Tuesday, May 31, 2016

Tindihan menurut Islam dan Medis


Tindihan menurut Islam dan Medis
TINDIHAN JIN MIMPI DAN BASAH SAAT TIDUR

Assalamu'alaikum wr.wb KSIA.

Mohon maaf sebelumnya, saya ingin berkonsultasi karena saya merasa ada yang tidak biasa dengan keseharian saya terutama saat tidur. Sudah sangat sering dan dalam waktu yang lama pula hampir setiap saya tidur selalu merasakan tindihan. bahkan beberapa kali saat tindihan saya mengalami mimpi basah.

1. pertanyaan saya, apakah ada hubungannya dengan jin/ mungkin disetubuhi jin atau ada jin yang memang menyukai saya ataukah hal yang alami krn saya melampiaskan nafsu dg cara melakukan onani (dan saya sangat menyesali hal tsb)?

mohon untuk pencerahan dan sarannya agar hal tersebut tidak terulang kembali karena saya merasa sangat terganggu..

JK : pria
umur : 20th

Terimakasih sebelumnya
Wasaalamu'alaikum wr.wb

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. TINDIHAN JIN MIMPI DAN BASAH SAAT TIDUR
  2. MEMPELAJARI AL-QURAN UNTUK IKUT LOMBA MTQ
  3. KELEBIHAN BANGUNAN PROYEK SDN: HALAL ATAU HARAM?
  4. MENGAPA NABI MUHAMMAD BERSYARIAT DENGAN SYARIAT NABI IBROHIM, BUKAN NABI ISA?
  5. CARA KONSULTASI AGAMA


JAWABAN

1. Tindihan saat tidur bisa saja disebabkan oleh jin. Tapi yang umum adalah bahwa itu bisa dijelaskan secara medis. Gejala ini disebut sleep Paralysis: Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

PENYEBAB TINDIHAN SECARA MEDIS

1. Tubuh yang sangat lelah, biasanya secara fisik.
2. Kurang tidur beberapa hari
3. Faktor stres dan tekanan sepanjang hari.
4. Pengaruh obat-obatan.
5. Perubahan jam tidur/pola tidur.

CARA MENGATASI TINDIHAN

Beberapa tips yang cara mengatasi tindihan:

(a) Jangan Panik Tarik napas dan buat diri Anda dalam kondisi santai.
(b) Kepalkan Tangan: Cara ini juga bisa pelan-pelan mengendurkan kelumpuhan yang terjadi.
(c) Batuk: batuklah beberapa kali untuk melemaskan otot-otot di sekitar leher
(d) Segera Bangun: bangunlah pelan-pelan. Cuci wajah dan minumlah beberapa teguk air agar tubuh lebih rileks.

MEMBACA DOA DAN DZIKIR SEBELUM TIDUR

Walaupun sudah dijelaskan bahwa itu adalah gejala medis biasa, namun tidak menutup kemungkinan adanya jin yang masuk ke dalam raga anda pada saat tindihan itu terjadi. Oleh karena itu, Islam mengajarkan kita agar berdoa sebelum tidur. Doa dan bacaan yang dianjurkan Rasulullah menjelang tidur adalah sebagai berikut:

- Doa sebelum tidur agar tidak diganggu jin/setan berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari adalah sbb:[1]

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لا مَلْجَأَ وَلا مَنْجَى مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

- Doa sebelum tidur yang lebih singkat (berdasar hadits sahih riwayat Bukhari):[2]

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

- Dianjurkan membaca: tasbih (Subhanallah) 33x, tahmid (Alhamdulillah) 33x, takbir (Allahu Akbar) 33x (berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim).[3]

- Dianjurkan membaca: Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Sebelum membaca, kumpulkan kedua tangan lalu ditiup, lalu membaca ketiga Surah di atas, setelah itu usapkan kedua tangan pada seluruh badan dimulai dari kepala, wajah, badan bagian depan. Lakukan ini tiga kali. (berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim).[4]

Adapun onani yang dilakukan adalah haram dan berdosa. Dalam Islam pada intinya segala bentuk stimulasi hasrat seksual -- baik dilakukan sendiri atau dengan orang lain-- adalah haram kecuali apabila dilakukan antara suami dan istri. Baca: Hukum Onani http://www.alkhoirot.net/2012/07/masturbasi-dalam-islam.html

Footnote: Teks hadits di atas dalam bahasa Arab sbb:

[1]

عَنْ أَبي عُمَارَةَ البراءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:" يَا فُلانُ إِذَا أَوَيْتَ إِلى فِرَاشِكَ فَقُلْ: اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لا مَلْجَأَ وَلا مَنْجَى مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ، فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ مِتَّ عَلى الْفِطْرَةِ، وَإِنْ أَصْبَحْتَ أَصَبْتَ خَيْراً "، رواه البخاري

[2]

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ رضي الله عنه قَالَ :
( كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ )
رواه البخاري

[3]

وروى الشيخان عن علي رضي الله عنه، أنّ رسول الله - صلّى الله عليه وسلّم - قال له ولفاطمة رضي الله عنها:" إذا أويتما إلى فراشكما أو أخذتما مضاجعكما فكبّرا ثلاثاً وثلاثين، وسبّحا ثلاثاً وثلاثين، واحمدا ثلاثاً وثلاثين "،

[4]

وفي الصّحيحين أنّ النّبي صلّى الله عليه وسلّم:" كان إذا أوى إلى فراشه كلّ ليلة جمع كفّيه، ثمّ نفث فيهما، وقرأ فيهما ( قل هو الله أحد ) و( قل أعوذ بربّ الفلق) و( قل أعوذ بربّ النّاس)، ثمّ مسح بهما ما استطاع من جسده، يبدأ بهما على رأسه، ووجهه، وما أقبل من جسده، يفعل ذلك ثلاث مرّات ". قال أهل اللغة: النّفث: نفخ لطيف بلا ريق.

______________________


MEMPELAJARI AL-QURAN UNTUK IKUT LOMBA MTQ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ustadz..
Rasulullah S.A.W. bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari "sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al-quran dan mengajarkannya". Dan Rasulullah juga menganjurkan kita untuk menghiasi al-quran dengan suara (irama).

1. Yang saya tanyakan apa hukum seseorang mempelajari al-quran untuk memenangkan perlombaan, seperti MTQ?
Mohon jawabannya, terimakasih..
Wassalamualikum Warrahmatullahi Wabbarokatuuh.

JAWABAN

1. Dalam Islam suatu perbuatan baik akan mendapat pahala apabila diniati dengan baik. Yakni niat semata-mata untuk mendapat ridha Allah. Kalau niatnya untuk manusia, maka ia tidak mendapatkan pahala kecuali keuntungan duniawi semata. Dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari, Nabi bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيِهِ

Artinya: Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.

______________________


KELEBIHAN BANGUNAN PROYEK SDN: HALAL ATAU HARAM?

Yth :
Pengasuh konsultasi Hukum Fiqih Alkhoirot Yang di Rohmati Allah SWT.
Saya Seorang Ayah dari Seorang Istri Yang Mengajar di Salah Satu Sekolahan SDN.
Mau Tanya Ustadz : Sekolahan itu mendapat Bantuan Dana Pembangunan dari Pemerintah Sebesar Rp 600.000.000 untuk Biaya Renovasi, setelah selesai Pembangunan Renovasi tersebut ada Kelebihan Uang dari dapatnya Bantuan Dana Pembangunan Tadi,
Lalu dari pihak Kepala Sekolah itu Membuat Kebijaksanaan : Uang Sisa dari Bantuan Dana itu dibagikan pada Guru-guru, baik Guru yang ikut Berkiprah atau tidak dalam hal pembangunan Sekolahan tersebut.

Pertanyaan saya :
1. Bagaimana Hukum Uang yang diterima Oleh tiap - tiap Guru tersebut ?

Demikian dan atas jawaban Ustadz, Saya sampaikan Terima kasih.
Wassalaam

JAWABAN

1. Kelebihan uang proyek dana pembangunan akan dikemanakan? Jawabannya adalah tergantung peraturan yang berlaku yang mengatur. Apapun aturan yang berlaku maka itulah yang harus diikuti. Kalau membagi sisa duit proyek tidak sesuai aturan maka hukumnya haram.

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud Nabi bersabda:

المسلمون على شروطهم إلا شرطا أحل حراما أو حرم حلالا

Artinya: (dalam bisnis) Muslim itu tergantung syarat (yang ditetapkan di antara mereka) kecuali syarat yang menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal.

Baca detail: Bisnis dalam Islam

______________________


MENGAPA NABI MUHAMMAD BERSYARIAT DENGAN SYARIAT NABI IBROHIM, BUKAN NABI ISA?

Dengan hormat kepada tim konsultasi syariah Mahad al-khoirot, saya pengen tau kenapa nabi Muhammad sebelum diangkat menjadi Rosul bersyariat dengan syariat nabi Ibrohim bukan dengan syariat nabi Isa, padahal antara nabi Muhammad dengan nabi sebelumnya masih dekat kepada nabi Isa bukan nabi Ibrohim.

Syukron wajazakumullah..

JAWABAN

Agama Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi Isa adalah sama-sama agama langit yang berasal dari sumber yang sama yaitu Allah. Secara akidah asalnya juga tidak berbeda yaitu akidah Tauhid (Satu Tuhan). Yang agak berbeda adalah dalam segi syariah secara detail.

Akan tetapi, karena syariah yang dibawa Nabi Musa dan Nabi Isa sudah berubah (lihat: QS At-Taubat :31) dan kitab mereka yakni Taurat dan Injil juga sudah dirubah oleh pengikut/pendeta kedua agama tersebut sehingga merubah prinsip ajaran Tauhid Islam seperti adanya konsep Trinitas dalam agama Nasrani (lihat: QS Al-Maidah 5:17, 73); dan konsep Uzair sebagai anak Allah dalam agama Yahudi (lihat: QS At-Taubat :30; Al-Maidah 5:64).

Oleh karena itu Allah memberi perintah pada Muhammad untuk mengikuti agama Ibrahim karena millah Ibrohim masih murni dan konsepnya tidak berubah yakni agama yang mengajarkan Tauhid atau kesatuan Allah. Dalam QS Al-Baqarah 2:135 Allah berfirman:
Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah: "Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik".

Lebih detail, lihat di sini (bahasa Arab).



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..