Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Bayar Zakat Fitrah untuk Orang Tua

Bayar Zakat Fitrah untuk Orang Tua

BAYAR ZAKAT FITRAH UNTUK ORANG TUA AYAH DAN IBU

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ustad .. saya ingin bertanya

1. bagaimana menurut islam apabila seorang anak perempuan yang sudah menikah & memiliki suami ingin menzakat fitrahkan kedua orang tuanya pada saat idul fitri nanti ? Apakah boleh?

2. apakah zakat fitrah untuk kedua orang tuanya tersebut sah (diterima oleh Allah SWT) ?

Mohon untuk penjelasannya ya pak ustad, atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin .

Wassalamualaikum Wr. Wb.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. BAYAR ZAKAT FITRAH UNTUK ORANG TUA AYAH DAN IBU
  2. MENIKAH LALU DIPISAH DENGAN ISTRI
  3. MIMPI HASIL ISTIKHOROH SOAL JODOH
  4. MIMPI GIGI BAWAH TANGGAL / COPOT
  5. MIMPI ISTRI MELAHIRKAN BAYI BEREKOR ANJING
  6. MIMPI MERAPIKAN RUMAH
  7. MIMPI DIJODOHKAN
  8. HUKUM MENAGIH HUTANG
  9. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Boleh dan sah. Namun itu tidak wajib. Dr. Abdullah Faqih dalam Fatawa Syabakah Al-Islamiyah, hlm. 2/395 menyatakan:

السؤال
أنا موظف في الرياض وعند عيد الفطر أذهب لزيارة الوالد في المدينة المنورة وعند موعد حلول زكاة الفطر أقوم بدفع الزكاة عني وعن أهلي (والدي وإخواني) فما صحة ذلك علما بأن أبي على علم؟
الفتوى
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد: فما تفعله صحيح مجزئ عنك وعن والدك وإخوتك في إخراج زكاة الفطر
Arti ringkasan: Boleh dan sah membayar zakat fitrah untuk orang tua dan saudara.

Al-Jaziri dalam Al-Fiqh alal Madzahib Al-Arba'ah, hlm. 1/989 menyatakan tentang pandangan mazhab Syafi'i dalam soal membayar zakat fitrah untuk orang tua atau untuk anak:

وتجب ولو كان المزكي مدينا ويجب أن يخرجها عنه وعمن تلزمه نفقته وقت وجوبها وهم أربعة أصناف : الأول : الزوجة غير الناشز ولو موسرة أو مطلقة رجعيا أو بائنا حاملا إذا لم تكن لها نفقة مقدرة وإلا فلا تجب . ومثل المرأة العبد والخادم . الثاني : أصله وإن علا . الثالث : فرعه وإن سفل : ذكرا أو أنثى صغيرا أو كبيرا والأصل والفرع لا تجب الزكاة عنهما إلا إذا كانوا فقراء أو مساكين ولو بسبب الاشتغال بطلب العلم . ويشترط في الفرع الكبير الذي لم يكن مشتغلا بطلب العلم أن يكون غير قادر على الكسب الرابع : المملوك

Artinya: Zakat fitrah wajib walaupun muzakki (pembayar zakat) punya hutang. Dan ia wajib membayar zakat untuk dirinya sendiri dan orang yang wajib dinafkahi saat wajibnya zakat fitrah, mereka ada 4 golongan: Pertama, istri yang taat walaupun kaya atau ditalak raj'i atau talak bain yang sedang hamil apabila tidak memiliki nafkah yang ditentukan; apabila ada nafkah maka tidak wajib. Sama dengan istri adalah pembantu dan budak. Kedua, orang tua ke atas. Ketiga, anak ke bawah: laki-laki, perempuan, kecil, dewasa. Orang tua dan anak tidak wajib dizakati kecuali apabila fakir atau miskin walaupun disebabkan oleh sibuk mencari ilmu. Dan disyaratkan untuk anak yang dewasa yang tidak sibuk mencari ilmu adalah dia tidak mampu bekerja. Keempat, hamba sahaya.

KESIMPULAN

Menzakatfitrahkan orang tua hukumnya dirinci sebagai berikut: (a) wajib apabila mereka miskin; (b) sunnah apabila mereka mampu.


2. Kalau secara syariah boleh dan sah, maka InsyaAllah diterima asalkan dengan niat yang tulus dan ikhlas. Baca detail: Panduan Zakat Fitrah

___________________


MENIKAH LALU DIPISAH DENGAN ISTRI

Assalamualaikum saya ingin bertanya

1. jika saya setelah menikah terus dipisahkan dari istri sampai saya lulus kuliah dan punya rumah sendiri dan anaknya diurus dengan orang tua saya apakah yg saya harus lakukan? Sedangkan pernikahan saya karena hamil diluar nikah

JAWABAN

1. Kalau anda ingin berkumpul dengan istri, maka Anda bisa meminta secara baik-baik pada orang tua agar diperbolehkan hidup bersama. Anda juga bisa meminta bantuan tokoh yang disegani orang tua untuk menyampaikan hal tersebut. Baca detail: Pernikahan Islam

___________________


MIMPI HASIL ISTIKHOROH SOAL JODOH

Assalamu alaykum Pak Ustad,

Saya punya tunangan dan mau menikah tahun depan, 2016. Ibu tunangan saya udah setuju kami menikah tetapi ibu saya masih belum tau soal pertunangan kami. Baru-baru ini kami berantam dan saya telah sholat Istikharah kurang lebih 20 kali dalam 1 minggu lengkap dengan doa bahasa Arab. Karena masih belum punya ketetapan hati, saya terus aja sholat Istikharah nya.

Mimpi nya terjadi di rumah orang tua tapi saya sebenar nya tinggal di kota yang beda karena urusan kerja. Saya tidak selalu bermimpi dan selalunya tidak ingat tentang mimpi saya tapi beda dengan yang ini. Sebelum tidur saya ulangi membaca doa Istikharah sampai ketiduran dan mimpi nya kaya gini:

-waktu malam di rumah orang tua saya, ada orang mengetuk pintu
-ibu saya terus aja membuka pintunya tanpa melihat siapa di jendela (saya ga melihat ibu, cuma punya perasaan itu adalah ibu saya)
-saya merasa ada sesuatu yang buruk di balik pintu, mau di kasih tau sama ibu tapi udah terlambat. Pintu nya udah di buka.
-tidak tau lelaki atau wanita, orang itu mengambil sesuatu dan berlari
-saya kurang pasti apa yg di ambil nya
-saya keluar mau mengejar dan perasaan saya amat takut
-kelihatan malam yang hitam dan saya kebangun dari tidur sekitar jam 1.30 pagi

Soalan:
1. Saya kurang ngerti kenapa ibu saya ada di dalam mimpi dan apa yg di ambil orang itu dari ibu saya?
2. Perlukah saya meneruskan pernikahan kami? Saya amat bingung dan mau menyerah kan keputusan nya pada Istikharah saja tapi soal nya saya ga mengerti maksud mimpi ini.

JazakAllah, Makasih Psk Ustad

JAWABAN

1. Ibu anda sangat mempercayai orang yang mengetuk pintu tersebut. Sehingga dia rela memberikan sesuatu yang sangat berharga kepadanya.

2. Jangan menyerahkan kepada hasil mimpi. Mimpi anda itu hanya peringatan agar anda melakukan investigasi mendalam tentang tunangan anda. Apabila tidak ada sesuatu yang salah dengan dia, maka anda dapat meneruskan ke jenjang pernikahan. Apabila ditemukan hal-hal yang kurang baik, tidak perlu ragu untuk mengurungkan niat. Baca: Mimpi dalam Islam

___________________


MIMPI GIGI BAWAH TANGGAL / COPOT

Asslamualaikum wr.wb
Pak ustad saya mau tanya saya bermimpi pada siang hari gigi saya bawah tanggal dua dan dalam kehidupan nyata ada gigi saya yg bawah sama persis di dalam mimpi itu goyah
1. apakah itu hanya kekhawatiran saya sehingga di dalam mimpi gigi saya yg goyah itu tanggal? Sehingga saya takut karna saya juga pernah sebelum nya bermimpi pada pagi hari gigi saya yg atas tanggal dan beberapa bulan nenek saya meninggal. Apakah mimpi itu halunisasi saya pak ustad? Karna didalam kenyataan gigi bawah saya goyah sehingga didalam mimpi menjadi tanggal.

Mohon penjelasannya pak ustad
Terimakasih sebelumnya,
Wassalam

JAWABAN

1. Kemungkinan besar mimpi itu hanya kekhawatiran anda saja yang terbawa ke alam mimpi. Baca: Mimpi dalam Islam

___________________


MIMPI ISTRI MELAHIRKAN BAYI BEREKOR ANJING

Assalamualaikum Ustad
saya dr surabaya

Saya ingin bertanya tentang mimpi teman saya. Dia bermimpi tentang mantan istrinya yang melahirkan dan bayi tersebut mempunyai ekor seperti ekor anjing dan rambut di ekor tersebut ternyata rambut si bayi tersebut, waktu keluar warnanya putih akan tetapi lama2 menjadi hitam. Dulu temen saya itu pernah di guna2 oleh mantan istrinya.

1. Apa arti mimpi tersebut ya Ustad.

Terima Kasih Ustad
Wassalam

JAWABAN

1. Mimpi itu hanya bisikan setan yang sengaja menggodanya untuk mempercayai apa yang menjadi dugaannya selama ini pada mantan istrinya. Baca: Mimpi dalam Islam

___________________


MIMPI MERAPIKAN RUMAH

Asalamualaikum, saya semalam bermimpi merapihkan rumah saya, sehingga rumahnya terlihat rapih sehingga saya tersenyum melihat kondisi rumah yg sudah rapih, itu pertanda apa ya ?

JAWABAN

Itu pertanda baik di mana anda akan merasa nyaman dan senang. Mimpi ini juga bisa bermakna bahwa anda akan mendapatkan ide yang baru dan segar. Baca: Mimpi dalam Islam

___________________


MIMPI DIJODOHKAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Pak ustadz, saya mau tanya apakah mimpi saya ini ada maknanya tidak?
Kemaren malam saya bermimpi dijodohkan dengan seseorang yg saya belum kenal dan belum pernah bertemu sebelumnya, saya di suruh mendekati pria itu. Awalnya saya tidak suka dgn pria itu tapi beberapa saat kemudian saya dan pria itu sangat akrab dan dekat sekali layaknya orang yg saling kenal. Dan salah satu keluargaku mengatakan "mereka akrab ya, memang cocok" Pria itu seumuran dengan saya, baik, menyenangkan, dan manis orangnya..

JAWABAN

Mimpi ini bermakna anda akan mengalami suatu 'perjalanan' dalam waktu dekat dari satu tempat ke tempat yang lain. Baca: Mimpi dalam Islam

___________________


HUKUM MENAGIH HUTANG

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Ustadz saya ingin bertanya tentang hukum menunda hutang dan menagih hutang.

Saya memiliki online shop dan seorang reseller yang sudah sering membeli. Karena barang terkirim dahulu, ia memiliki hutang pada saya. Dia bilang uang sudah masuk ke dia tetapi masih dipakai dulu untuk
keperluannya. 4 bulan belalu setiap ditagih ia selalu berkelit dengan banyak alasan, disisi lain dia sering membagi foto gaya hidup yang lumayan mewah. Terkahir kali ditagih ia marah besar dan bilang sejak
awal adalah kesalahan saya, dia sanggup membayar saat itu juga hanya saja tidak ada kendaraan, namun seminggu berlalu sejak terakhir saya menagih dan ia mengatakan sanggup, jangankan pelunasan, angsuranpun tidak ada masuk kepada saya.

Saya memutuskan untuk tidak lagi bertanya atau menagih lagi, hati saya sakit Ustadz ditambah ada jabang bayi yang dipercayakan Allah pada rahim saya saat ini.

Yang saya tanyakan :
1. Benarkah tindakan saya menagih hutang itu?
2. Apakah benar semua ini kesalahan saya?
3. Bagaimana dengan orang yang berhutang itu?

Wasallamu'alaikum Wr. Wb

JAWABAN

1. Benar. Anda berhak menagih hutang itu. Karena harta itu memang milik anda. Ada anjuran dalam sejumlah hadis agar penagih hutang bersabar dalam menagih dan itu sudah anda lakukan.

2. Tidak benar. Sedikit kesalahan teknis memang iya. Tapi ketika barang itu sudah dibeli oleh pembeli, maka tentunya kewajiban reseller untuk memberikan uangnya pada anda. Kalau pun ada kesalahan anda, maka itu terletak pada tidak adanya saksi atas terjadinya teransaksi antara anda dan dia sehingga perkara menjadi sulit ketika terjadi hal seperti yang anda alami. Namun inilah memang kelemahan transaksi online secara umum. Padahal Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:282:
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu´amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar."

Perintah dalam ayat di atas tidak bersifat wajib namun berupa anjuran. Kendati demikian, kita memang harus menanggung resiko apabila tidak melakukannya.

3. Orang yang hutang hukumnya wajib membayar. Bahkan Bahkan kalau ia meninggal, harta peninggalannya tidak boleh diwariskan sebelum hutangnya dilunasi lebih dulu. Nabi bersabda dalam sebuah hadis sahih riwayat Bukhari:

أنا أولى بالمؤمنين من أنفسهم ، فمن توفي وعليه دين فعلي قضاؤه ، ومن ترك مالاً فهو لورثته
Artinya: Aku adalah paling utamanya orang beriman. Barang siapa yang mati dan punya hutang maka wajib melunasi. Barangsiapa yang meninggalkan harta maka hutang itu dikenakan pada ahli warisnya.

Rekomendasi: Kalau penagihan ini menemui jalan buntu, tidak ada salahnya mencoba alternatif terakhir yaitu menagih ke suaminya.

Baca detail: Hutang dalam Islam

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam