Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam

Istri Baik Tapi Pembangkang, Bagaimana Cara Mengatasi?

CARA MENYELAMATKAN PERKAWINAN SAYA

Assalammu alaikum wr.wb pak ustadz.

Saya seorang suami. Sy mempunyai masalah yg sangat pelik yg setiap malam sy tidak bisa tidur.

Saya ceritakan latar belakang saya. Saya dulu pernah menikah sekali. Sm perempuan di jakarta. Awalnya sy kenal dgn istri pertama sy itu krn ibu istri pertama sy itu kagum sm sy. Akhirnya sy dikenalkan dgn istri pertama sy. Awalnya istri ke 1 sy biasa aja dgn sy krn dia mempunyai pacar. Dan pacarnya itu seorang pemakai sabu2. Dan ibu nya tdk setuju kalau dgn pemakai sabu2 tsb. Singkat kata sy pacaran dgn istri 1 sy. Trus ada suatu hal sy temukan sms istri sy itu dgn mantan pacarnya . Sy marah dan istri sy itu kabur dri rmh ortunya ke pacarnya. Dan sempat nikah kampung di sana.

Sebelum kabur itu sy telah melakukan hubungan badan dgn istri 1 tsb dan hamil. Dan istri sy tsb memang sdh tdk perawan. Sy tdk mempermasalahkan nya krn sy cinta dan sayang dia. Setelah dia nikah kampung sm pacarnya. Bpk istri sy jemput istri sy tsb dan menyatakan kalau pernikahan itu cacat hukum dan syariah dan mengatakan kalau istri 1 sy tsb hamil krn sy. Akhirnya istri sy pulang ke rmh ortunya. Dan sy didamaikan dan disuruh menikah scr hukum dan agama oleh ortunya. Sy setuju krn sy cinta dan sayang sm dia apaapun kondisinya (tdk perawan) dan pengkhianatannya.
Singkat cinta kmi berumah tangga dan dikaruniai 2 anak. 1 cowok dan 1 cewek. Istri ke 1 sy itu baik. Semua kebutuhan jasmani dan rohani sy,dia penuhi. Krn dia begitu sy makin cinta. Apapun permintaannya sy turuti.

Terus sy berangkat tugas ke luar negeri pd saat sy cuti pulang ke jkt sy temukan sms istri sy dgn adik sepupu sy yg tinggal di rmh sy. Yg isinya sedikiy nakal. Sy marah dan sy kumpulkan mereka berdua. Dan mereka berdua tdk mengakuinya. Sekali lgi sy maafkan istri ke 1 sy. Selang beberapa tahun sy mendaoat musibah usaha sy kena tipu. Sy hancur. Rmh dan semuanya sy jual. Dan sy ngontrak rmh bersama mertua sy krn istri ke 1 sy anak tunggal. Setelah 2 tahun ngontrak istri sy berulah lgi dia selingkuh dgn abg honorer puskesmas yg memang ganteng dan muda. Singkat kata sy cerai dan kedua anak sy ikut saya dan sy jatuh susah. Tinggal menanggung hutang bank yg tersisa. Dan sisa 1 rmh btn utk anak2 sy kelak dan 1 motor itupun msih nyicil.

Setelah menduda sy ketemu dgn istri sy yg sekarang ini di medsos. Dia seorang janda dan memiliki masa lalu seperti sy. Yaitu pernah dikhianati sm pasangan.
Sy suka dan cocok krn dia sayang sm anak2,ibu dan adik2 sy. Semua nya dia berikan buat keluarga sy. Istri sy ini seorang janda beranak 1 (cowok)dan mempunyai 1 anak angkat (cewek) yg masih balita .Akhirnya sy pacaran. Ketika pacaran istri sy mengakui kpd sy bahwa dia :

1. Dia janda yg dikhianati mantan suaminya sebanyak 2 kali krn Dia tidak bisa punya anak.

2. Rahim istri sy tsb tdk bisa berkembang seperti wanita dewasa pada umumnya.

3. Anak cowoknya adalah anak angkat yg diambil dri orang yg tdk mampu.

4. Anak cewek nya adalah anaknya org yg melahirkan di kliniknya yg tdk mempunyai bpk krn hasil hubungan diluar nikah kebetulan istri sy tsb seorang bidan dan mempunyai klinik bersalin di rmh. Dan anak cewek ini secara hukum adalah anak sy krn aktenya menggunakan naama sy.

5. Dia pernah menikah siri dgn atlet binaraga yg masih muda dgn alasan mau membalas sakit hati sm mantan suaminya. Jdi sy suami ke 3 nya.

Sy terima pengakuan istri sy tsb dan sy sangat sayang sm anak2nya seperti anak sy sendiri. Begitu jg mereka berdua kpd saya. Yg tdk sy terima adalah pengakuan istri sy yg terakhir. Yaitu dia seorang pemakai sabu2 dan dia sdh ketergantungan selama 3 thn. Sy shock dan akhirnya memutuskan hubungan tsb. Dan sy berhubungan dgn teman sekelas sma sy tpi ibu dan anak2 sy tdk menyetujuinya.

Dgn berjalannya waktu dia terus me dekati sy dan keluarga sy dan me gatakan kalau dia sdh sembuh dri pemakaian sabu2. Akhirnya sy tertarik kembali. Krn sikapnya yg begitu santun dan sayang. Apalagi masalah sholat dia tdk pernah ketinggalan dri dulu meskipun dulu dia pemakai sabu2 dia tetap sholat dan puasa. Singkat kata akhirnya kita menikah dan sy bersumpah ini pernikahan sy yg terakhir yg akan sy jaga selamanya.

Asal pak ustadz ketahui istri sy itu seorang atlet bola volley di institusinya tingkat nasional,dia seorang abdi negara,dia bidan dan mempunyai klinik di rmh nya,dia seorang pelatih volley dan pemilik klub bola volley. Dia kaya ,mapan, cantik, bertubuh atletis dab bahkan terlihat seperti laki2 kalau tdk pakai jilbab. Dia sangat dihormati dan disegani dilingkungan kerja,masyarakat krn prestasinya,totalitasnya,kebaikannya(krn sering bantu orang). Siapapu orangnya dia bantu. Pokoknya dia sukses disegala hal.

Singkat kata. Sy nikah dan pindah ke kota dia, sdg kan kerja sy berbeda kota dan tiap hari sy tempuh pulang pergi. Jujur pak ustad gaji sy tinggal 1,5 jt setelah dipotong hutang bank. Dan ongkos kerja sy sebulan 1 jt. Dia tdk mempermasalahkannya. Setelah nikah mulai ada masalah. Yaitu :
1. sy tdk suka dia bercanda dgn laki2 lain meskipun itu rekan kerjanya. Dia marah krn sy membatasinya. Akhirnya dia nurut dan sy mempercayainya.

2. Sy membatasi dia maen volley keluar kota dgn pertimbangan siapa yg jaga anak2. Dia marah krn dia tdk mau meninggal kan volley krn itu hidup dia dan kebahagian dia. Dgn alasan dia tdk bisa punya anak. Hanya volley yg bisa mengharumkan namanya kalau dia mati.Akhirnya sy mengalah demi membahagiakan dia. Krn sy tdk bisa memberikannya harta.

3. Dia pergi pertandingan volley keluar kota kalau ijin sy sering tdk sy ijinkan krn seringnya sy ditinggal di rmh bersama anak2 dan pembatu tpi dia tetap berangkat meskipun sy marah atau tidak. Jdi ijin itu hanya sebuah formalitas. Mau tdk mau sy harus melepaskannya dia pergi buat volley. Kapan pun jam brapa pun.

4. Dia tidak pernah menyiapkan baju kerja sy dgn alasan tdk tahu memasang atributnya. Andaikata sy suruh dia balik menyuruh pembatu di rmh. Makan sy jg gitu. Tpi sekarang sering menyiapkan makan buat saya.

5. Tapi kalau dia sering menyuruh sy buat ambil bajunya . Nyiapin bajunya kalau tdk sy laksanakan katanya gak sayang.

6. Kalau di rmh dia sibuk dgn volley nya, bidannya, seminarnya, kantornya,temannya kalau sy larang dia marah2. Memebentak2 sy dan sering minta cerai.

7. Kalau sy minta berhubungan dia sering sekali engan dgn alasan capek . Sy pernah negur dia pakai dalil al quran. Dia gak mau dengar krn dia beralasan islam itu tdk kaku. Kalau istrinya capek atau sakit masa dipaksa .

8. Kalau berhubungan badan dia yg ambil inisiatif. Kalau dia sdh puas baru giliran sy.

9. Sy type nya diam kalau dia bikin salah. Sy diamkan dia. Tpi dia cuek sy jg gak ditegur. Yg akhirnya sy marah. Kalau sy marah dia makin tambah marah. Bahkan banting2 segala yg ada didekatnya sambil teriak2. Terdengar semua orang. dan selalu bilang jangan banyak nuntut ini itu,terima sy apa adanya. Sy aja terima kekurangan kmu. Jdi laki2 jgn suka ngambekan ...bisanya cuman diem dan marah aja.Memang sy tinggal di rmhnya, memakai barangnya,mobilnya,makan dri makanannya, uang transport dan sekolah anak2 sy dri dia. Smpi malu dan hancur harga diri sy.

10. Kalau dia minta cerai tdk pernah sy kabulkan krn sy sdh berjanji dihadapan allah akan menjaga pernikahan ini. dan sy sangat sayang ke empat anak sy. Begitu jg mereka. Lebih dekat dgn sy dri pada istri sy.

11. Kalau sy bertengkar sm dia. Sy tidak bisa tidur semalaman dan besoknya sy kerja tdk bisa fokus. Tapi dia tidurnya pules. Bahkan istri sy hampir tiap hari datang siang kekantornya bahkan sering gak masuk kalau urusan tanding volley dan kantornya istri sy tdk mengusik krn istri sy dibutuhka di kantornya,bahkan dia menjabat dua jabatan di kantornya. Mangkanya dia tdk diusik di kantornya.

12. Sy selalu khawatir istri sy memakai sabu2 lgi atau mengkhianati sy seperti mantan istri ke 1 sy meskipun sering sy tanya dia jawab tdk memakai sabu2 dan berakhir dgn marahnya krn sy gak percaya omongan dia.

13. Sy pernah marah besar ttg perlakuannya kpd sy dan sy sumpahi kalau nanti sy sukses dia akan merasakan apa yg sy rasakan saat ini.

Pak ustadz...apa yg harus sy lakukan. Scr agama dan psikologi.

1. Sy skrg takut nasehati istri sy krn kalau dia marah dia akan teriak2, banting2, ancam cerai,ancam bunuh diri, ancam minggat,mengungkit pengorbanan dia kpd sy dan keluarga,meminta hak nafkah dia kpd sy. Padahal semua gaji dan pendapatan diluar sy berikan utuh kpd nya. Semua hal harus atas persetujuannya. Sy sadar sy dan keluarga numpang hidup dgn istri sy.

2. Sy hanya bisa diam,smpi sekarang berat badan sy turun drastis.

3. Sy selalu ingat ttg sumpah nikah sy, nasib anak2 sy,nasib ibu dan adik2 sy. Krn kehidupan dan biaya pendidikan ibu dan adik2 sy istri sy yg tanggung istri sy. Krn ibu sy hanya penjual kue.

4. Sy tdk mau menambah beban derita anak2,ibu dan adik2 sy bila perkawinan sy tdk terselamatkan.

5. Ibu sy sangat mengaggumi dia krn istri sy memenuhi semua kebutuhan ibu sy.

6. Kalau sy nasehati, istri sy mengungkit kalau dia terima kekurangan sy. Dan sy harus meneerima semua kemauan dia.

7. Sy stress pak ustadz. Sy coba sholat dan bersabar tpi kalau sy diperlakukan seperti ini terus. hati dan otak sy gak bisa jalan.

8. Sy tetap ingin mempertahankan perkawinan ini. Krn janji sy dihadapan Allah.

9. Sy luluh kpd dia kalau dia mendengarkan ibu sy berkeluh kesah ttg uang kpd istri sy dan istri sy langsung menyanggupinya.

10. Kebaikan istri sy yaitu dia bantu semua orang siapapun dia. Kalau dia punya. Uang tidak jdi masalah buat istri sy bantu orang lain.

Mohon arahan dan wejangan pak ustadz agar sy bisa menjalani kehidupan yg sementara ini demi menjadikan keluarga sy,istri dan anak2 sy org2 yg bahagia di dunia dan akhirat.

Terima kasih sebelumnya pak ustadz

JAWABAN

Dari penjelasan anda dapat dipahami anda mengalami dilema berat antara mempertahankan rumah tangga dan bercerai. Dalam hal ini, ada beberapa solusi buat anda agar bisa damai dengan situasi ini:

Pertama, anda tetap bertahan dengan istri yang sekarang. Dan dengan adanya sikap dan sifat keras istri, maka anda biarkan saja istri melakukan apa yang dia sukai. Anda diamkan saja walaupun di hati merasa tertekan. Logikanya, seandainya pun anda melarang istri berbuat ini dan itu, toh dia akan tetap membangkang. Ini mengakibatkan ketegangan demi ketegangan dan konflik demi konflik terus terjadi dan dapat mengikis rasa sayang dan cinta yang tersisa di antara anda berdua.

Kedua, kalau anda tidak kuat mendiamkan perilaku istri karena api cemburu dan semacamnya, maka jalan keluar adalah menikah lagi secara diam-diam, entah itu nikah siri atau nikah resmi. Situasi pekerjaan anda yang jauh dan banyaknya kegiatan istri memungkinkan anda berbuat itu. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

التعليقات

جميع الحقوق محفوظة

Konsultasi Agama Islam