Tuesday, January 10, 2017

Kecewa Pacar Santri dan Ustadz Pesantren


Kecewa Pacar Santri dan Ustadz Pesantren
KECEWA PACAR SANTRI DAN USTADZ PESANTREN

Assalaamu'alaikum, wr. wb
Salam hormat,

Pak.Ustadz, saya seorang muslimah berusia 28 tahun. saya pernah menjalin hubungan dengan seorang Santri sekaligus pengajar di Pesantren. Usianya sama dengan saya. Pada awalnya dia baik dan perhatian. namun semakin lama dia berubah. kata-kata nya kasar dan sering berkata tidak senonoh, bahkan dia mengajak saya berbuat mesum dan saya tolak. Namun dia pernah meminta saya memberi foto yang terbuka, dan saya menuruti karena dijanjikan untuk dinikahi. Belakangan dia bercerita bahwa dia sudah menerima foto dari beberapa wanita dan sudah berbuat mesum juga dengan mereka.


TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. KECEWA PACAR SANTRI DAN USTADZ PESANTREN
  2. SOLUSI TALAK TIGA
  3. CARA KONSULTASI AGAMA

Saya sedih sekali padahal mereka tau saya ada hubungan dengan pria tersebut. Tetapi kenapa mereka mau berbuat demikian, padahal di lingkungan pesantren. Saat saya tanya pada pacar saya, katanya mereka ikhlas saja melakukanya walaupun tidak dinikahi. Saya sangat sedih mendengar kabar tersebut. Di satu sisi saya dikhianati, juga saya sudah kehilangan sebagian kehormatan saya dengan memberi foto. Dan juga ternyata dengan wanita lain malah lebih jauh lagi. Dia mau berbuat dengan beberapa wanita. Sekarang saya jadi sulit mencari jodoh yang soleh, karena saat saya bercerita bahwa saya pernah memberi foto, jadi enggan menerima keadaan saya. Namun apabila saya tidak bercerita mereka masih bersedia. Sekarang saya jadi merasa buruk sekali. pertanyaan saya adalah:

1. Apakah dengan bertaubat saya dapat kembali seperti dulu waktu belum memberi foto? karena saat saya baca artikel ada yang berbunyi bahwa wanita kafir yang bertaubat lebih diminati untuk dinikahi dari pada wanita berzina yang bertaubat.

2. Kenapa seorang santri dapat berbuat seperti itu, saya benar-benar tidak mengerti.

3. Apa jalan keluar terbaik untuk saya agar terhindar dari sakit hati yang berkepanjangan. Saya sempat shalat istiharah, namun entah kenapa saya merasa bahwa saya harus menikah dengan dia, dan kelak dia akan melupakan semua wanita yang sebelunnya. Saya ragu karena mengingat namanya saja saya sudah trauma.

4. Saya pernah meminta kakak pria tersebut untuk menggantikan bertangungjawab untuk menikahi saya. Namun dia tidak bersedia, dengan alasan belum mapan. Padahal tadinya dia menyukai saya. Saya juga diam-diam tertarik karena dia berbeda sekali dengan adiknya yang seperti itu. Apakah tindakan saya ini benar?

5. Saya benar-benar merasa terdzalimi oleh pria ini dan beberapa wanita tersebut. Saya sempat berdoa agar kebahagiaan itu kelak menjadi milik saya bukan milik mereka. Entah dengan keadaan saya menikah dengan siapapun, saya yang akan bahagia. Karena ada wanita yang mengatakan mencintai pria tersebut apa ada nya tidak peduli kalau dia sudah berbuat mesum dengan beberapa wanita. Padahal menurut saya saya lebih berhak untuk dinikahi karena orang-orang tahu nya saya yang dekat dengan pria tersebut. Walaupun mungkin di depan wanita lain mengaku tidak punya calon. Menurut Pak.Ustadz apakah doa saya ini benar? Karena menurut saya wanita-wanita itu tidak memikirkan bagaimana perasaan saya juga pacar saya sama-sama tidak memikirkan perasaan saya.

Saya pernah bertanya pada pacar saya siapa wanita-wanita tersebut, namun dia tidak mau menjawab, dan dia bilang itu rahasia pribadi. Saya sedih sekali. Waktu saya tagih janjinya untuk menikahi saya karena saya sudah memberi foto, dia tidak mau. Dia malah memberi foto pribadinya. Saya sngat kecewa. Saya bingung Pak.Ustadz padahal dia hidup di pesantren.

Kiranya cukup sekian pertanyaan dari saya mohon maaf bila ada kata yang salah. Terimakasih banyak Pak.Ustadz.
Wassalaamu'alaikum, wr. wb.


JAWABAN

1. Anda dapat kembali seperti dulu apabila (a) bertaubat nasuha; (b) tidak perlu bercerita pada pria lain soal kasus foto tersebut, biarkan hal itu menjadi rahasia anda. Menjaga rahasia adalah wajib.

2. Santri adalah semua orang yang pernah mondok di pesantren dan belajar ilmu agama. Umumnya santri lebih bisa menjaga diri dari godaan setan dibanding yang nonsantri karena lingkungan pendidikan di pesantren relatif lebih baik dan terintegrasi selama 24 jam. Namun demikian, santri juga memiliki lingkungan lain selain pesantren yaitu lingkungan pergaulan di rumahnya. Bahkan tidak sedikit dari santri yang sebelum mondok mempunyai latarbelakang dan pengalaman yang kelam dalam lingkaran pergaulan sebelumnya. Sehingga walaupun dia sudah lama di pesantren dan sudah menjadi ustadz, kecenderungan prilaku masa lalunya masih mempengaruhinya di masa sekarang. Kami berasumsi, pacar anda itu termasuk dari kelompok terakhir ini. Oleh karena itu, ke depan, jangan gampang menaruh kepercayaan penuh pada siapapun. Lihat fakta keseharian mereka. Baru ambil kesimpulan.

Salah Niat

Kemungkinan kedua mengapa seorang santri dan ustadz menjadi pendosa, padahal ahli ilmu agama, adalah karena salah niat. Niat seorang santri ketika pertama belajar menuntut ilmu agama atau ilmu apapun hendaknya dengan tujuan untuk memperbaiki akhlak dan meningkatkan iman. Bukan hanya untuk pintar, apalagi untuk mendapat pekerjaan dan perbaikan masa depan dan untuk tujuan yang bersifat duniawi lainnya. Salah niat akan mengakibatkan si pemilik ilmu tidak memiliki motivasi dan tanggung jawab untuk menjaga maruah keilmuannya.

3. Jalan keluar terbaik adalah melupakan dia, move on dengan cara: (a) cari pria lain segera; (b) jangan terlalu lama berhubungan langsung ajak komitmen menikah. Shalat istikharah bertujuan untuk memantapkan hati pada dua pilihan yang sama-sama baik secara syariah, bukan untuk meramal masa depan. Baca: Shalat Istikharah http://www.alkhoirot.net/2012/04/shalat-istikharah.htmlhttp://www.alkhoirot.net/2012/04/shalat-istikharah.html

Sedangkan pacar anda tidak perlu di-istikharah-i, karena sudah jelas dia pelaku dosa berdasarkan pengakuannya sendiri. Jadi, lupakan dia. Buang dia jauh-jauh dari pikiran anda. Kalau anda mau melupakannya, maka insyaAllah Allah akan menunjukkan jalan pria terbaik bagi Anda. Amin.

4. Tindakan anda tidak salah. Namun, sebagian pria memang merasa kurang percaya diri untuk menikah apabila belum ada pekerjaan atau secara materi belum siap.

5. Berdoa adalah hak setiap orang. Namun bahwa anda merasa terzalimi oleh pria itu dan para wanitanya adalah kurang tepat. Karena faktanya, anda dan dia tidak atau belum terikat oleh ikatan apapun baik berupa ikatan pertunanangan apalagi perkawinan.

Sekali lagi, segera move on. Cari pria lain. Kalau anda terus berusaha, maka Allah akan memberikan anda jodoh terbaik, insyaAllah.


___________________


SOLUSI TALAK TIGA

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wa barakatuh.

Saya sudah pernah dua kali menalak istri saya sekaligus dua kali juga merujuknya. Saya ingin bercerita agar masalah saya dapat dimengerti dengan jelas. Kemarin saya ingin meminjam hp istri saya tapi dia tidak mengizinkan. Saya tanyakan kenapa dia cuma tersenyum, Setelah saya terus tanyakan akhirnya dia bilang dia chatting dengan teman laki-laki waktu SMA dulu. Saya bersikeras meminjam hp nya untuk melihat isi chat lewat BBM tersebut. Setelah saya dapat ternyata tidak ada. Saya bilang ke dia kok datanya dihapus? Dia bilang tidak ada menghapus. Saya sudah terlanjur jengkel karena dia terkesan merahasiakan isi chatnya terang saja saya merasa pasti isi chatnya tidak normal/macam-macam. Saya kesal dia balik kesal sama saya terus saya bilang talak ke dia..Dia lantas menangis katanya barusan dia cuma mau usil sama saya untuk mengetes saya apakah saya cemburu. Saya pun menyesal mengucapkan kalimat itu. Sederhananya Apakah kalimat talak bisa saya batalkan karena secara akal jika saya tahu kalau istri saya cuma bercanda dengan mengetes saya, saya tidak akan ucapkan kalimat itu. Mohon penjelasannya. Terima Kasih.

JAWABAN

Ada pendapat ulama yang menyatakan bahwa ucapan talak karena marah tidak jatuh talak. Anda bisa mengikuti pendapat itu agar tetap mempertahankan rumah tangga. Baca detail: Ucapan Talak Saat Marah



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..