Wednesday, September 23, 2015

Membaca Ayat 1000 Dinar


Membaca Ayat 1000 Dinar
HUKUM MEMBACA AYAT SERIBU DINAR

Assalamualaikum wr.wb.
Pak ustadz yang saya hormati saya mau tanya. Saya punya poster ayat seribu dinar yaitu surat ath thalaq ayat 2-3. di bawah nya ada tulisan: Barang siapa mengamalkan membaca ayat ini 3 kali selepas tiap tiap shalat 5waktu, niscaya Allah murahkan rezekinya dan Ia cukupkan baginya kemuliaan di dunia dan akhirat.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. HUKUM MEMPERBANYAK BACA AYAT SERIBU DINAR
  2. ADAT JAWA: LARANGAN MENIKAH SESAMA ANAK PERTAMA
  3. MIMPI BANJIR DI ATAS BUKIT
  4. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

Pertanyaan saya:
1. Amalan ini bagus atau tidak?
2. Apakah ada hadits tentang amalan ini?
Atas jawabannya saya ucapkan banyak terimakasih, semoga pak ustadz selalu di berikan kesehatan oleh Allah Swt Aamiin
Wassalamualaikum wr.wb.


JAWABAN

1. Bagus. Itu amalan yang baik.
2. Ada hadits terkait dengan hal ini riwayat Ahmad dan lain-lain. Hadist ini menurut Hakim adalah hadits sahih. Teks hadits sebagai berikut:

عن أبى ذر قال قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : يا أبا ذر إنى لأعرف آية لو أن الناس كلهم أخذوا بها لكفتهم ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب

Artinya: Dari Abu Dzar Nabi bersabda: 'Wahai Abu Dzar, aku akan memberitahu tentang suatu ayat yang kalau seluruh manusia mengambilnya (yakni mengamalkannya) niscaya akan tercukupi (Nabi lalu membaca ayat ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب)

Dalam Musnad Ahmad ada tambahan teks hadits sebagai berikut:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ ، قَالَ : جَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتْلُو عَلَيَّ هَذِهِ الْآيَةَ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا سورة الطلاق آية 2 ، حَتَّى فَرَغَ مِنَ الْآيَةِ ، ثُمَّ قَالَ : " يَا أَبَا ذَرٍّ ، لَوْ أَنَّ النَّاسَ كُلَّهُمْ أَخَذُوا بِهَا لَكَفَتْهُمْ " ، قَالَ : فَجَعَلَ يَتْلُوِهَا ، وَيُرَدِّدُهَا عَلَيَّ حَتَّى نَعَسْتُ

Artinya: Abu Dzar berkata: Lalu Nabi membaca ayat ini yakni QS At-Talaq ayat 2 sampai selesai lalu bersabda: 'Wahai Abu Dzar seandainya semua manusia mengambilnya niscaya akan mencukupi' Abu Dzar berkata, 'Lalu Nabi membacanya dan mengulang-ngulang bacaannya sampai aku mengantuk.'

Hadis ini terdapat dalam kitab-kitab kompilasi hadits sebagai berikut: riwayat Ahmad dalam Al-Musnad 5/178 no. 21591; Nasai dalam Al-Kubro 6/494 no. 11603; Ibnu Majah 2/1411, no. 4220; Darimi 2/392 no. 2725; Hakim 2/534 no. 3819.

Adapun sebab turunnya ayat ini sebagaimana disebut oleh Al-Wahidi dalam kitab Asbabun Nuzul hlm. 1/289 adalah sebagai berikut:

نزلت الآية في عوف بن مالك الأشجعي ، وذلك أن المشركين أسروا ابنا له ، فأتى رسول الله - صلى الله عليه وسلم - وشكا إليه الفاقة ، وقال : إن العدو أسر ابني وجزعت الأم ، فما تأمرني ؟ فقال النبي - صلى الله عليه وسلم - : " اتق الله واصبر ، وآمرك وإياها أن تستكثرا من قول : لا حول ولا قوة إلا بالله " ، فعاد إلى بيته وقال لامرأته : إن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أمرني وإياك أن نستكثر من قول لا حول ولا قوة إلا بالله ، فقالت : نعم ما أمرنا به ، فجعلا يقولان ، فغفل العدو عن ابنه ، فساق غنمهم وجاء بها إلى أبيه وهي أربعة آلاف شاة . فنزلت هذه الآية

Artinya: Ayat ini (At-Talaq 2 dan 3) berkaitan dengan Sahabat Auf bin Malik Al-Asyja'iy di mana kaum musyrikin menahan anaknya. Lalu ia menghadap Nabi dan melaporkan masalah tersebut. Ia berkata, "Musuh menahan anakku, ibunya sangat sedih apa yang harus aku lakukan?" Nabi bersabda, "Takutlah pada Allah dan sabarlah. Aku memerintahkanmu dan istrimu untuk memperbanyak ucapan La haula wala quwwata illa billah." Ia lalu kembali ke rumahnya dan berkata pada istrinya, "Rasulullah menyuruhku dan engkau agar memperbanyak ucapan La haula wala quwwata illa billah." Istrinya berkata, "Sungguh perintah yang sangat baik." Lalu keduanya mengucapkan kata itu (berulang-ulang). Maka, musuh menjadi lupa akan anaknya. Sang anak menggiring domba-domba kaum musyrikin ke ayahnya sebanyak 4000 ekor. Lalu turunlah ayat ini.

___________________


ADAT JAWA: LARANGAN MENIKAH SESAMA ANAK PERTAMA

Assallamualaikum.wr.wb

Saya seorang pemuda ..saya siap menikah namun ketika saya mengajukan calon kepada orang tua saya di tolak karena saya anak pertama dan calonya anak pertama katanya kalo anak pertama menikah dengan anak pertama maka orang tuanya akan meninggal.. saya ingin konsultasi penting banget bagi saya...

1. apakah benar hal semacam itu ?
2. adakah syariat yg tidak membolehkanya ?
3. apakah orang tua saya salah ? Atau tersesat karena yang saya tau kematian tidaklah ada yang mengetahui
4. bagaimana cara saya agar bisa menikah dengan pilihan saya ?
5. apakah ketika saya memberi penjelasan kepada orang tua saya termasuk anak durhaka?
6. adakah dalil yang bisa menyangkal pendapat orang tua saya

..terimakasih ust jawabanya saya tunggu karena saya sangat mengharapkanya ...wassallamuallaikum.wr.wb

JAWABAN

1. Tidak benar.
2. Secara syariah hukumnya haram karena sama dengan percaya pada ramalan. Baca detail: Hukum Percaya Ramalan
3. Salah dan berdosa.
4. Meminta bantuan tokoh agama atau tokoh masyarakat yang dihormati orang tua anda agar meyakinkan mereka dan merestui hubungan anda.
5. Tidak durhaka. Memberi nasihat orang tua tidak apa-apa asal dengan cara yang baik dan santun. Namun, kemungkinan besar akan gagal. Karena orang Jawa umumnya sangat kuat memegang tradisi seperti ini dan orang tua umumnya tidak mau dinasihati oleh anaknya.
6. Dalilnya baca di sini: Hukum Percaya Ramalan

___________________


MIMPI BANJIR DI ATAS BUKIT

Assalamu'alaikum
Ustad saya mau bertanya tentang mimpi yang dialami suami saya. dalam mimpi, suami berada di atas bukit yang lapang. dia duduk- duduk, tiba-tiba ada hujan deras. sungai di bawah bukit yang tadinya kering menjadi banjir Dan airnya keruh karena hujan pertama. mulanya suami tenang karena berada di atas bukit, tidak mungkin air naik, tapi ternyata air naik hingga kedua sendalnya hanyut. dia menggapai sendalnya yang hanyut Dan akhirnya berhasil mendapatkannya.

Mimpi ini terjadi selepas shalat dhuhur di salah satu ruangan masjid. disaat bersamaan, teman suami mencarinya diruangan tersebut. dipanggil berulang-ulang, dilihat berkali-kali tapi tidak melihatnya. setelah temannya pergi, tak berapa lama dia terbangun. setelah diperkirakan Dan dicocokkan waktunya persis sama. sampai-sampai suami gemetar karena berpikir mengalami mimpi secara Fisik.

1. Mohon jawaban dari ustad. apakah ada makna Dari mimpi tersebut.
Terima kasih

JAWABAN

1. Mimpi hujan yang disertai air keruh menunjukkan bahwa akan ada musibah. Musibah itu bisa berupa terkena serangan penyakit atau berupa pengkhianatan dari teman atau berupa masalah terkait dengan keuangan. Ini termasuk mimpi buruk dan mimpi buruk itu berasal dari setan. Nabi berpesan dalam sebuah hadits bahwa apabila terkena mimpi buruk maka ketika bangun hendaknya ia meludah ke kiri (tanpa keluar air ludah) tiga kali dan mengucapkan ta'awwudz (yaitu, ucapan audzubillahi minasyaitanirrojim), maka syaitan tidak akan mengganggunya dan hendaknya tidak memberitahu siapapun.

Apabila memang ditimpa kesusahan, maka perbanyak baca istighfar dan lahaula wala quwwata illa billah.

Perlu juga diketahui bahwa mimpi terkadang berasal dari diri sendiri, dalam kondisi ini mimpi di atas tidak bermakna apapun. Baca: Mimpi dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..