Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Membuang Kertas Ada Nama Allah

Membuang Kertas Ada Nama Allah
MEMBUANG KERTAS YANG ADA NAMA ISLAM

assalamu'alikum..ustad, saya sahrul dari banyuwangi mau tanya
1.hukum membuang kertas sembarangan yang ada nama ISLAM contoh nama tempat ada lembaran kertas bertuliskan Rumah sakit islam dibuang sembarangan apa hukumnya ??
2.hukumnya apa membuang kertas sembarangan yang terdapat nama orang yg memakai nama Asmaul Husna?

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. MEMBUANG KERTAS YANG ADA NAMA ISLAM
  2. PERNIKAHAN WANITA HAMIL ZINA, SAH ATAU BATAL?
  3. AGAR DIA TIDAK LAGI MENGGANGU SUAMI
  4. CARA KONSULTASI AGAMA


JAWABAN

1. Dalam kasus di atas tidak apa-apa. Yang tidak boleh dibuang sembarangan adalah kertas yang ada nama Allah termasuk asmaul husna, nama Nabi Muhammad dan para Nabi lain, ayat Quran atau hadits Nabi. Maka hukumnya haram. Dan cara terbaik menyikapi hal ini dengan membakar kertas tersebut, atau menghancurkannya atau memendamnya dalam tanah.

2. Haram kalau disengaja membuat kertas yang ada nama Allah atau Asmaul Husna.. Kalau niatnya menghina Allah, maka termasuk murtad. Idealnya kertas seperti itu dipendam atau dibakar atau dihancurkan. Baca detail: Membuat Kertas ada nama Allah

PERNIKAHAN WANITA HAMIL ZINA, SAH ATAU BATAL?

assalamu'alaikum warohmatullah hiwaba rokatuh

Saya mempunyai pacar dan kami sudah merencanakan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Namun calon saya ini pernah melakukan zina dengan wanita lain sampai wanita tersebut hamil dan mereka menikah, mereka menikah saat wanita tersebut hamil di usia 7bulan kandungannya. Setelah akad calon saya ini meninggalkan wanita tersebut dan tidak pernah tinggal bersama isteri dan anaknya.bahkan belum pernah bertemu jabang bayinya dari lahir sampai saat ini (kurang lebih 3 tahun) tidak pernah bertemu juga dengan istrinya.

saya baru mengetahuinya setelah 1tahun saya menjalani hubungan dengan dia.saya memberi pilihan kepada calon saya,apakah ingin melanjutkan rumah tangganya atau ingin mengakhirinya. Calon saya memilih untuk bercerai . Tidak lama kemudian wanita tersebut menghubungi saya dan meminta agar suaminya menceraikan. Sekarang masihh dalam proses.

PERTANYAAN :
1. Apakah saya termasuk pengganggu rumah tangga orang?
2. Jika anak (perempuan) tersebut menikah apakah calon saya yang harus menjadi walinya?
3. Saya menerima keadaan calon saya,namun kadang saya merasa tersakiti.apakah itu sudah termasuk ikhlas?
4.bagaimana cara menerima dengan ikhlas?

JAWABAN

1. Tidak termasuk. Karena pria boleh menikah lebih dari satu.

2. Ya, menurut madzhab Hanafi, pernikahannya sah dan anaknya dinasabkan pada pria yang menikahi wanita hamil itu. Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

3. Bukan soal ikhlas dan tidak ikhlas. Anda masih dalam keadaan memilih. Kalau anda merasa tidak bisa menerima keadaan dia, maka anda bisa menggagalkan pertunangan ini. Tetapi kalau anda ingin tetap melanjutkan hubungan ini ke jenjang pernikahan, maka anda harus menerima keadaan itu. Suka atau tidak suka.

4. Kalau dia memang sudah berubah menjadi baik, akhlak dasarnya baik, agamanya baik, dan peduli pada anda, maka anda pantas untuk ikhlas. Masa lalunya tidak lagi relevan. Namun kalau dia masih berkarakter buruk, agamanya juga biasa saja, maka anda perlu mempertimbangkan untuk pilihan lain. Baca juga: Cara Memilih Jodoh


AGAR DIA TIDAK LAGI MENGGANGU SUAMI

Pak Ustadz yg dirahmati Allah,

Terima kasih banyak atas nasehat nya.
Semoga Allah membalas amal Anda.

Namun sebenarnya yang menjadi pertanyaan saya di nomor 1 (apa yg ‎harus saya lakukan?), adalah:
Maksud saya apa yang harus saya lakukan agar perempuan itu tidak lagi mendekati suami saya lagi?
Apakah sebaiknya saya mengirim email ke dia & memastikan bahwa dia tidak akan menghubungi suami saya lagi, atau saya ‎harus mengajaknya bertemu (ini atas saran suami saya, katanya supaya saya lega, tapi sebenarnya saya sangat enggan) , atau saya harus diamkan saja walapun dia sempat mengatai2 saya aneh & mengatakan ke suami saya bahwa dia tidak bisa melupakan suami saya?
Karena ketakutan terbesar saat ini adalah bila perempuan itu kembali tidak ‎bahagia dengan suaminya dan kembali mendekati & merayu suami saya lagi, karena saya yakin perempuan itu masih yakin bahwa suami saya juga sebenarnya masih menaruh rasa cinta terhadap dirinya (asumsi ini saya dapatkan karena saya mencuri lihat email suami saya ke perempuan itu untuk jangan memikirkannya lagi tapi fokus ke suaminya, namun perempuan itu tetap membalas email suami saya bahwa ia tidak akan bisa melupakan suami saya).

Saya tidak yakin bila perempuan itu masih mengirimi suami saya email (yang saat ini mungkin akan langsung dihapus oleh suami saya karena sebelumnya dia sudah tau bahwa saya bisa mencuri lihat email nya), suami saya tidak akan jatuh ke lubang yang sama (kembali hadir melayani perempuan itu lagi), walaupun saya sudah selalu mendoakan suami saya...

Untuk Pak Ustadz ketahui, suami saya ternyata mengakui sebelum saya menikah dengan suami saya, ternyata perempuan itu sudah pernah meng hubungi suami saya tapi tidak mendapat respons dari suami saya, dan ‎sekitar 5-6 tahun yg lalu (saya sudah menikah 11 tahun & perempuan itu jg sudah menikah 10 tahun), perempuan itu sempat menghubungi suami via inbox FB, tapi tidak disadari oleh suami saya. Jadi maksud saya, rasa cintanya ke suami saya sepertinya begitu mendalam, sehingga saya merasa sangat terancam...

Mohon pencerahannya Pak Ustadz.
Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih & Jazakallah khoiran katsira ats jawabannya.

JAWABAN

Bisa saja anda mengikuti saran suami anda untuk menemui wanita itu dan memintanya untuk tidak lagi mengganggu suami anda. Ini bagus sebagai langkah formalitas dan supaya anda merasa lebih lega (seperti kata suami). Siapa tahu saat bertemu dia anda mendapat inspirasi cara dan taktik untuk merubah dia. Namun demikian, jangan mengharap terlalu banyak dari pertemuan itu anda akan bisa mengubah dia secara total. Dia bukan tipe wanita yang bisa diatur oleh siapapun. Ditambah lagi, cinta dia yang mendalam pada suami anda dankeadaan rumah tangga yang sedang rentan, akan membuatnya sulit diatur siapapun.

Oleh karena itulah, maka plan B yang harus dilakukan dan inilah yang terbaik adalah merubah situasi dari sisi suami anda dan anda sendiri: bagaimana supaya suami anda tetap mencintai anda, bahkan bisa lebih mencintai anda seiring waktu. Apabila ini bisa terjadi, maka benteng rumah tangga anda akan sangat kokoh dan tidak mudah diterobos oleh "serangan" dari luar. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam