Tuesday, October 06, 2015

Terjebak Penipuan Bisnis Barang Antik


Terjebak Penipuan Bisnis Barang Antik
TERJEBAK BISNIS BARANG ANTIK DAN GAIB

Asalamualaikum wr , wb

Saya perempuan. Saya sudah menikah 4 tahun, kami tinggal dirumah orang tua saya. Kebetulan sebelumnya ayah saya masuk dalam dunia mistis yang menyesatkan seperti berburu barang antik yang semuanya hanya bodong belaka. Sudah hampir 11 tahun ayah saya terjeremus dalam lembah hitam ini, sudah tak terhingga kesedihan yang ditimbulkan karena ulah ayah saya ini. Hutang yang menumpuk serta lingkungan sosial yang tidak sehat kami terima. Sejak saya punya anak ( cucu ayah ), ayah saya mulai sembuh dan tidak pernah lagi menggeluti hal hal tersebut, namun Allah berkehendak lain putri kami dipanggil ke rahmatullah karena serangan jantung.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. TERJEBAK BISNIS BARANG ANTIK DAN GAIB
  2. DITEPUK PUNDAK UNTUK JADI IMAM
  3. ZAKAT HARTA DARI PANEN SAWIT
  4. MENYIMPAN BENDA PUSAKA
  5. DARAH HAID ATAU BUKAN?
  6. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

Sejak saat itu ayah saya kembali menggeluti dunia mediator itu kembali, seperti yang anda tau dunia tersebut berdampak tidak sehat dalam hidup keluarga, saya sudah sangat puas menerima kepahitan yang diakibatkan perbuatan ayah saya, kendaraan dijual, tanah dijual bahkan sertifikat rumah dibank, pernah berkali2 diancam akan disita.

Ustad saya melihat ayah saya keras kepala, tidak bisa diajak bicara baik2, ketika ada sesuatu yang tidak sesuai beliau harapkan beliau akan membentak , menghardik, marah, memaki dsb.

1. Saya melihat seperti sedang kerasukan syetan, sungguh saat ini ayah saya sudah sepuh ( semakin tua ) saya ingin beliau kembali ke jalan Allah, namun sangat susah menyadarkanya dan mengeluarkanya dari dunia sesat tsb, yang ingin saya tanyakan adakah amalan atau bacaan islami untuk membentengi rumah kami agar tidak didatangi oleh rombongan teman2 ayah saya yang ingin mengajaknya dalam kesesatan tsb. Serta mengurung ayah saya dirumah agar tidak bepergian, karena setiap pergi pasti hanya akan mengurus hal hal tsb.

2. Saya selalu meyakinkan diri saya agar tidak meminta bantuan kepada orang pintar untuk masalah ini karena saya tidak ingin syirik, saya mohon sarannya apa yang harus saya lakukan. karena saya tidak ingin menjadi anak yang durhaka.

3. Suami saya berkali - kali mengajak saya pindah rumah karena sudah tidak sanggup menghadapi ayah saya, namun saya kasihan dengan ibu saya selalu menjadi korban amarah ayah saya, apa jadinya jika saya tinggalkan ibu saya, saya bingung mana yg harus saya pilih mengikuti suami atau tetap bertahan disini.

4. Mohon bantuanya amalan atau doa apa atau apa yang harus saya perbuat agar ayah saya bisa sembuh.

Mohon kebaikan ustad untuk membantu menjawab pertanyaan saya.
Wasalamualaikum wr.wb


JAWABAN

1. Ayah anda bukan tersesat. Dia hanya terperangkap dalam dunia ilusi dari iming-iming hasil yang akan didapat dari bisnis barang antik yang biasanya dijanjikan akan mendapatkan keuntungan milyaran bahkan trilyunan. Situasi yang dialami ayah anda ini mirip orang yang kecanduan judi. Doa yang sebaiknya dibaca bukanlah doa pengusir setan. Karena ini bukan soal gangguan eksternal, tapi lebih pada gangguan psikologis. Biasanya orang yang terkena masalah seperti ini akan berhenti sendiri setelah tidak ada lagi uang yang bisa dipakai.

Dalam kasus ayah anda, kalau anda ingin dia berhenti, maka sebaiknya anda memiliki putra lagi karena tampaknya hanya dengan adanya cucu penyakit kecanduan barang antik-nya bisa sembuh.

2. Usahakan memiliki anak lagi. Datang ke dukun tidak akan menyelesaikan masalah karena tidak ada setan yang mengganggunya. Kalau pun ada itu berasal dari dirinya sendiri seperti orang kecanduan judi.

3. Jalan tengahnya, buat rumah yang lokasinya berdekatan dengan rumah orang tua agar bisa tetap memantau ibu dan pada waktu yang sama bisa terpisah dari suasana yang tidak nyaman.

4. Untuk doa penghilang kesedihan dan kesulitan dan banyak hutang, baca doa berikut setiap pagi dan malam dan setelah shalat:

اللهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ من الهَمِّ والحَزَنِ، وأعوذُ بِكَ من العَجْزِ والكَسَلِ، وأعوذُ بِكَ من الجُبْنِ والبُخْلِ، وأعُوذُ بِكَ من غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَال

Doa tersebut berasal dari Rasulullah yang diberikan kepada Sahabat Abu Umamah yang saat itu sedang ditimpa kesedihan dan banyak hutang.

Baca juga:

- Doa Sehari-hari
- Doa Pengusir Setan dan Penolak Sihir

______________________


DITEPUK PUNDAK UNTUK JADI IMAM

Assalamualaikm wr wb bismillahirrahmaanirrohim
joko dari Samarinda bertanya tentang shalat pak ustad..? Suatu hari saat sedang perjalanan keluar kota, saya istirahat untuk shalat magrib sendirian di sebuah mushala saat rakaat kedua datang seorang jamaah yang menepuk pundak saya dan bermakmum kepada saya.

pertanyaan saya
1. haruskah saya merubah niat saya shalat sendirian menjadi berjamaah sebagai imam
2. jika saya merubah niat menjadi imam haruskah bacaan alfatihah saya jahriahkan atau sirriahkan,,,
3. jika bacaan di jahriahkan di mulai dari awal surat alfatihah atau boleh di pertengahan surat

mohon jawabannya pak ustad
wasalamualaikum wr wb

JAWABAN

1. Tidak perlu. Dalam mazhab Syafi'i, seorang imam tidak wajib niat menjadi imam. Kecuali dalam shalat yang wajib dilakukan secara berjamaah seperti shalat Jum'at. Al-Jaziri dalam Al-Fiqh ala Al-Madzahib Al-Arbaah menyatakan:

أما نية الإمام الإمامة كأن ينوي صلاة الظهر أو العصر إماما فإنها ليست بشرط في الإمامة إلا في أحوال مفصلة في المذاهب
الشافعية قالوا : يشترط في صحة الاقتداء أن ينوي نية الإمام الجماعة في الصلوات التي تتوقف صحتها على الجماعة كالجمعة والمجموعة للمطر والمعادة

Artinya: Niatnya imam menjadi imam, seperti niat shalat zhuhur atau ashar sebagai imam, itu tidak menjadi syarat dalam shalat berjamaah kecuali dalam keadaan khusus. Mazhab Syafi'i menyatakan bahwa wajibnya niat imam itu apabila dalam shalat yang keabsahannya harus dilakukan secara berjamaah seperti shalat Jum'at, shalat hujan, atau shalat mu'adah (shalat fardhu yang sudah dilakukan lalu hendak mengulanginya lagi secara berjamaah).

2. Kalau waktunya jahriyah, sebaiknya dijahriyahkan.
3. Dari awal Surah Al-Fatihah. Tapi Al-Fatihah-nya sudah dibaca, maka baca jahriyah yang surahnya saja. Baca detail: Shalat Berjamaah

______________________


ZAKAT HARTA DARI PANEN SAWIT

Assalamualaikum www. Ana ingin tanya bagaimana cara mengeluarkan zakat hasil sawit
Yang memanennya 1 x 2 minggu, berapa persen yang akan di keluarkan, berapa nisabnya dan apakah pake haul, terima kasih ustzd atas jawabannya, wassalam

JAWABAN

Menurut sebagian ulama, sawit tidak termasuk hasil pertanian yang wajib zakat karena pertaniannya. Ia masuk ke dalam zakat perdagangan. Oleh karena itu, kewajiban zakatnya harus memenuhi dua syarat yaitu (a) mencapai nishab atau batas minimal senilai 85 gram emas; dan (b) harus mencapai haul atau berusia setahun berdasarkan kalender hijriyah. Misalnya Ramadan 2015 mencapai nishab, maka baru mengeluarkan zakat pada Ramadhan 2016.

Baca detail: Zakat Harta dan Fitrah

______________________


MENYIMPAN BENDA PUSAKA

assalamu'alaikum wr wb ustadz.

1. saya mau bertanya apa hukum mengoleksi benda pusaka seperti keris kujang dsb nya?
2. dan apa hukum nya jika benda pusaka tersebut di isi dgn khodam/asma allah?
3. dan apakah benar pada jaman kerajaan dulu benda pusaka punya kerajaan mempunyai kelebihan kekuatan yang konon katanya diberikan dari allah?

terima kasih ustadz..

JAWABAN

1. Tidak ada larangan soal itu. Dalam kaidah fiqih jelas dikatakan: Hukum asal segala sesuatu (yang non-ibadah) adalah boleh atau halal [الأصل في الأشياء الإباحة] .

2. Kalau khadamnya itu berupa jin muslim maka tidak masalah. Kalau jin kafir maka tidak boleh karena akan mengajak pemiliknya pada kemaksiatan. Baca detail: Hukum Bersahabat dengan Jin

3. Semua kekuatan pada hakikatnya dari Allah. Kemampuan pesawat untuk bisa terbang, dan kemampuan bom nuklir yang dahsyat pada hakikatnya dari Allah.

______________________


DARAH HAID ATAU BUKAN?

Asalamualaikum ustad.

mau nanya nih temen saya (perempuan) kan dulu pernah masturbasi terus keluar darah dia bingung yang keluar itu darah dari selaput dara atau menstruasi karena posisinya dia habis menstruasi. terus dia sholat istikhoroh dan berdoa agar di beri petunjuk melalui mimpi. terus dia bermimpi menstruasi .

1. apakah benar petunjuk itu kalau yang keluar itu darah menstruasi.
terimakasih

JAWABAN

1. Menentukan masalah darah yang keluar dari wanita apakah haid atau selaput dara yang robek itu bukan dengan cara bertanya lewat mimpi. Tapi hendaknya bertanya kepada ustadz atau kyai. Anda sudah tepat bertanya pada kami karena mimpi tidak akan memberikan jawaban apapun karena mimpi itu bisa berasal dari diri sendiri atau jin atau malaikat. Mayoritas berasal dari yang pertama dan kedua. Mimpi tidak boleh dijadikan tolok ukur benar dan salah. Standar syariah itu adalah Al-Quran, Hadits dan ijtihad para ulama.

Terkait darah yang keluar itu haid atau selaput dara yang pecah, maka sebaiknya diperiksa ke dokter pada saat dia keluar darah tersebut. Atau sekarang pun bisa dicek ke dokter apakah selaput daranya masih aman atau sudah robek. Kalau kata dokter sudah robek, maka kemungkinan yang dulu keluar darah itu adalah bukan haid. Kalau selaput dara-nya masih utuh, maka itu termasuk darah haid kalau masih dalam masa haid. Kalau sudah keluar dari masa haid, maka masuk kategori darah istihadoh.

Baca detail:

- Darah Haid
- Darah Istihadoh
- Selaput Dara Keperawanan



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..