Sunday, December 13, 2015

Status Orang yang Tidak Kenal Islam


Status Orang yang Tidak Kenal Islam
SUKU PEDALAMAN YANG TIDAK PERNAH MENGENAL ISLAM: MASUK SURGA ATAU NERAKA?

Bagaimana status orang yang tidak dan belum pernah mengenal dakwah Islam sejak lahir sampai meninggal seperti suku pedalaman apakah mereka masuk surga atau neraka, kafir atau muslim atau berada di antara surga dan neraka?

Terima kasih atas jawabannya, saya sedikit mendapat pencerahan
Dua hal lagi yang ingin saya tanyakan yaitu;
1. apakah orang-orang suku pedalaman seperti di papua, kalimantan dan didaerah lain didunia ini yang belum sempat semasa hidupnya mengenal islam mereka termasuk golongan orang kafir? Sangat tidak adil rasanya jika mereka termasuk orang-orang yang kafir, padahal jika mereka berkesempatan mempelajari islam bisa saja mereka lebih baik dari kita
2. Apakah sebuah hadits benar diucapkan oleh nabi atau tidak?
Tolong beri saya referensi tentang hadits mana yang benar dan yang salah
Terima kasih

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. SUKU PEDALAMAN YANG TIDAK PERNAH MENGENAL ISLAM: MASUK SURGA ATAU NERAKA?
  2. GELISAH SAAT BERDZIKIR
  3. MIMPI ADA CAHAYA PUTIH DI LANGIT
  4. SEDIH JAUH DARI IBU
  5. CARA KONSULTASI AGAMA


JAWABAN

1. Allah berfirman dalam QS. Al-Isra’: 15

وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّى نَبْعَثَ رَسُولاً

Artinya: Aku tidak akan memberikan adzab, sampai Aku mengutus seorang rasul.

Berdasarkan pada ayat ini dan beberapa dalil hadits, maka ulama mengambil kesimpulan sebagai berikut:

Orang pedalaman atau siapapun yang tidak pernah mendengar dakwah Islam sama sekali selama hidupnya, maka nanti di akhirat pada hari kiamat akan diberi pilihan oleh Allah apakah memilih Islam atau tidak. Kalau memilih Islam maka akan masuk surga, sebaliknya apabila memilih kafir akan masuk neraka. ’Status mereka sama dengan anak-anaknya orang kafir yang mati sebelum baligh. Mereka disebut sebagai manusia masa transisi (Arab, Fatrah). Ibnu Qayyim dalam kitab Tariq Al-Hijratain wa Bab Al-Sa'adatain, hlm. 1/570, menyatakan:

قوم لا طاعة لهم ولا معصية، ولا كفر ولا إيمان. وهؤلاء أصناف: منهم من لم تبلغه الدعوة بحال ولا سمع لها بخبر، ومنهم المجنون الذى لا يعقل شيئاً ولا يميز، ومنهم الأصم الذي لا يسمع شيئاً أبداً، ومنهم أطفال المشركين الذين ماتوا قبل أن يميزوا شيئاً.

المذهب الثامن: أنهم يمتحنون في عرصة القيامة، ويرسل إليهم هناك رسول، وإلى كل من لم تبلغه الدعوة، فمن أطاع الرسول دخل الجنة ومن عصاه أدخله النار. وعلى هذا فيكون بعضهم في الجنة وبعضهم في النار. وبهذا يتألف شمل الأدلة كلها. وتتوافق الأحاديث

Artinya: Suatu kaum yang tidak melakukan ketaatan atau kemaksiatan, tidak kufur tidak juga iman. Mereka ada beberapa golongan antara lain (a) orang yang tidak sampai dakwah Islam kepadanya; (b) orang gila; (c) orang tuli yang tidak mendengar apapun sama sekali; (d) anak-anak orang kafir yang mati sebelum baligh.

Status mereka menurut salah satu pendapat adalah mereka akan diuji pada hari kiamat. Akan dikirim seorang utusan pada mereka yang belum pernah menerima dakwah Islam. Apabila mereka taat pada ajakan Islam, maka akan masuk surga, kalau tidak taat maka akan masuk neraka. Oleh karena itu, sebagian dari mereka berada di sorga sebagian lagi di neraka. Pendapat ini berdasarkan sejumlah dalil hadits.

2. Hadits adalah (a) perkataan Nabi; (b) perbuatan Nabi; (c) sikap Nabi atas suatu perbuatan yang dilakukan Sahabat Nabi. Lihat detail di sini (bahasa Arab) atau download pdf di sini (bahasa Indonesia).

______________________


GELISAH SAAT BERDZIKIR

Asslmu'alaikum wr.wb.
Maaf,bsaya cuma mau tanya tentang kegelisahan hati saya ketika berdzikir / mengingat nama-Nya dalam waktu tertentu..

1. mohon bimbingan.. trima kasih.. wassalam wr.wb

JAWABAN

1. Anda tidak menjelaskan kenapa gelisah: apakah karena ingat dosa? Atau kurang lancar rejeki? Kurang lancar jodoh? Kegelisahan akan berkurang bahkan sirna ketika yang menjadi penyebab kegelisahan itu sudah tidak terjadi lagi. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

______________________


MIMPI ADA CAHAYA PUTIH DI LANGIT

assalamualaikm,

pak ustad, tadi malam saya bermimpi diatas langit saya lihat langit nya gelap sekali, , dan tiba tiba saya pun melihat ada cahaya putih, cahaya putih itu merubah langit yang gelap tadi, keluar bintang banyak sekali, , dan saya melihat ada segerombolan bintang itu menjadi 7. . dan bintang yang 7 ini berjalan jalan diatas langit indah sekali, disekelilingnya warna emas, sempat seketika didlam mimpi itu saya berdoa tentang keinginan saya ketika melihat bintang itu berjalan, , dan ngk lama saya lihat lagi ada ayat keluar dalam mimpi itu, , yang saya ingat dari salah satu ayat itu berbunyi"wawadokna anka wijrok". . dan kemudian saat tulisan itu mulai menghilang saya melihat bayangan hitam, besar diatas langit, , ,

saya pun terbangun dri mimpi saya. . dan saya lihat jam menunjukan pukul 04:30 wib, , saya langsung mengambil alquran dan mencari arti dari ayat yang saya baca, dan itu adalah surat ash sharh (melapangkan)

1. saya ingin tau apa maksud dri mimpi saya ini, , apakah ini hnya mimpi biasa?atau ada artinya, karna sebelumnya saya juga pernah bermimpi diatas langit itu saya melhat mesjid yang besar dan indah. . banyak cahaya disekeliling mesjid itu. . .
mohon dibantu ya pak ustad

JAWABAN

1. Tidak ada yang bisa memastikan suatu mimpi itu benar dari malaikat, atau mimpi bohongan yang berasal dari setan atau dari diri sendiri. Tapi seandainya mimpi itu berasal dari malaikat, maka itu adalah mimpi yang baik yang artinya: kalau anda saat ini bekerja di suatu perusahaan, maka anda akan mendapat promosi jabatan. Kalau belum bekerja, maka akan mendapat pekerjaan. Baca detail: Mimpi dalam Islam

______________________


SEDIH JAUH DARI IBU

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu

Dear admin,

Saya sedih merasa jauh dari ibu sedangkan bapak sudah meninggal ketika saya berumur 13 tahun. Dulu ketika saya belum menikah saya sering merasakan kehangatan kasih sayang yang ibu berikan kepadaku. Sekarang setelah saya menikah dan memutuskan untuk mengontrak dengan suami pada saat itulah saya merasa jauh dari ibu padahal saya sangat sayang pada ibuku.

Saya sangat tidak mungkin untuk tinggal bersama dirumah ibu, saya anak bungsu dari ke-4 kakak saya, kakak ke-1 tinggal dipapua bersama anak dan istrinya, kakak ke-2 dibuatkan rumah diciledug, kakak ke-3 & ke-4 masih tinggal bersama ibu.Saya??? Saya tidak mungkin untuk tinggal bersama dirumah ibu karna sudah terlalu ramai dan penuh sehingga saya memutuskan untuk mengontrak dengan suami dan anak saya.

Ada suami kakak saya (kakak ipar saya) yang tinggal bersama ibu dan dia tidak suka dengan kehadiran suami saya, itu menjadi penyebab sehingga saya sangat jarang untuk berkunjung kerumah ibu, keharmonisan saya dengan ibu & kakak2 saya jadi terganggu.

1. Saya harus bagaimana untuk memperbaiki keadaan ini???
2. Terkadang saya suka menyalahkan diri sendiri kenapa saya harus merasakan seperti ini?,
3. kenapa suami saya tidak disenangi?
4. kenapa saya anak bungsu yang harus berjuang sendiri?
5. kenapa bukan saya yang menjaga ibu? kenapa bukan saya yang tinggal bersama ibu?

Saya sedih....

Mohon nasihatnya admin
Terimakasih

JAWABAN

1. Keadaan yang ada di luar anda tidak bisa dirubah. Yang bisa dirubah adalah keadaan yang ada di dalam anda sendiri yakni cara berfikir anda dalam melihat kehidupan ini. Anda masih berfikir layaknya anak bungsu yang manja yang selalu ingin diperhatikan dan dibantuk oleh kakak-kakak anda. Pola pikir seperti ini harus dirubah secara total. Sadari bahwa saat ini anda adalah perempuan dewasa yang sudah bersuami dan komitmen untuk berbagi suka dan duka dengan suami. Jangan mengharapkan orang lain berubah. Berdoalah agar anda yang bisa berubah.

2. Anda akan selalu menyalahkan diri sendiri selamanya selagi anda tidak bisa bersyukur atas anugerah Allah yang diberikan pada Anda. Lihatlah ke sekitar anda pada pasangan yang hidupnya tidak sebahagia anda. Lihatlah pada keadaan anda sekarang yang punya suami yang baik dan anda sayangi. Syukuri itu, maka anda akan mulai merasa berbahagia.

3. Tidak disenangi itu banyak faktor. Salah satunya adalah iri dan dengki dari pihak lain. Bisa juga karena suami anda memiliki kepribadian yang tidak disenangi kerabat yang lain. Terlepas dari itu, selagi anda mencintai dan menyayangi dia, maka tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

4. Agar supaya anda cepat menjadi perempuan dewasa. Itu tanda Allah sangat sayang pada Anda. Perubahan dari sikap kekanakan menuju sifat dewasa itu memerlukan proses yang berat terutama bagi anak manja seperti anda. Jadi, syukuri proses ini dan jalani dengan penuh sabar dan tawakal.

5. Kalau anda yang menjaga ibu, maka anda tidak akan pernah dewasa. Dan anda akan sulit menghadapi kenyataan ketika ibu meninggal di suatu hari nanti. Maka, Tuhan sayang anda dan diberi waktu untuk berlatih kehilangan ibu sejak sekarang. Syukuri itu.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..