Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Wanita Haid dan Hukumnya

Hukum Darah Haid
DARAH HAID DAN AKIBAT HUKUMNYA DALAM ISLAM

Setiap wanita selalu mengalami masa rutinitas bulanan yang disebut haid. Karena datangnya setiap bulan, maka di Indonesia sering disebut dengan datang bulan. Haid disebut juga dengan mens atau M saja kependekan dari menstruasi. Atau udzur di kalangan santri. Bahasa halusnya sering dikatakan "sedang halangan".

DAFTAR ISI
  1. Definisi Haid
  2. Ciri Khas Darah Haid
  3. Larangan Bagi Wanita Haid
  4. Hal Yang Boleh Bagi Wanita Haid
  5. Masa Haid
  6. Cara Bersuci Setelah Haid
  7. Niat Bersuci Setelah Haid
  8. Niat Mandi untuk Junub dan Haid Sekaligus
  9. Hukum Senggama (Jimak, Hubungan Intim) Wanita Haid Sebelum Bersuci
  10. Tanya Jawab Masalah Haid
    1. Darah Haid Keluar 2x Sebulan
    2. Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Mengisi Kotak Amal
    3. Hukum Haid Lebih 10 Hari
  11. CARA KONSULTASI AGAMA

DEFINISI HAID

Haid adalah proses pengeluaran darah dan cairan melalui kelamin wanita (farji) yang mengandung sel-sel mati dari lapisan selaput lendir (lapisan endometrium) rahim. Atau meluruhnya zat-zat nutrisi pada dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan pada waktu ovulasi sebelumnya. Luruhnya zat-zat nutrisi yang menempel di dinding rahim itulah yang lazim kita sebut sebagai “darah haid”.

Dalam terminologi fiqh, haid adalah darah yang keluar dari rahim wanita yang baligh dan sehat yang selain darah nifas.

Dalam Q.S. Al-Baqarah 2:222 Allah berfirman:
وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا۟ النِّسَآءَ فِى الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّـهُ ۚ إِنَّ اللَّـهَ يُحِبُّ التَّوّٰبِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang mahiid. Katakanlah, “Ia adalah gangguan”. Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah bersuci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepada kamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan mehukai orang-orang yang bersungguh-sungguh menyucikan diri (Terjemahan vari Tafsir Al Mishbah Quraish Shihab).


CIRI KHAS DARAH HAID

Tanda darah haid yang membedakannya dari darah istihadlah dan nifas adalah sebagai berikut:

1. Sumbernya berasal dari bagian dalam rahim wanita.
2. Kental dan agak kehitaman.
3. Warna kehitaman dan kadang berubah menjadi kuning atau merah.
4. Tidak menggumpal atau membeku.
5. Berbau tidak sedap.
6. Siklus waktu teratur (ada pengecualian bagi peserta KB atau Keluarga Berencana).


LARANGAN BAGI WANITA HAID

Ada sejumlah larangan dalam Islam bagi wanita yang sedang dalam masa haid yaitu:

1. Shalat
2. Berwudu` atau Mandi Janabah
3. Puasa
4. Tawaf di Baitullah
5. Menyentuh mushaf (Quran)dan membawanya
6. Masuk ke Masjid
7. Bersetubuh/senggama/hubungan intim (jimak).
8. Melafazkan atau membaca ayat-ayat Al-Quran kecuali dalam hati atau doa/zikir yang lafadznya diambil dari ayat Al-Quran.

Larangan membaca Al-Quran (tanpa memegangnya) masih terjadi perbedaan pendapat. Sebagian ulama termasuk Imam Syafi'i dan Maliki membolehkan membaca Al-Quran bagi wanita haid dengan catatan:

- Takut lupa atau memang pekerjaannya mengajarkan/menghapal al-Qur'an.
- Sedang berargumentasi sehingga harus menggunakan al-Qur'an sebagai dalil
- Membaca ayat-ayat pendek yang tujuannya untuk zikir


HAL YANG BOLEH DILAKUKAN WANITA HAID

1. Berdzikir (membaca tasbih, tahmid, istigfar dan tahlil).
2. Bercumbu (petting) antara suami-istri selain senggama (bersetubuh).
3. Bersujud ketika mendengar ayat sajadah karena sujud tilawah tidak dipersyaratkan thoharoh menurut pendapat paling kuat.
4. Menghadiri shalat Idul Fitri dan Idul Adha untuk mendengarkan khutbah tapi tidak ikut shalat.
5. Tidur bersama suami.
3. Dan hal-hal lain selain yang diharamkan di atas.


LAMA MASA HAID

Paling sedikitnya masa keluarnya darah haid adal`h sehari semalam dan paling lama 15 hari. Sedang masa haid yang normal adalah 6 atau 7 hari.

Imam Nawawi dalam Al-Majmuk Syarhul Muhadzdzab II/103-104 menyatakan:

وأقل الحيض يوم وليلة وأكثره خمسة عشر يوما وغالبه ست أو سبع لقوله صلى الله عليه وسلم لحمنة بنت جحش : " { وتحيضي في علم الله ستة أيام أو سبعة أيام كما تحيض النساء ويطهرن ميقات حيضهن وطهرهن


CARA BERSUCI SETELAH HAID

1. Wanita tersebut mengambil air dan sabunnya, kemudian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya.

2. Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut. Dalam hal ini tidak wajib baginya untuk menguraikan jalinan rambut kecuali apabila dengan menguraikan jalinan akan dapat membantu sampainya air ke tempat tumbuhnya rambut (kulit kepala).

3. Menyiramkan air ke badannya.

4. Mengambhl secarik kain atau kapas (atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah pada kemaluan (farji) dengannya.


NIAT MANDI BERSUCI SETELAH HAID

Setelah darah haid berhenti, perempuan diharuskan bersuci yaitu dengan cara mandi keramas. Pada saat mandi keramas ini, diharuskan niat untuk menghilangkan hadats besar sbb:
نَوَيْتُ الغُسْلَ ِلرَفْعِ الحَدَثِ الأكْبَر فَرْضًا ِلله تَعَاليَ
Artinya: Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats besar karena Allah.

Niat ini cukup diucapkan dalam hati, tapi tidak apa-apa kalau diucapkan dengan bersuara.
Niat mandi hukumnya wajib. Jadi, tidak sah mandi junubnya kalau tanpa niat.


NIAT MANDI BERSUCI DARI HAID DAN JUNUB SEKALIGUS

Seorang perempuan yang setelah haidnya habis kemudian bersetubuh dengan suaminya, maka dia boleh mandi satu kali saja dengan dua niat yaitu niat mandi haid dan mandi junub, demikian pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Niatnya sebagai berikut:

نويت غسل الحيض و غسل الجنابة فَرْضًا لله تعالي
Saya niat mandi haid dan mandi junub karena Allah.

Adapun kalau niat salah satunya, seperti berniat mandi haid atau mandi junub saja, maka ada perbedaan pendapat ulama: (a) hanya sah untuk yang diniatkan saja; (b) sah untuk keduanya.

Mufaffiqud-Din Abdullah bin Ahmad Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni mengatakan:
فصل: إذا اجتمع شيئان يوجبان الغسل كالحيض والجنابة أو التقاء الختانين والإنزال ونواهما بطهارته أجزأه عنهما. قاله أكثر أهل العلم منهم عطاء وأبو الزناد وربيعة ومالك والشافعي وإسحاق وأصحاب الرأي ويروى عن الحسن والنخعي في الحائض الجنب يغتسل غسلين، وإن نوى أحدها أو نوت المرأة الحيض دون الجنابة فهل تجزئه عن الآخر ؟ على وجهين أحدهما تجزئه عن الآخر لأنه غسل صحيح نوى به الفرض فأجزأه كما لو نوى استباحة الصلاة، والثانية يجزئه عما نواه دون ما لم ينوه لقول النبي صلى الله عليه و سلم : وإنما لكل امرئ ما نوى
Artinya: Apabila terkumpul dua hal yang mewajibkan mandi besar seperti haid dan junub atau bersetubuh dan keluar mani (sperma) kemudian mandi dan niat bersuci untuk keduanya (sekaligus), maka hukumnya sah menurut mayoritas ulama seperti Atha', Abuz-Zinad, Rabi'ah, Malik, Syafi'i, Ishaq dan ashabur-ra'y (ulama yang menekankan ijtihad).

Diriwayatkan dari Hasan dan Nakha'i dalam masalah wanita haid dan junub yang mandi dua kali apabila berniat salah satunya atau wanita haid niat bersuci dari haid bukan untuk junub apakah (niat itu) mencakup pada yang lain? Ada dua pendapat. Pertama, mencakup pada yang lain karena mandinya sah sebagaimana orang yang berniat untuk dibolehkan shalat. Kedua, sah untuk yang diniatkan saja tidak yang lain berdasarkan hadits, 'Setiap perilaku seseorang itu tergantung niat.'


HUKUM SENGGAMA (JIMAK, HUBUNGAN INTIM) SETELAH BERHENTI HAID SEBELUM BERSUCI

Wanita haid yang sudah berhenti darah haidnya tetap tidak boleh (haram) bersenggama (jimak/bersetubuh) dengan suaminya kecuali setelah bersuci atau mandi besar. Adapun dasar hukumnya sebagai berikut:

1. Quran Surat Al-Baqarah 2:222

فاعتزلوا النساء في المحيض، ولا تقربوهن حتى يطهرن، فإذا تطهرن فأتوهن من حيث أمركم الله، إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين
Artinya: Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, hlm. 1/588, dijelaskan maksud ayat di atas sbb:

وقد اتفق العلماء على أن المرأة إذا انقطع حيضها لاتحل حتى تغتسل بالماء أو تتيمم
Artinya: Ulama sepakat bahwa perempuan (istri) apabila selesai masa haidnya tidak halal (hubungan intim) kecuali setelah mandi dengan air atau tayammum.

2. Jumhur (mayoritas) ulama dari 3 madzhab utama yaitu Malikiy, Syafi’i dan Hanbali, sepakat bahwa hubungan intim (dukhul) antara wanita haid yang sudah berhenti darahnya dengan suaminya itu haram kecuali setelah mandi (ghusl) atau bersuci.

3. Yusuf Qardhawi menghukumi haram bersetubuhnya wanita haid sebelum bersuci walaupun darah sudah mampet (berhenti)

جمهور الفقهاء يرون: أنه لا يجوز للزوج أن يجامع زوجته إلا بعد أن تغتسل، أي تغسل رأسها وجسدها كله بالماء

Artinya: Jumhur ulama berpendapat bahwa tidak boleh bagi suami menjimak istrinya kecuali setelah si istri mandi yakni membasuh kepala dan seluruh tubuhnya dengan air.

Imam Jalaluddin as-Suyuthi membolehkan terjadinya senggama antara suami-istri apabila darah haid sudah berhenti. Dalam Ianah at-Thaalibiin I/85, Al-Bakri menyatakan:

خلافا لما بحثه العلامة الجلال السيوط - أي من حل الوطء أيضا بالانقطاع

Artinya: Berbeda dengan yang dibahas Jalaluddin Suyuthi yakni halalnya hubungan intim dengan sebab putusnya darah haid.

4. Madzhab Hanafi membolehkan terjadinya hubungan intim (jimak) apabila darah haid putus dan waktu haid sudah melewati 10 hari.

وقال الحنفية:إن انقطع الدم لأقل من عشرة أيام ـ وهي أكثر الحيض ـ لم يحل وطؤها حتى تغتسل، أو يمضي عليها وقت صلاة، وؤن انقطع لعشرة أيام جاز قبل الغسل، لقوله تعالى: (حتى يطهرن) ينقطع الحيض. حملوه على العشرة. وقراءة التشديد حملوها على ما دون العشرة، عملا بالقراءتين. هكذا قالوا. ولأن ما قبل العشرة لا يحكم بانقطاع الحيض، لاحتمال عود الدم، فيكون حيضا، فإذا اغتسلت أو مضى عليها وقت صلاة: دخلت في حكم الطاهرات. وما بعد العشر حكمنا بانقطاع الحيض، لأنها لو رأت الدم لا يكون حيضا فلهذا حل وطؤه

Artinya: Mazhab Hanafi berkata: Apabila darah haid sudah berhenti kurang dari 10 hari -- yaitu masa haid paling lama -- maka tidak halal hubungan intim kecuali setelah mand atau lewat baginya waktu shalat. Apabila darah haid putus setelah 10 hari maka boleh jimak sebelum mandi...

=====================
CATATAN DAN RUJUKAN

- الحيض هو خروج الدم المعروف من رحم الانثى البالغة السليمة من غير ولادة او افتضاض، ويعرف الحيض باسماء اخرى منها الطمث
- Hadits tentang tidaj boleh shalat dan puasa saat haid dari Aisyah: كنا نحيض عند رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم نطهر فيأمرنا بقضاء الصوم ولا يأمرنا بقضاء الصلاة
- Larangan tawat di Ka'ab saat haid hadits Abu Daud dan Tirmidzi: النفساء والحائض ـ إذا اتيا الميقات ـ تغتسلان وتحرمان وتقضيان المناسك كلها غير الطواف بالبيت
- Larangan masuk masjid dan i'tikaf saat haid hadits riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah: أمر الرسول الله صلى الله عليه وسلم الحائض أن تعتزل عن مصلى المسلمين
- Larangan menyentuh dan membaca Quran. Quran لا يمسه إلا المطهرون
dan hadits: لا يقرأون القرآن ولا يطأون مصحفا بأيديهم ، حتى يكونوا متوضئين
______________________________________________________________


TANYA JAWAB MASALAH HAID

Berikut beberapa pertanyaan yang diajukan pengunjung dan pembaca situs ini seputar haid.

DARAH HAID KELUAR 2X (DUA KALI) SEBULAN

PERTANYAAN

Dalam masa pra menopouse ini saya mengalami haid lebih panjang waktunya, dalam 1 bulan 2 x masa haid. Diantara masa haid yang seharusnya bersih itu terkadang keluar darah bersamaan saat buang air kecil. Saya bingung, kecewa karena tidak bisa menjalankan sholat karena sangat sedikit hari saya bisa sholat nya. Bagaimana solusinya, terima kasih atas jawabannya.
Mariana R.

JAWABAN

Haid wanita paling sedikit sehari semalam (24 jam) dan tidak boleh lebih dari 15 hari. Dalam saat haid tersebut maka Anda statusnya seperti orang yang junub atau hadats besar yaitu tidak perlu bahkan tidak boleh shalat atau masuk masjid, dan larangan yang lain. Apabila setelah 15 hari darah tetap keluar, maka statusnya bukan darah haid melainkan darah istihadah (darah penyakit). Pada saat darah istihadah keluar, Anda tetap berkewajiban shalat seperti biasa. Lebih detail tentang wanita istihadah lihat: Wanita Istihadah

Nab, bagaimana cara membedakan dan memisahkan antara darah haid dan darah istihadah adalah dengan melihat kebiasaan sebelumnya. Contoh, apabila hari pertama haid adalah tanggal 1 setiap bulan, maka haid berhenti pada tanggal 15. 15 hari berikutnya adalah masa suci, apabila tanggal 16 sampai tanggal 30 darah keluar lagi, maka itu statusnya darah istihadah alias darah penyakit.

Darah yang keluar dianggap darah haid lagi ap`bila masuk tanggal 1 bulan berikutnya sampai tanggal 15.

____________________________________________________________


HUKUM WANITA HAID MASUK MASJID MENGISI KOTAK AMAL

PERTANYAAN

assalamualaikum wr.wb.
Pak ustadz yg saya hormati, bolehkah seorang wanita yg sedang datang bulan masuk ke mushola/masjid cuma untuk sekedar mengisi kotak amal di mushola/masjid tersebut.

Terimakasih demikian pertanyaan saya,,dan terimakasih atas jawabannya.
Wassalamualaikum wr.wb
Siti hajar Priyatin

JAWABAN

Hukumnya boleh masuk masjid untuk sekedar mengisi kotak amal. Yang tidak boleh adalah apabila masuk dan diam di dalam masjid. Bahkan masuk masjid dari satu pintu dan keluar dari pintu yang lain -- untuk numpang lewat -- itu boleh. Seperti dikutip oleh Al-Jaziri dalam kitab Al-Fiqh Alal Madzahib Al-Arba'ah hlm I/86 oleh
الشافعية قالوا...
أما المرور بالمسجد، فإنه يجوز للجنب والحائض والنفساء من غير مكث فيه، ولا تردد بشرط أمن عدن تلوث المسجد، فلو دخل من باب وخرج من آخر جاز، أما إذا دخل وخرج من باب واحد، فإنه يحرم؛ لأنه يكون قد تردد في المسجد، وهو ممنوع، إلا إذا كان يقصد الخروج من باب آخر غير الذي دخل منه، ولكن بدا له أن يخرج منه، فإنه لا يحرم

Artinya: Ulama madzhab Syafi'i berpendapat bahwa lewat di masjid boleh dilakukan orang yang junub, haid dan nifas asal tidak diam atau berputar-putar di dalam masjid. Kalau masuk dari satu pintu dan keluar dari pintu yang lain itu boleh. Sedangkan kalau masuk dan keluar dari pintu yang sama itu tidak boleh karena itu termasuk berputar. Kecuali apabila ia awalnya bermaksud keluar dari pintu lain selain tempat masuknya tapi ternyata tidak bisa maka hal itu dibolehkan.

Kesimpulan: boleh masuk masjid sekedar untuk menaruh uang di kotak amal.

_____________________________________________________________


HUKUM HAID LEBIH DARI 10 HARI

Assalamualaikum,

saya mau tanya bagai mana hukumnya bila haid lebih dari 10 hari karna pengaruh dari kb,saya biasanya cuma 7 hari apakan saya boleh sholat itu juga cuma sekedar plek saja tidak keluar darah.tolong jawabannya
wasalam Tania

JAWABAN

Darah haid yang lebih dari 10 hari masih tetap dianggap darah haid selagi tidak melebihi 15 hari. Adapun flek tetap dianggap darah haid.

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam