jumlahnya 99. Dalam QS Al-A'raf :180 Allah berfirman "Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Adapun penjelasan bahwa Asmaul Husna itu ada 99 berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Nabi bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إن لله تسعة وتسعين اسماً مائة إلا واحداً من أحصاها دخل الجنة
Artinya: Nabi bersabda: Allah memiliki 99 nama, 100 kurang satu. Barang siapa yang meng-ihsha-nya (mengamalkannya) maka akan masuk surga.

Apakah ada nama Allah yang lain selain yang 100 di atas? Tentu saja ada. Nama Allah tidak terbatas hanya pada ke-100 nama di atas ini berdasarkan hadits sahih riwayat Ahmad (disahihkan oleh Ibnu Hibban dan Hakim dan lainnya) sebagai berikut:

أسألك بكل اسم هو لك سميت به نفسك، أو أنزلته في كتابك، أو علمته أحداً من خلقك، أو استأثرت به في علم الغيب عندك

Artinya: Aku memohon pada-Mu dengan semua nama-Mu yang Engkau sebut Diri-Mu, atau yang turunkan nama itu di Kitab-Mu atau yang Engkau ajarkan pada seseorang dari belakangmu, atau Engkau sebut secara khusus dalam ilmu ghaib di sisi-Mu.

Namun demikian tidak ada satu ulama pun yang mengetahui apa saja nama Allah selain yang 100 itu yang disebut dalam alam ghaib tersebut.

Ketiga, mengapa guru Anda memerintahkan untuk mencari nama Allah yang ke-100 itu kemungkinan dikarenakan ada hadits yang menyatakan bahwa apabila kita berdoa dengan memakai nama itu maka akan dikabulkan dan permintaannya akan diberi. Dalam hadits sahih riwayat Abu Daud dan Tirmidzi Nabi bersabda:

عن بريدة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سمع رجلاً يقول: اللهم إني أسألك بأني أشهد أنك أنت الله، لا إله إلا أنت، الأحد الصمد، الذي لم يلد ولم يولد، ولم يكن له كفواً أحد. فقال: " والذي نفسي بيده، لقد سأل الله باسمه الأعظم، الذي إذا دُعي به أجاب، وإذا سئل به أعطى

Artinya: ... Nabi bersabda, "... dia (lelaki itu) telah meminta pada Allah dengan Ismullohil Al-A'zhom (nama-Nya yang Agung) yang apabila ia berdoa dengannya, doanya akan dikabulkan, dan apabila ia meminta, maka permintaannya akan Allah penuhi."

Menurut sebuah hadits hasan riwayat Tirmidzi dari Asma bahwa Ismullohil Al-A'zhom terdapat dalam dua ayat Al-Quran:

عن أسماء بنت يزيد أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "اسم الله الأعظم في هاتين الآيتين (وإلهكم إله واحد لا إله إلا هو الرحمن الرحيم) [البقرة: 163]، وفاتحة سورة آل عمران (الم الله لا إله إلا هو الحي القيوم) [آل عمران: 1،2]

Artinya: Nabi bersabda, "Ismullohil Al-A'zhom itu terdapat dalam dua ayat dalam QS Al-Baqarah 2:163 dan Ali Imran 3:12 yaitu dalam ayat وإلهكم إله واحد لا إله إلا هو الرحمن الرحيم dan الم الله لا إله إلا هو الحي القيوم"

Keempat, jadi apa nama Allah yang ke-100 itu? Jawabnya adalah Ismullohil Al-A'zhom atau nama Allah yang Agung. Apa nama Allah yang Agung itu? Khotib Al-Syarbini dalam kitab Al-Iqna' menyatakan:

وعند المحققين أنه اسم الله الأعظم، وقد ذكر في القرآن العزيز في ألفين وثلاثمائة وستين موضعاً

Artinya: Ulama muhaqqiq berpendapat bahwa Ismullohil A'zhom adalah kata "Allah" itu sendiri. Dan kata "Allah" disebut di dalam Al-Quran pada 2.360 tempat.

Kesimpulan

Nama Allah yang ke-100 adalah ismullohil a'zhom atau nama Allah yang Agung. Apa itu? Ada beberpa perbedaan ulama. Kata "Allah" itu sendiri yang menurut beberapa ulama menjadi Ismullohil A'zhom nama yang kalau kita berdoa dengan menyebut nama tersebut maka doa kita akan dikabulkan dan permintaan kita akan dipenuhi.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..