Thursday, January 21, 2016

Cerita Cerai Apakah Jatuh Talak?


CERITA TENTANG CERAI APAKAH JATUH TALAK?

1@ jadi jika ada ucapan2 talak dipernikahan tidak sah maka talak tidak berlaku ya pak?

2@walaupun misalnya suami sering ucap talak pun tetapi suami benar2 masih meyakini saya istri yg sah dipernikahan tidak sah itu karna suami bilang tidak pernah ada niat mau pisah,,,jadi apakah tetap anak nazabnya ke suami ya pak?(gak tau hukum talak tidak tau ucapan cerai berakibat talak),(ucap talak tanpa niat pun jatuh dia gak tau)

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. CERITA TENTANG CERAI APAKAH JATUH TALAK?
  2. CARA KONSULTASI AGAMA

3@dan misalnya talaknya tanpa marah apakah tetap tidak berlaku dipernikahan tidak sah dan anak tetap dinazabkan ke suami?

Saya pernah melakukan akad ulang saat itu ada
*bapak kandung saya? (Wali) menyerahkan ke penghulu
*penghulu (orang yang suka memandikan orang dengan bunga dan telur bahkan bisa di bilang para normal bahkan punya ilmu bisa ngerjain orang jarak jauh tetapi dia rajin solat islam orang pintar)
*bapak tiri sebagai saksi'(apakah bisa jadi saksi)
*kakak kandung saya laki2 sebagai saksi (tetapi setelah ijab saya selesai kakak kandung saya ijab kabul juga akad ulang dengan istrinya istrinya tanpa wali) apakah kakak saya masih bisa di bilang saksi saya? Karna dia akad juga dan setau saya gak sah akadnya karna istrinya gada walinya.dan kaka orang yg solatnya kadang2 aja.(apakah bisa jadi saksi)
*dan juga ada ibu saya ibu suami dan juga nenek saya
Saat itu menyaksikan akad ulang

4@saat ijab qobul saya mendengar kaya salah sedikit di nama saya saat itu tetapi suami dan semua mengesahkan walau agak ragu2 saat itu saya mengikuti. bagaimana pak?

5@ dan apakah 2 akad sekaligus bisa di lakukan dengan saksi yang sama bapak tiri dll. Walau akad kaka saya gak sah?

6@apakah di atas sudah termasuk syarat sah nikah?

8@ dan apakah nikah saya sudah sah yg menikahkan penghulu saat itu? (penghulu semacam paranormal)

9@lagi pak yang waktu saya nanya masalah cerai di sms ada niat gak waktu saya tanya suami, Yang lalu? suami jawab " kamukan minta cerai aku bilang ywdah"
Saya bilang sama suami hati2 ngomong talak cerita pun jangan saya bilang

Dengan kebodohanya lalu suami marah dan berkata "memang kenapa sih ngomong cerai"?
"Bapak aja cerita cerai tidak apa2"
"Kaya saya cerita sama bapak..bapak nanya kenapa kamu di"?
"Saya bilang gak tau tuh pak ngomong nya cere cere cere aja"

10@.Suami memberi penjelasan ke saya dengan berkata text di atas apakah berakibat talak pak penjelasan suami saya?
11@dan jika misalnya text di atas pernyataan bukan penjelasan apakah ada text Yang mengarah mentalak?

12@ Dan apakah jawaban/penjelasan (waktu di sms) suami saya itu bisa berakibat talak lalu yang di sms itu menjadi sah?
Padahal saat di sms lalu itu suami tidak ada niat.
karna suami memang hanya memberi penjelasan isi teks aja saat dia menjawab.

13@0h iya pak maaf di judul waswas talak sebelumnya pertanyaan saya ada yang lupa,
pertanyaan saya yg 2a sama yg 2b itu maksud saya apakah Bisa terjadi talak di masa lalu begitu pak bukan terjadi talak di masa sekarang itu maksud saya"

14@ apakah talak bisa terjadi di masa lalu karna kesalahan bertanya istri kesuami? Padahal saat itu di kejadian sms gada bilang cere lisan...

15@yang saya takuti karna kesalahan pertanyaan saya bisa berakibat talak di masa lalu, padahal dulu gada talak lisan, apa bisa bgtu pak? Maksudnya jatuh talaknya di masa lalu?

16@ blum lama suami ngajak jalan kata saya mau kemana? Suami jawab "kan mau natalan" habis itu saya marah emang agama kamu apa ngomong kaya gitu gak boleh tau gak? Tetapi suami jawab " saya gak tau maksud saya (suami) jalan2 di hari liburan natal bukan mau ikut natalan" kata suami.
Apakah jawaban suami menyebabkan murtad pak tetapi tidak ada sedikitpun maksud suami untuk murtad seperti itu? Kebodohan ucapan

17@masalah sumpah? suami bersumpah "demi allah monyet" Tetapi maksud dia demi allah ngurusin kerja! Bukan maksud ngatain saya! Apakah ucapan sumpah nya berakibat saya seperti binatang dengan suami padahal gada niat suami,, keceplosan ucapan monyettnya.? Bahkan saya saranin suami bayar kafarat untuk batalin sumpahnya dan sudah di lakukan.

18@jika suami berkata kepada istri saya tinggalin kamu/apakah kata talak kiasan?

19@ trus suami pernah bilang anak saya nanya papa mau kemana mau minggat tapi cuma bercanda gada niat apakah itu talak kiasan?

20@kalo suami bilang sama istri saya tinggal kerja ya apa boleh?

21@ dan jika perkataan haram apakah itu talak/talak kiasan??

22@suami berkata masalah uang haram depan saya saya takut ucapan haram nya berakibat ke saya? dia bilang "mentang2 begitu haram duitnya bgtu"


JAWABAN

1. Siapa bilang tidak sah?
2. Masalah talak itu soal yang berbeda dengan soal nasab anak. Baca detail: Talak dalam Islam http://www.alkhoirot.net/2012/10/perceraian-dan-talak.html
3. Anak tetap dinasabkan ke suami walaupun nikahnya tidak sah. Sedangkan masalah talak itu soal lain.
4. Salah sebut nama pengantin tidak masalah. Baca detail: Salah Menyebut Nama saat Akad Nikah
5. Bisa.
6. Nikah sah sudah memenuhi syarat.
8. Nikah sah. Siapapun yang menikahkan boleh kalau menjadi wakil dari wali.
9, 10, 11, 12 Soal suami anda yang sering ucapkan kata cerai sudah dibahas detail di sini.

13. Soal ini sudah dijawab pada jawaban sebelumnya, lihat di sini

14. Tidak terjadi talak.
15. Tidak terjadi talak.
16. Ucapan itu tidak menyebabkan murtad. Karena tujuannya memang hanya jalan-jalan.
17. Ucapan "demi allah monyet" tidak berdampak apapun pada anda. Apapun maksud dari suami atas sumpah tersebut.
18. Tergantung konteksnya. Kalau ucapan itu diungkapkan dalam konteks dia sedang mau bepergian dan tidak sedang bertengkar, maka berarti tidak termasuk talak kiasan. Kalau ucapan itu saat sedang bertengkar, berarti termasuk talak kiasan (kinayah).

19. Ucapan suami tentang dirinya sendiri seperti "Mau minggat" sama sekali bukan ucapan talak. Yang ada kemungkinan ucapan talak kalau diucapkan pada istri seperti "Kamu minggat saja!" dst.
20. Boleh.
21. Perkataan haram maksudnya seperti apa?
22. Ucapan suami tentang uang haram sama sekali tidak ada efek talak pada istri.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..