Kata Benda (Isim) Bahasa Arab

Kata Benda (Isim)  Bahasa Arab

Kata benda atau isim adalah kata yang paling banyak digunakan dalam struktur kalimat bahasa Arab di samping kata kerja (fi'il). Hal ini terjadi karena memang dalam setiap kalimat hampir dipastikan terdiri dari kata benda termasuk dalam kalimat verbal (jumlah ismiyah) sekalipun yang masih membutuhkan subyek (fa'il) dan obyek (maf'ul) yang keduanya harus berupa kata benda.

DAFTAR ISI
  1. Kata Benda (Isim) Dan Tanda-Tandanya
  2. Penjelasan Kata Benda (Isim)
  3. Ciri Khas Isim Dalam Bahasa Arab
  4. Isim Mufrod Tasniyah Jamak
  5. Pembagian Isim Mufrod: Isim Alam Dan Jenis
  6. Pembagian Isim Alam

KATA BENDA (ISIM) DAN TANDA-TANDANYA

Pelajaran Bahasa Arab. Kata benda (kalimah isim) [1] dan Tanda-tandanya

َفالِإسْمُ يُعْرَفُ ِبالخَفْضِ والَتنوينِ ودُخولِ الألِفِ واللام وحُرُوفِ الخَفْضِ
Isim atau kata benda dapat diketahui dengan jar, tanwin, alif lam (al) dan huruf-hurf jar.

وهِيَ مِنْ وإلي وعَنْ وعَليَ وَفِي ورُبَّ والباءُ والكافُ واللامُ وحُروفُ الَقسَم وهي الواوُ والباءُ والتاءُ.

Huruf-huruf jar adalah min (dari), ila (ke), 'an (dari, tentang), 'ala (atas), fi (di dalam), rubba (terkadang), huruf ba' (dengan), huruf kaf (seperti), huruf lam (untuk, milik).


PENJELASAN KATA BENDA (ISIM)

Kalimah isim atau sering disebut isim saja adalah kata benda (nomina) yaitu semua kata yang menunjukkan benda. Dan sebagaimana kata benda lain, ia dapat diketahui dari memahami maknanya. Dalam bahasa Arab, membedakan kata benda dengan kata yang lain--seperti kata kerja (fi'il) dan kata sambung (huruf)-- dapat diketahui juga dari adanya tanda-tanda berikut:
  • Jar.  Yakni apabila status i'robnya jar.[2]  Karena hanya isim yang status i'robnya jar. Contoh,في المدرسة. Di sekolah. Kata المدرسة i'robnya jar dengan kasroh dan karena itu pasti isi (kata benda).
  • Tanwin. Contoh, محمدٌ (muhammadun).
  • Jatuh setelah alif lam (أل). Contoh, الحَمْدُ لله
  • Jatuh setelah kata sambung jar (huruf jar) . Contoh, من المدرسة. Kata min (dari) adalah kata penghubung yand disebut dengan huruf jar. Kata Al Madrosati adalah isim karena jatuh setelah min. 
Huruf Jar (حُروفُ الجَر)
  1. من (min) Contoh, مِنَ الجامِعَةِ (Dari kampus)
  2. إلي (ila) Contoh, إلي المَدْرَسَةِ Ke sekolah
  3. عن ('an) Contoh, عَنِ الَمسْألَةِ (dari masalah itu)
  4. علي ('ala) Contoh, عَلَي الِمنْبَرِ (Di atas mimbar)
  5. في (fi) Contoh, فِي الْبَيْتِ (Di rumah)
  6. رب (rubba). Contoh, رُبَّ رَجُلٍ كَرِيْمٍ (Semoga lelaki yang baik)
  7. الباء Contoh, بِمُحَمَّدٍ (dengan Muhammad)
  8. الكاف Contoh, محُمَدٌ كَعُمَرَMuhammad seperti Umar
  9. أللام
  10. Contoh, اَلكِتَابُ لِزَيْدٍ Buku itu milik Zaid.
  11. حُروف القَسَمHuruf (kata sambung) untuk sumpah bermakna "demi". Kata sambung sumpah ada tiga yaitu
    1. الواو (wau). Contoh, وَاللَِه Demi Allah
    2. الباء (ba'). Contoh, بِاللِه Demi Allah
    3. التاء (ta'). Contoh, تَاللِه Demi Allah

Catatan:

[1] Istilah "kalimah" dalam kalimah isim maksudnya adalah "kata". Jadi, "kalimah" tidak sama pengertiannya dengan "kalimat" dalam bahasa Indonesia. Ketika dikatakan "kalimah isim" maknanya adalah kata benda. Lihat pelajaran pertama bahasa Arab.
[2] Status i'rob sebuah kata benda menjadi jar apabila kemasukan amil yang mengejarkan. Seputar i'rob, lihat di bab i'rob.

Baca juga: Pelajaran Pertama Bahasa Arab


CIRI KHAS ISIM DALAM BAHASA ARAB

Isim adalah kata benda (nominal) dalam bahasa Arab, yang menunjukan kepada jenis atau nama benda, baik yang bernyawa seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, maupun benda yang tidak bernyawa seperti benda, tempat, dll.

Ditinjau dari segi gender, isim terbagi dua yaitu isim mudzakkar (laki-laki) dan isim mu'annats (perempuan).

Ditinjau dari segi tunggal-jamak, isim terbagi menjadi isim mufrad (tunggal), tasniyah (arti dua), dan jamak (plural).

Isim jamak itu sendiri terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu jamak mudzakkar (jamak beraturan) dan jamak taksir (tak beraturan)

Ditinjau dari umum dan khususnya isim terbagi menjadi isim nakirah (umum) dan isim makrifat (khusus).


ISIM MUFROD, TASNIYAH, JAMAK

Isim mufrod (bentuk tunggal) dari segi hitungan terbagi menjadi tiga yaitu mufrod, tasniyah dan jamak.

Isim mufrod (singular) adalah kata benda yang menunjukkan arti satu. Misalnya, Ahmad, Fatimah, Zakia, sekolah, pesantren, Islam.

Isim tasniyah adalah kata benda yang menunjukkan arti dua. Untuk merubah isim mufrod menjadi tasniyah adalah dengan menambah alif dan nun pada saat i'rab rafak dan menambah yak dan nun pada saat i'rab nashab dan jer.

Contoh:
Telah datang dua atlet yagn cepat جاء اللاعبان مسرعين
Saya mengetahui dua pelajar yang rajin علمت الطالبين مجتهدين
Saya lewat bertemu dengan dua teman مررت بالصديقين

Isim Jamak adalah kata benda yang menunjukkan arti lebih dari dua
Contoh:
Para guru lelaki yang ikhlas المعلمون مخلصون
Para guru wanita yang rajin والمعلمات نشيطات


PEMBAGIAN ISIM MUFROD: ISIM ALAM DAN JENIS

Isim mufrod terbagi menjadi dua yaitu isim alam dan isim jenis.
Isim alam adalah kata benda yang menunjukkan nama sesuatu dan tanpa pengertian yang keluar dari kata itu. Seperti nama kota, nama orang, nama tempat, nama negara, dsb.
Contoh: محمد ، ومكة ، وفاطمة ، والقدس ، وأبو يوسف ، وعبد الله


PEMBAGIAN ISIM ALAM

Isim alam terbagi menjadi berberapa bagian sebagai berikut:
- Dari segi personalisasi (tasykhish) makna, terbagi menjadi isim alam syakhsi dan alam jenis
- Dari segi asal pemakaian isim alam terbagi menjadi murtajal dan manqul
- Dari segi kata terbagi menjadi mufrod, murokkab
- Dari segi peletakan terbagi menjadi alam isim, alam kunyah, alam laqab

ISIM JENIS

Isim alam jenis adalah isim yang ditetapkan untuk makna akli umum yang murni yakni pada hakikat akal yang murni.

Dari definisi di atas dapat difahami bahwa isim alam jenis adalah isim yang ditetapkan untuk menunjukkan pasa satu orang dalam hati, akan tetapi pada hakikatnya dalam kenyataannya menunjukkan pada sejumlah individu. Isim alam dari segi makna adalah isim nakirah karena menunjukkan pada sesuatu yang tidak tertentu; akan tetapi dianggap isim alam individu secara lafadz

ISIM ALAM MURTAJAL DAN MANQUL

Dari segi asal penggunaan, isim terbagi menjadi murtajal dan manqul.

1. Isim Alam Murtajal adalah isim yang ditetapkan sebagai isim alam (nama) sejak awal dan tidak pernah dipakai sebelumnya kecuali untuk nama (alam). Seperti Ahmad, Budi, Fauzan, Muhammad, Fatimah.

Islam alam murtajal terbagi dua yaitu:
(a) Murtajal Qisayi yaitu isim nama yang ditetapkan sejak awal dan tidak dipakai selain untuk nama akan tetapi ia bersifat qiyasi dalam segi adanya pembanding (nadzair) dalam kalimat bahasa Arab. Seperti Hamdan adalah isim alam murtajal tetapi ia diqiyaskan dengan Sa'dan yang merupakan nama tumbuhan dan Sofwan yang merupakan nama batu.

(b) Isim alam murtajal syadz yaitu isim alam yang sejak awal ditetapkan untuk nama, akan tetapi tidak memiliki pembanding dalam bahasa Arab. Contoh: محبب nama seorang lelaki dan tidak ada dalam bahasa Arab padanan wazannya. Juga kata موهب nama laki-laki dan موظب untuk nama tempat. Termasuk juga مريم dan مدين.

2. ISIM ALAM MANQUL adalah nama yang diambil dari kata lain yang memiliki penggunaan sebelumnya sebelum dijadikan nama. Contoh: ماجد ، وحامد ، وفاضل ، وسالم ، وعابد ، وثور ، وحجر ، وأسد di mana sebagian kata ini diambil dari isim sifat (isim fa'il dan isim maf'ul) sebagian yang lain diambil dari sejumlah isim.

Isim Alam dari lafadz (kata) terbagi menjadi Mufrod dan Murokkab.

1. Isim Alam Mufrod yaitu isim alam yang terdiri dari satu kata. Contoh, محمد ، أحمد ، على ، إبراهيم ، سعاد ، خديجة ، ومريم ، هند

Hukum alam mufrod adalah mukrob dan di i'rob menurut amilnya. Contoh, جاء محمد . محمد مجتهد . صافحت عليا . سلمت على يوسف

2. Isim Alam Murokkab adalah isin alam yang terdiri dari dua kata atau lebih dan menunjukkan pada satu entitas sebelum dipindah dan setelahnya.

Isim alam murokkab terbagi menjadi tiga yaitu (a) Murokkab Idhofi seperti عبد الرحمن ,أبو بكر; (b) Murokkab Mazji seperti kata yang terdiri dari dua kata dimana kedua kata itu bercampur sedemikian rupa sehingga seperti satu kata seperti حضرموت ، ومعديكرب ، وسيبويه (c) Murokkab Isnadi yaitu setiap isim alam yang diambil dari jumlah fi'liyah (kalimat verbal) seperti جاد الحق
atau jumlah ismiyah (kalimat nominal) seperti الخير نازل, نحن هنا

ALAM ISIM, ALAM KUNYAH, ALAM LAQOB


Isim alam ditinjau dari peletakan adanya makna lain atau tidak adanya terbagi menjadi tiga yaitu alam isim, alam laqab, alam kuniyah

1. Alam isim yaitu setiap nama yang ditetapkan untuk menunjukkan pada sesuatu tertentu baik mufrod atau murokkab seperti محمد ، وأحمد ، وفاطمة ، ومكة ، وسيبويه ، وحضرموت ، وجاد الحق .

2. Alam Laqab yaitu setiap nama yang menunjukkan pada sesuatu tertentu yang bertujuan untuk memuji atau menghinda orang yang dipanggil. Contoh: الرشيد ، والمأمون ، والأخفش ، والمتنبي ، والناقص ، والسفاح ، والعرجاء

3. Alam Kuniyah: adalah bagian dari isim alam murokkab idhafi hanya saja ia bukan isim. Dan disyaratkan harus dimulai dengan salah satu kata berikut:
أب ، وأم ، وابن ، وبنت ، وأخ ، وأخت ، وعم ، وعمه ، وخال ، وخالة . نحو : أبو خالد ، وأم يوسف ، وابن الوليد ، وبنت الصديق ، وبنت زيد الأنصارية ، وأخو بكر ، وأخت الأنصار ، وعم محمد ، وعمة عليّ ، وخال أحمد ، وخالة يوسف .

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. masya allah sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. محمد itu bukannya alam manqul ta??
    melihat defenisi dan contoh diatas (diambil dari isim sifat (isim fa'il dan isim maf'ul) sebagian yang lain diambil dari sejumlah isim).

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!