Sunday, December 13, 2015

Cara Membasuh Telinga Saat Mandi Wajib


Cara Membasuh Telinga Saat Mandi Wajib
CARA MEMBASUH TELINGA SAAT MANDI WAJIB

Assalamu'alaikum Ustadz.
bagaimana cara membasuh telinga saat mandi wajib, kalau kepala dimiringkan dan disiram air diatasnya maka air malah masuk kedalam lubang telinga?
Syukran Ustadz.

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. CARA MEMBASUH TELINGA SAAT MANDI WAJIB
  2. KENAPA MENCIUM HAJAR ASWAD
  3. SIKAP ANAK PADA ORANG TUA
  4. WARISAN KAKEK, ISTRI DAN ANAK LELAKI PEREMPUAN
  5. GOLONGAN ISLAM DI INDONESIA
  6. HUKUM TAHI CICAK DAN CARA MENYUCIKAN
  7. CARA KONSULTASI AGAMA


JAWABAN

Yang wajib dibasuh adalah bagian luar saja.

Membasuh kedua telinga saat mandi jinabah sama dengan membasuh anggota tubuh lainnya yakni dengan cara mengalirkan air pada anggota tubuh bagian luar sampai kita berasumsi bahwa air sudah sampai pada seluruh anggota badan. Cara termudah adalah sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj, hlm. 1/279 sbb:

التَّعْمِيمَ الْوَاجِبَ يُكْتَفَى فِيهِ بِغَلَبَةِ الظَّنِّ, وَيَتَأَكَّدُ ذَلِكَ فِي الْأُذُنِ, بِأَنْ يَأْخُذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ ثُمَّ يُمِيلَ أُذُنَهُ وَيَضَعَهَا عَلَيْهِ لِيَأْمَنَ مِنْ وُصُولِهِ لِبَاطِنِهِ

Artinya: Meratakan air yang wajib adalah cukup dengan praduga yang kuat. Dan dalam konteks membasuh telinga caranya adalah dengan mengambil air dengan telapak tangan lalu memiringkan telinga dan meletakkan air tersebut ke telinga agar supaya air tidak sampai masuk ke bagian dalam telinga.

Baca detail: Cara Mandi Junub

______________________


KENAPA MENCIUM HAJAR ASWAD

Assalamaualaikum. Wr.Wb.

Saya ada pertanyaan dari teman saya tentang hajar aswad, "kenapa hajar asawad di cium? padahal dia cuma batu ? Dan apa faedahnya ? Sedangkan dia tidak bernyawa,

Terimakasih,

JAWABAN

Mencium hajar aswaj saat tawaf haji atau umroh adalah sunnah dan bagian dari ibadah karena itu yang dilakukan oleh Rasulullah. Berdasarkan pada perkataan Umar bin Khattab saat mencium Hajar Aswad:

إني أعلم أنك حجر لا تضر ولا تنفع ، ولولا أني رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يقبلك ما قبلتك

Artinya: Aku tahu engkau hanyalah batu yang tidak membahayakan juga tidak bermanfaat. Seandainya aku tidak melihat Nabi menciummu niscaya aku tidak akan menciummu.

Dalam Islam logika hukum syariah yang utama itu ada dua yaitu Quran dan hadits, apa yang diperintahkan dalam Quran dan hadits atau dicontohkan oleh Rasulullah, maka itu menjadi alasan bagi seorang muslim untuk melakukannya. Baca detail: Dasar Agama Islam

______________________


SIKAP ANAK PADA ORANG TUA

Assalamualaikum
Saya mau bertanya mengenai sikap anak terhadap orang tua laki laki, orang tua saya dengan saya tidak terlalu dekat semenjak ibu saya meninggal sikap bapak berubah total seperti sikap terhadap anak anaknya, anak anaknya harus selalu nurut apa kata bapak sedangkan yang dikatakan bapak banyak bertentangan dengan Agama Islam saya selalu berontak dan sampai bertengkar malahan membentak bapak yang jadi pertanyaan saya adalah:

1. Salahkah sikap saya menolak/menentang kata kata (yang tidak sesuai dengan kaedah Agama) dari orang tua?..
2. Saya ada niatan untuk meng umrohkan orang tua tapi orang tua tidak menyambut niat baik saya, salahkah saya untuk mengurungkan memberangkatkan umroh orang tua?..
3. Orang tua selalu marah kalau saya tidak berkunjung ke rumah bapak tapi setiap saya berkunjung selalu bertengkar jadi saya sekalian tidak berkunjung karena kalau berkunjung pasti bertengkar saya takut bertambah dosa, apakah sikap saya salah?..

Demikian curhat saya, saya ucapkan banyak terima kasih

Berapakah bagian masing-masing?
Sukron, Barakallahu fiikum.

JAWABAN

1. Tidak salah. Ketaatan pada orang tua berhenti ketika ketaatan pada syariah dimulai. Artinya, taat pada orang tua itu wajib selagi tidak berlawanan dengan syariah Islam. Baca detail: Hukum Taat Orang Tua

2. Tidak salah. Kalau memang dia tidak mau. Yang wajib bagi anak yang mampu adalah menafkahi orangtuanya yang miskin.

3. Tidak salah. Tapi sebisa mungkin mengambil jalan tengah, yaitu datang ke rumah orang tua tapi sebentar saja. Cukup datang mencium tangan orang tua, ngobrol sebentar dan pergi lagi. Itu sudah cukup bermakna bagi ayah anda yang tampaknya sangat kesepian dan mungkin ada sedikit depresi setelah ditinggal ibu anda.

______________________


WARISAN KAKEK, ISTRI DAN ANAK LELAKI PEREMPUAN

Assalamualaikum.

1. mohon bantu saya dalam menghitung porsi bagian dari ahli waris dibawah dengan keterangan bahwa seorang laki-laki meninggal dunia pada 20 Oktober 2015, adapun status ahli waris sebagai berikut:

Ayah (meninggal)
Ibu (meninggal)
Isteri (masih hidup)
(1) anak kandung laki-laki (2) anak kandung perempuan
Paman
Kakek
Saudara perempuan sekandung

2. Ditambah sebuah wasiat yang ditentukan jumlahnya untuk kerabat dekat.

JAWABAN

Bagian warisannya adalah sebagai berikut:
(a) Istri mendapat 1/8 = 3/24
(b) Kakek mendapat warisan 1/6 = 4/24
(c) Sisanya yang 17/24 diberikan kepada kedua anak kandung dengan sistem 2:1 (anak laki-laki mendapat dua kali lipat dari anak perempuan).
(d) Adapun paman dan saudara perempuan kandung tidak mendapatkan warisan sama sekali. Baca detail: Hukum Waris Islam

2. Adapun tentang wasiat, apabila yang mendapat wasiat itu kerabat selain ahli waris, maka hukumnya sah tapi tidak boleh lebih dari 1/3 (sepertiga). Apabila salah satu ahli waris, maka hukum wasiatnya tidak sah kecuali kalau mendapat persetujuan dari ahli waris yang lain.

Apabila wasiatnya sah, maka harta wasiat harus dikeluarkan lebih dulu sebelum harta pusaka diwariskan kepada para ahli waris. Baca detail: Wasiat dalam Islam

______________________


GOLONGAN ISLAM DI INDONESIA

Assalamu'alaikum ustad
Saya mau bertanya tentang pemahaman islam yg mengatas namakan golongan tertentu
- apa pengertian dan pemahaman yg mengatas namakan golongan
1.Sunni
2.Aswaja
3.NU
4.Muhammadiyah
5.salafi/wahabi
6.khawarij

Mohon di berikan penjelasan secara details pengertian golongan2 di atas beserta Pendirinya dan Maksud Pemahaman golongan2 tersebut

JAWABAN

1. Umat Islam terbagi dalam dua golongan besar yaitu Sunni (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan Syiah. Baca detail:
- Ahlussunnah Wal Jamaah (Sunni)
- Syiah

2. Aswaja kependekan dari Ahlusunnah Wal Jamaah. Tapi singkatan ini umumnya dipakai oleh kalangan Ahlussunnah yang secara kultural berafiliasi ke NU.

3. NU kependekan dari Nahdlatul Ulama adalah organisasi sosial Islam di Indonesia yang mewakili Islam tradisional yang secara fiqih mengikuti madzhab empat terutama madzhab Syafi'i, secara aqidah mengikuti Asy'ariyah. Lebih detail lihat di sini

4. Muhammadiyah adalah gerakan Islam perkotaan di Indonesia yang secara akidah dan fiqih terinspirasi dari Wahabi Salafi yang bermadzhab Zhahiri.

Baca detail:
- Madzhab Zhahiri
- Sejarah Muhammadiyah

5. Wahabi Salafi adalah gerakan Islam garis keras yang lahir di Arab Saudi dan menjadi doktrin resmi pemerintah Arah Saudi.

Baca detail:
- Wahabi Salafi
- Pendapat Ulama Sunni tentang Wahabi

6. Khawarij adalah gerakan muslim garis keras yang pertama kali muncul pada akhir masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan. Saat ini, Wahabi Salafi disebut-sebut sebagai Neo-Khawarij. Baca detail di sini (bahasa Arab).
______________________


HUKUM TAHI CICAK DAN CARA MENYUCIKAN

Assalamu'alaikum ustadz.
bagaimana cara menyucikan najis tahi cicak yang ada dilantai kayu, seprei tidur, selimut, tikar plastik, buku, barang elektronik (misalnya handphone).
syukran ustadz.

JAWABAN

Cicak termasuk hewan yang tidak mengalir darahnya, maka hukum tahi (kotoran), darah, dan bangkainya termasuk najis yang dimakfu (dimaafkan). Jadi cukup anda bersihkan saja kotoran cicak tersebut tanpa perlu dibasuh dengan air. Terutama yang menempel pada benda-benda yang sekiranya dibasuh akan membuat benda itu rusak. Adapun benda yang tidak rusak terkena air, maka akan lebih ideal apabila dibasuh dengan air. Al-Romli dalam Nihayatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj, hlm. 1/81, menyatakan:

( ويستثنى ) من النجس ( ميتة لا دم لها سائل )

Artinya: Dikecualikan dari najis adalah bangkainya hewan yang tidak mengalir darahnya.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..