Saturday, March 05, 2016

Cara Shalat Orang yang Tidak Hafal Al-Fatihah


CARA SHALAT ORANG YANG SULIT HAFAL BACAAN SHALAT

Orang yang tidak bisa atau sulit menghafal bacaan shalat yang wajib seperti Al-Fatihah dan tahiyat / tasyahud, maka ia boleh membacanya dari secarik kertas dengan tetap menjaga tuma'ninah (ketenangan gerakan). Kalau membaca juga tidak bisa, maka boleh diganti dengan bacaan lain dari Al-Quran kalau itu juga tidak bisa maka boleh diganti dengan bacaan dzikir, kalau ini juga tidak bisa boleh berdiri selama bacaan Al-Fatihah.

Assalamu alaikum ..
Gini Ustad.. Saya mau tanya mengenai sholat.

1. Mama saya mau belajar sholat. Tapi dia sulit sekali menghafal bacaannya.. apakah ada alternatif ?
2. Dan bagaimana aturan-aturan nya ustad..

Trima kasih banyak sebelumnya.

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. TIDAK BISA HAFAL BACAAN SHALAT
    1. CARA SHALAT ORANG YANG TIDAK HAFAL BACAAN SHALAT
    2. HUKUM MEMBAWA KERTAS ATAU QURAN SAAT SHALAT UNUK DIBACA
  2. LIRIK MUSIK MENGHINA ALLAH
  3. CARA KONSULTASI AGAMA


JAWABAN TIDAK BISA HAFAL BACAAN SHALAT

1. Bacaan shalat yang harus diucapkan dan dihafal betul adalah Surah Al-Fatihah dan tasyahud atau tahiyat. Sedangkan bacaan yang lain sifatnya sunnah (boleh tidak dibaca). Kalau mama anda baru mualaf atau sudah lama muslim tapi merasa kesulitan menghafal Al-Fatihah dan tasyahud/tahiyat, maka alternatifnya adalah (a) kalau bisa membaca tapi sulit hafal, maka boleh memegang buku atau kertas yang berisi bacaan shalat seperti Al-Fatihah dan tahiyat; (b) apabila tidak bisa membaca, maka boleh membaca bacaan dzikir yang diingat seperti bacaan 'Subhanallah walhamdulillah wa lailaha illallah wallahu akbar wala hawla wala quwwata illa billah'. (c) Kalau sama sekali tidak ada yang bisa dihafal dan juga tidak bisa membaca, maka cukup baginya berdiri yang waktunya sama dengan waktu orang membaca Al-Fatihah atau tahiyat.

2. Aturannya: seorang muslim wajib membaca Al-Fatihah saat berdiri dan membaca tahiyat akhir. Idealnya secara luar kepala. Tapi kalau tidak bisa, maka boleh membaca pada buku atau kertas.

URAIAN


CARA SHALAT ORANG YANG TIDAK HAFAL BACAAN SHALAT

Islam tidak memaksa hambanya untuk berlaku sempurna dalam beribadah, tapi cukup berbuat maksimal menurut kemampuannya.
Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:286
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya

Dalam QS At-Taghabun :16 Allah berfirman:
Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu

Nabi bersabda dalam sebuah hadits sahih riwayat muttafaq alaih (Bukhari dan Muslim) dari Abu Hurairah:

وإذا أمرتكم بأمر فأتوا منه ما استطعتم

Artinya: Dan ketika aku perintahkan kalian dengan suatu perintah, maka lakukan sebisamu.

Dalam konteks shalat, ulama fuqaha (ahli syariah) menyikapi orang yang tidak mampu membaca bacaan wajib, seperti bacaan Al-Fatihah dan tahiyat, dalam shalat sebagai berikut:

Al-Syairazi dalam Al-Muhadzab, hlm. 2/140, menyatakan:

( فإن لم يحسن الفاتحة وأحسن غيرها ، قرأ سبع آيات ، وهل يعتبر أن يكون فيها بقدر حروف الفاتحة ؟ فيه قولان . ( أحدهما ) : لا يعتبر ، كما إذا فاته صوم يوم طويل لم يعتبر أن يكون القضاء في يوم بقدر ساعات الأداء ، ( والثاني ) : يعتبر وهو الأصح ; لأنه لما اعتبر عدد آي الفاتحة اعتبر قدر حروفها ، ويخالف الصوم ، فإنه لا يمكن اعتبار المقدار في الساعات إلا بمشقة ، فإن لم يحسن شيئا من القرآن لزمه أن يأتي بذكر ، لما روى عبد الله بن أبي أوفى : رضي الله عنه { أن رجلا أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال : إني لا أستطيع أن أحفظ شيئا من القرآن فعلمني ما يجزيني في الصلاة ، فقال : سبحان الله والحمد لله ، ولا إله إلا الله ، والله أكبر ، ولا حول ولا قوة إلا بالله } ; ولأنه ركن من أركان الصلاة ، فجاز أن ينتقل فيه عند العجز إلى بدل كالقيام . .. فإن لم يحسن شيئا من القرآن ولا من الذكر قام بقدر سبع آيات ، وعليه أن يتعلم

Artinya: Apabila tidak bagus bacaan Al-Fatihah-nya dan bisa bacaan Quran yang lain, maka dia boleh membaca 7 ayat... Apabila tidak bisa Quran sama sekali maka dia harus bacaan dzikir berdasarkan hadits dari Abdullah bin Abu Aufa, "Bahwa seorang lelaki bertanya pada Rasulullah 'Saya tidak bisa menghafal Quran sedikitpun, maka ajarkan aku bacaan yang membuat shalatku sah.' Nabi menjawab, 'Subhanallah walhamdulillah wa lailaha illallah wallahu akbar wala hawla wala quwwata illa billah'" Karena membaca itu kewajiban dalam shalat maka boleh berpindah pada bacaan lain apabila tidak mampu (membaca Al-Fatihah) sebagaimana berdiri... Apabila tidak membaca apapun baik Al-Quran atau dzikir maka hendaknya ia berdiri selama yang lamanya sama dengan bacaan 7 ayat Al-Fatihah dan wajib baginya untuk belajar.


HUKUM MEMBAWA KERTAS ATAU QURAN SAAT SHALAT UNUK DIBACA

Cara terbaik apabila sulit menghafal bacaan shalat seperti Al-Fatihah dan tahiyat adalah membawa kertas yang berisi bacaan tersebut sehingga tetap dapat membaca Al-Fatihah walaupun belum hafal. Ini diperbolehkan asalkan saat mengambil kertas dan menaruhnya kembali tidak terlalu banyak membuat gerakan.

Imam Bukhari dalam Sahih Bukhari menyatakan:

باب إمامة العبد والمولى وكانت عائشة يؤمها عبدها ذكوان من المصحف

Artinya: Jadi imamnya budak dan Aisyah bermakmum pada budaknya Dzakwan yang (membaca) dari mushaf Al-Quran.

Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari, hlm. 2/569, menjelaskan maksud hadits di atas:

قوله : ( في المصحف ) استدل به على جواز قراءة المصلي من المصحف

Artinya: Kata "dalam mushaf" Imam Syafi'i menjadikan ini sebagai dalil atas bolehnya bacaan orang shalat dari mushaf (maksudnya: dengan membawa Al-Quran).

Baca detail: Panduan Shalat 5 Waktu

_______________


LIRIK MUSIK MENGHINA ALLAH

5.misalkan ada lagu yang diiringi musik pak ustadz, tapi liriknya lagunya menghina islam atau Allah... terus kita bilang jenis musiknya bagus tapi sayang liriknya menghina Allah,, apakah bilang musiknya bagus seperti itu kita sudah berdosa ?

6. A. Kalau teman kita belum Haji, terus kita becandain teman kita seperti, apa kabar pak haji sambil tertawa, apakah perbuatan sperti itu sudah termasuk mengolok haji yang mengakibatkan murtad ?

B. Kalau kita bercanda sama teman pak ustadz, seperti bilang Ya Allah semoga teman saya ini cepat dapat pacar agar dia bisa ngerasain pacaran.. padahal kalau tidak salah pacaran itu dilarang oleh Allah... apakah becanda sambil tertawa-tawa berdoa minta pacar kepada Allah seperti itu sudah menggolok-olok Allah yang mengakibatkan murtad ?

JAWABAN

5. Tidak berdosa. Musik dan lirik dua hal yang berbeda. Mengagumi musik tapi tidak menyukai liriknya yang menghina Islam adalah hal yang benar.

6a. Tidak murtad karena hanya mengolok pribadi bukan agama. Catatan: harap rubah cara bertanya anda soal Islam. Sebaiknya tanyakan hukumnya (haram atau haram atau mubah, dst). Bukan soal murtad atau tidak murtadnya. Karena dalam Islam segala permasalahan itu mengandung salah satu dari hukum yang lima yakni wajib, haram, sunnah, makruh, mubah.

6b. Pacaran tidak otomatis berdosa. Kalau dalam pacaran tidak pernah berkholwat atau bertemu secara fisikal hanya melalui telpon atau dunia maya dan tidak melakukan percakapan terlarang, maka pacaran dalam konteks ini tidak haram. Yang haram apabila berduaan (kholwat) baik di dalam kamar atau jalan-jalan.

Baca detail:

- Pacaran dalam Islam
- Pacaran Melalui Facebook
- Khalwat dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..