Saturday, January 23, 2016

Istri Was-was pada Suami yang Awam Agama


Istri Was-was pada Suami Awam Agama
ISTRI WAS-WAS PADA SUAMI AWAM AGAMA

23@ jika baru bersih dari haid tetapi belum mandi apakah masih dihukumi haid?(jika tidak langsung mandi takut kluar bercak kuning lagi)

24@ tadi saya bertengkar lagi sama suami saya bilang cari rumah di pamulang ya pah"? suami jawab "nggak" trus saya bilang kan deket juga ketempat kerja papa"? sepertinya suami beranggapan saya ingin tinggal deket orang tua saya memang saya pernah bilang biar dekat sama orang tua. lalu saya bilang lagi di pamulang juga banyak rumah yg murah"? suami jawab" udah yah saya bilang jangan bilang pamulang lagi" tetapi saya masih bicara akhirnya suami marah dan jawab "ya sudah kalo kamu mau tinggal di pamulang tinggal aja sana sendiri atau tinggal aja sama ibu kamu,, klo mau dekat sama ibu kamu tinggal sama ibu kamu aja sana",, "biar saya nanti tinggal di kontrakan aja cari kontrakan petakan aja"

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. ISTRI WAS-WAS PADA SUAMI AWAM AGAMA
  2. CARA KONSULTASI AGAMA

lalu saya kaget dengan kata2 suami saya bilang "ya allah kamu suruh saya tinggal sama ibu ku" lalu suami jawab "emang saya bilang apa? saya bilang tinggal sama ibu kamu aja sana? lalu dia sambil emosi pergi kluar rumah ninggalin saya di rumah (suami gak tau kata2 tersebut berakibat talak).

25@ apakah kata2 suami berakibat talak kiasan? (sambil emosi dia ucapkan kata2 itu).

26@ dan saya sudah baikan dan bicara berdua bahkan saya tanya saat papa bicara yang tadi berantem ada niat mau pisah gak? suami jawab (menegaskan bahwa tidak ada niat)" tadi cuma kesel aja emosi lagian saya kan ngomong bener apa salah kamu kan mau tinggal deket ibu kamu ya saya bilang yawdah tinggal sama ibu kamu aja sana"
suami tanya saya emang kenapa ngomong begitu sih?
saya jawab gak boleh itu tuh kata2 talak kiasan kalo di hati ada niat lalu suami jawab "nggak" gada niat

27@ apa suami saya bener2 gada niat pak apakah dia jujur tapi saya yakin dia jujur tapi saya ragu2 pak?

28@jika saya baru bersih haid kemudian keluar mani apakah jika niat mandi besar "nawaitul gusla liraf il hadasil akbari fardhon lillahi ta aallaa" apakah niat saat niat seperti itu kemudian mandi besar apakah semua hadas besar hilang hadas haid dan keluarnya mani?
29@ walau niatnya cuma itu saja apakah bisa menghilangkan dua najis besar sekali gus?

30@jika suami berkata hidup sama kamu "tinggal sama kamu lama2 aku stress bisa gila" apakah kiasan?

31@ aku malas melihat kamu" aku malas sama kamu" (apakah kiasan)

32@apakah kata2 di atas termasuk talak kiasan pak apakah bisa berakibat talak ?

33@jika barang2 pembelian hasil uang haram apakah hasil yg di dapat haram juga misalnya saya buka web dari hasil uang haram sedangkan jualanya halal bagaimana pak?

34@dan apakah barang2 hasil beli uang haram boleh dipakai sholat apakah sah sholatnya terimakasi?

35@ jika hasil uang haram jika di keluarkan zakat apakah uang itu menjadi halal?

36@ jika saya setulus hati bertobat apakah saya masih perlu mengkodo sholat dan puasa yang saya tinggalkan dulu ?setelah saya dapat hidayah inshaa allah sekarang sholat trus alhamdulillah

37@ suami saya jarang sholat pak kadang 2hari 3hari sekali sholat tetapi dia masih sholat jumat juga,,dan saat saya tanya pah mama tanya sholatt wajib gak?suami jawab" wajib lah" saya tanya lagi penting gak? suami jawab " penting lah" lalu saya tanya lagi trus klo wajib penting kenapa gak sholat malez iya? suami jawab " gak kenapa2 gak males juga gak tau knpa gak mut"
jadi suami meyakini sholat itu wajib dan penting bahkan tidak ada niat sedikitpun untuk murtad dan saya menilai suami saya itu malas pak apakah suami saya bisa murtad pak?

38@ dan apakah setelah bapak membaca cerita saya apakah ada terjadi talak pak?

39@ jika saya memiliki uang halal sedikit untuk makan dan banyak uang haram apakah boleh uang haram tersebut untuk membayar hutang2 dan ganti barang orang yg pernah dirugikan?

40. Saya salalu takut pak setiap perkataan suami...karna dia bodoh agama was2 setiap apa yang dia katakan.

saya mohon pak jawabban bapak saya tidak terburu2 akan jawaban bapak bpk boleh jawab konsultasi yg lain dlu karna saya gak mau merepotkan bapak setelah saya dapat hidayah saya seperti terkena penyakit was2 pak hidup seakan gak normal kadang suka menangis sendiri mengingat ucapan2 suami ketakutan saya, pada allah klo bapak sudah santai blsnya gpp malah saya suka jawaban di saat bapak santai pak terimakasih....


JAWABAN

23. Dihukumi masih hadas besar. Jadi, harus mandi supaya bisa melaksanakan shalat. Perlu diketahui bahwa, haid itu ada batas maksimalnya yaitu 15 hari. Apabila lebih dari 15 hari masih ada darah atau bercak yang keluar maka itu bukan darah haid, tapi darah istihadoh. Wanita yang keluar darah istihadoh tetap wajib shalat.

24 dan 25: Ucapan itu termasuk kiasan. Kalau tidak ada niat berarti tidak terjadi talak. Dari konteks pembicaraan, tampaknya tidak ada niat suami untuk talak.

26 dan 27: Kalau suami menyatakan tidak ada niat, maka berarti tidak ada niat. Tidak perlu ragu. Secara syariah itu sudah cukup dan tidak perlu kita mengorek-ngorek suami tentang benar atau tidaknya. Itu malah mempersulit diri sendiri.

28 dan 29: Ya, satu kali mandi dan satu niat sudah mencakup untuk menghilangkan hadas besar karena keluar mani dan haid. Baca detail: Cara Mandi Junub

30, 31, dan 32. Kedua kaliamt itu tidak termasuk kiasan.

33. Harta haram apabila dibuat untuk berbisnis barang halal maka pelakunya berhak atas separuh dari keuntungan. Sedangkan separuh keuntungan dan modalnya hendaknya diberikan kepada orang miskin. Baca detail di sini.

34. Shalatnya sah. Sama dengan haji dengan uang korupsi. Baca detail di sini

35. Uang haram harus "dibuang" karena itu bukan hak dari pemiliknya. Cara membuangnya adalah dengan memberikannya pada fakir miskin atau diberikan pada masjid atau lembaga pendidikan. Jadi, tidak perlu dizakati. Dan kalau dizakati tidak akan membuatnya menjadi halal.

36. Ya, anda harus mengqodo semua shalat dan puasa wajib yang ditinggalkan. Baca detail di sini

37. Kalau tidak shalat karena malas tapi masih mengakui wajibnya shalat, maka hukumnya dosa besar tapi tidak dianggap murtad. Baca detail di sini.

38. Tidak ada terjadi talak pada semua kisah yang anda ceritakan.

39. Boleh menggunakan harta yang bercampur antara halal dan haram. Baca detail di sini

40. Sebaiknya hindari bertengkar dan berargumen dengan suami agar dia tidak terpancing untuk mengatakan sesuatu yang tidak perlu. Apapun keadaan suami, dia tetaplah harus ditaati dan dihormati selagi dia menjadi suami anda. Salah satu bentuk penghormatan adalah dengan tidak membuatnya kesal dan selalu berusaha untuk menyenangkan hatinya. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..